Cerita tentang lomba lari antara kelinci dan kura-kura mungkin sudah sangat familiar di telinga kita sejak kecil. Namun, masih ingatkah Anda apa pesan cerita kelinci dan kura kura yang bisa kita petik sebagai orang dewasa?

Tentunya, cerita yang sudah sering kita dengarkan tersebut merupakan salah satu cerita fabel yang sarat makna. Lewat artikel kali ini, ayo kita ingat kembali pesan yang ada dalam dongeng kelinci dan kura-kura ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pesan Cerita Kelinci dan Kura Kura

Siapa yang tidak tahu tentang dongeng kelinci dan kura-kura?

Si kelinci yang cepat menantang kura-kura yang lambat untuk melakukan lomba lari. Lalu, ingatkah siapa pemenang dari lomba ini?

Ya, yang paling tidak terduga, si kura-kura lambat lah yang memenangkan perlombaan ini.

Kegigihan kura-kura berhasil mengalahkan kecepatan kelinci yang sombong dan memilih untuk tidur dulu sebelum menyelesaikan perlombaannya.

Selain pesan tersebut, fabel singkat dan sederhana ini ternyata memiliki banyak hal lain yang bisa Anda telaah lebih jauh, yakni:

 

#1 Kelinci Bodoh dan Tidak Hati-hati

Siapapun tahu, bahwa kura-kura adalah makhluk yang sangat lambat jalannya.

Dan dalam cerita, karena merasa akan menang dari pertandingan ini, akhirnya si kelinci pun berhenti di bawah pohon dan tertidur. Ia berleha-leha dan menikmati kesombongannya sambil meyakini bahwa ia akan menang secara mutlak.

Namun rupanya, si kelinci tidur lebih lama dari yang diduga. Ia yang melihat sang kura-kura sudah hampir mencapai garis finish, langsung berusaha membalapnya lagi. Sayang, hal itu sia-sia. Kura-kura pun berhasil memenangkan pertandingan ini.

Andai kata si kelinci ini pintar, maka dia akan memilih posisi yang cukup aman untuk tidur. Tempat yang memungkinkan ia untuk tetap bisa menang, meskipun kura-kura berhasil mengejarnya.

Sayangnya, kelinci dalam cerita ini tidak sepintar itu. Ia bukan hanya sombong, tapi juga bodoh dan teledor.

 

#2 Kemenangan Kura-kura yang Sesungguhnya

Lalu, setelah kura-kura berhasil mengalahkan kelinci dalam pertandingan, status sebagai pelari tercepat tidak lantas menjadi milik kura-kura. Sang kura-kura tetap lambat, dan kelinci tetap lebih cepat.

Tapi dari perlombaan tersebut mungkin kelinci akan menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi. Rasa malu yang timbul karena dikalahkan kura-kura akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kelinci.

Dan bagi sang kura-kura, kemenangan dalam lomba lari ini memberikan rasa bangga tersendiri karena berhasil mengalahkan kelinci yang cepat. Selain itu, hewan lain pun akan menjadi lebih hormat pada kura-kura.

Hal ini menunjukkan, bahwa pada dasarnya kemenangan yang didapat kura-kura bukanlah atas keberhasilannya mengalahkan kelinci. Tapi dampak yang terjadi sesudah kemenangan itulah yang jauh lebih berharga dibandingkan kemenangan itu sendiri.

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

#3 Yang Konsisten akan Mengalahkan yang Malas

Pesan tersirat lain yang bisa kita dapatkan dari cerita kelinci dan kura-kura adalah yang lambat tapi konsisten akan mengalahkan yang cepat tapi malas. Andai kata, dalam cerita tersebut kelinci tidak bermalas-malasan dan terus berlari, tentu ia bisa mengalahkan kura-kura dengan sangat mudah.

Begitu pula dalam kehidupan, jika potensi kesuksesan Anda tidak secepat potensi orang lain, jangan dulu menyerah dan jangan merasa kecil. Anda hanya perlu konsisten dan terus bekerja memperjuangkan apa yang Anda yakini.

 

#4 Bekerja Sesuai Kemampuan

Sekarang bayangkan apa yang terjadi jika kelinci tidak tidur? Bagaimana jika si kelinci terus berlari dan menyelesaikan perlombaan tanpa meremehkan si kura-kura?

Tentu saja hasil dari perlombaan tersebut akan sangat mudah ditebak. Si kelinci menang dengan mudah, dan dapat dipastikan kalau pada akhirnya kura-kura lah yang akan kalah.

Tapi sebenarnya, kekalahan dan kemenangan itu bukanlah sesuatu hal yang mutlak sesuai dengan apa yang terlihat.

Kelinci bisa merasa sombong karena ia tahu kura-kura tidak mungkin mengalahkannya dalam lomba lari di darat.

Pesan-Cerita-Kelinci-dan-Kura-Kura-1-Finansialku

[Baca Juga: Cerita Dongeng Pendek: Belajar Keuangan dari 3 Babi Kecil dan Serigala]

 

Tapi coba bayangkan, bagaimana jika dalam perlombaan tersebut ada sungai yang lebar? Lari kelinci akan terhenti, namun tidak dengan kura-kura, ia bisa melewati sungai lebar itu dengan mudah.

Kemenangan kelinci sebenarnya sangat mudah untuk ia raih. Bukan hanya karena ia memiliki kemampuan lari yang cepat, tapi juga karena ia bertanding di medan yang memang ia kuasai.

Kelinci tidak akan mungkin menang kalau perlombaannya bukan lomba lari, tapi lomba renang di sungai. Karena berlari memang kekuatan si kelinci, tapi tidak dengan renang.

Akan sangat sulit bagi kelinci untuk bisa mengalahkan kura-kura dalam perlombaan renang. Dan akan mudah bagi kura-kura untuk mengalahkan si kelinci dalam pertandingan tersebut.

Karena itu, mengetahui kemampuan diri adalah hal yang penting untuk bisa memaksimalkan potensi yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki kemampuan dan tahu bagaimana memanfaatkan kemampuan Anda, serta di mana Anda bisa memaksimalkan kemampuan Anda, maka kesuksesan bukanlah hal yang sulit bagi Anda.

 

#5 Kerja Sama adalah Hal yang Utama

Kembali lagi ke lomba lari kelinci dan kura-kura, namun dengan setting tempat yang berbeda. Perlombaan lari yang berlangsung di darat dan juga harus melewati sungai.

Sekarang pertanyaannya, mungkinkah kelinci dan kura-kura bisa mencapai garis finish bersama-sama?

Jawabannya, tentu saja bisa! Dengan syarat mereka mau bekerja sama. Saat perlombaan berlangsung di darat, kelinci bisa membantu dengan menggendong kura-kura. Dan pada saat di sungai, ganti kura-kura yang menggendong kelinci.

Hal ini memang sulit terjadi jika yang dicari dalam perlombaan sekadar kemenangan dan kekalahan.

Pesan-Cerita-Kelinci-dan-Kura-Kura-3-Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses? Karyawan Bisa Belajar Dari Kisah Kancil dan Buaya Lho!]

 

Tapi dalam kehidupan nyata, kita tidak harus benar-benar melawan orang lain untuk mendapatkan kesuksesan.

Yang sebenarnya kita lawan adalah keadaan yang menghalangi kita untuk bisa meraih kesuksesan. Karena itu, bekerja sama dalam berbagai hal di kehidupan nyata bukanlah sesuatu yang aneh.

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Karena itu, tak jarang kita dituntut untuk bisa berkompromi dengan keadaan dan bekerja sama dengan orang lain yang memiliki kekuatan di hal-hal yang kita tidak mampu atau kurang cakap.

Dengan bekerja sama dan saling memberikan bantuan, jalan menuju kesuksesan juga akan terasa lebih mudah untuk dilewati.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Belajar dari Cerita Kelinci dan Kura-kura

Itulah beberapa pesan di balik cerita kelinci dan kura-kura. Di antara pesan tersebut manakah yang paling berkesan bagi Anda?

Selain itu, menurut Anda apakah ada pesan lain dalam cerita kelinci dan kura–kura? Bagikan pendapat Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya!

 

Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda agar mereka juga ikut terinspirasi.

 

Sumber Referensi:

  • Timotius Daniel. 20 Oktober 2016. Di Balik Makna Cerita Kura-kura dan Kelinci. Kompasiana.com – https://goo.gl/w6QNjY
  • Admin. 2 September 2006. Pesan Moral Kelinci vs Kura-kura. Gsn-soeki.com – https://goo.gl/2mpfhL

 

Sumber Gambar:

  • Pesan Cerita Kelinci dan Kura-kura – https://goo.gl/2BCYvv
  • Pesan Cerita Kelinci dan Kura-kura 2 – https://goo.gl/857yGe
  • Menang atau Kalah – https://goo.gl/sRYf9K