Apa saja ciri-ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia? Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus memahami tentang ciri BUMN yang berbeda dari lembaga lainnya.

Pada artikel Finansialku kali ini, akan ada banyak informasi seputar ciri dari BUMN.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Profil Singkat dari BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah lembaga yang seluruh asetnya berguna untuk kelangsungan dan kestabilan dalam sektor perekonomian nasional.

Hal tersebut telah menjadi mandat Negara yang telah termuat dalam UUD NO.19 tahun 2003. Lembaga BUMN berdiri atas ketetapan Presiden tepat pada 16 Maret 1998.

Keseimbangan sektor aktiva dan defisit Negara merupakan wujud kontribusi serta BUMN dalam memperlancar sistem laju keuangan.

Sebagai kepedulian terhadap pemerintah, jangkauan BUMN telah meluas dan memiliki banyak cabang perusahaan untuk terjadinya pemerataan kesejahteraan rakyat.

 

Ciri-ciri Perusahaan BUMN

Dalam proses perkembangannya lembaga BUMN terbagi atas dua jenis, yaitu Perusahaan Perseroan (Persero) dan Perusahaan Umum (Perum).

Persero merupakan bentuk cabang perusahaan BUMN yang bertujuan untuk mendapat keuntungan berupa pemasukan kas dan hampir sebagian aset dimiliki oleh Negara. 

Kenali dan Pahami Ciri-ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: LinkAja! BUMN Siap Ramaikan Pasar Fintech Indonesia]

 

Perum adalah cabang perusahaan BUMN yang didirikan untuk kepentingan pelayanan publik namun semua asetnya berasal dari Negara.

Kedua bentuk badan usaha ini memiliki karakteristik berbeda dengan perusahaan yang berdiri tanpa dinaungi BUMN. Dibawah ini merupakan ciri-ciri pembeda perusahaan BUMN dengan perusahaan lain.

 

#1 Peran Serta Pemerintah

Setiap kegiatan pelaksanaan dari berbagai cabang perusahaan BUMN mendapat kontrol dan pengawasan penuh dari pemerintah.

Bermacam jenis kebijakan yang dikeluarkan, maupun proses kinerja perusahaan harus sesuai dengan tujuan awal.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keselarasan kondisi dan performa perusahaan dalam memenuhi kebutuhan.

Selain itu hal ini meminimalisasi terjadinya defisit dalam pemasukan perusahaan yang berdampak terhadap sektor keuangan BUMN.

 

#2 Pemasok Aktiva Negara

Sesuai dengan latar belakang berdirinya BUMN bahwa memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kondisi keuangan Negara.

BUMN telah menjadi badan pemasok keuangan Negara yang berasal dari berbagai macam sektor perekonomian maupun pelayanan publik.

Di sisi lain Negara dapat menyisipkan beberapa persen pemasukan yang dapat digunakan ketika terjadi sebuah inflasi. Dengan demikian kondisi aktiva Negara dapat terjaga dengan baik.

 

#3 Hak Pekerja BUMN Terlindungi

BUMN merupakan lembaga yang sangat menjunjung tinggi kesejahteraan setiap pekerjanya. Hak pekerja BUMN terjaga karena seluruh aktivitas karyawan di kontrol oleh Negara sehingga sesuai dengan peraturan SOP perusahaan.

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Tips dan Trik Jitu Cari Lowongan Kerja Online]

 

Berbagai kebijakan BUMN berikan untuk membuat karyawan nyaman dan lebih produktif.

Dengan demikian wujud tanggung jawab pemerintah sangatlah besar terhadap semua karyawannya. Terbukti dari setiap pekerja BUMN memiliki hidup dengan kecukupan dan terjamin hari tua.

 

#4 Komoditas BUMN Banyak Digemari

Tidak dapat di pungkiri apabila banyak komoditas BUMN memberikan kemudahan bagi rakyat.

Hampir semua kebutuhan rakyat dapat dipenuhi oleh BUMN. Mulai dari pelayanan kesehatan, listrik, transportasi dan masih banyak yang lain.

Hal ini dapat terwujud dengan peran cabang perusahaan BUMN seperti PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pos Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. 

Komoditas tersebut sudah mempengaruhi kehidupan masyarakat yang secara tidak langsung memutar roda keuangan rakyat.

Pengangguran semakin berkurang dan kehidupan rakyat semakin baik dengan terbukanya berbagai lapangan pekerjaan.

 

#5 Masyarakat Berpeluang Kontribusi Dalam Kepemilikan Aset

Peluang emas untuk ikut serta dalam meningkatkan keuntungan telah BUMN berikan seluas-luasnya.

Salah satunya dengan wujud berdirinya Perusahaan Perseroan (Persero) yang berlatar dari kerjasama perusahaan BUMN dengan beberapa pihak terkait.

Bermacam inspirasi usaha dapat dikembangkan melalui pengajuan kerjasama antara keduanya. Namun setiap bentuk usaha harus disesuaikan dengan tujuan utama BUMN, agar kontak kerjasama dapat terlaksana.

 

#6 Kualitas Karyawan BUMN

Sedikit berbeda dengan perusahaan lain, BUMN memiliki kualifikasi khusus untuk calon pekerja. Hal ini didasari oleh besarnya peminat dari masyarakat untuk turut andil menjadi karyawan BUMN.

Pemberian tenggang waktu yang cukup akan mempermudah pelamar untuk mempersiapkan diri.

Kualifikasi tersebut akan menyaring insan muda yang kompetitif dan ahli dalam bidangnya. Perusahaan BUMN akan memiliki karyawan yang mempunyai kualitas yang terbaik dan dapat menjalankan posisi dengan maksimal.

 

#7 Aman dari Tindak Penipuan

BUMN adalah perusahaan sangat aman dari segala jenis praktik yang merugikan masyarakat.

Hal ini dikarenakan pemerintah akan selalu memilah setiap kebijakan yang akan dipatenkan. Semua praktik yang tidak sesuai dengan tujuan berdirinya perusahaan akan dihapus secepatnya.

Perusahaan akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan. Kenyamanan masyarakat juga tetap terjaga karena tidak adanya sebuah praktik monopoli dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 01 - Finansialku

[Baca Juga: Potensi Pemerintah Meraup Pendapatan Besar dari Pajak e-Commerce]

 

#8 Menjadi Sektor Keuangan Mikro

Bentuk kontribusi BUMN dalam keuangan mikro adalah dengan berdirinya beberapa jenis Bank konvensional. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara dan masih banyak lagi.

Dari sini masyarakat dapat mengajukan peminjaman maupun penyimpanan tabungan ke dalam bentuk kartu elektronik.

Masyarakat cukup membawa persyaratan peminjaman atau penyimpanan kemudian bertemu dengan pihak terkait di Bank. Cara ini efektif untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam permasalahan keuangan.

 

Lowongan Kerja dari BUMN

Berbagai peluang usaha dan kerja sudah pemerintah buka luas melalui peran perusahaan BUMN.  Berkiprah dalam dunia kerja dalam ruang lingkup BUMN bukan merupakan suatu ide yang buruk, namun sebaliknya.

Besarnya upah minimum kerja, tunjangan kesehatan dan kepastian akhir tua akan Anda peroleh.

Akan tetapi kondisi ini memicu banyaknya pelamar dari siswa maupun mahasiswa lulusan baru berbondong untuk mengikuti seleksi penerimaan karyawan.

Kerja keras dan pantang menyerah dengan kompetisi dunia kerja akan membuat Anda dapat meraih kesuksesan.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jadi, apakah Anda juga berminat jadi karyawan BUMN? Setelah membaca artikel ini pasti banyak informasi baru yang menarik untuk dipelajari bukan?

Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dina Amalia. 12 November 2017. Jenis dan Ciri-Ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jurnal.id – http://bit.ly/2Lbxcp3

 

Sumber Gambar:

  • BUMN 1 – http://bit.ly/2DDteQ0
  • BUMN 2 – http://bit.ly/2Wl5pE1