Bagaimana Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Paling Mudah?

Bagaimana cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan? Apa saja pilihan cara pembayarannya? Ternyata ada beberapa cara untuk mngecek BPJS Kesehatan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Iuran Bulanan BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah diresmikan pemerintah beberapa tahun lalu.  Animo masyarakat yang tinggi menyebabkan usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan. Selain karena kualitas pelayanan, BPJS Kesehatan juga menarik pesertanya dengan tarif lebih terjangkau dari asuransi swasta.

bagaimana-cara-cek-tagihan-bpjs-kesehatan-2-finansialku

[Baca Juga : Mengenal BPJS Kesehatan]

 

Nominal pembayaran BPJS Kesehatan disesuaikan dengan kelas yang dipilih, yaitu untuk Kelas I sebesar Rp 80 ribu, Kelas II sebesar Rp 51 ribu dan Kelas III sebesar Rp 30 ribu. Peserta yang telah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan disarankan untuk melakukan pembayaran dengan tepat waktu paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulan. Jika melewati tanggal tersebut, peserta BPJS Kesehatan harus membayar tambahan denda sebesar 2 persen dari jumlah iuran.

 

Sistem Pengecekan Tagihan BPJS Kesehatan

Ternyata, mengecek tagihan BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek tagihan pembayaran :

 

#1 Pengecekan Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Pengecekan tagihan oleh peserta cukup dengan login ke website resmi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id). Cara untuk melakukan pengecekan adalah:

  1. Pada halaman utama klik menu “Cek Pembayaran Iuran”.
  2. Setelah halaman baru muncul pada tampilan layar, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir.
  3. Ketikkan Angka Validasi yang tertera pada tampilan selanjutnya,
  4. Kemudian klik “Cek”. Anda akan mendapatkan rincian pembayaran yang sudah dan belum Anda bayarkan.

 

#2 Mengecekan Melalui SMS Gateway

Jika akses internet tidak memungkinkan, pemerintah juga memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan untuk melakukan pengecekan tagihan melalui layanan SMS. Layanan SMS Gateway akan memudahkan peserta BPJS Kesehatan yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet. Layanan ini dapat diakses melalui jaringan seluler di nomor 0877 5500 400.

Jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan oleh peserta dan jumlah denda yang dikenakan (jika melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya) dapat diakses melalui SMS Gateway. Informasi mengenai tagihan tersebut dapat diakses dengan menginput salah satu data diri peserta seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai. Fotmat pengiriman info tagihan SMS Gateway yaitu Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Contoh: Tagihan 0000123456789.

 

Sistem Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan

Tidak hanya dalam sistem pengecekan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan juga  sangat mudah. Berbagai fasilitas pembayaran diberikan pemerintah agar masyarakat lebih cepat dalam melakukan pembayaran tagihan iuran mereka setiap bulannya. Peserta BPJS Kesehatan dapat memilih salah satu dari beberapa tempat pembayaran di bawah ini:

 

#1 Kantor BPJS Kesehatan

Bagi Anda yang berdomisili di sekitar wilayah kantor BPJS Kesehatan, Anda dapat datang ke kantor tersebut dan melakukan pembayaran pada loket sesuai arahan petugas.

 

#2 Pembayaran melalui ATM

BRI, Mandiri, BTN dan BNI memiliki kerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam mengakomodasi pembayaran iuran. Bagi peserta yang merupakan nasabah salah satu dari keempat bank tersebut, pembayaran tidak perlu dilakukan secara langsung melalui antrian panjang di loket. Anda dapat melakukan pembayaran via ATM atau melalui m-banking­ setiap bulannya, maka pembayaran akan terpenuhi tanpa mengganggu aktivitas Anda.  Untuk melakukan pembayaran iuran melalui ATM Anda perlu memasukkan kode, yaitu 88888 untuk BRI dan BTN, serta 89888 untuk Mandiri. Kode bank tersebut ditambah dengan 11 digit angka yang tertera dari belakang pada Kartu BPJS Kesehatan peserta.

permudah-pembayaran-iuran-bpjs-kesehatan-1-keluarga-1-virtual-akun-finansialku

[Baca Juga : Permudah Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan 1 Keluarga 1 Virtual Akun]

 

Contohnya, untuk ATM BRI: setelah memasukkan ATM dan PIN maka pilih Transaksi lainnya, lalu pilih Pembayaran, kemudian akan muncul Lainnya hingga ada menu BPJS, dan bisa dipilih BPJS Kesehatan. Setelah itu cukup masukkan nomor virtual account pada kartu peserta dan cek kesesuaian data. Terakhir, masukkan jumlah nominal sesuai dengan iuran peserta.

 

#3 Kantor Pos

Jangkauan antar daerah yang dimiliki PT. Pos Indonesia juga dapat dinikmati oleh peserta BPJS Kesehatan. Seperti pelayanan pos lainnya, pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan di seluruh Kantor Pos melalui loket yang tersedia.

 

#4 Pembayaran melalui Minimarket

Beberapa minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Alfamart, Indomaret, Circle K dan Seven Eleven juga memberikan fasilitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Seperti bukti pembayaran via ATM, petugas kasir akan memberikan struk sebagai bukti pembayaran untuk disimpan oleh peserta.

 

sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-bpjs-kesehatan-jangan-lupa-beli-ya-finansialku

[Baca Juga : Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

#5 Loket Pembayaran Multi Tagihan

Saat ini, loket pembayaran multi tagihan sangat mudah ditemukan di berbagai kota dan daerah. Awalnya, loket ini hanya menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik dan telepon. Seiring dengan proses upgrading yang dilakukan, sebagian besar loket multi tagihan  telah menyediakan layanan pembayaran bagi iuran BPJS Kesehatan. Namun, tidak semua loket memberikan layanan ini. Oleh karena itu, peserta harus menanyakan terlebih dahulu pada petugas di sana. Pembayaran melalui PPOB atau Payment Point Online Bank dipungut tambahan biaya administrasi sebesar 2.500 Rupiah.

 

Bayarlah Iuran BPJS Tepat Waktu

Hal terpenting yang perlu digarisbawahi oleh peserta BPJS Kesehatan adalah kewajiban atas pelunasan tunggakan untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Kesehatan tidak bisa dicicil. Tunggakan harus dilunasi secara penuh. Jika tunggakan iuran BPJS Kesehatan hanya berlangsung dalam jangka waktu selama 1 – 3 bulan, peserta dapat membayar melalui ATM, indomart atau secara online. Akan tetapi, jika tunggakan telah berlangsung selama 1 tahun atau lebih, peserta disarankan untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan dalam upaya pembayaran dan pengaktifan kembali kartu BPJS Kesehatan.

 

Menurut Anda, bagaimana cara pembayaran yang paling sederhana dan mudah? Silakan share pendapat Anda mengenai metode pembayaran BPJS Kesehatan.

 

Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 25 Oktober 2016. Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan. https://goo.gl/c8ytCJ
  • Tanpa nama. 21 Juni 2016. Perbandingan Bayar BPJS Online vs Loket. https://goo.gl/RvklIZ
  • Tanpa nama. 3 Oktober 2016. Status BPJS Kesehatan Tidak Aktif Akibat Menunggak Pembayaran. https://goo.gl/55AR5F

 

Sumber Gambar:

  • Man with Cell – https://goo.gl/KIALXz
  • Bayar BPJS lewat ATM – https://goo.gl/wa0VIt

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

6 Comments

  1. margaretha aning 7 March 2017 at 11:46 - Reply

    Saya sudah menunggak seandainya saya mau aktifkan hrs bayar kelemahanya krn bpjs tfk bs nyicil menyelesaikanya sehingga tunggakanya memebengkak danakhirnya sy tdk mampu bayar bagaiman solusinya trimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 7 March 2017 at 13:59 - Reply

      Hi Marharetha Aning, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Ibu, kami sarankan Ibu datang langsung ke kantor BPJS.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  2. karpet tile 10 February 2018 at 20:46 - Reply

    Terimakasih Finansialku,ini ini artikel yang sangat bermanfaat sekali dan informatif

    • Finansialku
      Finansialku 12 February 2018 at 16:52 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  3. azrine 25 February 2018 at 06:35 - Reply

    Ralat sedikit mas gan, untuk iuran BpjsKes kelas III masih tetap 25.500, sangat bermanfaat artikelnya. Lanjutkan…

    • Finansialku
      Finansialku 25 February 2018 at 09:56 - Reply

      Hi Pak Azrine
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment