Tertarik membangun rumah minimalis? Sudahkah Anda tahu berapa biaya membangun rumah minimalis?

Rumah adalah salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Karena itu, membangun rumah pribadi tentu saja menjadi sebuah impian tersendiri bagi sebagian besar orang.

Beberapa orang memiliki untuk bangun rumah sendiri sesuai dengan impiannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membangun Rumah Minimalis

Rumah seperti apa yang ingin Anda miliki? Apakah pernah terpikir untuk memiliki rumah minimalis?

Rumah minimalis bisa dibilang sebagai tipe rumah yang tidak pernah ketinggalan zaman, apalagi di era sekarang ini.

Banyak orang yang memiliki minat dengan rumah minimalis dimana perabotan yang ada juga tidak terlalu banyak dan diatur dengan design yang modern.

Rumah minimalis sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. Gaya minimalis lahir karena terinspirasi dari gaya hidup Zen dari Jepang.

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

Gaya hidup Zen percaya bahwa semakin sedikit barang dan perabotan yang Anda miliki, maka Anda akan merasa semakin nyaman dan tenang untuk tinggal.

Sama seperti tipe rumah lainnya, gaya rumah minimalis juga tersedia dalam beberapa tipe. Mulai dari tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 60, dan masih banyak lagi.

Angka pada tipe ini menunjukkan ukuran bangunan rumah dalam skala meter persegi.

Kadang kala, ada juga rumah yang ditulis dengan tipe 45/60 yang artinya bangunan rumah tersebut adalah seluas 45 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi.

Jika Anda berencana untuk membangun rumah  Anda sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Utamanya, Anda harus memiliki konsep rumah minimalis sesuai harapan Anda lebih dulu. Sebagai referensi, Anda bisa mencari berbagai desain rumah minimalis di internet.

Setelah mengetahui bagaimana konsep dan desain rumah yang ingin Anda bangun, maka menentukan estimasi biaya bangun rumah akan jadi lebih mudah. Buatlah anggaran dan mulailah mengumpulkan modal!

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya Membangun Rumah Minimalis

Meskipun rumah yang ingin Anda bangun adalah rumah minimalis, perhatikan bahwa biaya bangun rumah yang dikeluarkan bisa jadi tidak seminimalis harapan Anda.

Karena biaya bangun rumah akan sangat dipengaruhi oleh pilihan material, bahan bangunan, hingga perlengkapan dan aksesori yang Anda gunakan.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan saat bangun rumah minimalis.

[Baca Juga: Mau Desain Rumah Minimalis: 21 Tips Renovasi Rumah Biasa Jadi Minimalis (Gak Pake Mahal!)]

 

#1 Ongkos Jasa Tukang

Sebelum Anda bangun rumah minimalis, jasa tukang adalah hal paling pertama yang harus Anda cari.

Keberadaan tukang akan sangat berpengaruh saat bangun rumah Anda. Selain itu, kualitas tukang juga akan mempengaruhi kualitas rumah minimalis Anda nantinya.

Nah, berikut ini adalah kisaran upah harian untuk tukang sesuai dengan pekerjaannya:

  1. Tukang gali: Rp80.850
  2. Tukang kayu: Rp115.850
  3. Tukang batu: Rp115.850
  4. Tukang besi beton: 850
  5. Tukang cat/pelitur: Rp115.850
  6. Tukang besi profil: Rp125.850
  7. Tukang listrik: Rp120.850
  8. Tukang ledeng: Rp115.850
  9. Asisten tukang: Rp90.850

Mempekerjakan tukang dengan upah harian memang cukup mahal. Anda juga memiliki pilihan untuk membayar tukang secara borongan.

Akan tetapi, biasanya kualitas borongan akan di bawah kualitas harian karena tukang akan lebih fokus ke waktu pengerjaan sehingga hasil kerja sering kali tidak sesuai harapan.

biaya membangun rumah minimalis finansialku 2

[Baca Juga: 10 Model Rumah Minimalis 2 Lantai yang Menginspirasi]

 

#2 Perhitungan Luas Bangunan

Luas bangunan juga menjadi faktor penentu biaya membangun rumah. Sebagai contoh, jika Anda ingin membangun rumah minimalis dengan tipe 36/70, maka Anda perlu mengeluarkan biaya untuk tanah dan juga rumah.

Misalnya, jika harga tanah per meter persegi adalah Rp3.090.000, maka biaya beli tanah yang harus Anda keluarkan adalah Rp3.090.000 x 75 meter persegi = Rp231.750.000. Harga ini belum termasuk harga bangunan.

Misalnya, di daerah Anda untuk membangun rumah dibutuhkan biaya Rp2.000.000, maka untuk membangun rumah dengan tipe 36 biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp72.000.000.

Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan adalah sebesar harga beli tanah ditambah harga membangun rumah. Dalam contoh ini yaitu sekitar Rp303.750.000.

Dengan hitungan ini, membangun rumah minimalis 2 lantai bisa memiliki harga yang lebih murah.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Biaya Bahan Bangunan

Jangan lupakan biaya bahan bangunan yang harus Anda keluarkan. Perlu Anda ketahui bahwa untuk membangun rumah 1 lantai dan 2 lantai akan memiliki harga per meter yang berbeda.

Untuk membangun rumah , bahan bangunan yang Anda perlukan mencakup dinding, pondasi, struktur, genteng, atap, kusen jendela dan pintu, lantai, dan cat rumah.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan konstruksi baja ringan, kayu meranti, keramik, saniter, dan lain-lain termasuk finishing dan instalasi listrik.

 

#4 Biaya Tidak Terduga

Meskipun Anda sudah membuat anggaran dan perkiraan biaya untuk bangun rumah. Sering kali realitanya tidak akan sebesar biaya itu. Seringkali, harga di lapangan akan jadi lebih mahal dari perkiraan karena adanya ini itu.

Tambahan biaya tak terduga ini bisa jadi karena adanya penambahan kebutuhan di beberapa bagian. Atau karena Anda ingin menambahkan beberapa properti seperti di dapur atau di taman.

Sebagai persiapan, Anda bisa menambahkan alokasi biaya tidak terduga sebesar 10 persen dari keseluruhan perkiraan biaya yang Anda buat.

Jumlah sepuluh persen dari biaya keseluruhan adalah jumlah yang cukup untuk Anda alokasikan sebagai dana darurat atau tidak terduga.

biaya membangun rumah minimalis finansialku

[Baca Juga: Rumah Sederhana vs Rumah Minimalis, Beda Lho! Ini Bedanya]

 

Buat Sesuai Kebutuhan

Membangun rumah minimalis sendiri memang cukup memakan biaya.

Jika dihitung-hitung, untuk membangun satu rumah minimalis tipe 36 biaya yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp305.000.000 hingga Rp450.000.000. Biaya ini adalah biaya pembelian tanah dan juga pembangunan.

Memang, bangun rumah minimalis sendiri membutuhkan cukup banyak biaya. Karena itu, sebaiknya buatlah rumah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, sangat disarankan agar Anda membuat anggaran pembangunan rumah lebih dulu sebelum mulai membangun. Hal ini penting agar pembangunan rumah Anda bisa berjalan lancar.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyesuaikan anggaran pembangunan rumah dengan kemampuan finansial Anda.

Memaksakan diri membangun rumah di atas kemampuan finansial malah bisa menyebabkan Anda kewalahan setelahnya dan membuat Anda jadi tidak tenang. Karena itu, persiapkan anggaran Anda sebaik mungkin ya!

 

Jika Anda masih bingung dan ingin bertanya lebih lanjut mengenai anggaran bangun rumah minimalis sendiri, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada penasihat keuangan Finansialku.

Tinggalkan pesan di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hernando Taniko. 23 Januari 2019. Berapa Estimasi Untuk Membangun Rumah Minimalis? (Harga Januari 2019). Aturduit.com – https://goo.gl/yDvs1V

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Minimalis 1 – https://goo.gl/PQvNMn
  • Rumah Minimalis 2 – https://goo.gl/mS3wiZ