Banyak orang, terutama kaum hawa masih suka ikut arisan. Sebenarnya arisan itu menguntungkan atau tidak? Ternyata ada beberapa keuntungan sosial dan lebih banyak kerugian finansial dari arisan. Berikut ini ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner 

Bentuk Arisan yang Paling Sering Ditemui

Bentuk arisan yang paling sering ditemui adalah arisan adalah: seluruh anggota mengumpulkan sejumlah uang (seperti yang telah disepakati bersama), kemudian seluruh anggota berkumpul dan melakukan undian. Nama yang keluar dari undian akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang arisan tersebut.

banyak-orang-masih-ikut-arisan-apa-untungnya-ikut-arisan-finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Arisan yang umum di lingkungan kita: Ada 10 orang sepakat untuk mengadakan arisan dengan biaya arisan Rp 1.000.000 per bulan per orang. Pada bulan pertama (kocokan pertama), dimenangkan oleh orang yang berinisiatif mengadakan arisan (pimpinan arisan). Jadi pimpinan arisan sudah mendapat uang Rp 10.000.000 di awal. Kemudian bulan berikutnya dilakukan undian dan dimenangkan oleh ibu B dan seterusnya. Hingga pada putaran terakhir hanya tersisa satu nama dan orang itu akhirnya akan mendapat uang sebesar Rp 10.000.000.

Mungkin pimpinan arisan bisa mendapat keuntungan finansial dengan cara memutarkan uang tersebut. Misal dijadikan modal untuk usaha, kemudian diasumsikan usaha untung. Sehinga pimpinan arisan, bisa memperoleh bunga. Nah bagaimana dengan orang yang terakhir mendapat arisan? Apakah orang tersebut mendapat keuntungan finansial? Jawabannya tentu saja tidak.

Beberapa orang memiliki ide yang lebih brilian lagi, dengan cara arisan 2.0 atau arisan barang. Arisan barang ini bentuknya sama seperti arisan pada umumnya, namun hadiahnya adalah barang, bisa peralatan elektronik, bisa logam mulia (emas) dan lain sebagainya.

 

Arisan Logam Mulia

Contoh arisan logam mulia: masing-masing anggota sepakat setiap penarikan anggota yang beruntung akan mendapatkan logam mulia 5 gram. Tentu saja uang arisan akan berubah-berubah sesuai dengan harga emas pada saat itu. Banyak orang merasa bahwa arisan logam mulia ini lebih adil (fair) bagi anggota arisan, karena harga emas diasumsikan selalu naik. Padahal tidak ada orang yang berani menjamin bahwa emas selalu naik. Saya pun tidak berani menjamin.

5 Cara Investasi Logam Mulia Antam - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Investasi Logam Mulia Antam]

 

Dalam jangka panjang harga logam mulia emas memiliki peluang yang besar untuk mengalami kenaikan harga. Tetapi tidak ada garansi 100% logam mulia akan naik. Jadi hati-hati ketika Anda membuat kesimpulan!

 

Arisan Barang Elektronik atau Barang Lainnya

Selain logam mulia, ada juga orang-orang yang kreatif memanfaatkan arisan seperti cicilan 0%. Misal ada sekelompok ibu-ibu ingin membeli tv layar datar. Mereka masing-masing sepakat membayar sekian Rupiah setiap bulannya untuk membeli tv layar datar. Misal harga tv sebesar Rp 10.000.000 dibagi 10 orang peserta. Maka masing-masing peserta harus membayar uang arisan sebesar Rp 1.000.000 per bulan. Itung-itung bisa mencicil lebih murah dan ketua arisan bisa meminta harga spesial, karena akan membeli tv layar datar setiap bulannnya.  

bahaya-uang-muka-kredit-motor-0-persen-bisa-jadi-masalah-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Bahaya Uang Muka Kredit Motor 0 Persen adalah …. ]

 

Seiring berkembangnya zaman, ternyata sudah banyak sekali program cicilan 0%. Salah satunya adalah belanja di toko online dengan menggunakan kartu kredit. Apakah arisan elektronik ini masih menggiurkan?

 

Apa Saja Keuntungan Ikut Arisan?

Kalau dari segi finansial kurang menguntungkan apakah ada keuntungan ikut arisan? Berdasarkan hasil diskusi dengan teman-teman ternyata manfaat arisan lebih banyak pada manfaat sosial, seperti:

  1. Sarana bersosialisasi, menjalin silaturahmi dan networking adalah keuntungan utama dalam arisan. Dengan adanya arisan, Anda memiliki alasan untuk bertemu dengan teman-teman, bersosialisasi, menjalin silahturahmi dan networking. Apakah ujung-ujungnya bisa di lanjutkan dengan hubungan bisnis yang lebih serius? Bisa jadi.
  2. Waktunya untuk menawarkan barang dan jasa. Ada ibu-ibu yang kalau datang ke arisan selalu membawa barang dagangan. Mulai dari tas, baju, kosmetik, hingga barang apapun (alias PALUGADA – Apa lu mau gw ada).
  3. Menghilangkan beban pikiran dan stress dari rutinitas. Berbicancang dengan teman-teman terbukti dapat mengurangi beban pikiran dan stress. Arisan bisa jadi tempat yang tepat untuk melepas kepenatan dan ngobrol dengan teman-teman.
  4. Saling bantu dan gotong royong untuk membeli barang. Terkadang ada teman-teman yang kurang mampu dan ingin membeli barang elektronik. Mungkin teman-teman Anda ada yang tidak memiliki kartu kredit, sehingga tidak bisa menikmati cicilan 0% dari toko online. Tidak ada salahnya Anda membantu teman Anda dengan menggunakan arisan barang.
  5. Melihat karakter seseorang ketika berurusan dengan uang dan komitmen. Arisan bukan melulu uang, tetapi komitmen. Apakah seseorang kabur dan tidak membayar uang arisan bulanan setelah menerima bagiannya? Anda dapat melihat siapa orang ini sesungguhnya, ketika Anda berurusan uang dan melihat komitmen dengan orang tersebut.

 

Apa Saja Kerugian Ikut Arisan?

Selain keuntungan, apakah ada kerugian ketika kita ikut arisan? Ya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerugian, jika Anda tidak mengelola arisan dengan baik, seperti:

  1. Jadi lebih boros karena ada arisan, misal harus menyediakan tempat, makanan dan minuman. Ada juga orang-orang yang arisan di kafe, nah biaya ke kafe itu yang menjadi tambahan pengeluaran keluarga.
  2. Tidak ada manfaat finansial, karena tidak ada bunga. Mohon diingat dan dicatat arisan itu bukan menabung, kalau menabung itu uangnya tambah banyak (walaupun nambahnya sedikit). Arisan tidak memperbanyak uang Anda. Ingat arisan itu bukan menabung, melainkan membayar cicilan.
  3. Menambah beban pengeluaran keluarga. Arisan ini kalau dicatat dalam cashflow keluarga, lebih tepat dikatakan pengeluaran dalam bentuk cicilan. Sama seperti cicilan utang dengan bunga 0%. Seseorang dikatakan sehat secara keuangan, jika cicilan kurang dari 30% penghasilan. Apakah Anda sudah sehat secara keuangan? Anda dapat mengecek kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda di sini (gratis).
  4. Jika barang yang didapat dari arisan tidak terlalu berguna, maka barang tersebut hanya akan memenuhi rumah. Terkadang ada kalanya seseorang ikut berpartisipasi program arisan, sebagai penggembira. Masalah pada arisan barang, adalah jika Anda tidak memerlukan barang tersebut. Misal arisan dengan hadiah tv layar datar, padahal di rumah sudah ada 3 tv layar datar. Nah itu artinya Anda memboroskan uang Anda.
  5. Tidak ada payung hukum dan repot jika ada yang kabur. Program arisan tidak memiliki hukum atau berbadan hukum. Arisan akan menjadi runyam kalau-kalau ada yang kabur setelah mendapatkan bagiannya.

 

Masih Mau Ikut Arisan?

Apakah Anda masih mau ikut program arisan, setelah mengetahui pertimbangan-pertimbangannya? Kesalahan kebanyakan orang adalah menanggap arisan adalah menabung. Padahal arisan bukan menabung melainkan membayar cicilan 0%. Arisan lebih banyak memberikan manfaat untuk bersosialisasi dan membina hubungan pertemanan.

 

Apakah Anda termasuk orang yang suka ikut arisan? Apakah Anda pernah menghitung berapa persen pengeluaran arisan Anda dibandingkan dengan penghasilan bulanan?

 

Sumber gambar:

Arisan – https://goo.gl/S9udsm

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang