Kurang lebih 7 bulan lamanya kegiatan belajar mengajar di sekolah beralih ke belajar di rumah. Imbas pandemi covid-19 ini, mungkin awalnya terasa menyenangkan.

Tapi kok lama-lama bosan juga ya seharian hanya menatap layar. Moms, bisa lakukan tips berikut ini agar anak tetap semangat walaupun belajarnya di rumah. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Belajar di Rumah, Pengalaman Baru Anak Sekolah

Hai moms masih inget gak, kalo guru mengatakan ‘belajar di rumah’ seringkali kita artikan sebagai libur. Tapi berbeda dengan ‘belajar di rumah’ versi sekarang, imbas pandemi virus corona atau covid-19.

Mau tidak mau, suka tidak suka, sekolah-sekolah mengalihkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, menjadi di rumah.

Hal ini, bukan berarti libur atau bebas tugas tapi tetap ada rangkaian aktivitas pembelajaran dan penugasan yang harus dikerjakan bahkan dilaporkan secara berkala ke guru masing-masing.

Ciptakan Suasana Belajar di Rumah yang Menyenangkan Dengan Tips Ini 03- Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat dan Strategi Memiliki Tabungan Pendidikan Anak]

 

So, untuk mendukung kelancaran aktivitas tersebut orang tua mempunyai andil cukup besar. Terutama dalam memberikan arahan dan pengertian kepada anak, bahwa mereka tetap harus belajar atau mengerjakan tugas seperti biasanya.

Awalnya mungkin tidak ada kesulitan, karena anak masih semangat dan menikmati proses pembelajaran di rumah sebagai pengalaman yang baru.

Tapi setelah melewati hari demi hari, bahkan bulan demi bulan, tak heran jika saat ini muncul rasa bosan karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar.

Kira-kira apa yang harus Moms lakukan supaya anak tetap semangat belajar di rumah? Yuk, simak baik-baik tipsnya, ya.

 

Lakukan 6 Tips Ini Supaya Belajar Tidak Membosankan

Kurang lebih 7 bulan, anak sekolah menghabiskan waktu belajarnya di rumah. Kebosanan mulai dirasakan, tapi aktivitas pembelajaran tetap harus dilakukan.

Sebagai orang tua yang mungkin punya berbagai kesibukan, tidak boleh mengabaikan, apalagi soal anak jangan dinomorduakan.

Supaya tetap semangat menjalani tantangan di pembelajaran, coba lakukan tips ini agar belajar tetap menyenangkan.

 

#1 Disiplin Sesuai Jadwal

Melansir laman popmama.com, walaupun pembelajaran di rumah Moms harus mendisiplinkan anak untuk melakukan kebiasaan yang diterapkan saat bersekolah. Mulai dari bangun pagi, sarapan, dan sebagainya.

Oh ya, disarankan untuk mengikuti jadwal pelajaran di sekolah, misalnya jika hari Senin pukul 8 anak biasanya belajar matematika di sekolah, maka lakukan hal yang sama di rumah.

Ciptakan Suasana Belajar di Rumah yang Menyenangkan Dengan Tips Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Parents, Simak Yuk Cara Ajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Usia Dini]

 

Nantinya saat tiba waktu istirahat, biarkan anak merelaksasi pikiran dan membuat anak kembali fokus. Bila sudah waktunya selesai belajar, maka hentikan kegiatan belajar.

 

#2 Pengecekan Tugas Sekolah

Meskipun belajar di rumah, anak tetap mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Supaya memastikan semua tugas sudah dikerjakan, di sinilah peran orang tua untuk melakukan pengecekan.

Moms harus memastikan bahwa anak telah menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan tepat. Hal ini bisa dinilai sebagai bentuk perhatian Moms kepada anak juga, lho

 

#3 Mendampingi Anak Belajar

Inilah waktunya Moms berlaku sebagai guru dengan mengajari anak agar ia mengerti tentang materi yang sedang dipelajari.

Tapi, kalau kondisinya Moms harus bekerja coba alternatif lainnya dengan meminta bantuan pengasuh atau guru les untuk mendampingi proses belajar sang anak.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

11 Ebook Menyekolahkan Anak Dari TK sampai Kuliah Tanpa Utang

 

#4 Hubungi Guru Bila Mengalami Kesulitan

Jangan ragu untuk berkoordinasi dengan guru bila Moms menemukan dengan materi pelajaran atau dengan anak itu sendiri. Sehingga Moms juga selalu bisa memperoleh informasi mengenai pelajaran atau tugas yang harus diselesaikan.

Komunikasi baik yang terjalin antara Moms dengan guru bisa dimanfaatkan juga untuk melakukan pemantauan perkembangan sang anak di masa-masa sekolahnya.

 

#5 Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif

Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam mengerjakan apapun termasuk belajar di rumah. Maka dari itu, pastikan agar anak  belajar di meja belajarnya supaya selalu fokus.

Bisa saja anak bosan dan sesekali ingin mencoba belajar di tempat berbeda, mungkin di luar meja belajarnya, di teras, atau di kamar. Jangan dibiarkan ya, moms. Sebab, konsentrasi anak dapat terganggu dan cenderung tergoda untuk bermalas-malasan.

Pilih ruangan yang tenang untuk menghindari potensi gangguan agar anak dapat tetap fokus. Selain itu, suasana tenang juga sangat penting untuk kelancaran proses pembelajaran di rumah ini.

Ciptakan Suasana Belajar di Rumah yang Menyenangkan Dengan Tips Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Parents, Terapkan 6 Hal Ini Saat Dampingi Anak Belajar Di Rumah]

 

#6 Evaluasi

Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui efektivitas kegiatan belajar berjalan sesuai jadwal. Cari tahu penyebabnya jika ada yang belum sesuai.

Sekalipun ada kesulitan yang dialami sang anak, coba untuk membantu mencari solusi untuk mengatasinya.

 

Belajar di Rumah, Tetap Sumringah

Itulah beberapa tips untuk membangun semangat dan menciptakan suasana menyenangkan selama masa belajar di rumah. Semangat ya, Moms, supaya anak tetap sumringah selama melewati hari demi hari belajar di rumah.

Oh ya, walaupun #dirumahaja, tetap jaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri, ya

 

Moms, jika ada tips lain yang Moms lakukan untuk menciptakan suasana menyenangkan pembelajaran di rumah, jangan ragu untuk membagikan di kolom komentar, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Sysilia Tanhati. 13 April 2020. Libur karena Corona, Ini 6 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan. Popmama.com- https://bit.ly/2HVc6dm

 

Sumber Gambar:

  • Belajar 1 – https://bit.ly/2TizAeR
  • Belajar 2 – https://bit.ly/3m9pt8H
  • Belajar 3 – https://bit.ly/2TiAPux