Meskipun dibanderol dengan harga murah, tapi hati-hati beli rumah bekas dekat sutet. Apa saja sih risikonya?

Kupas tuntas dalam artikel Finansialku berikut, yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Beli Rumah Bekas Dekat Sutet, Aman Atau Tidak?

Beli rumah bekas memang harus banyak banyak pertimbangan, karena kalau Anda salah memilih akan berpengaruh selama Anda menempati rumah tersebut.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru untuk memutuskan membeli rumah yang bekas atau rumah seken. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan pilih di tempat yang bermasalah. 

Lebih baik aman dan sehat, daripada memilih murah tetapi tidak tenang dan nyaman seumur hidup.

 

Risiko Membeli Rumah Bekas Dekat Sutet

Salah satu masalah yang terjadi pada saat membeli rumah terutama rumah bekas adalah daerah sutet, maka itu banyak yang tidak mau membeli rumah dekat sutet.

Oleh karena itu, perlu diketahui terlebih dulu apa saja risikonya agar tidak terlanjur mengambil rumah bekas yang berdekatan dengan sutet. Risikonya antara lain sebagai berikut.

 

#1 Mengakibatkan Penyakit Kanker

Alasan yang paling ditakuti untuk mengambil rumah dekat sutet adalah penyakit kanker karena dengan tinggal di daerah sutet bisa berpotensi terkena kanker. Namun, info mengenai kanker masih menjadi perdebatan oleh sebagian orang.

Jangan Buru-Buru! Ketahui Dulu Risiko Beli Rumah Bekas Dekat Sutet! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Rumah Over Kredit. Yakin Aman? CEK Penjelasannya!]

 

#2 Berpotensi Mengakibatkan Masalah Kesehatan

Selain kanker, ternyata area sutet juga berpotensi terhadap masalah kesehatan lainnya. Seperti penyakit nyeri kepala, keletihan kronis, hingga tumor kelenjar getah bening. Bahkan, bisa juga terjadi cacat janin pada ibu yang sedang hamil atau mengandung.

 

 

#3 Risiko Kebakaran

Bukan hanya mengenai penyakit, tetapi masalah keamanan pun bisa saja menjadi sebuah masalah besar di area ini. Karena, jika terjadi korsleting di area sutet bisa mengakibatkan kebakaran pada bangunan di sekitarnya.

Hal ini sangat mungkin terjadi, karena prosentase terjadinya korsleting yang membahayakan sekitarnya akan menjadi besar karena area sutet ini dikelilingi perumahan.

 

#4 Risiko Kerusakan Material

Salah satu risiko beli rumah bekas juga di area sutet adalah bisa mengalami kerusakan material pada bangunan rumah Anda, karena yang terjadi pada kondisi sutet bisa berpengaruh dan menghancurkan bangunan di sekitarnya termasuk perumahan.

Karena itulah, meski mungkin harganya terjangkau Anda juga harus memperhitungkan untung ruginya. Jangan sampai ingin beli murah malah ternyata biaya renovasi dan perawatannya lebih mahal.

Jangan Buru-Buru! Ketahui Dulu Risiko Beli Rumah Bekas Dekat Sutet! 02 - Finansialku

[Baca Juga: AWAS Ketipu! Ketahui Dulu Tips Jitu Beli Rumah Bekas di Perumahan]

 

#5 Bertentangan dengan Aturan Pemerintah

Kalau untuk risiko yang terakhir berhubungan dengan aturan perumahan di area sutet sendiri, maka dari itu pemerintah sangat melarang hunian dibangun di sekitar sutet.

Namun, jika kita tetap melakukannya akan bertentangan dengan aturan Pemerintah. Sebaiknya, Anda mengetahui jarak minimal untuk membangun rumah di area sutet.

Seperti halnya di dekat rel kereta api atau di sekitar bantaran sungai, ada jarak aman minimal yang bisa diketahui untuk membuat bangunan apapun, terutama rumah tinggal.

 

Keuntungan Membeli Rumah Bekas

Pada dasarnya beli rumah bekas juga memiliki banyak keuntungan,  tetapi itu semua tergantung dari kebutuhan masing-masing. Jenis rumah bekasnya pun bervariasi, jika melihat kebutuhan pembelinya.

Salah satu keuntungannya yang paling jelas adalah bisa mendapatkan harga yang relatif murah, atau bisa memiliki rumah tanpa harus melalui proses panjang.

Harga rumah bekas biasanya tergantung dari lokasi daerahnya, tapi kalau rumah bekas yang dekat dengan sutet sudah pasti harganya pasti murah.

Oleh karena itu, jangan hanya memikirkan harga dalam membeli rumah tapi juga pikirkan keamanan dan kesehatan.

Jangan Buru-Buru! Ketahui Dulu Risiko Beli Rumah Bekas Dekat Sutet! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Ketahui Dulu Penjelasan KPR Di Sini!]

 

Banyak sekali pendapat dan opini yang membahas mengenai perdebatan masalah ini, sehingga masih banyak sekali yang ragu untuk mengambil atau tidaknya perumahan di daerah sutet ini.

Karena, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi masyarakat untuk memilih daerah sutet adalah karena harganya yang murah.

Setelah Anda mengetahui risiko dari rumah dekat sutet, maka mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk membeli rumah tersebut.

Dengan begitu, jangan hanya mempertimbangkan harga dalam membeli rumah karena beli rumah bekas tidak selamanya menguntungkan jika di area sutet.

Jika Anda masih bingung, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi membeli rumah sesuai dengan keuangan dan kondisi lainnya.

Gunakan aplikasi Finansialku untuk terhubung dengan perencana keuangan terpercaya dan bersertifikat. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya dan wujudkan memiliki hunian impian Anda sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda setuju atau tidak untuk beli rumah bekas dekat sutet? Yuk share artikel ini dan diskusikan pendapat Anda dengan orang terdekat, terima kasih.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Lita Lia. 28 Mei 2020. Awas, Rumah Dekat SUTET Itu Berbahaya, Begini Cara Mengurangi Dampak Buruknya. Blog.spacestock.com – https://bit.ly/3iLiYHl
  • Yuhan Al Khairi. 11 Februari 2019. Fakta & Mitos Rumah Dibawah SUTET. 99.co – https://bit.ly/30XWCMS
  • Kanti Maharani. 10 Februari 2016. Bolehkah Mendirikan Rumah Di Dekat SUTET? Rumah.com – https://bit.ly/3g2wG7d
  • Kania Dekoruma. 14 Maret 2020. Apakah Aman Punya Rumah Dekat Sutet? Dekoruma.com – https://bit.ly/2CxGvfF

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://bit.ly/30XWCMS
  • Rumah 2 – https://bit.ly/2CxGvfF
  • Rumah 3 – https://bit.ly/2Y5Tw7s