Sitty Himawatty, Komisioner KPAI bilang berenang bisa hamil. Jangan keblinger, begini fakta sebenarnya.

Selengkapnya bisa Anda baca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pernyataan Kontroversional Komisioner KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengeluarkan pemberitahuan kontroversional yang mengatakan kalau perempuan dihimbau untuk menghindari kolam renang umum karena diduga dapat menjadi pemicu hamil.

Imbauan ini pertama kali disampaikan oleh Sitty Hikmawatty, seorang komisioner KPAI bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotoprika, dan Zat Adiktif (NAPZA) secara lengkap melalui sebuah video.

Dalam video itu, dia mengatakan kalau perempuan bisa mengalami kehamilan jika berenang di kolam renang umum yang bercampur dengan laki-laki.

Lebih lanjut dia mengatakan kalau kehamilan yang berindikasi dari kolam renang ini sebagai contoh hamil tidak langsung melalui sebuah mediasi seperti kolam renang.

Selama seorang perempuan sudah bisa memproduksi sel telur dan laki-laki bisa memproduksi sel sperma, dan keduanya bisa bertemu baik langsung atau tidak langsung, maka bisa terjadi sebuah kehamilan.”

 

Hal ini bisa diindikasikan karena dalam kolam renang, ada jenis-jenis atau kondisi sperma tertentu yang sangat kuat.

Dia menuturkan, walaupun tidak ada penetrasi tapi ada laki-laki terangsang dalam kondisi tersebut, maka bisa terjadi sebuah kehamilan pada perempuan.

Komisaris KPAI Peringatkan Berenang Bisa Hamil, Ini Faktanya 02

[Baca Juga: Anak Air Swim School, Bisnis Waralaba Sekolah Renang Anak dengan Prospek Tinggi]

 

Menyadari kekeliruan dari pernyataannya yang terekam dalam video, Sitty, melalui surat tertulis resmi, menyampaikan permintaan maafnya karena telah menyebarkan informasi yang tidak benar.

Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat.”

 

Dia juga turut menambahkan kalau pernyataan itu merupakan ucapan pribadi, bukan mewakili pihak KPAI.

 

Renang Bisa Hamil? Omong Kosong!

Lalu, bagaimana kebenarannya soal hal ini?

Melansir beberapa laman media online berbeda, semuanya mengatakan kalau hal ini seratus persen hoaks.

Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, melalui laman kompas.tv, mengatakan kalau pernyataan Sitty sama sekali tidak benar.

Hanya orang tidak mengerti yang menyatakan dapat terjadi kehamilan.” Katanya dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip laman kompas.tv, Minggu (23/02).

Dia dengan tegas mengatakan kalau sel sperma manusia tidak mungkin hidup berenang di air kolam lalu menembus rahim perempuan dan menyebabkan kehamilan.

Jelas sekali pernyataan ini menunjukkan ketidaktahuan yang bersangkutan karena memang di luar kompetensinya. Andaikata beliau benar menyatakan ada rujukan berupa jurnal, dengan yakin saya katakan pasti sumber rujukannya salah, siapapun penulisnya.” Tuturnya.

Hal serupa turut dikatakan oleh I Made Cock Irawan, seorang pemilik akun twitter @blogdokter dalam sebuah artikel di laman resminya, blogdokter.net.

Dia mengatakan bahwa pernyataan itu sama sekali tidak mengandung kebenaran.

Hal ini dikarenakan tidak semua laki-laki yang berenang mengalami rangsangan seksual saat berenang dengan perempuan.

Komisaris KPAI Peringatkan Berenang Bisa Hamil, Ini Faktanya 03

[Baca Juga: Top 10 Kolam Renang Termahal di Dunia! Mana Favoritmu?]

 

Kalaupun seandainya si laki-laki terangsang dan terjadi ejakulasi di dalam air kolam, maka sel sperma yang keluar akan cepat mati karena sel sperma tidak bisa hidup di dalam air beklorin (air kolam renang).

Sebagaimana diketahui, sel sperma hanya dapat hidup singkat dalam suasana lingkungan yang tidak mendukung. Jadi sangat tidak memungkinkan sel sperma ini berjalan-jalan di air kolam mencari liang vagina lalu membuahi sel telur yang ada di rahim seorang wanita yang sedang berenang.” Tulisnya sebagaimana dikutip dari artikelnya di laman blogdokter.net, Minggu (23/02).

Serupa dengan dua pernyataan di atas mengenai fakta kalau berenang bisa membuat perempuan hamil, Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDBI) juga menyatakan hal serupa.

Wanita bisa hamil karena berenang di kolam renang bersama laki-laki adalah pernyataan yang kabur dan keliru, bahkan berbau hoaks.” Kata James Allan Rarung selaku Ketua Umum PDIB sebagaimana dikutip dari laman antaranews.com, Minggu (23/02).

Lebih lengkap dinyatakannya, sel sperma di luar tubuh hanya memiliki potensi yang baik rata-rata rentang 30-60 menit.

Itu pun apabila sperma ditampung dalam tempat yang bersih tanpa tercampur media lain. Setelah itu potensinya akan menurun drastis.

Spermatozoa hanya dapat hidup di dalam cairan mani atau juga disebut ‘semen’. Tentu saja apabila cairan ini mengering atau komposisi cairan ini berubah, misalnya bercampur dengan air kolam renang, maka spermatozoa akan langsung mati.” Katanya.

Komisaris KPAI Peringatkan Berenang Bisa Hamil, Ini Faktanya 04

[Baca Juga: Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan]

 

Melalui kesempatan itu juga, James menuturkan kalau wawasan masyarakat Indonesia tentang reproduksi manusia dan kehamilan harus ditingkatkan.

Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa bijak dalam memahami informasi yang beredar cepat.

Selain itu agar masyarakat juga mampu menguji kebenaran pernyataan dan isu dengan merujuk pada data, fakta, dan keilmuan.

 

Lembaga nasional pelayanan Masyarakat lagi-lagi berhasil membuat warganet geleng-geleng kepala karena asumsinya yang kadang tidak berdasar.

Dulu sempat beredar pula informasi bahwa para penyuka aliran musik Kpop adalah orang yang kafir. Bagaimana pendapat sobat Finansialku soal ini? Utarakan melalui kolom komentar, ya!

Bagikan informasi ini secara luas kepada orang-orang terdekat Anda, agar tidak ada lagi yang mempercayai pernyataan tidak berdasar ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Februari 2020. Salah Total! Pakar Seksologi Bantah Pernyataan Komisioner KPAI soal Perempuan Bisa Hamil Saat Renang. Kompas.tv – http://bit.ly/32lBijj
  • Felldy Utama. 24 Februari 2020. Sosok Sitty Hikmawatty, Komisioner KPAI yang Sebut Berenang Bisa Hamil. Inews.id – http://bit.ly/2PjG5Nb
  • Admin. 24 Februari 2020. Menguji Pernyataan Anggota KPAI Benarkah Sperma Berenang jadi Anak?. Wartaekonomi.co.id – http://bit.ly/39XkOAE
  • Gibran Maulana Ibrahim. 23 Februari 2020. Komisioner KPAI Sitty Hikmawatty Minta Maaf soal Hamil di Kolam Renang. News.detik.com – http://bit.ly/2VgEtYg
  • Admin. 23 Februari 2020. Benarkah Berenang Dengan Lawan Jenis Bisa Hamil?. Blogdokter.net – http://bit.ly/2VnnRhg

 

Sumber Gambar:

  • Berenang 01 – http://bit.ly/2uqqOCX
  • Berenang 02 – http://bit.ly/2Phk0ig
  • Berenang 03 – http://bit.ly/3c4ACn6
  • Berenang 04 – http://bit.ly/2SThS2f