Salah satu tokoh terbesar dalam dunia perbankan, Lord Jacob Rothschild, dikabarkan meninggal dunia. Berikut ini adalah profil serta peranannya bagi sektor perbankan global

Yuk, simak Selengkapnya dalam artikel ini!

 

Lord Jacob Rothschild Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

Lord Jacob Rothschild, salah satu tokoh perbankan global tutup usia pada Senin 26 Februari 2024. Hal tersebut dikabarkan langsung oleh pihak keluarga.

“Seorang pemodal yang berprestasi luar biasa, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai negeri yang setia, seorang pendukung amal di Israel dan budaya Yahudi, seorang pecinta lingkungan dan teman, ayah dan kakek yang sangat dicintai,” ujar pihak keluarga, melansir detik.com (27/02).

Jacob Rothschild meninggal dunia pada usia yang ke 87 tahun. Tentu kita mengetahui bahwa Jacob Rothschild merupakan salah satu keturunan Rothschild, orang Yahudi pendiri perbankan yang sangat berpengaruh di dunia.

Pria kelahiran 29 April 1936 tersebut juga memegang kendali atas peraturan yang berkaitan dengan bisnis, keuangan, serta aktif dalam kegiatan sosial, seni, dan filantropi.

 

Perjalanan Karier Lord Jacob Rothschild

Tentu saja kita semua penasaran bagaimana perjalanan karir seorang Jacob Rothschild sebagai salah satu anggota keluarga Rothschild yang sangat berpengaruh bagi sistem perbankan dunia.

Berdasarkan catatan The Guardian, Jacob mengawali kariernya di bank milik keluarga yakni NM Rothschild & Sons. Akan tetapi, ia memutuskan untuk keluar dan mendirikan beberapa perusahaan pada tahun 1980.

Salah satu perusahaan yang didirikannya yakni J Rothschild Assurance Group (kini St James’s Place) bersama Sir Wark Weinberg yang berbasis di ibukota Inggris, London.

Tidak sampai di situ, Jacob juga terlibat dalam beberapa bisnis seperti perusahaan RIT Capital Partners. Perusahaan ini telah mendukung berbagai perusahaan startup, hedge fund, hingga teknologi ramah lingkungan.

Kemudian ia juga menjalankan peran sebagai wakil ketua di BSkyB Television, direktur RHJ International, yang sekarang dikenal sebagai BHF Kleinwort Benson Group, dan merupakan anggota dewan Duchy of Cornwall for the then-Prince of Wales.

[Baca Juga: Deretan Orang Terkaya di Asia, Siapa Si Paling Tajir?]

 

Aktif dalam Dunia Seni & Filantropi

Selain karier yang cemerlang di dunia perbankan/finance, Jacob Rothschild juga dikenal aktif dalam dunia seni hingga filantropi. Ia sempat menjalankan peran sebagai wali Galeri Nasional pada tahun 1985 hingga 1991.

Kemudian, ia juga terkenal aktif dalam pekerjaan restorasi Somerset House di London serta mendapatkan anugerah Order of Merit pada tahun 2002 lalu. Pengabdiannya di bidang seni, sastra, hingga sains diakui langsung oleh Kerajaan Inggris.

 

Kekayaan Jacob Rothschild

Kecemerlangan serta pengaruh besar dalam dunia perbankan membuat Jacob Rothschild yang termasuk di dalam keluarga Rothschild memiliki kekayaan yang sangat fantastis.

Keluarga ini diperkirakan memiliki kekayaan sekitar £825 juta atau sekitar Rp16,35 triliun berdasarkan catatan Sunday Time Rich List tahun 2023.

Keluarga Rothschild

Keluarga Rothschild. Sumber: Celebrity Net Worth

 

Keluarga Rotschild dan Konspirasi

Sobat Finansialku, bukan lagi sebuah rahasia bahwa keluarga Rothschild seringkali dikaitkan dengan berbagai konspirasi dunia. Terutama peranannya dalam perbankan, world war, iluminati, new world order, finansial global, dan lain sebagainya.

Tak sampai di situ, sebuah situs di internet juga secara berani menyebutkan bahwa keluarga Rothschild berperan dan memperoleh keuntungan yang besar dari penyebaran wabah Covid-19 secara global pada tahun 2020 lalu.

Tuduhan tersebut muncul dari unggahan dokumen di forum internet yang menyebutkan bahwa keluarga Rothschild sebagai pemegang hak paten atas pelacakan virus Corona pada 2015.

Akan tetapi, setelah ditelusuri ternyata klaim tersebut palsu. Berdasarkan penelusuran Reuters pengajuan paten tersebut terkait dengan pelacakan Biometrik.

Kemudian dari aspek kekayaan atau net worth, banyak yang meyakini bahwa kekayaan yang dimiliki keluarga ini bisa menyentuh angka 500 triliun dollar rupiah, benarkah demikian?

Melansir dari Cnbcindonesia, klaim angka tersebut terlalu berlebihan. Klaim kekayaan sebesar itu dirilis Investopedia walaupun pada akhirnya ditarik kembali.

“Estimasi US$ 350 miliar berasal dari sumber yang tidak memenuhi standar kami, sehingga kami mencabutnya. Juga, perkiraan bahwa keluarga Rothschild memiliki aset lebih dari US$ 2 triliun tidak memiliki sumber yang memadai dan juga ditarik kembali.” Melansir Cnbcindonesia.

Fakta selanjutnya bahwa saat ini cakupan bisnis dari keluarga Rothschild jauh lebih kecil jika dibandingkan pada masa kejayaannya di abad ke-19 hingga abad ke-20.

 

Belajar dari Rothschild, Komitmen dalam Meraih Kesuksesan

Kendati banyak sekali konspirasi dan isu-isu miring yang berkaitan dengan Jacob Rothschild dan keluarga, tentu kita bisa mengambil pelajaran darinya, salah satunya adalah komitmen dan determinasinya dalam berbisnis.

Meski ia memiliki privilige dari latar belakang keluarganya, tak menghentikan usahanya untuk meniti karir hingga sukses mendirikan sekaligus menjalankan bisnisnya.

Yuk, ikuti langkahnya dengan berkomitmen dalam berbisnis. Anda bisa memulainya dengan mengatur keuangannya terlebih dahulu. Caranya, bisa Anda ketahui dalam video berikut ini.

 

 

 

Disclaimer:  Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi. 

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Itulah informasi seputar wafatnya Lord Jacob Rothschild. Jangan lupa ya untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Mentari Puspadini, 27 Februari 2024. Jacob Rothschild Meninggal Dunia, Ini Profil & Perannya di Dunia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/49Nj63Q
  • Mentari Puspadini. 27 Februari 2024. Mengenal Keluarga Rothschild, Benar Kuasai Dunia-Berharta Rp5.000 T?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3UVxxyG
  • Admin. 27 Februari 2024. Jacob Rothschild, Legenda Finansial Global, Meninggal Dunia. Bisnis.com – https://shorturl.at/aGMRU

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://shorturl.at/eGHLQ