Apa saja cara yang perlu Anda lakukan agar karier Anda cemerlang? Bagi Anda yang ingin karier Anda cemerlang dan sukses, silakan baca informasi dari artikel ini terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tidak sedikit pegawai yang bosan dengan tingkat karier mereka yang itu-itu saja. Selain bosan, tingkat karier yang stagnan akan menjadi demotivasi dan membuat masalah kejiwaan pada seseorang. Sedangkan, memiliki karier cemerlang merupakan dambaan setiap orang. Tidak hanya meningkatnya pendapatan, mempunyai karier yang cemerlang juga meningkatkan reputasi serta jabatan yang lebih baik sehingga Anda akan lebih dipandang.

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-dan-kesejahteraan-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karier dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Teori memang lebih mudah dibandingkan praktek. Untuk mendapatkan tingkat karier yang cemerlang bukanlah hal yang mudah. Tentu saja banyak hal yang harus Anda lakukan dan kebiasaan-kebiasaan yang harus Anda ubah, tetapi bukan tidak mungkin untuk mendapatkan tingkat karier yang cemerlang. Beberapa cara di bawah ini dapat Anda jadikan pedoman untuk peningkatan karier.

 

Cara 1: Melakukan Perencanaan

Terlalu banyak pegawai yang merasa tertekan untuk membuat suatu pilihan karier sebelum mereka yakin dengan apa yang ingin mereka kerjakan. Faktanya, banyak anak muda yang tidak mengenal diri mereka, apalagi dengan apa yang akan mereka kerjakan.

Perbedaan seseorang yang memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk berhasil adalah mereka melakukan perencanaan dengan matang. Perencanaan di sini adalah rencana karier yang meliputi jalur karier yang ingin Anda capai dan kurun waktu Anda akan mendapatkannya.

karyawan-harus-punya-website-pribadi-untuk-karier-dan-personal-branding-finansialku

[Baca Juga: Anda Harus Punya Website Pribadi untuk Karir & Personal Branding]

 

Salah satu contoh perencanaan karier jika Anda mulai sebagai trainee pada sebuah perusahaan adalah:

  • Kurun waktu 1 tahun: Menjadi pegawai tetap
  • Kurun waktu 1-3 tahun: Menjadi staf senior
  • Kurun waktu 3-5 tahun: Menjadi kepala unit departemen Anda
  • Kurun waktu 5-10 tahun: Menjadi manajer departemen Anda

 

Cara 2: Melakukan Realisasi Rencana Karier Anda

Tentunya tahap berikut setelah perencanaan adalah realisasi strategi Anda untuk mencapai tujuan yang Anda susun. Tahap awal ini merupakan tahap yang cukup sulit terutama jika Anda masih baru dan bingung mengenai kompetensi apa yang harus Anda miliki. Salah satu solusinya adalah berkonsultasi dengan pihak personalia perusahaan.

Mulailah dari memberikan informasi mengenai rencana Anda dan apakah rencana yang Anda susun cukup realistis dengan mempertimbangkan sejarah dari para pegawai perusahaan. Kemudian, Anda pun dapat menanyakan posisi apa yang sebaiknya Anda kejar dan syarat apa yang harus Anda penuhi untuk mencapai posisi tersebut.

8 Cara Merencanakan Keuangan dan Mengelola Keuangan Setelah Menikah yang Harus Kamu Praktekkan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karier yang Benar]

 

Cara 3: Memiliki Pemikiran yang Terbuka akan Jalur Karier

Daripada Anda melakukan eliminasi atas jalur karier yang Anda inginkan, sebaiknya bersikaplah terbuka atas pilihan jalur karier. Dengan cara ini, Anda akan lebih fleksibel ketika terjadi perubahan pada jalur karier. Misalnya Anda memutuskan untuk fokus pada bagian finansial, mengapa Anda tidak sekalian mengambil kelas pada bidang pajak dan ekonomi. Dengan begitu, Anda dapat membuat laporan yang lebih rinci dari berbagai segi. Bersikap terbuka berarti Anda harus membutuhkan waktu ekstra untuk belajar tetapi hal tersebut akan berguna pada jangka panjangnya.

 

Cara 4: Bersikap Profesional

Profesional adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mendapatkan tingkat karier yang tinggi. Profesional berarti seorang pegawai mengerti dan mengetahui cara bekerja sesuai dengan hak dan kewajibannya. Memprioritaskan kewajiban sebelum menggunakan hak Anda adalah salah satu cara untuk menunjukkan sikap yang profesional.

pilih-karyawan-loyal-berkarir-di-perusahaan-atau-menjadi-kutu-loncat-finansialku

[Baca Juga: Pilih Karyawan Loyal Berkarier di Perusahaan atau Menjadi Kutu Loncat?]

 

Sikap profesional juga harus ditunjukkan dari segi gestur tubuh hingga tata pakaian dan bicara yang Anda pakai. Impresi pertama yang diterima oleh klien, atasan atau kolega kerja Anda dapat sangat membantu kelangsungan karier Anda. Selain itu, Anda pun harus selalu hormat pada atasan dan rendah hati kepada staf bawahan Anda.

 

Cara 5: Antusias

Antusiasme menunjukkan semangat Anda dalam bekerja tidak peduli seberapa besar atau sulit proyek atau tanggung jawab yang sedang Anda kerjakan. Memelihara sikap antusias ketika bekerja tidaklah mudah, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Latihlah pola pikir Anda agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan
  • Menantang diri Anda sendiri untuk lebih baik lagi
  • Cukup istirahat agar produktivitas Anda maksimal esok harinya

Selain itu, untuk meningkatkan antusiasme Anda, Anda dapat memilih jalur karier yang sesuai dengan nilai positif yang Anda miliki. Dengan memilih jalur karier yang tidak sesuai dengan kekuatan Anda, Anda hanya akan menciptakan ketidakharmonisan pada saat Anda bekerja dan dapat menghambat pertumbuhan serta keinginan Anda untuk meniti karier.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

Cara 6: Pantang Mengeluh

Kebanyakan orang yang memiliki karier itu-itu saja dikarenakan kurang motivasi, dan kurangnya motivasi ini menyebabkan seseorang menjadi sering mengeluh. Terlalu sering mengeluh hanya akan membuat Anda semakin terpuruk dan membuat Anda sulit menemukan solusi untuk masalah Anda.

Suka atau tidaknya Anda dengan suatu lingkungan pekerjaan harus diatasi dengan akal sehat dan diambil positifnya, misalnya sebagai tantangan atau motivasi agar Anda lebih maju lagi, atau mungkin saja dapat dijadikan pembelajaran sehingga Anda dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

 

Cara 7: Koneksi

Membangun koneksi harus masuk di dalam realisasi strategi perencanaan karier Anda. Menjadi sukses tidak dapat Anda capai tanpa bantuan dari orang lain. Membangun koneksi dan membina hubungan baik dengan rekan kerja Anda adalah hal yang perlu dilakukan agar Anda dapat mencapai jenjang karier yang lebih tinggi.

Jangan Buru-Buru Resign atau Keluar Kerja, Ketika Karir SUdah Mentok - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Buru-Buru Resign atau Keluar Kerja, Ketika Karier Sudah Mentok]

 

Memiliki rekan kerja yang baik dan bersahabat juga dapat membantu Anda mendapatkan informasi dan bertukar pengalaman yang ke depannya akan banyak membantu kelangsungan karier Anda. Membina hubungan yang baik tidak hanya dengan rekan sepantaran, tetapi juga dengan atasan serta bawahan sekalipun.

 

Ceritakan pengalaman Anda, apa yang dilakukan oleh Anda dalam menggapai karier yang cemerlang? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Herman Yudiono. 17 November 2016. 10 Hal Penting yang Akan Membuat Karier Anda Cemerlang. https://goo.gl/QwOuNV
  • Wikihow. How to Make a Good Career Choice. https://goo.gl/q33wh5

 

Sumber Gambar:

  • Success Asian Employee – https://goo.gl/k8YO91

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang