Harga saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) melesat hingga menyentuh All Time High (ATH) di awal perdagangan tahun 2024.

Seperti apa prospek saham BBNI tahun 2024? Finansialku telah merangkumnya dalam ulasan di bawah ini!

Prospek Cerah BBNI di 2024, Sempat All Time High

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berhasil cetak rekor harga saham tertinggi sepanjang masa atau All Time High (ATH).

Pada perdagangan Sesi I pagi hari, harga saham perusahaan bank pelat merah tersebut terbang 100 poin. Ini setara dengan kenaikan 1,79% ke Rp5.700 per saham.

Kenaikan tersebut sudah cukup bagi saham BBNI untuk memecahkan rekor ATH sejak melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1996 silam.

Pencapaian BBNI kali ini tercapai setelah 11,1 juta saham ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp63,77 miliar, dengan frekuensi transaksi sebanyak 2.695 kali.

Penguatan tersebut juga didukung dengan prospek kinerja keuangan yang tetap cerah di tahun ini.

Sejak awal 2024, harga saham emiten perbankan itu sudah naik 5,12% dan mengonfirmasi rekor tertinggi dalam sejarah.

Dalam setahun terakhir, return saham BBNI bahkan mencapai 18,95% dan memimpin penguatan di antara bank KBMI IV lainnya.

Pada perdagangan intraday, harga saham BBNI sempat menyentuh Rp5.700 yang menjadi level tertinggi sepanjang sejarahnya.

Sebelum berlanjut, Sobat Finansialku bisa cek saham BBNI terupdate melalui chart di bawah ini.

 

 

Menurut Ngurah Warman, S.T., M.M., CFP®, Perencana Keuangan Finansialku, harga BBNI memang masih undervalued sebelumnya sehingga wajar menyentuh ATH dan kinerjanya pun bertumbuh konsisten. 

 

Laba Bersih Bank BNI YoY

Sebelumnya, konsensus analis sepakat bahwa kinerja solid BBNI menjadi pemicu utama penguatan tersebut. Catatan bagus di tahun 2023 juga diyakini akan berlanjut ke 2024.

Laba bersih BNI pada kuartal ketiga tercatat mencapai Rp15,8 triliun atau naik 15,1% secara tahunan (year on year/YoY).

Hal yang menjadi pencapaian ini sejalan dengan estimasi konsensus analis yang memperkirakan laba bersih BNI tembus Rp21 triliun di 2023.

BBNI (1)

Direksi BNI berpose bersama usai pemaparan kinerja perseroan di kuartal III-2023. BNI mencatatkan kinerja positif dengan perolehan laba bersih Rp15,75 triliun. Foto/Ist. Sumber: sindonews.com

[Baca Juga: Bicara Soal Investasi Saham, Lo Kheng Hong: Gak Peduli Pemilu!]

 

Kinerja BBNI Diprediksi Tetap Kinclong Memasuki Tahun Politik

Memasuki tahun politik 2024, kinerja bank BUMN yang kuat di international banking tersebut tetap bersinar.

Pada tahun ini, laba bersih perseroan diprediksi menyentuh Rp25 triliun atau tumbuh 17% daripada estimasi tahun sebelumnya.

“Bank (BBNI) telah mempertahankan 15% ROE selama 17 bulan berturut-turut dan peningkatan ROE lebih lanjut dapat dicapai melalui pertumbuhan kredit yang lebih kuat, pendapatan non-bunga yang lebih produktif, dan penghematan biaya kredit. Peningkatan cakupan NPL dan latar belakang makro yang stabil menunjukkan kemampuan untuk menurunkan biaya kredit tahun depan,” tulis Mandiri Sekuritas dalam catatannya, pada Jumat (5/1/2024).

 

Terkait penyaluran kredit, Indo Premier Sekuritas meramal BBNI dapat mencapai pertumbuhan kredit 9% di tahun 2024.

Sementara itu, Mirae Asset Sekuritas memperkirakan BBNI mampu menyalurkan kredit dengan pertumbuhan 10% di 2024.

 

Funding Masih Tetap Tumbuh

Sementara itu dari sisi funding, analis sepakat bahwa total Dana Pihak Ketiga (DPK) BBNI masih dapat tumbuh 8%.

Mirae Asset Sekuritas bahkan meramal proporsi dana murah atau yang terkenal dengan Current Account Saving Account (CASA) BBNI dapat mencapai 74%.

Analis juga memandang valuasi BBNI tergolong aktif, hal ini dilihat dari sisi outlook laba bersih yang tumbuh double digit serta fungsi intermediasi yang berjalan optimal.

Ciptadana Sekuritas dalam laporan risetnya menilai bahwa saham BBNI masih ditransaksikan dengan valuasi termurah daripada saham big-4 lainnya.

Prospek cerah di tengah berbagai tantangan yang ada serta valuasi yang murah membuat analis masih memberikan rekomendasi beli saham BBNI.

Mirae Asset Sekuritas pun merevisi naik target harga saham BBNI.

“Kami meneruskan basis penilaian kami ke FY24F, sehingga menghasilkan peningkatan TP menjadi Rp6.200 (sebelumnya Rp5.475) dengan rekomendasi Beli, yang mencerminkan target P/B sebesar 1,5x,” tulis Mirae Asset Sekuritas dalam laporan risetnya.

 

Selain itu, analis juga terbuka dengan potensi re-rating saham BBNI. UOB Kay Hian Sekuritas memberikan catatan terkait valuasi BBNI.

Pemeringkatan ulang penilaian akan didorong oleh perbaikan ROAE, di mana manjemen menargetkan mencapai 18% pada tahun 2025.

“ROE BBNI mengalami tren naik hingga 15,5% pada 9M23 vs 2,6% pada tahun 2020, dan lebih tinggi dari 13,4% pada tahun 2019,” tulis UOB Kay Hian Sekuritas dalam catatan risetnya.

 

Nah, agar Sobat Finansialku lebih yakin dalam mengambil langkah berinvestasi saham, pelajari ebook gratis Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham.

Selain itu, kamu pun bisa mengetahui seperti apa investasi saham di tahun politik 2024 dengan menonton  YouTube Finansialku berikut!

 

 

Berminat Beli Saham BBNI di 2024?

Dengan penguatan tersebut, BBNI berhasil menempati urutan ke-2 dalam jajaran top gainers saham-saham unggulan atau indeks LQ45.

Ini juga sekaligus menjadi yang tertinggi di antara saham sejenis di industri perbankan.

Apakah Sobat Finansialku berminat untuk membeli saham BBNI di tahun 2024? Atau kamu ingin menahannya hingga masa pemilu tahun ini berakhir?

Menurut Ngurah, dalam mengambil keputusan berinvestasi sesuaikan dengan tujuan keuangan dan profil risiko.

Sesuaikan dengan profil risiko dan tujuan keuangan , selalu gunakan dana dingin di saham serta gunakan strategi dollar cost averaging, ujarnya.

 

Kalau masih bingung terkait investasi, jangan ragu untuk berdiskusi bersama Perencana Keuangan Finansialku.

Dengan berkonsultasi bersama ahlinya, kamu bisa mendapatkan solusi dan advice terbaik mengenai investasi saham yang sesuai dengan tujuan keuangan.

So, tunggu apalagi? Hubungi Customer Advisory sekarang dan buat janji temu konsultasi melalui WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner berikut ini!

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Bagaimana pendapat kamu soal prospek saham BBNI di tahun 2024? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Pastikan juga untuk klik share dan bagikan artikel ini ke rekan-rekan kantor yang tertarik untuk membeli saham BBNI. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Kunthi Fahmar Sandy. 05 Januari 2024. Prospek 2024 Bersinar, Saham BBNI Terbang Sentuh All Time High (ATH). Idxchannel.com –https://shorturl.at/dtOSV
  • Muhammad Julian Fadli. 05 Januari 2024. Saham BBNI Pecah Rekor Tertinggi, 34 Analis Rekomendasi Beli. Bloombergtechnoz.com – https://shorturl.at/AGHL9