Berhasil menangkan tender, simak bagaimana skema pembangunan infrastruktur PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) di IKN dalam ulasan Finansialku berikut ini. Baca selengkapnya!

 

Pemenang Tender, TLKM Matangkan Pembangunan Infrastruktur IKN

PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) memenangkan tender sebagai penyedia pemanfaatan bersama infrastruktur telekomunikasi (shared infrastructure of telecommunication) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek ini khususnya untuk wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintah (IKPP) 1A.

VP Corporate Communication Telkom Indonesia Andri Herawan Sasoko bercerita pemilihan ini telah dilakukan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sejak 2023.

Andri juga mengatakan, ada banyak kriteria yang menjadi perhatian. Mulai dari kapabilitas teknis hingga mekanisme penyediaan layanan telekomunikasi yang mampu menjamin pelaksanaan pemanfaatan bersama infrastruktur telekomunikasi agar operator lain dapat beroperasi di sana.

Sebagai pemenang, Telkom tentu saja siap melaksanakan mandat ini. Hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan pemerintah kepada Telkom,” ucap Andri kepada Kontan akhir pekan lalu.

 

Skema Pembangunan Infrastruktur TLKM di IKN

Penyelenggaraan telekomunikasi di IKN KIPP 1A akan menerapkan konsep pemanfaatan bersama infrastruktur telekomunikasi alias shared telecommunication infrastructure dengan skema business to business (B2B).

Adapun kewajiban yang harus Telkom lakukan ialah menyediakan jaringan fiber optik, menara telekomunikasi, dan pole (tiang). Kemudian untuk desain dan rencana teknis sudah juga telah dikeluarkan oleh OIKN dan Kominfo.

Tetapi secara bersama masih terus disempurnakan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk progress kesiapan MUT (multi-utility tunnel) sebagai infrastruktur dasar,” jelas Andri.

Telkom Indonesia

Telkom Indonesia. Sumber: Bareksa.com

 

Untuk kesiapan MUT, Andri mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan joint planning dan survei bersama OIKN, Kemenkominfo dan para penyedia infrastruktur telekomunikasi lainnya.

Target penyediaan layanan adalah Agustus 2024. Kami sudah mulai berproses dan optimistis layanan on service pada 17 Juli 2024,” tutur Andri.

[Baca Juga: Saham TLKM Merangkak Naik Imbas Kenaikan Trafik, Kabar Baik untuk Investor?]

 

Pembangunan di IKN, Seperti Apa Prospek Saham TLKM?

Harga saham TLKM menutup perdagangan sesi pertama pada Selasa (30/01/2024), di level Rp4.010.

Dengan begitu, performa saham TLKM selama satu minggu mencatatkan penguatan sebesar 1,52%, sementara secara bulanan mengalami kenaikan tipis sebesar 0,5%.

Analisis dari chart harian menunjukkan bahwa sejak 15 Januari 2024, saham TLKM terus bergerak sideways dalam rentang area support dan resistance yang solid. Saham TLKM diketahui berada di level Rp3.890 dan Rp4.040.

Pergerakan sideways ini turut berdampak pada performa saham TLKM sepanjang tahun 2024, yang hanya mengalami penguatan sebesar 1,52%.

Meski harga saham TLKM tengah dalam fase konsolidasi, sinyal positif terhadap potensi pertumbuhan perusahaan di masa mendatang sekiranya dapat terlihat. Terlebih lagi dengan kabar terbaru baru-baru ini, di mana TLKM berhasil memenangkan tender di IKN.

 

Rekomendasi TLKM di 2024

Sementara itu, Head of Research Team Mirae Asset Sekuritas Robertus Hardy menuturkan proyek pembangunan infrastruktur ini belum akan berdampak signifikan bagi Telkom.

Belum ada katalis dari pembangunan infrastruktur telekomunikasi di IKN, kecuali penduduknya sudah banyak,” ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, Mirae Asset Sekuritas menilai valuasi saham Telkom masih atraktif. Robertus mengatakan valuasi TLKM belum pernah serendah ini dalam beberapa tahun terakhir.

TLKM juga akan mendapat katalis positif dari hajatan pemilu. Robertus memproyeksikan akan terjadi lonjakan data selama pemilu, meski tidak akan setinggi saat Hari Raya Idul Fitri dan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Untuk itu, Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan buy TLKM dengan target harga di Rp4.350. Adapun hingga akhir perdagangan Jumat (26/01), TLKM ditutup flat di level Rp3.980 per saham.

Jika Anda akan buy saham ini, sebelum check out pastikan Anda sudah memerhatikan hal ini, ya. Simak penjelasannya di video ini.

 

 

TLKM Jadi Salah Satu Saham Favorit Asing

Di tengah tekanan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), investor asing masih memborong sejumlah saham big cap Indonesia. Salah satunya adalah saham PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM).

Investor asing pada Jumat (26/01/2024) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp1,05 triliun. Sepanjang tahun 2024, investor asing telah mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp5,78 triliun.

Per Jumat (19/01/2024) pekan sebelumnya, investor asing mencatatkan net buy Rp6,31 triliun secara year to date. Artinya, dalam sepekan ini investor asing cenderung melego saham dengan net sell Rp530 miliar.

Saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjadi yang paling banyak diborong asing dengan net buy Rp145,5 miliar.

[Baca Juga: Bisnis Big Data, Apakah TLKM Cocok untuk Investasi Jangka Panjang?]

 

Dapatkan Rekomendasi Investasi dari Financial Planner

Demikian penjelasan lengkap seputar rencana pembangunan infrastruktur telekomunikasi oleh Telkom (TLKM) di IKN.

Setelah membaca informasi di atas, apakah Sobat Finansialku tertarik untuk mengoleksi saham TLKM? Sebelum itu, yuk review dulu portofolio Anda apakah sudah ideal atau belum. Gimana caranya?

Anda bisa berdiskusi bersama Perencana Keuangan Finansialku untuk dapatkan action plan yang terarah. Hubungi dan buat janji temu sekarang di nomor WhatsApp 0851 5866 2940.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Bagaimana pendapat Anda terkait informasi di atas? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Jangan lupa share artikel ini ke berbagai platform media sosial supaya makin banyak orang yang menerima informasinya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Yuliana Hema. 28 Januari 2024. Begini Skema Pengambangunan Infrastruktur Telekomunikasi oleh Telkom (TLKM) di IKN. Kontan.co.id – https://shorturl.at/fACSU
  • Annisa Kurniasari Saumi & Hafiyyan. 27 Januari 2024. TLKM-BRIS jadi Saham Favorit Investor Asing, ASII-BBRI Dilepas. Bisnis.com – https://shorturl.at/cdxI5

 

Sumber Gambar

  • Cover – https://shorturl.at/bvLS3