Apa Saja Bisnis Franchise Generasi Milenial yang Paling Populer?

Penasaran apa saja bisnis franchise yang paling popular di kalangan generasi milenial?

Merupakan kabar baik bahwa generasi milenial sudah mulai menilik bisnis dalam rencana masa depannya. Namun ternyata generasi milenial pun tidak asal pilih lho, simak yuk apa bisnis franchise yang mereka incar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Siapa itu Generasi Milenial?

Pertama-tama, mari mengenal siapa itu generasi milenial. Istilah milenial sendiri pertama kali muncul dari kata asal “millennial yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. 

Generasi yang sering disebut dengan generasi Y atau echo boomers ini merupakan mereka yang yang lahir dalam rentang tahun 1980-2000 an. Jadi bisa dikatakan, orang-orang yang masuk ke dalam kategori ini ialah generasi muda yang saat ini berusia 18-34 tahun.

Sebagian dari generasi milenial saat ini sudah memimpin banyak karyawan dan sebagian lagi sudah menduduki posisi-posisi strategis perekonomian.

Generasi ini sendiri merupakan sebuah generasi yang bisa merasakan dua masa, yakni masa yang dirasakan oleh generasi X dan generasi Z.

Generasi milenial memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mampu menciptakan produk baru dari hasil persilangan produk tradisional dan modern.
  • Terbuka menerima masukan dan mengolahnya untuk dijadikan riset baru.
  • Lebih kritis dalam mengolah ide bisnis.

 

Sedangkan salah satu kelemahan generasi milenial ini yakni lebih objektif dan sedikit keras kepala.

Apa Saja Bisnis Franchise Generasi Milenial yang Paling Populer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Melihat kelebihan dan kelemahan generasi milenial tersebut, tentunya Anda sudah bisa menilai bahwa generasi ini tidak bisa menelan mentah-mentah sebuah usulan bisnis. Mereka akan jauh lebih kritis dalam memilih sebuah bisnis.

Misalnya saja dalam berbisnis franchise, mereka cenderung memilih bisnis franchise yang sesuai dengan karakteristik mereka. Penasaran apa contohnya?

Berikut beberapa bisnis franchise yang popular di kalangan milenial.

 

Bisnis Franchise Generasi Milenial yang Paling Populer

Dewasa ini, jenis bisnis sangatlah beragam dan bisa disesuaikan dengan karakteristik Anda.

Adapun beberapa jenis bisnis yang sesuai dan popular di kalangan milenial adalah sebagai berikut:

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#1 Makanan dan Minuman

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN.

Nyatanya, tidak peduli seberapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang membutuhkan makan. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut.

Oleh karena itulah, bisnis ini menjadi salah satu bidang paling dilirik oleh generasi milenial. Sudah banyak contoh bisnis waralaba makanan yang sukses dibangun oleh generasi milenial.

5 Usaha Rumahan Membantu Orang Diet 04 Makanan Sehat - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Salah satu contoh nyatanya adalah es krim BC’s Cone yang dikembangkan empat remaja.

Sejak berdiri 7 Maret 2015, bisnis ini telah menghasilkan ratusan juta dalam kurun waktu kurang dari setahun. Selain tampilan produk yang unik, Andrea Prasetya dan kawan-kawan juga tepat memilih lokasi usahanya.

Bisnis makanan memang salah satu bisnis yang sangat penting dan dapat dijadikan bisnis yang matang jika direncanakan dengan baik. Mengingat sifat generasi milenial yang kreatif dan terus berkembang, tentunya bisnis yang satu ini sangatlah sesuai bukan?

Bagaimana menurut Anda? Berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ya.

 

#2 Bimbingan Belajar

Bagi Anda generasi milenial yang memiliki modal dan minat pada bidang pendidikan, maka pastinya bisnis yang satu ini menarik bagi Anda.

Waralaba di bidang pendidikan tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini disebabkan oleh tingginya upaya para orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. 

Banyak orang tua yang mengupayakan pendidikan bagi buah hatinya dengan pendidikan di luar jam belajar formal, misalnya dengan bimbingan belajar.

Oleh karena itulah bisnis ini bisa menjadi satu sasaran yang memberikan peluang balik modal secara cepat.

Negara Pendidikan Terbaik (Belanda) 03 Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Sebagai contohnya adalah Jakarta Language School. Sejak didirikan pada tahun 2012, Jakarta Language School memusatkan perhatiannya dalam memberikan pendidikan akademik bagi siswa siswi anak-anak dan kursus bahasa bagi orang dewasa.

Maria Isabella Nona Sari atau biasa dipanggil Bella, pendiri Jakarta Language School mengungkapkan, dirinya selalu optimis dalam mengembangkan bisnisnya ini.

Terbukti dengan peningkatan permintaan yang konsisten setiap tahunnya yang selalu berprospek bagus karena siswa siswi akan selalu berganti setiap tahunnya.

Jakarta Language School disebut-sebut akan terus membuka market kursus ini agar semakin luas dan dapat menjaring siswa siswi baru secara berkesinambungan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Pakaian

Selain makanan, produk lain yang banyak dicari adalah produk fashion atau pakaian. Ini juga merupakan salah satu kebutuhan primer manusia sehingga tidak salah jika bisnis ini popular di kalangan generasi milenial.

Cerdasnya generasi milenial memungkinkan mereka untuk menilik peluang bisnis yang bukan hanya unik, namun juga memang dibutuhkan secara nyata oleh masyarakat.

Dalam membangun bisnis pakaian ini juga Anda tidak perlu khawatir, semuanya bisa dimulai dari kecil. Misalnya dari franchise. Sudah banyak kok bisnis franchise pakaian yang siap Anda garap. Jadi tunggu apa lagi?

Jika masih ragu yuk melihat kisah Dian Pelangi.

Dian Pelangi (lahir di Palembang, 14 Januari 1991) merupakan seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan pendiri busana Dian Pelangi Fashion.

Dian memperoleh kesuksesannya berkat lini pakaian muslimnya yang disebut-sebut mampu membawa modernitas ke pasar mode.

Desainer dan influencer Indonesia ini pun tidak takut bereksplorasi dengan hiasan dan warna, serta mampu menunjukkan kepada hampir lima juta pengikut di media sosialnya, untuk berani tampil beda.

 

TIPS: Memilih Bisnis Waralaba yang Tepat

Memilih bisnis waralaba tentu perlu pertimbangan yang matang dan tidak sembarangan. Oleh karena itu, Finansialku akan berbagi beberapa tips dalam memilih bisnis waralaba agar Anda tidak salah pilih.

Sebelum berbicara lebih mendalam, apakah Anda sudah memiliki pendanaan yang cukup untuk menjalankan bisnis waralaba terlaris 2019?

Kalau Anda sudah siap dalam segi keuangan, maka Anda perlu merencanakan lebih matang lagi. Namun, jika Anda belum siap dalam keadaan finansial, maka Anda perlu mengumpulkan dan merencanakan dana tersebut sedini mungkin!

Caranya mudah sekali!

Pertama-tama, Anda download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau lakukan registrasi data diri pada bagian gambar berikut ini.

 

Kemudian, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung dana yang perlu disiapkan untuk membeli bisnis waralaba. Gunakan menu Rencana Keuangan.

Silakan baca artikel Finansialku berikut ini: Ingin Beli Waralaba? Siapkan Modal Waralaba dengan Aplikasi Finansialku

Nah, kini mari melihat 6 kriteria dalam memilih bisnis waralaba:

 

#1 Nama (Brand) Waralaba yang Ternama

Ada baiknya saat Anda memilih waralaba yaitu dengan memperhatikan nama atau brand yang sudah ternama dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Waralaba yang memiliki nama atau brand yang ternama akan menarik konsumen untuk membeli sebuah produk di bisnis waralaba Anda.

Jika Anda ingin bisnis waralaba bisa berkembang dengan cepat, maka syarat pertama ini mutlak harus Anda penuhi.

Dengan demikian, Anda akan membawa potensi keuntungan yang semakin lebar dan besar bagi bisnis waralaba di kemudian hari.

 

#2 Kredibilitas Produk yang Sudah Tidak Diragukan

Pilihlah bisnis waralaba yang memiliki kredibilitas atau citra produk yang baik dan sudah tidak diragukan lagi.

Selain nama atau brand yang ternama, kredibilitas produk juga sangat penting bagi bisnis waralaba Anda dalam menarik minat konsumen. Semakin baik kredibilitas produk dari sebuah bisnis waralaba, maka potensi mendapatkan konsumen akan semakin besar juga.

Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba Terlaris 2018 Supaya Meraup Keuntungan Besar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha Waralaba? Ini 5 Tempat yang Menyediakan Informasi Waralaba]

 

Jangan sembarangan dalam memilih bisnis waralaba. Meskipun waralaba tersebut menawarkan harga yang sangat murah dengan fasilitas yang banyak, tapi kalau kredibilitas produknya kurang baik, maka akan menyulitkan usaha waralaba Anda untuk meraup keuntungan besar.

 

#3 Izin atau Legalitas Resmi

Anda wajib memilih bisnis waralaba yang telah memiliki izin atau legalitas resmi yang lengkap.

Hal ini mencegah agar Anda tidak terbawa dengan masalah hukum dan tentunya agar tidak akan menyebabkan kerugian bagi usaha waralaba Anda di masa mendatang.

Selain itu, jika Anda ingin memulai bisnis waralaba makanan atau minuman, maka pastikan bisnis waralaba tersebut sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI dan izin dari BPOM atau lembaga lain yang berwenang.

 

#4 Pasar yang Luas dan Besar

Anda perlu memilih bisnis waralaba dengan cakupan pasar yang luas dan besar yang tersebar di pelosok Indonesia atau bahkan luar negeri.

Caranya adalah dengan mengecek apakah sudah ada pemilik bisnis waralaba lain yang membuka cabang di tempat lain?

Banyaknya cabang bisnis waralaba yang hadir, menandakan bahwa bisnis waralaba itu memiliki segmen pasar yang luas dan besar.

Selain itu juga, semakin banyak cabang yang berdiri biasanya membuktikan bahwa bisnis waralaba tersebut memang digemari oleh masyarakat. Ini merupakan hal yang baik bagi bisnis waralaba Anda.

Anda boleh mencari testimony atau pendapat dari orang-orang mengenai bisnis waralaba tersebut.

Hal ini membantu untuk meyakinkan Anda sendiri bahwa pengelolaan bisnis waralaba yang sudah Anda incar memang mudah dan sudah terbukti menguntungkan.

 

#5 Dukungan dari Franchisor ke Franchisee

Support system atau sistem pendukung merupakan sebuah dukungan dari franchisor (pemilik waralaba) ke franchisee (mitra waralaba).

  • Sejauh mana keterlibatan franchisor (pemilik) dalam membantu bisnis waralaba Anda?
  • Bagaimana franchisor (pemilik) membantu Anda merintis bisnis Anda?
  • Sejauh mana langkah promosi franchisor (pemilik) kepada bisnis waralaba Anda?
  • Bagaimana franchisor (pemilik) mendampingi manajemen bisnis Anda?

 

Tentunya pertanyaan ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih bisnis waralaba terbaik 2019, lho.

Ini merupakan salah satu hal yang akan menentukan masa depan bisnis waralaba Anda.

 

#6 Sistem Waralaba yang Baik dan Sudah Teruji

Bagian terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah sistem waralabanya. Tahukah Anda bahwa ciri-ciri bisnis waralaba yang baik memiliki sistem yang kuat dan sudah teruji?

Antara franchisor (pemilik) dan franchisee (mitra) akan membuat suatu perjanjian kerja sama, yang didalamnya terkandung kewajiban masing-masing pihak.

Kewajiban franchisor (pemilik waralaba), berkaitan dengan kelengkapan operasi usaha:

  • Memberikan persiapan untuk manajemen yang baik.
  • Menjamin bahwa usaha dapat terus berjalan.
  • Mempersiapkan distribusi bahan baku dalam jangka yang panjang Mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan usaha tersebut sampai mendetail.

 

Mari Temukan Alasan dan Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Hal Yang Membuat Bisnis Waralaba Sukses dan Gagal! Pahami Sekarang!]

 

Kewajiban franchisee (mitra waralaba), yaitu:

  • Menjaga kualitas produk serta brand
  • Memberikan franchise fee, yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan sekali (saat pembelian waralaba) sebagai harga atas hak-hak yang diberikan oleh franchisor (pemilik) kepada franchisee (mitra).
  • Memberikan royalty fee, yaitu sejumlah uang yang harus diberikan secara periodik, dimana jumlahnya disesuaikan dengan persentase omzet penjualan.

 

Sistem waralaba yang baik akan menerapkan sistem yang sama dan sesuai dengan perjanjian awal antara Anda sebagai franchisee dengan pemilik waralaba sebagai franchisor.

 

Yuk Pilih Bisnis Waralaba yang Sesuai dengan Generasi Milenial

Bagi Anda generasi milenial kini sudah tidak perlu takut lagi memulai bisnis waralaba.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih bisnis waralaba yang tepat dan sesuai dengan karakteristik Anda. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bisnis franchise yang paling popular di kalangan generasi milenial lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 19 Jul 2018. Bisnis Franchise yang Menggiurkan Generasi Milenial, Apa Saja? Liputan6.com – https://goo.gl/VePGgo
  • Admin. Tips Memilih Usaha Waralaba Terlaris Terbaik 2018, Makanan dan Minuman. Siapbisnis.net – https://goo.gl/PZ2ogs
  • Admin. 8 Januari 2018. Franchise Makanan Terlaris 2018. Cornerkebabonline.com – https://goo.gl/fHfVKR
  • Admin. 6 September 2015. 8 Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba/Franchise yang Menguntungkan. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/2JuCqu
  • Om Nip-nip. 23 Mei 2014. 18 Tips Memilih Franchise di Indonesia. Dokterbisnis.net – https://goo.gl/SDjtK2
  • Admin. 5 September 2016. Cara Memilih Waralaba Yang Baik: Perhatikan 6 Hal Ini. Bukausahayuk.com – https://goo.gl/8vrAsJ
  • Admin. 12 April 2018. Tips Memilih Usaha Waralaba yang Menguntungkan. Wartaekonomi.co.id – https://goo.gl/aNM9CC

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Franchise Generasi Milenial 01 – https://goo.gl/3UHGFQ
  • Bisnis Franchise Generasi Milenial 02 – https://goo.gl/mCrZz2

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment