Moms, hari ini sudah banyak bisnis ibu rumah tangga yang berhasil bahkan menaikkan finansial keluarga lho. Apa saja itu? Yuk coba.

Kata siapa ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah? Hari ini banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga, termasuk menambah penghasilan keluarga.

Apa saja bisnis ibu rumah tangga yang bisa Moms geluti? Simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Seorang ibu rumah tangga umumnya identik dengan peran sebagai seorang istri yang bertugas untuk merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarga.

Banyak ibu yang sebelumnya memiliki pekerjaan harus berhenti dari pekerjaan demi mengurus keluarga mereka. Mereka yang memiliki tingkat pendidikan tinggi tidak mempergunakan ilmunya karena tidak dapat bekerja.

9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Harus Diketahui oleh Setiap Calon Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Namun sekarang zaman telah berubah. Banyak hal yang bisa Moms kerjakan tanpa perlu meninggalkan keluarga, salah satunya mengatur keuangan keluarga.

Mengatur keuangan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun jangan takut Moms! Ada banyak alat bantu yang dapat mempermudah Moms dalam mengatur keuangan. Salah satu alat tersebut yaitu Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku, bisa membantu Moms sekalian untuk mencatat, menganggarkan, hingga berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Nah, untuk mengetahui apa saja bisnis untuk ibu rumah tangga, berikut ini beberapa inspirasi dan ide bagi Moms. Artikel ini terbagi dalam beberapa bagian, jika Moms ingin tahu lebih banyak pekerjaan apa saja yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Moms bisa klik Part I, Part II, Part III.

 

#26 Rental Perlengkapan Bayi

Harga perlengkapan bayi dan mainan anak berkualitas relatif mahal. Selain harga mahal, pertumbuhan balita cukup pesat dan sifat anak yang mudah bosan, menjadi pertimbangan orangtua sebelum membeli peralatan dan mainan.

Moms bisa memanfaatkan koleksi milik pribadi dan teman-teman yang sudah tidak dipakai untuk bisa disewakan, seperti stroller, tempat tidur bayi, mainan, dan barang lain-lain.

 

#27 Bisnis Hampers

Bisnis ibu rumah tangga lainnya adalah bisnis hampers atau bisnis membuat bingkisan.

Bingkisan yang dibuat bisa untuk acara ulang tahun anak, lamaran, hari besar keagamaan, pembuatan souvenir pernikahan, lahiran anak dan acara lainnya.

 

#28 Bisnis Frozen Food

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Jadi, hanya perlu dihangatkan untuk dapat dikonsumsi.

Bentuknya yang praktis inilah yang membuat banyak orang memilih membeli frozen food. Modal untuk bisnis frozen food ini adalah freezer dan alat pembungkus (packing) yang cukup mahal.

Investasi Ibu Rumah Tangga 01a - Finansialku

[Baca Juga: Tips Dahsyat Investasi Bagi Freelancer Ibu Rumah Tangga]

 

#29 Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB adalah sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, pulsa semua operator, cicilan motor, dan lain-lain. Moms bisa membuka jasa pembayaran online di rumah.

 

#30 Usaha Fotokopi dan Alat Tulis Kantor

Moms bisa mulai membuka usaha fotokopi dengan modal kurang dari Rp5 juta. Solusinya adalah dengan memanfaatkan jasa penyewaan mesin fotokopi.

Dengan menyewa mesin fotokopi, Moms bisa menekan besaran modal sehingga sangat minim dan sisanya bisa dibelanjakan untuk alat-alat tulis.

Bisnis ini sangat cocok bagi yang tinggal dekat sekolah atau kampus.

 

#31 Bisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

Bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan semakin banyak bermunculan. Usaha ini memiliki banyak potensi bisnis terutama di kota-kota besar.

Saat masa liburan, seperti Lebaran, Natal atau saat orang bepergian dalam waktu yang lama, jasa penitipan dan perawatan hewan banyak dicari dan laris manis.

Sebab para pemilik hewan peliharaan pastinya tidak bisa membawa hewan kesayangan mereka untuk berlibur bersama.

 

#32 Bisnis Sepatu Bayi dan Anak

Peluang bisnis sepatu bayi dan anak memang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan sepatu bayi dan anak sangat besar.

Apalagi jika produk sepatu yang dibuat diberi sentuhan kreativitas sehingga mampu memikat hati banyak konsumen dan juga para reseller.

 

#33 Waralaba/Franchise Makanan

Untuk ibu rumah tangga yang bingung mau memulai bisnis dapat mencoba untuk melakukan franchise.

Bisnis waralaba ini cocok bagi pebisnis yang menginginkan bisnis instan. Moms akan dibantu oleh pemilik atau perusahaan franchise, mulai dari pembekalan, training, proses awal hingga pengembangan usaha.

 

#34 Agen Travel

Untuk menjalankan usaha ini diperlukan pengetahuan seputar cara booking tiket pesawat dan juga mengetahui jadwal penerbangan. Jika Moms tidak memiliki modal yang cukup untuk menjadi agen, Moms bisa menjadi sub agennya.

Saat ini, banyak sekali agen travel yang bisa ditemukan di internet, tetapi pilihlah agen yang memiliki kredibilitas terpercaya.

 

#35 Bisnis Kursus Memasak

Moms memiliki kemampuan dalam memasak? Mungkin bisnis ini cocok buat Moms. Sekarang ini, cukup banyak orang yang ingin bisa memasak enak dan dibimbing oleh mereka yang ahli.

Mereka ingin belajar bagaimana meracik resep sampai proses penyajian supaya kelezatan nampak pada mata dan dirasa oleh lidah.

 

#36 Bisnis Hijab

Untuk penduduk yang mayoritas Muslim, bisnis ini boleh dibilang akan terus meningkat. Moms hanya perlu meng-update berbagai model jilbab terbaru serta menarik agar dapat menjadi ciri khas tersendiri.

Moms juga harus paham benar macam-macam kerudung dengan perkembangan dunia fashion.

 

#37 Bisnis Tanaman

Jika Moms suka menanam dan merawat tanaman, ini juga bisa dijadikan bisnis. Bahkan kalau teliti, penghasilannya bisa melebihi gaji kantoran lho!

Bisnis tanaman merupakan salah satu model bisnis yang paling cepat berkembang. Ada banyak varian yang bisa dijadikan bisnis seperti obat herbal dan rempah-rempah, atau menjual berbagai jenis bunga hias.

 

Dari daftar bisnis ibu rumah tangga di atas, manakah yang paling menarik menurut Moms? Share artikel ini pada sesama ibu rumah tangga dan diskusikan bisnis apa yang paling cocok untuk Anda.

Masih ada bisnis lain yang bisa Moms lakukan selain yang tertulis di atas. Apa saja itu? Moms bisa klik tombol di bawah ini.

 

<< Sebelumnya

 

 

Sumber Referensi:

  • Profitable Venture. 50 Lucrative Home Based Business Ideas for Women in 2017. Profitableventure.com – https://goo.gl/GrbBR9

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/GyJHqQ
  • Bisnis Ibu Rumah Tangga Reseller – https://goo.gl/k8ccWg