Bagaimana ya cara mempertahankan bisnis kos-kosan selama pandemi? Ikuti beberapa tips ala Finansialku ini agar tak oleng saat pandemi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Kos-Kosan di Tengah Pandemi

Datangnya pandemi, membuat bisnis kos-kosan terjebak dalam kondisi stagnan. Apabila tidak disikapi dengan baik, bisnis kos-kosan bisa macet dan sama sekali tidak mendatangkan benefit bagi pemilik.

Para penghuni kos sebagian besar pulang ke kampung halaman. Para penghuni tidak menggunakan kamar kos, jadi mereka merasa keberatan untuk membayar biaya sewa satu bulan penuh seperti biasanya.

Akibatnya, bukan tidak mungkin jika pemilik kos akan kehilangan pemasukan dari bisnisnya.

 

Pandemi, Ancaman Bagi Bisnis Kos-kosan

Bisnis kos-kosan mengalami ancaman yang serius di tengah pandemi. Pasalnya, mekanisme work from home membuat para penghuni kos pulang ke kampung halaman.

Sebagai contoh, karena kuliah dijalankan secara online, mahasiswa menjadi tidak perlu datang ke kampus untuk berkuliah. Hal tersebut membuat mereka meninggalkan kos-kosan.

Akibatnya, mereka merasa tidak menggunakan kamar kos, sehingga tidak mau membayar penuh. Dampaknya akan dirasakan oleh pemilik kos lantaran pemasukan dari bisnis kos-kosan menjadi sulit.

 

Strategi Bisnis Kos-kosan Menghadapi Pandemi

Agar usaha kos-kosan tidak macet di tengah pandemi, perlu taktik khusus dalam menghadapinya. Keuangan yang serba sulit tidak memungkinkan penyewa untuk melakukan pembayaran seperti biasa.

Namun, kondisi seperti ini sangat mengancam keuangan pemilik kos. Berikut strategi yang bisa diambil guna mempertahankan usaha kos-kosan.

Mau Buka Bisnis Catering Setelah Pandemi Ikuti Langkah Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagi Para Juragan Indekos, Simak Tips Dapatkan Uang Lebih Dari Kost-Kostan]

 

#1 Usaha Catering untuk Penghuni yang Masih Tinggal

Di antara sekian banyak penyewa kos, biasanya masih ada yang tetap tinggal.

Misal, kos di sekitar kampus, ada juga mahasiswa yang tidak pulang ke kampung halaman lantaran jarak yang sangat jauh atau mereka merasa lebih aman di kos daripada menempuh perjalanan di saat pandemi.

Mereka yang masih tinggal bisa jadi kesulitan untuk membeli makanan karena banyak penjual yang tutup, juga disebabkan oleh social distancing. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik kos bisa membuka usaha catering untuk mereka.

 

#2 Jasa Laundry Memiliki Peluang Besar

Tidak sedikit anak kos yang membutuhkan jasa laundry. Penyebabnya, karena pakaian terkadang sulit untuk kering apabila dicuci sendiri atau pun mereka tidak memiliki waktu.

Ditambah lagi dengan situasi pandemi seperti sekarang, banyak jasa laundry yang tutup. Sebagai pemilik kos, Anda bisa menawarkan jasa laundry untuk para penyewa kos yang masih tinggal.

 

#3 Jasa Bersih-Bersih Kamar Kos

Kamar kos yang ditinggalkan akan berdebu, juga bisa merusak barang-barang di dalamnya.

Karena itu, Anda bisa menawarkan jasa bersih-bersih kamar kos sekaligus memastikan keamanan dari barang-barang berharga milik penyewa kos.

Namun, Anda harus bisa menjaga kepercayaan yang diberikan. Sebab, apabila ada kejadian yang tidak menyenangkan, maka akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis Anda.

 

#4 Menurunkan Tarif

Biasanya, tarif pembayaran kos dibayar sekaligus dimuka selama rentang waktu 3 bulan, 6 bulan, maupun satu tahun.

Mereka yang tidak menempati kamar kos, tetapi masih meninggalkan barang-barang di dalam kos memang harus tetap membayar biaya sewa.

Akan tetapi, sebaiknya Anda menurunkan tarif sewa kos dengan mekanisme pembayaran per bulan. Dengan demikian, bisnis Anda tetap bisa berlanjut tanpa menyusahkan penyewa kamar kos.

 

#5 Jasa Perawatan Barang

Ada juga mahasiswa yang meninggalkan kendaraan di kos, karena mereka menggunakan transportasi umum seperti kereta ketika pulang ke rumah. Kendaraan tersebut bisa berupa motor atau mobil.

Apabila hanya didiamkan dalam waktu yang lama, mesin bisa menjadi berkarat. Karena itu, Anda bisa menawarkan jasa perawatan kendaraan kepada penyewa kos yang meninggalkan kendaraannya.

10 Website untuk Jual Barang Bekas, Harga Terbaik!! - Finansialku

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

 

#6 Menjual Masker

Masker menjadi barang utama yang harus dimiliki di tengah pandemi. Menjual masker bisa menjadi alternatif untuk tetap mempertahankan bisnis Anda. Sebab, dengan begitu Anda akan tetap menerima pendapatan.

Jadi, di setiap kamar bisa disediakan masker dan apabila pengguna kamar membutuhkan masker, maka ia bisa membayarnya bersama dengan uang sewa bulanan atau tahunan.

Dengan demikian, selain menerapkan protokol kesehatan secara sempurna, Anda akan lebih banyak mengumpulkan uang. Bahkan, tanpa harus ribet memikirkan tentang membuka toko.

 

Perlunya Strategi Bisnis Kos-kosan

Apabila ancaman yang datang tidak disikapi dengan cepat dan tepat, bisa saja bisnis Anda mengalami kemunduran yang signifikan.

Sangat disayangkan ketika usaha yang dirintis dalam waktu yang tidak sebentar menjadi hancur karena pandemi.

Karena itu, Anda memerlukan trik ampuh untuk mempertahankan bisnis kos-kosan. Di bawah ini akan diuraikan dengan lengkap mengenai strateginya.

 

#1 Kegiatan Promosi Baru

Anda bisa menggunakan cara promosi yang baru, misalnya tarif kos tetap sama, tetapi fasilitas semakin lengkap.

Hal ini bisa menjadikan eksistensi kos-kosan di bawah naungan Anda kian dilirik oleh calon penyewa.

Mungkin, saat ini banyak penyewa yang pulang ke kampung halaman. Namun, tahun depan mereka akan kembali untuk menyewa kos. Kembalinya mereka itu menjadi peluang besar untuk Anda.

Ditambah lagi dengan adanya mahasiswa baru membuat jumlah mahasiswa bertambah. Untuk itu, Anda bisa melakukan inovasi kegiatan promosi untuk memperluas calon penyewa.

 

#2 Penambahan Fasilitas yang Belum Ada Sebelumnya

Penambahan fasilitas dapat menarik calon penyewa, pun juga yang telah menyewa. Sebagai contoh, Anda memberikan peralatan untuk memasak tanpa menambah biaya sewa kos.

Mereka yang masih tinggal di kos-kosan akan merasa lebih nyaman. Selain itu, juga meningkatkan daya tarik bagi yang belum menyewa untuk menyewa kos milik Anda.

 

#3 Mengubah Mekanisme Pembayaran

Penghuni kos yang tidak menempati kosnya akan merasa keberatan untuk membayar semua tagihan yang dibebankan. Agar tidak terjadi kemacetan dalam pembayaran, Anda bisa mengubah mekanisme pembayaran.

Misal, yang barang-barangnya masih tertinggal di kos, tetapi orangnya tidak di kos hanya perlu membayar setengah dari tarif seharusnya. Dengan demikian, pembayaran tetap lancar, juga menguntungkan masing-masing pihak.

 

#4 Membuat Penyewa Merasa Aman

Barang-barang yang ditinggalkan di kos membuat pemiliknya merasa khawatir. Melihat keadaan ini, Anda bisa menawarkan jasa perawatan barang milik penyewa kos yang ditinggalkan.

Hal ini akan membuat mereka tidak takut lagi mengenai keamanan barang-barangnya. Di sisi lain, Anda juga dapat memperoleh pendapatan dari jasa ini.

 

#5 Menawarkan Berbagai Jasa yang Bermanfaat untuk yang Masih Tinggal

Bagi yang masih menetap di kos, mereka tentu memerlukan bermacam-macam kebutuhan. Yang paling krusial adalah mengenai makanan. Boleh jadi, mereka takut untuk keluar karena situasi yang sedang tidak mendukung.

Terlebih, tidak sedikit penjual makanan yang tutup, sehingga mereka semakin kesulitan untuk membeli makanan. Anda bisa membuka jasa catering sebagai solusi untuk mereka.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#6 Menjual Hand Sanitizer

Hand sanitizer dianggap sebagai media yang efektif untuk membunuh kuman. Keberadaannya dibutuhkan di situasi pandemi seperti saat ini. Karena itu, menjual hand sanitizer akan mendatangkan benefit bagi Anda.

Hand sanitizer tersebut bisa dikemas di dalam botol-botol yang kecil. Jadi, harga yang ditawarkan pun bisa sangat murah dan terjangkau di kalangan para mahasiswa.

 

Kiat Sukses Bisnis Kos-kosan Tetap Lancar

Melalui strategi yang telah diuraikan sebelumnya, bisnis kos-kosan bisa tetap bertahan.

Dengan kata lain, bisa tetap lancar walaupun pandemi masih menghantui. Keuangan Anda menjadi tetap stabil. Bisnis yang dirintis pun tidak mengalami kemunduran.

Agar keuangan Anda tetap stabil selama pandemi, rencanakan keuangan Anda menggunakan fitur budgeting pada aplikasi Finansialku. Selamat mencoba!

playstore icon
appstore icon

 

Ingin menambah properti untuk mengembangkan bisnis kos-kosan Anda? Intip caranya pada video berikut!

 

Siap mempertahankan bisnis kos kosan di tengah pandemi?

Ayo bagikan artikel ini pada sesama penggiat bisnis tersebut, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 Juni 2020. Tips Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi. Jaringanprima.co.id – https://bit.ly/35xYwXa
  • Admin. 24 April 2020. Tips Memaksimalkan Pendapatan Kost di Tengah Wabah Virus Corona. Mamikos.com – https://bit.ly/3bYsm8g
  • Admin. Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Corona. Ayobandung.com – https://bit.ly/3huDwCS