Ingin jadi juragan indekos dan bisa mendapatkan uang lebih banyak dari biasanya? Paling tidak Anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Kali ini Finansialku akan membahas artikelnya. Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tips Dapatkan Uang Lebih Jadi Juragan Indekos

Memiliki bisnis di bidang properti seperti indekos merupakan salah satu bisnis yang bisa menjadi lahan investasi jangka panjang.

Bisnis kost mampu memberikan penghasilan yang sifatnya rutin dan jangka panjang, selain itu pengelolaan bisnis ini juga tergolong sangat mudah.

Terlebih saat ini banyak mahasiswa atau para karyawan yang memilih tinggal di kos-kosan.

Mau Berinvestasi Coba Tengok Dulu Cara Menilai Rumah Kost yang Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Kesalahan Umum Saat Memulai Bisnis Kos]

 

Cara membangun indekos juga tidak sulit, hanya dibutuhkan lahan dan setelah dibangun, bisnis ini hanya membutuhkan pemeliharaan berjangka.

Namun dibalik gurihnya bisnis kos kosan, ada beberapa kendala dalam menjalankan bisnis kost yang menjadi alasan bagi beberapa orang yang enggan untuk berkecimpung di bisnis ini. 

Seperti dibutuhkan modal yang tinggi, dan terkadang ada beberapa penyewa yang tidak taat aturan dan tidak sedikit pula calon juragan indekos takut jika usahanya ini sepi peminat.

Maka dari itu, calon juragan indekos harus menjalankan bisnis ini dengan baik dan memikirkan strateginya hingga matang.

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis indekos, yuk cek tips di bawah ini:

 

#1 Mencari Lokasi yang Strategis

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini adalah memilih lokasi yang strategis. Anda harus survei terlebih dahulu dalam mencari lokasi.

Carilah lokasi yang mudah diakses, memiliki jarak yang dekat dengan kampus atau perkantoran, serta akses yang mudah untuk pergi kemana saja.

Tetapi jika lokasi strategis ini berada di gang-gang kecil, ini tidak begitu jadi masalah, karena banyak juga calon penghuni indekos yang senang dengan lokasi seperti itu.

5 Tips Sukses Memulai Investasi Kostan untuk Masa Depan yang Cerah 1 Finansialku

[Baca Juga: Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost 2019]

 

Yang terpenting adalah Anda harus memiliki target market. Jika Anda mencari market di kalangan mahasiswa, carilah lokasi yang dekat dengan kampus.

Begitu pun jika target Anda adalah pekerja, maka carilah lokasi dekat perkantoran.

Setiap pangsa pasar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya untuk kost putri yang diutamakan adalah lokasi kost yang aman dan dekat kampus.

Sedangkan untuk kost pria lokasi yang agak jauh dari kampus tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah harga sewa lebih murah dan fasilitas lebih lengkap.

Selanjutnya pilihlah lokasi yang memudahkan calon penyewa dalam mencari tempat makan, mini market, super market, laundry, puskesmas, rumah sakit dan jika bisa jangan terlalu jauh dari jalan raya.

 

#2 Beri Harga Sewa yang Kompetitif

Harga sewa adalah faktor penting bagi calon penyewa. Agar kamar indekos yang Anda miliki selalu penuh dan ramai, berilah harga sewa yang kompetitif sesuai dengan target dan fasilitas yang diberikan.

Contohnya jika kamar kos dengan fasilitas AC bisa dihargai mulai dari Rp1,5 juta, dan tanpa AC seharga Rp800 ribu.

Jika Anda bingung dalam menentukan harga, Anda bisa menentukan harga dari hasil survei terhadap harga indeks di sekitar lokasi.

Pemilik juga bisa menentukan jadwal pembayaran per bulan atau per tahun. Hal ini kembali lagi kepada selera pemilik indekos.

 

#3 Ciptakan Indekos yang Nyaman dan Bersih

Para pencari indekos pasti akan mempertimbangkan soal kebersihan dan kenyamanan tempat kos. Maka dari itu, pemilik juga harus membuat indekos yang memberikan jaminan kebersihan, keamanan dan juga kenyamanan.

Maka dengan begitu, mereka akan lebih betah menjadi penghuni kos yang loyal. Berikan sirkulasi udara dan sediakan pihak keamanan yang menjaga di sekitar indekos.

Jika perlu, buatlah seleksi calon penghuni dan buat aturan yang bisa membuat indekos lebih aman dan nyaman.

Seperti contohnya pintu utama akan ditutup pukul 22.00, teman atau kerabat penghuni yang ingin menumpang menginap diwajibkan lapor, membuang sampah tepat waktu dan sebagainya.

 

#4 Beri Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas utama yang ditawarkan, tak ada salahnya pemilik juga memperhatikan fasilitas lainnya.

Seperti menyediakan Wi-Fi gratis, layanan laundry, catering makan sarapan/siang/malam, dan lainnya.

Memberikan perhatian layaknya keluarga juga termasuk fasilitas tambahan yang akan membuat para penghuni merasa nyaman berada di Indekos Anda. Seperti yang kita tahu mereka yang tinggal di kosan jauh dari keluarganya.

Hidup-di-Kota-Besar-Tidak-Mudah-4-Kamar-Kostan-Finansialku

[Baca Juga: Mau Berinvestasi Coba Tengok Dulu Cara Menilai Rumah Kost yang Menguntungkan]

 

Jadi jika ada penghuni indekos yang sakit, maka mungkin ia membutuhkan orang yang dapat diandalkan.

Hal itu setidaknya akan membantu pemilik dalam memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, pemilik akan sulit menarik calon penghuni.

Bisnis kost lebih mengutamakan kepuasan anak kost, apabila mereka puas, maka mereka akan tinggal untuk jangka waktu yang lama, atau bahkan akan mengajak teman-teman mereka untuk pindah ke kost tersebut.

 

#5 Promosi Semenarik Mungkin

Hal terakhir yang harus diperhatikan para pemilik indekos adalah membuat promosi bisnis. Pemilik tidak perlu menempel brosur di jalan-jalan, karena kini teknologi semakin canggih.

Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial atau platform pencarian indekos terpercaya seperti Mamikost, KostKost, Kos Hunt, Infokost dan lainnya.

Promosi melalui internet jauh lebih efektif dan lebih murah. hal ini karena para mahasiswa yang merupakan pangsa pasar utama dalam bisnis kos menghabiskan waktu mereka di depan komputer dan smartphone.

Untuk menarik minat calon penghuni, Anda juga bisa memberikan promosi atau diskon untuk beberapa penghuni pertama indekos. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

 

Passion Jadi Juragan Indekos

Itu dia beberapa tips agar bisa mendapatkan uang lebih dari indekos. Menjadi juragan kost tidak serumit yang dibayangkan, intinya adalah miliki keyakinan bahwa Anda pasti bisa menjadi juragan indekos yang sukses.

Dalam menjalankan bisnis pasti akan ada berbagai macam tantangan yang menjadi penghalang Anda untuk meraih kesuksesan.

Passion-lah yang akan membuat Anda mampu bertahan untuk mewujudkan impian Anda menjadi juragan indekos, dengan adanya passion segala persoalan akan terasa lebih mudah, tak peduli seberat apapun masalahnya.

Anda juga perlu mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan tepat. Yuk baca ebook dari Finansialku di bawah ini..

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Semoga langkah-langkah sederhana di atas bisa membantu dan memotivasi Anda untuk segera mewujudkan impian Anda menjadi juragan indekos.

Jika artikel ini bermanfaat, ayo bagikan artikelnya ke teman dan kerabat Anda. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Thea Fathanah Arbar. 8 September 2019. Trik Dapat Cuan Plus Sebagai Juragan Indekos. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2kz1YM0
  • Wibowo Tunardy. Mei 2018. Ingin Menjadi Juragan Kost? Simak Tips Anti Gagal Berikut Ini. sewakost.com – https://bit.ly/2m7G03r

 

Sumber Gambar:

  • Juragan Indekos – http://bit.ly/2lEeJoY