Tertarik untuk memiliki rumah kost? Nah, sebelum terjun langsung menjadi juragan kostan, simak artikel ini yang mengulas cara menilai rumah kost yang menguntungkan.

Selain perhiasan Anda bisa memilih rumah kost untuk dijadikan aset berinvestasi yang keuntungannya cukup menjanjikan. Rumah kost membuka peluang bisnis luas karena seiring dengan berjalannya waktu harganya semakin meningkat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cara Menilai Rumah Kost yang Menguntungkan

Saat ini banyak orang semakin melirik investasi di bidang properti, karena keuntungannya sangat menjanjikan.

Selain karena harganya semakin meningkat setiap tahun, properti menjadi kebutuhan pokok yang pastinya selalu punya porsi khusus bagi setiap orang.  
Misalnya saja berinvestasi dengan menyewakan rumah atau rumah kost. Salah satu bisnis ini memang menggiurkan karena mendatangkan passive income.

Prosesnya pun sekilas terlihat mudah, tinggal mencari rumah kost yang akan dijual lalu ajukan pinjaman ke bank untuk membelinya jika keuangan tidak mencukupi.

Nantinya cicilan bank bisa ditutupi dari setoran pembayaran kostan yang diterima.

But anyway, jangan sembarangan juga memilih rumah kost ya. Alih-alih mau untung malah buntung alias rugi. Kok bisa?

Bisa dong, karena dalam membeli rumah kost ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Hal ini bisa menentukan kesuksesan investasi Anda di masa yang akan datang. Simak tips berikut ini:

 

#1 Perhatikan Lokasi

Meskipun rumah memang menjadi kebutuhan setiap orang tetapi bukan berarti mereka akan tinggal dimana saja tanpa mempertimbangkan lokasinya. Maka dari itu, penting bagi Anda mencari rumah kost dengan lokasi strategis.

Pertimbangan Antara Investasi Kostan Dengan Investasi Kontrakan Finansialku 4

[Baca Juga: Meneropong Prediksi Investasi Properti 2019. Apakah Menguntungkan?]

 

Melansir laman Bisniskost.com (15/5/2019), lokasi menentukan keberhasilan Anda bergelut di dunia properti.

Rumah kost yang berlokasi strategis biasanya dekat dengan kampus, sekolah, atau perkantoran yang menjadi pangsa pasar dari bisnis kost Anda.

Ingat, tidak harus berada tepat di pinggir jalan kok. Asalkan mudah dijangkau dengan berjalan kaki ataupun kendaraan.

Lebih bagus lagi jika disekitar rumah kost ada fasilitas yang sering diperlukan, misalnya tempat makan, mini market, dan sebagainya sehingga penghuni kost lebih mudah mencari kebutuhan sehari-hari.

 

#2 Kondisi Bangunan

Jangan membeli kucing dalam karung, maka inilah yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah kost. Pastikan kondisi bangunannya saat itu, apakah masih berupa tanah kosong, bangunan tua atau bangunan baru.

Tujuannya untuk dijadikan acuan harga beli juga estimasi yang harus disediakan ketika melakukan pembangunan atau renovasi.

 

#3 Mengecek Ketersediaan Lahan Parkir dan Pelajari Lingkungannya

Salah satu yang sering ditanyakan ketika seseorang mencari rumah kost adalah ketersediaan lahan parkirnya. Apalagi zaman now ini rata-rata calon penghuni kostan tidak hanya membawa barang tetapi juga kendaraan.

Perhatikan jumlah motor yang bisa masuk ke area parkir tersebut minimal sama dengan jumlah kamar kost.

Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Fakta Investasi Properti yang Jarang Diketahui Oleh Masyarakat]

 

Sementara itu, lahan parkir mobil sebenarnya tidak wajib tapi kalo memungkinkan ada maka jadi nilai tambah bagi penghuni kost serta peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.

Berbicara tentang parkir nantinya akan merembet pada keamanan lingkungan rumah kost.

Pastikan kost berada di lingkungan aman dan nyaman karena hal ini sangat penting, jangan sampai Anda mendapatkan tuntutan ganti rugi karena ada barang milik penghuni kost yang rusak atau hilang.

Selain dari sisi keamanan, jangan sampai rumah kost Anda berada di wilayah rawan banjir.

Seketat apapun keamanannya, biasanya calon penghuni kost enggan tinggal di daerah rawan banjir karena akan merugikan mereka dan menghambat aktivitasnya.

 

#4 Cek Kelengkapan Surat

Ini nih, penting dari yang penting lainnya. Sebelum Anda deal untuk membeli rumah kost, periksa dulu kelengkapan surat-suratnya seperti sertifikat tanah dan izin mendirikan bangunan.

Surat-surat ini penting sebagai jaminan hak Anda sebagai pembeli dan pemilik selanjutnya. Takutnya nih, ketika Anda sudah resmi membelinya bisa terjadi sengketa kalo surat-suratnya tidak lengkap.

 

#5 Perhitungkan Jumlah Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Jangan menyiksa para penghuni kost dengan kamar tidur yang banyak tapi tidak seimbang dengan kamar mandinya. Jangan sampai Anda menerima komplain karena jumlah kamar mandi yang tidak cukup.

Walaupun memang semakin banyak kamar yang tersedia, semakin banyak pula potensi keuntungan yang bisa Anda raih.

Disarankan ketika memulai usaha rumah kost, setidaknya dibutuhkan 5 kamar. Idealnya 1 kamar mandi untuk 1 kamar tapi 1 kamar mandi yang digunakan bersama oleh 2 – 3 orang penghuni kost adalah pilihan yang paling efisien.

 

#6 Ketersediaan Air, Listrik, dan Internet

Tiga hal ini yaitu air, listrik, dan internet sudah menjadi kebutuhan primer. Jika rumah kost memfasilitasi hal ini dengan baik biasanya akan membuat para penghuninya nyaman.

Selain listrik dan air, anak kost juga menuntut tersedianya fasilitas internet atau free wifi. Apabila Anda ingin membeli sebuah rumah kost, jangan lupa untuk memastikan ketiga sarana tersebut tersedia.

 

#7 Pelajari Kompetitor

Nah untuk poin ini seringkali luput dari ingatan karena terlalu menggebu untuk memiliki rumah kost tersebut.

Anda sebaiknya pelajari supply and demand atau seberapa besar tingkat permintaan dan penawaran kamar kost di daerah tersebut.

Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Investasi Properti? Inilah 6 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual]

 

Jika sebagian besar rumah kost penuh, berarti permintaan kamar kost di area terbilang masih tinggi dan membuka peluang juga untuk Anda menjemput kesuksesan.

Tapi lain lagi jika kondisi sebaliknya, berarti area tersebut sudah jenuh dan tidak membutuhkan tambahan rumah kost.

Selanjutnya, survei juga dilakukan untuk melihat seperti apa kost yang paling banyak diminati, kost pria, kost wanita atau kost campur. Jangan lupa amati fasilitas yang ditawarkan oleh kos-kosan yang terdapat di area tersebut.

Dengan ini Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai seperti apa model kostan yang akan Anda bangun.

 

#8 Negosiasi Pendanaan

Terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai anggaran dan hal-hal yang telah diperhatikan sebelumnya.

Jangan lupa untuk memeriksa harga properti lain di daerah tersebut sebagai perbandingan.

5 Tips Sukses Memulai Investasi Kostan untuk Masa Depan yang Cerah 1 Finansialku

[Baca Juga: Meski Banyak Hambatan Saat Investasi Properti, Tapi Ada Juga Jalan Keluarnya]

 

Setelah harga sesuai, Anda perlu menyiapkan dana untuk membeli rumah kost.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dana, bisa dari tabungan pribadi, pinjaman dari keluarga dan relasi, namun yang paling umum adalah dengan meminjam dari bank.

Sangat diuntungkan jika rumah kost yang akan Anda beli sudah berpenghuni sehingga bisa menambah penghasilan untuk menutupi cicilan bank.

Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk konsultasikan dengan perencana keuangan Finansialku. Atau Anda juga bisa merencanakan dana membangun rumah kost dengan Aplikasi Finansialku.

Download Aplikasinya secara gratis dan manfaatkan free trial-nya melalui link di bawah ini, atau Anda bisa download melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk potongan harga Rp50.000 upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan, jangan sampai terlambat ya! Karena promo ini terbatas.

 

Keuntungan Berinvestasi Rumah Kost

Namanya juga bisnis, bisa untung bisa rugi. Tapi selagi Anda memperhatikan tips yang telah dibahas sebelumnya maka peluang keuntungan akan lebih besar. Gak percaya? Daripada ragu, simak beberapa keuntungan investasi rumah kost:

 

#1 Cepat Kembali Modal

Bisnis yang terbilang cepat kembali modal adalah rumah kost, meskipun tidak instan.

Biasanya diperlukan waktu 7 hingga 10 tahun (apabila kamar kost selalu terisi penuh), untuk mengembalikan modal plus dengan keuntungan yang didapatkan.

 

#2 Menjadi Jalan Terbukanya Bisnis Lain

Ketika mempunyai rumah kost biasanya akan tumbuh bisnis baru, seperti rumah makan kecil-kecilan semacam kantin atau laundry. Dua hal ini yang sangat diperlukan oleh penghuni kost.

Jadi selain dapat keuntungan dari penyewaan kostan, bisa tambah lagi kan dari bisnis baru itu…

 

#3 Investasi yang Tak Merugi

Dikatakan investasi yang tidak merugi karena bisnis di ranah properti akan meningkatkan harga jual seiring berjalannya waktu.

Naiknya inflasi, tentu harga tanah akan naik. Harga properti pada umumnya tidak pernah mengalami penurunan. Apalagi jika ada berbagai fasilitas tambahan yang disediakan dalam rumah kost, sudah pasti harga sewanya akan semakin mahal.

 

#4 Pelanggan Selalu Ada

Harga hunian pribadi semakin meroket, maka kostan bisanya jadi alternatif bagi banyak orang. Apalagi perantau pun akan selalu ada terutama jika kostan Anda berada di lokasi strategis. Pastinya penghuni kost akan selalu ada dan dari sinilah datang income secara rutin.

 

Berinvestasi Cerdas Melalui Rumah Kost

Tidak ada salahnya jika Anda membulatkan tekad untuk berinvestasi properti yaitu menyewakan rumah kost.

Apalagi setelah membaca artikel ini, Anda lebih paham tentang hal-hal yang harus diperhatikan agar rumah kost yang Anda miliki mendatangkan keuntungan gemilang. Tunggu apalagi? Yuk berinvestasi!

Sebelum berinvestasi rumah kost, ada baiknya Anda merencanakan keuangan Anda dengan baik terlebih dahulu, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Jangan lupa sharing tentang pengalaman Anda ketika berinvestasi rumah kost di kolom komentar dibawah ini ya.

Dan tentunya bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wibowo Tunardy. 14 Oktober 2018. 9 Tips Membeli Rumah Kost yang Menguntungkan. Bisniskost.com – https://bit.ly/2VtE4y7

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Kost – http://bit.ly/2VRvPMp