Ada banyak bisnis rumahan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan modal yang kecil. Tim Finansialku akan membahasnya untuk Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Wanita pun Dapat Bekerja

Di zaman yang semakin berkembang ini, sudah menjadi tren ketika para wanita memiliki impian untuk bekerja walaupun sudah memiliki keluarga. Selain dapat mengejar impian, dengan bekerja, para wanita dapat menolong keadaan finansial keluarga ditengah kenaikan harga dan kebutuhan yang semakin meningkat.

Bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, bekerja tentu memberi manfaat bagi seluruh keluarga, khususnya perkara keuangan. Di negara-negara maju, ibu yang bekerja menjadi isu penting yang erat kaitannya dengan kesejahteraan keluarga.

Di Amerika misalnya, tercatat 66% dari seluruh perempuan yang sudah menikah memilih untuk bekerja. Tidak bisa dipungkiri bahwa tinggal di rumah untuk memasak, menyapu, atau mencuci bisa jadi rutinitas yang membosankan.

Atas alasan itulah, seorang ibu butuh kegiatan yang bisa menyeimbangkan hidupnya. Namun demikian, bukan berarti para wanita yang sudah memiliki keluarga ini meninggalkan tanggungjawabnya sebagai seorang ibu dan juga istri dalam keluarga.

Untuk para wanita yang ternyata harus memilih mengurus keluarga, seringkali punya keinginan agar tetap memiliki income yang dapat digunakan untuk menambah biaya belanja harian. Atau juga agar bisa memiliki uang sendiri supaya bisa belanja pakaian, sepatu, make up, perhiasan tanpa harus meminta kepada suami lagi.

Dan pilihan mencari usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah pertanyaan yang paling sering berputar dikepala para kaum hawa ini.

Moms, Ini Bisnis Rumahan Modal Kecil Terbaik untuk Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Berikut ini beberapa tips yang akan diberikan mengenai berbagai pekerjaan yang dapat Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga (bisnis rumahan) dengan modal yang kecil (bisnis rumahan modal kecil) dan dapat dilakukan di rumah Anda.

 

Bisnis Rumahan yang Berhubungan dengan Anak-anak

Berikut ini bisnis rumahan modal kecil yang berhubungan dengan anak-anak yang dapat menjadi pertimbangan ibu rumah tangga:

 

#1 Rumah Day-Care

Anda dapat membuka rumah Anda untuk bisnis ini untuk anak-anak sepulang sekolah dimana para orangtua mereka adalah para pekerja di kantoran dan tidak memiliki babysitter.

 

#2 Guru Les Privat atau Grup

Apabila Anda senang mengajar, Anda dapat membuka les privat atau grup sehingga para murid les dapat datang ke rumah Anda saat mereka sudah pulang sekolah untuk belajar. Selain itu, apabila Anda memiliki bakat dalam bermusik, les piano atau gitar dapat menjadi solusi.

 

#3 Bisnis Pesta Ulang Tahun Anak

Para orangtua anak-anak yang masih TK terkadang ingin merayakan ulang tahun anaknya di sekolah. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan pesta ulang tahun anak-anak mereka sebagai peluang usaha Anda.

Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif]

 

Bisnis Rumahan yang Berhubungan dengan Menulis

Ada 3 bisnis rumahan modal kecil yang berhubungan dengan menulis, yaitu blogging, penulis artikel atau buku dan ghostwriter, yang dapat menjadi pertimbangan ibu rumah tangga:

 

#1 Blogging

Zaman sekarang siapa yang tak kenal dengan internet. Bahkan para ibu rumah tangga pun tidak boleh ketinggalan zaman. Anda dapat memiliki blog sendiri mengenai setiap hal yang menjadi passion Anda kemudian mengiklankannya agar banyak pembaca yang membaca blog dan artikel yang Anda tulis.

Tentu saja melalui bisnis ini dapat menghasilkan income tambahan bagi Anda apabila setiap tulisan Anda bermanfaat bagi para pembacanya. Anda dapat mencari informasi mengenai cara-cara menguangkan blog Anda.

 

#2 Penulis Artikel/Buku

Apabila Anda memiliki talenta dalam menulis, Anda dapat menjadi penulis artikel atau buku disela waktu-waktu Anda di rumah saat anak Anda sedang tidur siang. Ada juga pekerjaan sebagai penerjemah buku yang biasanya dilakukan oleh para freelancer.

 

#3 Ghostwriter

Pada prinsipnya, seorang Ghostwriter menulis untuk kepentingan orang lain, tanpa identitas dia tercantum dalam hasil tulisan tersebut diantaranya biografi dan opini. Tentu saja. Klien adalah pemilik hak cipta (copyright) atas hasil tulisan tersebut, selaku pihak yang memiliki ide dasar, dan tentu saja yang membiayai tulisan.

Istilah tepatnya klien adalah seorang author (pengarang), dan ghostwriter sebagai writer (penulis) sekaligus editor. Beberapa klien yang baik menyamarkan ghostwriter-nya sebagai editor atau sebatas memunculkan dalam halaman ucapan terima kasih.

Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Berhubungan dengan Penjualan Online, Kuliner dan Kerajinan

Terdapat 3 bisnis rumahan modal kecil yang berhubungan dengan penjualan online, kuliner dan kerajinan, yang dapat menjadi pertimbangan ibu rumah tangga:

 

#1 Karya Seni dan Kerajinan Tangan

Apakah Anda memiliki talenta seni gambar atau origami? Apakah Anda suka membuat suatu kerajinan tangan? Setiap hasil karya Anda bisa menjadi penghasilan Anda saat Anda mengawali hobi ini sebagai kesenangan Anda disela waktu senggang di rumah.

 

#2 Bisnis Online

Banyak sekali bisnis yang dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan internet. Jualan online merupakan peluang bisnis yang dapat dengan mudah Anda laksanakan seperti jualan baju online. Ada juga bisnis online di internet yang tidak terlalu rumit dilakukan oleh para ibu rumah tangga.

 

Jika Moms ingin tahu juga mengenai cara mengelola keuangan bisnis dan keuangan pribadi, Moms bisa mengunduh Ebook Gratis berjudul: Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis. Moms bisa dapatkan secara gratis Ebook ini dengan klik tombol berikut:

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

#3 Bisnis Makanan

Mungkin bisnis ini sudah sering didengar dan mengapa tidak dilakukan saja oleh Anda sebagai ibu rumah tangga. Apabila Anda baru pertama kali berbisnis makanan, Anda bisa mencobanya dengan menawarkan kepada tetangga atau teman dekat dahulu dan melihat bagaimana respon mereka.

Menjual kue atau makanan sudah biasa, lalu bagaimana jika Anda membuka kelas privat membuat kue atau makanan untuk siapa saja yang membutuhkannya.

Karena banyak sekali yang sedang mencari tempat belajar membuat makanan namun sedikit pihak yang menyediakan pelatihan membuat kue dan makanan tersebut. Ini bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang menarik.

Infografis Ini Kiat Sukses Cara Memulai Usaha dari 10 Tokoh Bisnis Sukses Dunia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Ini Kiat Sukses Cara Memulai Usaha dari 10 Tokoh Bisnis Sukses Dunia]

 

Mulai Bisnis Anda dari Hobi

Siapa bilang wanita hanya dapat berfungsi di dapur dan mengurus anak-anak? Anda dapat mengejar impian Anda dan juga menolong keuangan keluarga saat melakukan setiap bisnis di atas dengan modal yang kecil namun keluarga juga tetap terperhatikan.

Saat Anda melakukan bisnis Anda tersebut, alangkah lebih baik jika bisnis tersebut bermula dari hobi yang merupakan kesenangan Anda agar Anda dapat melakukannya dengan enjoy.

 

Apakah Anda memiliki tips pekerjaan rumahan lain bagi para ibu rumah tangga? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 8 Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil dan Menjanjikan. Betabicaracom – https://goo.gl/lbsIwZ
  • Leslie Truex. 24 Maret 2017. Best Home Businesses for Moms (and Dads). Thebalance.com – https://goo.gl/IX7FvV

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Bahagia – https://goo.gl/YueOAp
  • Bisnis bagi Ibu – https://goo.gl/O0xtK4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku