Setidaknya ada 5 alasan seseorang membutuhkan pinjaman modal usaha untuk bisnis yang sedang dijalankan. Tim Finansialku akan membahasnya untuk Anda. Selamat membaca dan mendapatkan pemahaman lain dari sudut pandang yang berbeda!

 

Artikel ini Dipersembahkan oleh:

logo-koinworks                                                                                                           

 

Modal Usaha Menjadi Kendala

Dalam mengembangkan pendapatan Anda, mau tidak mau Anda harus bekerja. Tak jarang mereka yang bekerja sebagai karyawan ingin mengembangkan potensi dan sayap ekonominya dengan cara berwirausaha atau melakukan bisnis sendiri setelah mengumpulkan modal dari hasil pekerjaannya sebagai karyawan di perusahaan sebelumnya.

Berbicara mengenai membuka usaha atau menjalankan bisnis, modal adalah salah satu hal utama yang harus dipersiapkan, entah itu menabung dari hasil kerja sebelumnya atau meminjam dari orangtua, saudara, bank atau lembaga peminjaman modal usaha lainnya. Semakin besar potensi bisnis yang Anda lakukan, semakin besar pula modal yang harus dipersiapkan dan dikeluarkan.

Dalam suatu perjalanan bisnis, ada kalanya seorang pengusaha membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan potensi usahanya. Berikut beberapa alasan mengapa diperlukan pinjaman modal dalam proses pengembangan usaha.  

3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

#1 Ekspansi Bisnis

Dalam proses perjalanan bisnis Anda, sangat senang rasanya ketika Anda mengalami peningkatan penjualan disamping impian Anda dalam mengembangkan dan melakukan ekspansi bisnis. Setiap keuntungan yang telah dikumpulkan tentu saja perlu pengaturan dan manajemen khusus dalam mengelola alur kas antara biaya operasional dan juga biaya untuk pengembangan bisnis. Tentu saja dalam pengembangan bisnis tersebut perlu modal tambahan untuk berbagai keperluan seperti pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru dan sebagainya. Pinjaman modal usaha yang Anda dapatkan dapat menutup segala biaya yang dibutuhkan tanpa harus menguras biaya operasional dalam anggaran belanja Anda. Semakin berkembangnya bisnis, semakin besar pula biaya operasional dan biaya lain yang dibutuhkan.

Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Cara Unik Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Gaji Bulanan]

 

#2 Inventaris

Apakah Anda menjalankan bisnis dengan menjual berbagai barang dan diperlukan stok barang-barang tersebut untuk memenuhi angka permintaan dari para konsumen? Mungkin Anda acapkali mendapatkan kesulitan dalam pengelolaan ketersediaan barang tersebut. Agar pelanggan tidak kecewa, sudah seharusnya stok barang harus selalu ready sesuai permintaan konsumen karena apabila tidak demikian, maka pelanggan bisa jadi memilih toko lain untuk memenuhi barang kebutuhan mereka karena di toko Anda sedang kosong stoknya. Apabila hal ini terjadi, tentu saja Anda akan kehilangan pelanggan Anda dan juga kepercayaan dari pelanggan tersebut.

Pinjaman modal usaha akan memainkan peran yang sangat penting soal ini. Terutama apabila Anda masih harus menunggu waktu yang lama agar anggaran belanja untuk biaya operasional dan peningkatan inventaris bisa dipisahkan dan masing-masing terpenuhi. Juga, bisnis Anda mungkin mengalami peningkatan penjualan yang tajam dari biasanya di waktu-waktu tertentu, dan apabila inventaris produk Anda tidak siap menghadapinya, pelanggan potensial toko Anda bisa-bisa kabur ke pesaing. Adanya pinjaman modal usaha tentu bisa membantu Anda untuk melakukan re-stock produk secara rutin, sehingga Anda tidak akan memgalami kehabisan stok.

 

#3 Menjaga Arus Kas

Bagi Anda yang baru saja membuka ladang bisnis, menjaga arus kas merupakan sebuah tantangan terbesar dan masalah yang harus ditangani dengan serius. Dalam kaitannya membayar biaya operasional, gaji karyawan, berbagai tagihan-tagihan yang perlu dibayar, Anda memerlukan arus kas yang tetap berjalan. Terutama ketika informasi mengenai produk yang Anda jual belum tersebar luas sehingga belum menggaet banyak konsumen.

Apabila hal-hal di atas Anda alami, sudah saatnya Anda mengajukan pinjaman modal entah itu jangka pendek atau jangka menengah sesuai dengan kemampuan dan perencanaan Anda.  Juga, ada kalanya Anda membutuhkan dana untuk kampanye pemasaran, bayar sewa gudang, hingga re-stock barang sementara pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi. Pinjaman modal usaha akan sangat berguna untuk menyegarkan arus kas bisnis Anda.

Apa Bedanya Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja Apa Syaratnya 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Apa Bedanya Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja? Apa Syaratnya?]

 

#4 Merawat dan Memperluas Peralatan/Perlengkapan

Maintenance perlengkapan serta peralatan penunjang bisnis Anda perlu dirawat secara berkala dan tentu saja hal ini membutuhkan dana yang harus dikeluarkan. Mungkin dana yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Apabila Anda membuka bisnis jahit menjahit, peralatan berbagai mesin jahit juga perlu dilakukan agar barang-barang tersebut tetap awet dan pemakaiannya tetap optimal. Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membeli peralatan maupun perlengkapan demi mendongkrak aktivitas bisnis Anda.

 

#5 Persiapan

Terkadang kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi dengan keadaan pasar dan naik-turunnya permintaan serta perubahan tren dunia. Pentingnya dana darurat untuk berbagai persiapan akan hal-hal yang diluar prediksi dan perencanaan kita. Dengan demikian kita memiliki dana pegangan apabila sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tidak kita inginkan berkenaan dengan lahan bisnis yang sedang kita kerjakan.

 

Syarat Pengajuan Peminjaman Dana Kepada Pihak Bank

  1. KepribadianCharacter. Peminjan atau debitur memiliki sifat yang baik dalam arti orang tersebut tidak masuk dalam Daftar Orang Tercela (DOT). Selain itu pihak bank akan melihat informasi usaha serta lingkungan debitur.
  1. KapasitasCapacity. Kemampuan debitur atau peminjam untuk mengembalikan pinjamannya. Biasanya pihak bank akan melihat bagian keuangan, manajemen, pemasaran dan berbagai aspek lainnya.
  1. ModalCapital. Besaran modal yang dari debitur, hal ini dapat memperlihatkan seberapa serius sang debitur dalam menanamkan modalnya dan hal semacam ini biasa dilakukan untuk kredit modal kerja serta investasi.
  1. JaminanColateral. Biasanya besarnya jaminan harus lebih besar daripada pinjaman.
  1. Kondisi EkonomiCondition of Economy. Kondisi ekonomi peminjam dan lingkungannya menjadi salah satu syarat penilaian dari pihak bank disamping aspek persaingan, luas lingkungan, perkembangan teknologi, bahan baku dan lain sebagainya.

 

Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Syarat Administrasi yang Harus Dipenuhi

  1. Kartu Identitas/KTP
  2. Akta Nikah/Surat Nikah
  3. Buku Tabungan
  4. Kartu Keluarga
  5. Slip Gaji
  6. Dokumen Jaminan

 

Modal Usaha Bukan Lagi Kendala

Tidak perlu kuatir lagi dalam mengembangkan bisnis Anda ketika keterbatasan modal menjadi suatu kendala. Melalui pembahasan di atas Tim Finansialku berharap dapat menjadi solusi bagi Anda dalam mengatasi permasalahan bisnis Anda. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam pengaturan keuangan untuk bisnis dan usaha Anda, Finansialku hadir untuk membantu Anda.

 

Apakah Anda memiliki berbagai saran praktis lainnya dalam proses pengajuan modal usaha? Bagikan Pengalaman dan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 10 Maret 2017. 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha. Koinworks.com – https://goo.gl/9XX3Xv
  • Cara & Syarat Mengajukan Pinjaman Uang/Dana ke Bank. Berbagiinfo4u.com – https://goo.gl/horhUy

 

Sumber Gambar:

  • Ekspansi Usaha – https://goo.gl/dIwSBY
  • Tambahan Modal – https://goo.gl/Vtv8hE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang