Peluang usaha bisnis online tanpa modal apa yang cocok untuk ibu rumah tangga? Ternyata ada banyak lho bisnis online tanpa modal yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Kira-kira apa sajakah itu?

 

Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga Modern

Beberapa waktu yang lalu Mama Glory melakukan reuni dengan teman-teman SMA. Pada saat itu banyak teman Mama Glory yang sekarang ini menjadi ibu-ibu pemilik bisnis online. Mayoritas dari ibu-ibu tersebut ternyata memulai usaha bisnis online tanpa modal. Sebenarnya tidak 100% tanpa modal, karena perlu internet, laptop dan kerja keras.

Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga

[Baca Juga: Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga, Membuat Lebih Produktif]

 

Keeseokan harinya, setelah selesai acara reuni, mama Glory sangat bersemangat membahas peluang usaha bisnis online tanpa modal, khususnya untuk ibu rumah tangga. Apa saja peluang usaha bisnis online tanpa modal yang dapat dilakukan ibu-ibu rumah tangga seperti Mama Glory dan Anda? Berikut ini kisahnya.

 

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory 

Pa, kemarin mama ketemu si Erni di reuni teman-teman SMA. Biasanya mama paling malas datang reuni, karena ujung-ujungnya pamer dan ngomongin orang.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Hahaha… ya ma, biasanya reuni begitu sih. Si Erni bukannya bisnis online ya?

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Eh si Papa ini, mama kan belum selesai bicara. Iya jadi si Erni itu membahas peluang usaha online tanpa modal yang cocok untuk ibu-ibu seperti mama. Dia sebutin ada hampir 7 peluang usaha bisnis online tanpa modal. Mama ceritain satu persatu ya, sambil mama lihatin website-websitenya.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Wah menarik juga ni. Boleh kalau gitu papa coba perhatikan.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Ya Pa, coba perhatikan ini.

 

#1 Menjadi Freelance di Online

Peluang usaha bisnis online tanpa modal dan dapat dikerjakan di rumah adalah jadi freelance. Jangan remehin pendapatan seorang freelance, karena penghasilannya ada yang Dollar. Kalau ga mau repot sih, mama daftar sebagai freelance di website-website kerja online seperti Sribulancer.com, Sribu.com atau Projects.co.id.

Kisah Sukses Ryan Gondokusumo pendiri Sribu.com dan SribuLancer.com

[Baca Juga: Kisah Sukses Ryan Gondokusumo pendiri Sribu.com dan SribuLancer.com]

 

Di website freelance ini ada banyak layanan yang ditawarkan, ada yang minta jasa desain, jasa pengisi suara (voice over), jasa pembuatan model 3D, jasa akuntansi dan pembutan laporan keuangan, jasa memasukkan data,  jasa SEO, jasa penerjemah dan lain sebagainya. Sebenarnya menjadi freelance adalah bisnis online tanpa modal yang dapat dikerjakan oleh siapa pun, termasuk papa.

 

#2 Menjadi Penulis alias Blogger

Peluang usaha bisnis online yang kedua adalah menjadi penulis atau istilah kerennya blogger. Mama kemarin kurang paham mengenai blogger dan tadi pagi mama cari tahu. Ternyata kita bisa membuat blog gratisan atau blog berbayar. Banyak sekali sumber pemasukan dari sebuah blog, salah satunya adalah penghasilan dari iklan Google, mendapat fee dari me-review produk dan lain sebagainya. Coba deh papa lihat ini, blog yang dimiliki oleh ibu-ibu ini:

[Baca Juga: Para Pemilik Bisnis Online, Cek Cara Menghitung Pajak Penghasilan Anda]

 

#3 Reseller dan Dropship Produk-Produk Orang Lain

Pa, ternyata sekarang kita bisa lho dagang barang tanpa modal. Zaman dulu namanya dagang pasti butuh modal, paling tidak buat beli stock barang. Sekarang ini ada banyak toko-toko online yang melayani jasa dropship. Kalau kata mama, dropship ini seperti calo yang menjualkan barang-barang dagangan.

Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung?]

 

Sayangnya tidak semua barang bisa di dropship. Mama lihat barang-barang yang dijual melalui instagram, agak susah di dropship. Para pemilik bisnis maunya menawarkan reseller. Coba deh papa lihat akun-akun instagram ini, tulisannya semua open reseller

 

#4 Bisnis Afiliasi

Kalau kita memiliki blog, kita dapat memiliki bisnis pasif yang disebut bisnis afiliasi. Jadi kita cukup meletakkan link produk yang kita afiliasi ke dalam website. Konsep afiliasi sama seperti orang tengah, cuma bedanya dengan dropshipper adalah afiliasi repotnya cukup sekali. Kalau jadi dropshipper kita harus rajin mencari pembeli. Kalau jadi afiliasi, kita cukup membuat review produk di blog dan memastikan blog-nya ramai dikunjungi orang. Salah satu orang yang berhasil menjalankan bisnis afiliasi di luar negeri adalah Pat Flynn. Pat berhasil mendapatkan pemasukan mencapai miliaran Rupiah setiap bulannya hanya dengan bisnis afiliasi dan website.

Kisah Sukses Pat Flynn pendiri SmartPassiveIncome.com

[Baca Juga: Kisah Sukses Pat Flynn pendiri SmartPassiveIncome.com]

 

Sebagai informasi dan catatan editor: Finansialku menawarkan bisnis afiliasi kepada teman-teman yang sudah tergabung dan menggunakan Aplikasi Finansialku. Teman-teman cukup menceritakan pengalaman menggunakan Aplikasi Finansialku dan menyebarkan link afiliasi. Untuk informasi selengkapnya dapat dibaca di sini.

 

#5 Menjadi Artis alias Vlogger

Sekarang ini zamannya YouTube, anak-anak kecil baru umur 3 tahunan aja sudah tahu YouTube. Kedepan artis-artis di YouTube bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, karena kita bisa merekam video keseharian dengan smartphone. Sayangnya proses editing video membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, karena ada banyak software yang digunakan. Di Indonesia ini sekarang sudah banyak sekali artis YouTube yang memiliki penghasilan mencapai ratusan juta Rupiah setiap bulannya. Begini cara perhitungan keuntungan bisnis di YouTube:

 

YouTube Courtesy. Agung Hapsah – Bagaimana YouTubers Menghasilkan Uang

 

Mama jadi kepikiran kayanya asik bisa ngevideo aksi mama di dapur. Kan lumayan sambil masak, divideoin bisa dapat penghasilan tambahan.

 

#6 Menjadi Selebgram dan Mendapat Pemasukan dari Endorse

Peluang usaha bisnis online tanpa modal berikutnya adalah menjadi artis atau selebgram. Bisnis ini paling enak, karena dengan bermodalkan follower yang banyak kita dapat menghasilkan pemasukan tambahan. Cukup membuat review produk, difoto dan dipost kemudian mendapat banyak pemasukan. Banyak juga lho artis-artis di Indonesia yang menjadi selebgram.

 

#7 Menjual Produk-Produk Digital: Desain, Foto dan Lain Sebagainya

Kalau orang-orang yang hobi menulis, hobi desain, hobi buat musik bisa menghasilkan pendapatan pasif dari royalty. Kita bisa membuat produk-produk digital dan dijual ke website atau marketplace produk-produk desain, seperti creativemarket.com, envato.com dan lain sebagainya. Kita juga bisa lho menjual kursus online, misal bagaimana cara memasak, menjahit dan lain sebagainya. Coba deh cek website udemy.com.

 

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Wow, mama bersemangat sekali menjelaskan semua peluang usaha bisnis online tanpa modal.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Ya donk Pa. Jadi sekarang mama tidak hanya bantu menghabiskan uang papa, tetapi juga bantu menambah pemasukan buat keluarga. Lumayan tambah-tambah buat dana pendidikan anak-anak dan uang liburan kita. Betul.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Ya ma, mama memang dapat diandalkan.

 

Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal itu Banyak, Tetapi Apakah Anda mau Menjalankan?

Seperti yang dijelaskan oleh mama Glory di atas, sebenarnya peluang usaha bisnis online tanpa modal itu banyak, dapat dikerjakan di rumah dan siapa pun dapat menjalankannya. Sayangnya semua bisnis, baik bisnis online maupun bisnis tradisional membutuhkan kerja keras dan konsistensi dalam menjalankannya.

 

Apakah Anda siap untuk mengubah peluang usaha bisnis online menjadi sumber pemasukan Anda? Silakan share artikel ini dan jangan lupa sebarkan kepada kakak adik Anda, karena mereka juga perlu tahu cara menambah pemasukan secara online.

 

Sumber Gambar:

Logo Freepik

Karakter keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat mendownload karakter-karakternya di www.Freepik.com.

Ibu menggunakan laptop – https://goo.gl/pTDEXz, hipwee.com, duniaku.net

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)