Menyusul DKI Jakarta, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan berlaku di Bogor, Depok, dan Bekasi. Siap?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PSBB akan ‘jatuh’ di Bogor, Depok dan Bekasi 15 April 2020

Sebelumnya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar telah diterapkan dan sedang berjalan di wilayah DKI Jakarta demi memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19.

Selaras dengan kebijakan tersebut, wilayah Bogor, Depok dan Bekasi akan menerapkan juga hal serupa dan telah disetujui.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, PSBB di Bodebek akan mulai diterapkan pada Rabu (15/4/20) pukul 00:00 WIB selama 14 hari.

Sosialisasi pun akan dilakukan Pemda Provinsi Jabar dan pemerintah kabupaten/kota pada Senin (13/4/20) dan Selasa (14/4/20).

“Menteri Kesehatan (RI) sudah mengirimkan surat persetujuan (PSBB) kemarin sore yang menyatakan bahwa lima wilayah (Bodebek) di Provinsi Jawa Barat itu disetujui untuk melaksanakan PSBB.”

 

Pola pemberlakuan PSBB di Bodebek akan berbeda-beda. Untuk Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor, intensitas penerapan PSBB tiap kecamatan tidak sama.

Pasalnya, kecamatan yang masuk zona merah penyebaran COVID-19 akan memberlakukan PSBB secara maksimal atau menutup akses ke wilayah tersebut dan membatasi berbagai kegiatan, seperti perkantoran, komersial, kebudayaan, dan kegiatan keagamaan.

“Kabupaten ini berbeda dengan DKI Jakarta atau Kota Bogor, Depok, dan Kota Bekasi. Mereka (Kabupaten Bogor dan Bekasi) memiliki desa, sehingga tidak bisa diberlakukan PSBB-nya persis seperti yang wilayah kota, seperti DKI Jakarta,”

“Karena itu, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi memutuskan PSBB-nya terbagi dua, di zona merah, di kecamatan-kecamatan tertentu, PSBB-nya maksimal. Di bukan zona merah, PSBB-nya akan menyesuaikan antara minimal sampai menengah. Khusus untuk Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Bekasi akan melaksanakan istilahnya PSBB maksimal.”

 

Mengutip dari Kompas.com, Ridwan Kamil mengatakan, PSBB di lima daerah itu akan satu zonasi dengan PSBB DKI Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus corona atau Covid-19.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, saat PSBB berlaku, beberapa moda transportasi boleh beroperasi.

Tak hanya itu, semua layanan transportasi udara, laut, kereta api, dan jalan raya tetap berjalan dengan pembatasan jumlah penumpang.

Fix! Rabu Depan Bodebek Akan Terapkan PSBB, Wargi Siap_ 02

[Baca Juga: Dipilih Jokowi, Ini Beda Karantina Wilayah, Darurat Sipil, dan PSBB]

 

Demikian juga dengan transportasi untuk layanan kebakaran, layanan hukum, barang/logistik kesehatan, dan ketertiban.

Sebetulnya PSBB ini mirip-mirip dengan lockdown, cuman dalam beberapa faktor cukup fleksibel.

Misalnya, masih boleh bepergian untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, beli obat ke apotek, tentu saja dengan memakai masker, ya.

Eh, ngomong-ngomong, Sobat Finansialku, setelah mengetahui kabar ini, apakah sudah mempersiapkan anggaran untuk berjaga-jaga?

Biasanya, mengatur keuangan itu dibarengi rasa abai terhadap yang perlu dan dibutuhkan saat keadaan genting, misalnya situasi PSBB Ini.

Tingkatkan kepekaan kalian dalam mengatur keuangan secara cerdik dan modern, kalian bisa gunakan aplikasi Finansialku dalam mengatur keuangan.

Segera unduh Aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store, kamu akan tahu manfaatnya sangat berpengaruh besar, lho!

Selain mengatur anggaran bulanan, kamu juga bisa melakukan konsultasi tentang alokasi keuanganmu dengan strategi yang mantap di Aplikasi Finansialku lewat fitur Konsultasi Keuangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya agar bisa menghemat sampai ratusan ribu dalam satu bulan!

Eitss,, belum selesai! Dapatkan bonus potongan harga Rp 50 ribu untuk berlangganan aplikasi Finansialku premium selama satu tahun. Gunakan kode promo CUAN50 untuk aktifkan bonusnya ya!

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Sobat Finansialku bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa tuangkan pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Oh iya, sebarluaskan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia.

Semoga bermanfaat., ya!

 

Sumber Referensi:

  • Dendi Ramdhani. 12 April 2020. Ridwan Kamil: PSBBdi Bogor, Depok, Bekasi Dimulai 15 April Selama Dua Pekan. Kompas.com – https://bit.ly/2wDa4cI
  • Admin. 13 April 2020. Simak! PSBBdi Bogor-Depok-Bekasi Pada Rabu, Ini Skenarionya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3b4V6Lz

 

Sumber Gambar:

  • Bodebek 01 – https://bit.ly/2XD1Lse
  • Bodebek 02 – https://bit.ly/2V2VxjJ