Masih ragu untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan karena pembayaran iuran? Jangan bayangkan kalau iuran BPJS ketenagakerjaan sulit!

Karena kini telah hadir layanan online untuk mempermudah sistem iuran BPJS ketenagakerjaan yang akan dijelaskan dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menjadi Pekerja dan Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Menjadi tenaga kerja memang perlu, tetapi jaminan sosial dan kesehatan juga lebih penting. Maka lindungi tenaga yang Anda habiskan dengan BPJS ketenagakerjaan.

Berprofesi sebagai tenaga kerja memang harus mengeluarkan banyak tenaga, bahkan rela untuk mendedikasikan kesehatan sepenuhnya di dalam sebuah pekerjaan.

Oleh karena itu, asuransi kesehatan dan jaminan sosial bagi para pekerja sebenarnya sangat penting bagi mereka.

 

Ikut Serta BPJS Ketenagakerjaan Menjamin Hidup Anda

Saat ini menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja hukumnya wajib. Perusahaan memiliki tanggung jawab dalam mengikutsertakan para karyawan atau pekerjanya sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

Jika tidak maka mereka perusahaan akan mendapatkan sanksi karena dianggap tidak mempedulikan kondisi fisik dan mental karyawannya.

Semua pihak dalam hal ini memiliki ikatan untuk berperan serta menjadi bagian dari BPJS ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Online E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran 02 BPJS TK 2 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan]

 

Tidak hanya bagi perusahaan, aturan untuk menjadi peserta BPJS juga mencakup setiap kalangan pekerja, dari pekerja harian lepas, pekerja tetap, serta pekerja dalam sistem borongan.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan kontrak perjanjian kerja sesuai dengan waktu kerja PKWT/PKWTT.

Aturan tersebut diatur di dalam Perpres, atau Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2013 yang membahas tentang Penahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial yang menjadi amanat dari UU No. 424 Tahun 2011 yang membahas mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan juga dari UU No. 40 Tahun 2004 yang di dalamnya membahas tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Banyak fasilitas program pelayanan yang diberikan oleh BPJS, seperti jaminan pemeliharaan kesehatan, program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan program jaminan hari tua atau pensiun.

Semua program tersebut sangat menguntungkan jika diikuti oleh para pekerja, apalagi dana pensiun adalah aset masa depan yang banyak diharapkan oleh semua orang.

Ada juga dana spesial yang diberikan kepada para pekerja di bidang konstruksi yang berasal dari program layanan jasa konstruksi. Program jasa konstruksi tersebut terbagi menjadi berbagai macam layanan.

Berbagai macam layanan yakni layanan untuk para pelaksana konstruksi, layanan konsultasi pada pekerjaan konstruksi yang menarik, serta program pelayanan jasa konsultasi perencanaan konstruksi.

 

Langkah Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Setelah perusahaan mengkategorikan para pekerja sesuai jenis pekerjaannya maka perlu segera melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

Caranya sekarang tidak perlu rumit dan membingungkan, cukup dengan layanan online Anda bisa mendaftarkan diri secara online. Berikut langkah pendaftarannya. 

 

Langkah 1: Perhatikan Kategori Peserta Tenaga Kerja

Pada tahap ini terdapat dua kategori peserta tenaga kerja, yakni yang berada di dalam hubungan kerja, serta yang berada di luar hubungan kerja.

Peserta yang berada dalam hubungan kerja seperti para pekerja di sektor formal non-mandiri seperti PNS.

BPJS Ketenagakerjaan Online E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran 03 PNS - Finansialku

[Baca Juga: Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak?]

 

Sedangkan para pegawai yang berada di luar hubungan kerja seperti para tenaga kerja yang mandiri, yakni para pekerja sektor informal.

Pendaftaran para tenaga kerja pada sektor formal dilakukan oleh si pemberi kerja seperti perusahaan/instansi/lembaga.

Sedangkan pada sektor informal, pendaftaran BPJS bisa dilakukan oleh para pekerja secara mandiri melalui organisasi yang telah mereka bentuk sendiri.

 

Langkah 2: Penuhi Syarat-syarat Untuk Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Syarat-syarat yang harus dipenuhi saat mendaftar berupa berkas-berkas kependudukan. Berkas yang dikumpulkan juga harus sesuai dengan kategori para peserta tenaga kerja seperti pada langkah pertama.

 

Langkah 3: Buka Situs dan Ikuti Prosedurnya

Setelah berkas-berkas yang dibutuhkan terkumpul dengan lengkap, selanjutnya buka situs BPJS, Anda bisa mencari informasinya melalui google. Kemudian cari informasi pendaftaran lengkap saat mengakses situs BPJS tersebut.

 

Langkah 4: Menunggu Pemberitahuan

Apabila prosedur pendaftaran secara online sudah terselesaikan dengan baik, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu email konfirmasi.

Setelah itu, membawa berbagai persyaratan yang telah disiapkan tadi ke kantor BPJS ketenagakerjaan di setiap kota terkait.

 

Cara Praktis Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Jika Anda telah resmi sebagai peserta atau anggota BPJS Ketenagakerjaan, maka tahap yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membayar iuran rutin selama sebulan sekali.

Tidak perlu repot mendatangi kantor BPJS di kota Anda, yang perlu dilakukan hanya membayar dengan mudah melalui sistem layanan online.

BPJS memiliki model sistem pembayaran iuran terbaru yang disebut Electron Payment System (EPS) yang menggantikan Virtual Account yang sebelumnya telah digunakan oleh perusahaan.

Penggantian tersebut bahkan dinaungi oleh UU No.24 Tahun 2011 karena sistemnya secara langsung berasal dari BPJS, bukan perusahaan.

Hal itu bertujuan sebagai upaya transparansi dana jaminan sosial yang bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Perhatikan langkah-langkah pembayaran iuran secara online seperti yang telah dirangkum di bawah ini.

 

Cara 1: Mendaftar Akun EPS

Sebelum membayar iuran, daftarkan diri Anda terlebih dahulu melalui eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs, kemudian klik “Registrasi”.

Kemudian terdapat kolom yang mengharuskan Anda mengisi nomor pendaftaran perusahaan (NPP).

Masukkan email pendaftaran yang nanti digunakan untuk login EPS, sebaiknya gunakan email resmi perusahaan.

Masukkan kode captcha sesuai gambar, klik “Register” dan Anda harus memilih perusahaan Anda jika NPP sudah benar dan belum terdaftar EPS.

Masukkan nama kontak perusahaan, pilih NPP yang akan didaftarkan. Lalu klik “Register” dan “OK”.

Buka email yang digunakan untuk registrasi untuk mengaktivasi akun Anda, klik alamat yang sudah dikirimkan ke email kemudian isi kolom sesuai perintah. Hingga ada pemberitahuan End of Procedure.

 

Cara 2: Membuat Kode Iuran

Kode iuran ini dibuat tiap bulan dengan berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui situs resmi BPJS ketenagakerjaan.

Apabila syarat dan ketentuan telah terpenuhi maka buatlah kode iuran lewat eps.bpjsketenagakerjaan.co.id/login.bpjs.

Daftar-BPJS-Ketenagakerjaan-Online-02-Finansialku

[Baca Juga: Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak?]

 

Kemudian terdapat berbagai kolom yang harus Anda isi sesuai dengan perintah hingga tahap akhir. Setelah itu, kode iuran Anda akan muncul beserta pemberitahuan End of Procedure.

 

Cara 3: Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM

Setelah Anda mendapatkan kode iuran, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran melalui ATM. Tagihan tersebut hanya bisa dibayarkan melalui ATM bank yang telah bekerjasama dengan BPJS, yakni BRI, BNI, dan Mandiri.

Menu untuk pembayaran BPJS bisa diakses melalui fitur Bayar/Beli di mesin ATM, kemudian pilih e-Payment.

Selanjutnya masukkan kode iuran yang statusnya UNPAID serta berbagai perintah yang ada di sana.

Tekan “Yes”, dan iuran Anda berhasil dibayarkan, jika perlu cek pembayaran dengan cara login kembali ke EPS, pastikan statusnya adalah PAID.

 

Kesimpulannya: Setiap Pekerja Sangat Perlu BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan pasti menjadi penunjang kedua pihak (pekerja dan perusahaan) untuk saling menguntungkan.

Jaminan tersebut akan diberikan saat Anda mengalami kecelakaan, sakit, bahkan meninggal, serta akan diberikan saat Anda pensiun.

Dengan BPJS setiap pekerja tidak perlu mengkhawatirkan tentang berbagai permasalahan di hari tua nanti sehingga Anda harus mengurus pendaftaran dan rutin membayarnya menggunakan online e-payment system yang sangat mudah.  

Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah membaca artikel ini, dapat dipastikan Anda tidak lagi ragu untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan lupa bagikan informasi tentang pembayaran yang sangat mudah ini pada rekan sesama anggota BPJS Ketenagakerjaan, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • BPJS TK 1 – https://goo.gl/RaLp1A
  • BPJS TK 2 – https://goo.gl/3H8SeH
  • PNS – https://goo.gl/inASUc