Budaya khas Toraja yang masih dilakukan hingga sekarang menjadikan suku Toraja terkenal hingga mendunia.

Penasaran budaya apa saja itu? Yuk, simak dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Suku Toraja yang Unik

Indonesia kaya akan tradisi yang unik dari beragam suku. Salah satunya, Suku Toraja yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan.

Kebudayaan Suku Toraja memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, nuansa mistik masih melekat pada suku ini. Berbagai tradisi leluhur pun masih dijaga sampai sekarang. Hal ini menarik perhatian para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

 

Budaya Khas Toraja

Banyak sekali budaya khas Toraja yang menarik untuk diketahui. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Rambu Solo’

Rambu Solo’ adalah tradisi pemakaman ala Suku Toraja. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati sekaligus mengantarkan arwah menuju alam akhirat melalui serangkaian ritual dan doa.

Ritual yang dilakukan berupa pertunjukan seni, adu kerbau, hingga mengantarkan jenazah.

Tradisi ini bisa berlangsung selama beberapa hari sesuai dengan status sosial keluarga penyelenggara Rambu Solo’. Biayanya pun tidak sedikit. Semakin kaya seseorang, semakin mahal biaya pemakamannya.

10 Daftar Budaya Khas Toraja yang Mendunia Nan Unik 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Unconventional Attractions in Tana Toraja Every Traveler Should Visit]

 

#2 Tinggoro Tedong

Tinggoro Tedong merupakan tradisi upacara kematian. Ini masih termasuk dalam serangkaian upacara Rambu Solo’.

Pada upacara ini, prosesi penyembelihan kerbau dilakukan dengan cara menebas leher kerbau dengan satu kali tebas saja.

Menurut kepercayaan leluhur orang Toraja, kerbau merupakan hewan tunggangan bagi arwah jenazah untuk menempuh perjalanannya menuju alam akhirat.

 

#3 Silaga Tedong

Silaga Tedong merupakan acara adu kerbau. Ini merupakan salah satu rangkaian acara Rambu Solo’.

Tujuan diadakannya Silaga Tedong adalah untuk memberikan hiburan bagi keluarga yang berduka. Selain itu, acara ini menjadi ajang pertunjukan bagi para pelayat yang datang.

Adu kerbau dilakukan di lapangan yang basah dan becek. Biasanya, di area sawah yang berlumpur. Kerbau-kerbau yang diadu ini merupakan kerbau pilihan dengan jenis tertentu dan harga jual yang terbilang fantastis.

 

#4 Sisemba’

Sisemba’ adalah tradisi permainan adu kaki yang dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tradisi ini dilakukan di lapangan atau tempat terbuka pada saat merayakan panen raya.

Biasanya, permainan ini mempertemukan dua kubu yang berasal dari dua desa yang berbeda. Pesertanya terdiri dari dua orang untuk setiap kubu.

Cara bermainnya, kedua kubu bergerak maju, lalu melakukan tendangan ke arah lawan. Terkesan brutal, ya?

Walaupun begitu, ada wasit yang bertugas untuk menegur, melerai, bahkan menghentikan pertandingan jika ada yang mengalami cedera atau berbuat curang.

10 Daftar Budaya Khas Toraja yang Mendunia Nan Unik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kaget! Hitung Dulu Biaya Upacara Pemakaman Toraja]

 

#5 Ma’Nene

Ma’Nene merupakan upacara mengganti pakaian dan merias jasad keluarga yang telah lama dikuburkan. Tradisi ini dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, setelah panen besar di bulan Agustus.

Tradisi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan jasad dari dalam peti. Setelah itu, anak dan cucunya lah yang membersihkannya dan mendandani jasad tersebut selayaknya masih hidup.

Selama proses pembersihan berlangsung, kaum laki-laki membentuk lingkaran. Mereka menyanyikan lagu-lagu yang melambangkan kesedihan dan kebahagiaan jasad sebelum meninggal. Tujuannya, supaya keluarga yang ditinggalkan jasad terhibur.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#6 Perkuburan Adat Toraja

Suku Toraja memiliki beragam jenis tempat pemakaman. Ada pemakaman dalam goa, pemakaman batu ukir, pemakaman gantung, pemakaman pohon, dan sebagainya.

Yang paling mahal adalah pemakaman batu ukir. Oleh karena itu, hanya jenazah para bangsawan yang dimakamkan di pemakaman batu berukir.

Tempat pemakaman di Toraja yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

 

#7 Rumah Adat Tongkongan

Ketika berkunjung ke Toraja, salah satu ciri khas yang paling mudah dikenali adalah rumah adat Tongkongan. Bentuk atapnya yang menjulang ke depan dan ke belakang menjadi ciri khas Suku Toraja.

Rumah ini didirikan di atas tumpukan kayu dan dihiasi banyak ukiran warna merah, hitam dan kuning.

Ada tiga jenis rumah Tongkongan, yaitu tongkonan layuk yang digunakan untuk pemerintahan, tongkonan pekamberan yang dimiliki keluarga dengan wewenang tertentu, serta tongkonan batu untuk keluarga biasa.

 

#8 Rompo Bobo Bonnang

Tradisi yang satu ini merupakan upacara untuk melangsungkan pernikahan. Tata caranya paling sederhana.

Keluarga mempelai pria beserta mempelai pria akan mendatangi keluarga mempelai wanita. Selanjutnya, orang tua mempelai wanita akan menyambut kedatangan mereka dan diadakanlah perjamuan makan bersama.

Setelah itu, para keluarga mempelai pria akan kembali pulang. Namun, mempelai pria yang akan tetap tinggal di rumah mempelai wanita.

10 Daftar Budaya Khas Toraja yang Mendunia Nan Unik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Destinasi Wisata Tana Toraja yang Jadi Favorit Turis Domestik dan Mancanegara]

 

#9 Rampo KaroEng

Rampo KaroEng merupakan tradisi pernikahan juga. Bedanya, hanya pada perjamuannya saja. Sebelum acara perjamuan makan, rombongan mempelai pria akan disuruh menunggu terlebih dahulu di lumbung.

 

#10 Rompo Allo

Romo Allo merupakan upacara pernikahan yang paling mewah. Perayaan pernikahan bisa dilakukan beberapa hari dengan acara yang cukup meriah.

Oleh karena itu, upacara jenis ini hanya dilakukan oleh para bangsawan atau keluarga yang berstatus sosial tinggi saja.

 

Toraja yang Mendunia

Walaupun budaya Toraja hanya ada di Tana Toraja, kisah tradisinya justru mendunia. Memang, tradisi-tradisinya berbau mistis. Namun, justru kekayaan budaya inilah yang mesti kita jaga sebagai bagian dari budaya Indonesia.

Nah, untuk kamu yang ingin menyaksikan secara langsung tradisi Toraja di atas, jangan lupa rencanakan dengan aplikasi Finansialku.

Dengan fitur Dana Liburan, kamu bisa menghitung dana yang harus diinvestasikan untuk menyiapkan biaya perjalanannya. Yuk, unduh aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah budaya khas Toraja yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu. Dengan begitu, semoga lebih banyak orang bangga dengan budaya Indonesia yang unik.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Agustus 2020. Suku Toraja. Romadecade.org – https://bit.ly/34rntBA
  • Agustina Randa. 9 Oktober 2018. 5 Tradisi Unik Suku Toraja yang Mendunia. Idntimes.com – https://bit.ly/2Swlzda
  • Andra. 14 April 2017. Kebudayaan Suku Toraja di Indonesia. Ilmuseni.com – https://bit.ly/30BGobv

 

Sumber Gambar:

  • Toraja 1 – https://bit.ly/2FFL0q2
  • Toraja 2 – https://bit.ly/34s3TVH
  • Toraja 3 – https://bit.ly/3jDzZEu