Salah satu suku terbesar di Pulau Jawa adalah Sunda. Siapa sangka, ada banyak budaya Sunda yang terkenal di mancanegara.

Yuk simak 5 budaya sunda yang sangat otentik dan khas berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sunda, Suku dengan Seribu Budaya

Indonesia memiliki banyak budaya. Beberapa diantaranya banyak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan tidak jarang orang luar negeri mempelajari budaya tersebut. Salah satunya adalah budaya Sunda. Sunda adalah suku yang memiliki banyak budaya dengan nilai filosofis tinggi.

 

Inilah 5 Budaya Sunda yang Terkenal di Mata Internasional

Umumnya, masyarakat luas, terutama yang bukan orang Sunda, hanya mengetahui jika budaya yang ada di Sunda ini adalah angklung.

Akan tetapi, selain angklung juga ada seni budaya lain seperti alat musik, tarian bahkan pertunjukan tradisional yang lainnya. Berikut ini merupakan 5 budaya dari Sunda yang terkenal di luar negeri yang harus Anda tahu.

 

#1 Wayang Golek

Wayang merupakan salah satu budaya yang lekat di Indonesia. Berbeda dengan wayang kulit pada umumnya, Sunda memiliki wayang golek yang biasanya terbuat dari kayu.

Wayang tersebut dibentuk seperti suatu tokoh tertentu, misalnya cepot, dan terdapat kayu untuk menggerakkannya.

5 Budaya Sunda yang Terkenal di Mancanegara 02

[Baca Juga: Games: Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia?]

 

Untuk menggerakkannya terutama dalam pementasan dibutuhkan pengendali wayang yang disebut dengan dalang.

Dalang ini dapat memainkan 4-10 karakter dengan suara dan karakter yang berbeda. Sehingga pertunjukan wayang sangat menarik.

 

#2 Tari Jaipongan

Tarian khas Sunda ini berasal dari Karawang. Tarian ini diciptakan oleh H. Suanda di tahun 1976 dan merupakan tarian kombinasi. Ini karena Tari Jaipong merupakan percampuran dari seni pencak silat dengan Tari Topeng Banjek, Ketuk Tilu bahkan Wayang Golek.

Diiringi oleh musik gamelan (degung, ketuk, gendang, rebab, kecrek, gong) dan iringan nyanyian sinden, tarian jenis ini berkembang dengan sangat pesat.

Untuk melengkapi tarian ini, maka penarinya menggunakan pakaian yang berbau tradisional Sunda, yaitu sampur, sinjang, apok.

Dalam pertunjukannya, biasanya terdapat orang (misalnya anak kecil), duduk di atas singa tersebut. Kemudian pembawa atau penggotong sisingaan akan melakukan tarian atau gerakan sesuai dengan iringan alat musik.

 

#3 Sisingaan

Sisingaan merupakan boneka singa yang ukurannya besar dan dapat dinaiki. Sisingaan ini terbuat kayu, dengan bulu yang terbuat dari benang rafia dan badan dibungkus dengan kain.

Karena itu, boneka ini mirip dengan singa.

5 Budaya Sunda yang Terkenal di Mancanegara 03

[Baca Juga: Gini Lho Perbedaan Budaya Kerja Amerika Serikat dan Jepang, Mana yang Cocok?]

 

Umumnya, tradisi ini dipergunakan untuk sunatan, penerimaan tamu khusus, acara khusus kesenian hingga hari besar.

Karena menarik, maka budaya Sunda ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Bahkan sudah merambah ke setiap daerah di Sunda.

 

#4 Tarian Kuda Renggong

Tarian ini berasal dari Sumedang. Renggong sendiri memiliki arti keterampilan. Dalam pertunjukan kesenian ini, penari menggunakan kuda yang dilatih mengikuti irama musik dan menari.

Kuda yang dipergunakan adalah kuda asli sehingga yang dipilih adalah yang berbadan kuat dan tegap.

Untuk mengiringi tarian ini, maka perlu musik dari kendang. Namun, seiiring dengan berkembangnya zaman, alat musik yang dipergunakan pun saat ini lebih variasi.

Dalam tarian ini, kuda tidak dapat berjingkrak-jingkrak, bahkan menggelengkan kepala mengikuti iringan musik. Karena itu, tarian ini menjadi lebih menarik.

 

#5 Degung

Selain angklung, Sunda memiliki alat musik tradisional yang juga terkenal hingga mancanegara. Alat musik tradisional tersebut adalah degung. Namanya sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu De Goong yang berarti gamelan.

5 Budaya Sunda yang Terkenal di Mancanegara 04

[Baca Juga: Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik]

 

Dibuat pertama kali di tahun 1879 oleh H. J. Oosting, alat musik ini seakan menjadi alat musik wajib untuk mengiringi pertunjukan tradisional. Beberapa contoh dari pertunjukan tradisional tersebut adalah nyanyian atau sinden dan jaipongan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

 

Penasaran dengan Budaya Sunda? Yuk ke Jawa Barat!

Selain 5 budaya Sunda yang terkenal di mancanegara yang sudah disebutkan di atas, masih banyak budaya yang menarik perhatian dunia.

Karena hal tersebut, agar semakin banyak orang yang tertarik dan datang ke Indonesia, tepatnya ke Jawa Barat dan budaya tersebut tidak hilang ditelan zaman.

 

Apakah Anda jadi tertarik untuk semakin melestarikan budaya khas Sunda? Ajak juga ya, teman-teman sesama pecinta budaya untuk membaca artikel ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Maret 2019. 5 Budaya Sunda yang Perlu Kamu Ketahui!. Infobudaya.net- https://bit.ly/30XhGkQ

 

Sumber Gambar:

  • Budaya 01 – https://bit.ly/2GrHV9V
  • Budaya 02 – https://bit.ly/2RV6L7d
  • Budaya 03 – https://bit.ly/30W5aSS
  • Budaya 04 – https://bit.ly/2uHye4f