Bulan madu memang selalu menjadi salah satu momen menyenangkan bagi setiap orang. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah.

Namun, jika tidak dirawat dengan baik, bukan mustahil honeymoon Anda malah akan berakhir mengecewakan. Tidak mau itu semua terjadi kan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Bulan Madu

Siapapun pasti berpikir bahwa bulan madu adalah momen yang menyenangkan bagi pasangan yang baru menikah.

Menikmati waktu bersama di tempat yang menyenangkan dan hanya berdua dengan pasangan tentu saja terdengar indah.

Biasanya, momen bulan madu juga sering digunakan sebagai momen untuk mendapatkan momongan.

Akan tetapi, bayangan yang indah akan honeymoon ini bisa saja memudar atau bahkan hilang jika Anda salah melakukannya.

Ngomong-ngomong honeymoon, tentunya Anda sudah tahu bahwa momen ini membutuhkan dana yang cukup banyak. Bahkan, ada orang yang rela untuk mengutang demi terwujudnya bulan madu.

Jangan sampai Anda mengutang deh, lebih baik Anda mempersiapkan dan mengumpulkan terlebih dahulu dana untuk honeymoon tersebut.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi yang dapat Anda pakai untuk merencanakan dan mengelola keuangan. Anda bisa mewujudkan setiap mimpi dan tujuan keuangan Anda.

Selain menggunakan aplikasi Finansialku, kami anjurkan Anda juga untuk membaca buku Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True. Sesuai dengan judulnya, Anda akan belajar membuat rencana sehingga Anda bisa mewujudkan Tujuan Keuangan Anda. Mau gak, mimpi Anda terwujud?

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

MAU BUKU

 

Well, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari, supaya momen honeymoon tidak menjadi mimpi buruk.

Nah, berikut ini adalah 10 hal yang jangan sampai Anda lakukan selama bulan madu:

 

#1 Berangkat Bulan Madu Langsung Setelah Menikah

Banyak orang yang mengira bahwa honeymoon mesti dilakukan langsung setelah pernikahan. Padahal Anda tidak harus berangkat honeymoon sehari setelah Anda menggelar pernikahan.

Tidak ada salahnya bersabar sejenak dan menunggu beberapa hari setelah acara pernikahan untuk melangsungkan honeymoon. Anda bisa menunda bulan madu sekitar 3-4 hari setelah pernikahan.

Dimana Tempat Bulan Madu Anda Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda 13 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Ini Panduan Lengkap Dalam Persiapan Bulan Madu]

 

Pesta pernikahan sering kali menjadi kegiatan yang melelahkan. Setelah menerima banyak tamu undangan dan melangsungkan acara selama sehari penuh.

Penundaan ini memberikan waktu bagi Anda dan pasangan untuk beristirahat dan mengembalikan kondisi tubuh.

Dengan tubuh yang lebih fit, momen honeymoon bisa jadi semakin menyenangkan dan membahagiakan.

 

#2 Bawa Banyak Barang

Kesalahan lain yang biasa terjadi saat bulan madu adalah dengan membawa terlalu banyak barang. Padahal, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak barang pada saat bulan madu.

Barang bawaan yang terlalu banyak akan membuat Anda dan pasangan jadi kerepotan. Karena itu, pilih barang-barang yang penting saja untuk Anda bawa dan yang memang sudah pasti akan digunakan.

Jika ada kekurangan barang atau barang tersebut bisa dibeli di lokasi honeymoon, tidak ada salahnya kalau Anda membeli barang tersebut di lokasi tujuan honeymoon.

 

#3 Terlalu Boros Belanja di Resort

Jangan terlalu boros belanja di resort. Biasanya, harga barang di resort cenderung lebih mahal dibandingkan harga barang pada umumnya.

Atau Anda bisa mencari resort yang tidak terlalu mahal dengan fasilitas yang terjangkau. Biasanya, resort yang murah juga cenderung menjual barang dengan harga yang tidak terlalu mahal juga.

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu]

 

Lagi pula, saat bulan madu tentu saja Anda tidak akan sekadar diam di resort saja. Anda bisa jalan-jalan ke sekeliling resort dan melihat suasana kehidupan local di daerah sana.

 

#4 Pergi Terlalu Lama

Banyak orang yang mengira kalau bulan madu harus berlangsung lama agar menyenangkan. Sayangnya, tidak semua orang tahu kalau honeymoon tidak harus selalu lama. Yang terpenting adalah kualitas dari honeymoon tersebut.

Bulan madu yang terlalu lama malah bisa menyebabkan Anda dan pasangan menjadi bosan. Jadi, pilih waktu honeymoon yang tidak terlalu lama tapi juga tidak terlalu singkat.

Sebagai referensi, Anda bisa merencanakan honeymoon selama 3-4 hari saja. Waktu tersebut rasanya cukup untuk pasangan yang baru menikah.

 

#5 Tidak Melakukan Kegiatan Apapun

Beberapa pasangan juga ada yang mengira bahwa honeymoon adalah waktu bersantai. Dan akhirnya malah menghabiskan waktu untuk staycation saja sepanjang masa honeymoon.

Hal ini tentu saja tidak sepenuhnya salah. Tapi, bulan madu juga perlu Anda jadikan waktu untuk menabung kenangan indah bersama pasangan. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

 Tidak ada salahnya untuk keluar dari penginapan dan berjalan-jalan atau menikmati area wisata di sekitar sana.

Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda]

 

Anda bisa memilih aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama pasangan. Misalnya dengan melakukan bungee jumping, naik ATV, atau melakukan berbagai aktivitas seru lainnya bersama pasangan.

 

#6 Terlalu Banyak Keinginan

Kesalahan lain yang umum dilakukan oleh pasangan yang berbulan madu adalah membuat terlalu banyak tujuan atau keinginan selama honeymoon. Misalnya setelah melakukan honeymoon ke Lombok, perjalanan dilanjutkan ke Bali, lalu pindah lagi ke Labuan Bajo.

Rencana honeymoon seperti ini dapat menghabiskan dana yang Anda miliki terlalu banyak. Selain itu, keinginan yang terlalu banyak juga dapat membuat Anda kelelahan setelah habis masa bulan madu.

Dari pada mengunjungi banyak tempat dalam satu perjalanan, akan lebih baik jika Anda memilih satu tempat tujuan honeymoon saja. Lalu maksimalkan kegiatan Anda di sana.

Sebenarnya bisa saja Anda pergi ke berbagai tempat, asalkan Anda dan pasangan memiliki dana dan waktu yang cukup. Sekali lagi, kami sarankan Anda untuk menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan liburan bulan madu Anda bersama pasangan.

 

#7 Memilih Aktivitas Sesuai Karakter Sendiri

Jangan lupa bahwa Anda dan pasangan adalah dua individu dengan karakter berbeda. Tentu saja kegiatan yang disukai oleh Anda dan pasangan bisa juga berbeda.

Ada pasangan yang lebih suka kegiatan yang menantang, ada juga yang lebih suka kegiatan santai dan rileks. Anda bisa mencari kegiatan yang sama-sama Anda suka untuk dilakukan bersama-sama selama honeymoon.

Jangan memaksakan kehendak dan pertimbangkan juga efektivitas kegiatan selama bulan madu.

Penting! Ini Panduan Lengkap Dalam Persiapan Bulan Madu 2 Finansialku

[Baca Juga: Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda? Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda]

 

#8 Melupakan Jadwal Kerja

Honeymoon tidaklah berlangsung lama. Begitu cuti honeymoon selesai, tentu saja Anda dan pasangan perlu kembali bekerja.

Jangan keasyikan melakukan honeymoon sampai menambah durasi menginap dan melupakan pekerjaan.

Jadikan honeymoon menjadi satu momen yang justru memberikan Anda semangat baru untuk menjalani kehidupan.

 

#9 Lupa atau Sungkan Memanfaatkan Fasilitas Hotel

Kadang-kadang, ada juga orang yang lupa atau sungkan memanfaatkan fasilitas hotel. Padahal Anda tidak perlu sungkan memanfaatkan fasilitas tersebut.

Saat honeymoon adalah saat yang tepat untuk Anda dan pasangan memanjakan diri. Termasuk dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh hotel tempat Anda menginap.

 

#10 Tiba-tiba Jadi Bokek

Kesalahan lain yang umum dilakukan saat honeymoon adalah menjadi terlalu boros dan tidak bisa mengatur budget honeymoon. Misalnya dengan menjadi terlalu banyak belanja dan menghabiskan uang untuk kegiatan konsumtif.

Tentu saja Anda boleh memanjakan diri selama honeymoon. Namun, lakukan hal tersebut sesuai dengan budget. Sehingga, honeymoon tidak menjadikan Anda tiba-tiba jadi bokek dan kesulitan menjalani kehidupan setelah honeymoon.

Jika bingung, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda membuat budget perjalanan honeymoon Anda.

Jangan lupa cek kesehatan keuangan Anda setelah selesai bulan madu ya…

 

Butuh Direncanakan

Nah, itulah 10 hal yang perlu Anda hindari pada saat honeymoon. Semuanya butuh direncanakan. Jangan sampai honeymoon membuat gangguan kepada kesehatan keuangan Anda.

 

Menurut Anda, apalagi hal yang tidak boleh dilakukan selama bulan madu? Apakah Anda memiliki rekomendasi tempat yang menyenangkan untuk didatangi selama bulan madu?

Tuliskan jawaban Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Bulan Madu. Cosmopolitan.com – https://bit.ly/32tyGP0
  • Admin. 20+ Tempat Bulan Madu Romantis di Indonesia 2019. Tophoneymoon.co – https://bit.ly/2WVanIH

 

Sumber Gambar:

  • Honeymoon – https://bit.ly/36K4IcR