Saat merencanakan pernikahan, Anda perlu mengatur keuangan mulai dari dana pernikahan hingga dana perjalanan bulan madu. Seperti apa sih pengaturan dana perjalanan bulan madu?

Bagi Anda yang akan segera menikah, mari simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bulan Madu Tidak Harus Mahal

Banyak pasangan yang menunda atau bahkan tidak melakukan bulan madu akibat anggapan bahwa biaya perjalanan bulan madu sangatlah mahal.

Setelah menghabiskan banyak uang dalam biaya pernikahan, tentunya Anda dan pasangan harus mulai mengencangkan ikat pinggang. Namun apakah betul bulan madu itu mahal?

Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda]

 

Nyatanya, berapa besar dana perjalanan bulan madu bergantung pada rencana bulan madu dan bagaimana Anda mempersiapkan dananya.

Jangan jadikan bulan madu yang harusnya menjadi momen berharga hanyalah salah satu beban yang membuat Anda berutang.

Bagi Anda para pasangan baru, Finansialku akan menjabarkan pengaturan dana perjalanan bulan madu yang pas di kantong sebagai berikut.

 

Bulan Madu ala Traveller

Bulan madu, sebuah momen berharga yang akan selalu dikenang oleh pasangan. Akan sangat disayangkan bila Anda melewati bulan madu hanya karena terkendala biaya.

Momen romantis ini seringkali identik dengan biaya perjalanan yang mahal, tetapi tidak selalu harus seperti itu lho. Anda bisa merencanakan bulan madu ala traveller sesuai dengan anggaran, namun tetap nyaman dan menyenangkan.

Nah, bagi Anda yang juga sedang kebingungan dalam merencanakan bulan madu, mari kita lihat tips bulan madu ala traveller berikut ini:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Memilih Destinasi yang Pas di Kantong

Anda bisa memilih destinasi bulan madu sesuai dengan preferensi Anda dan pasangan. Cobalah tanyakan beberapa pertanyaan berikut untuk memilih lokasi bulan madu yang sesuai:

  1. Apakah Anda lebih suka bersantai di resort sambil menikmati pemandangan matahari terbenam atau Anda ingin berpetualang bersama pasangan?
  2. Apakah Anda lebih menyukai suasana pantai yang hangat dan santai atau pemandangan puncak gunung bersalju?
  3. Apakah Anda ingin menjelajahi indahnya pemandangan Indonesia (dalam negeri) atau ingin mencoba sesuatu yang baru dengan bepergian ke luar negeri?

 

Nah, kini Anda sudah mengetahui preferensi Anda dan pasangan. Anda kemudian bisa mencari destinasi yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Negara Bebas Visa yang Bisa Jadi Tempat Wisata untuk WNI]

 

Misalnya, jika Anda ingin bersantai di tepi pantai sambil menikmati hangatnya air laut dalam negeri, Anda bisa mencoba destinasi bulan madu paling populer mulai dari Bali, Lombok, hingga Pulau Derawan yang luar biasa indahnya.

Namun, jika Anda lebih ingin berpetualang berdua dengan menikmati indahnya puncak gunung di luar negeri, Anda bisa saja memilih Gunung Fuji di Jepang saat musim salju atau menikmati indahnya sakura pada musim semi.

 

#2 Menentukan Paket Liburan: Travel atau Pribadi

Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah Anda ingin pergi berdua saja dan menikmati momen romantis atau ingin membeli paket dari agen travel?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, antara lain:

Paket LiburanKelebihanKekurangan
Travel
  • Biaya perjalanan bisa lebih murah karena biasanya agen perjalanan memiliki benefit seperti promo potongan harga tiket pesawat dan hotel
  • Lokasi yang akan dikunjungi sudah ditentukan
  • Ramai, sehingga tidak ada waktu untuk dihabiskan berdua
  • Kerap diselingi dengan promo seperti dibawa ke penjual kerajinan setempat
Pribadi
  • Adanya kebebasan memilih lokasi yang ingin dikunjungi
  • Bisa memilih akomodasi dan lokasi makan sesuai keinginan
  • Adanya kemungkinan over budget
  • Harus merencanakan, memesan, dan membayar seluruh tiket dan akomodasi secara mandiri

 

Nah, setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, mana yang menjadi pilihan Anda?

 

#3 Menentukan Berapa Lama Anda akan Berbulan Madu

Setelah menentukan akan membeli paket atau memilih merencanakan sendiri dalam berbulan madu, kini pertanyaannya adalah “Berapa lama Anda ingin berbulan madu?”

Bagi pasangan yang bekerja, tentunya mencari tanggal yang sesuai dan mengajukan cuti menjadi keharusan untuk menentukan lamanya bulan madu yang akan diambil.

Memang betul bulan madu, tidak penting dimana dan berapa lama, namun yang penting adalah suasana dan memori yang dibuat bersama. Tetapi jika berbulan madu sambil terus memikirkan pekerjaan malah akan menyebalkan jadinya.

Dengan demikian, tentukan waktu bulan madu yang sesuai dengan kondisi pekerjaan Anda dan sesuai dengan destinasinya ya!

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Memilih Transportasi, Akomodasi, dan Lokasi yang Ingin Dikunjungi

Setelah mengetahui lamanya bulan madu dan destinasi bulan madu, kini saatnya Anda memilih jenis transportasi, akomodasi, dan lokasi-lokasi impian di destinasi bulan madu Anda dan pasangan.

Jika Anda memilih paket liburan dari travel agen, tanyakan alternatif transportasi dan akomodasi yang diperoleh untuk kenyamanan berbulan madu.

Misalnya, apakah Anda akan menggunakan pesawat atau yacht, kelas ekonomi atau first class?

Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda 14 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Tanyakan juga alternatif akomodasi yang tersedia, misalnya ingin menginap di hotel berbintang atau resort dan villa tepi pantai nan romantis?

Terakhir, cocokan paket travel dengan lokasi yang memang ingin dituju, jangan sampai Anda merasa tidak puas saat berbulan madu karena lokasi yang dikunjungi tidak sesuai harapan.

Namun, jika Anda memilih untuk merencanakan sendiri perjalanan bulan madu, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan semuanya sesuai preferensi Anda dan pasangan.

 

Budget Bulan Madu: Maldives atau Keliling Eropa?

Jika Anda masih kebingungan dalam memilih destinasi bulan madu, cobalah lihat dua destinasi paling populer dalam berbulan madu berikut ini:

 

#1 Maldives

Kepulauan Maldives atau resminya Republik Maldives berada di Lautan Hindi, selatan pulau Lakshadweep India. Kurang lebih 700 km barat daya Sri Lanka. Kepulauan Maldives sendiri terdiri dari kurang lebih 1.192 kepulauan kecil.

Surga dunia yang menjadi salah satu destinasi populer bagi pasangan baru menikah ini menawarkan keindahan bawah laut dengan beragam ekosistem lautnya.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Selain itu, destinasi ini sangat cocok bagi pasangan yang ingin bersantai di resort sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini, antara lain snorkeling, diving, hingga menikmati sunset cruise untuk melihat sekelompok lumba-lumba di perairan Maldives.

Anda juga bisa menikmati beragam olahraga air seperti jet ski, parasailing, hingga kayaking.

 

Tetapi berapa sih kira-kira dana yang harus disiapkan jika bepergian ke Maldives?

Mari kita lihat estimasi biaya untuk paket menginap 5 hari 4 malam di Kepulauan Maldives nan indah ini:

NoKebutuhan LiburanEstimasi Biaya (Rp)
1Tiket pesawat Jakarta, Indonesia – Male, Maldives (pulang pergi) untuk 2 orang13.000.000
2

Akomodasi di resort berbintang (@Rp8.000.000 per malam)

*biasanya sudah termasuk makan 3x sehari

32.000.000
3Belanja pribadi dan oleh-oleh4.000.000
4Tambahan aktivitas (misal: snorkeling, diving, dan sebagainya)6.000.000
 Total55.000.000

 

#2 Eropa

Siapa sih yang tidak ingin merasakan indahnya pemandangan Eropa dengan dalam musim semi sambil menikmati hidangan lokalnya?

Ya, Eropa juga menjadi salah satu destinasi favorit dalam berbulan madu karena suasananya yang romantis dengan keindahan kota-kotanya dengan nuansa klasik.

Anda bisa memilih untuk berjalan-jalan di kota Paris sambil menikmati bersantap malam di samping Menara Eiffel, atau melihat gemerlap kota di malam hari.

Atau untuk pengalaman yang lebih romantis, Anda bisa mengunjungi Venezia dan bersantai sambil menikmati pemandangan kota sambil naik gondola.

Atau Anda bisa menikmati indahnya pegunungan bersalju di Swiss sambil menikmati chocolate fondue di resort sederhana nan cantik?

Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

Jika Anda tertarik untuk berbulan madu ke Eropa, sebaiknya Anda melihat estimasi biaya perjalanan bulan madu 7 hari 6 malam berikut terlebih dahulu:

NoKebutuhan LiburanEstimasi Biaya (Rp)
1Tiket pesawat Jakarta, Indonesia – Paris, Perancis (pulang pergi) untuk 2 orang21.000.000
2Visa untuk 2 orang6.000.000
3Akomodasi di hotel berbintang (@Rp4.000.000 per malam)24.000.000
4Makan dan snack4.000.000
5Belanja pribadi dan oleh-oleh10.000.000
 Total65.000.000

 

Mempersiapkan Dana Perjalanan Bulan Madu

Setelah melihat estimasi biaya bulan madu, jangan kaget dahulu. Anda bisa mempersiapkan dananya dari sekarang untuk menikmati momen bulan madu yang berkesan.

Misal perjalanan bulan madu masih 2 tahun lagi, kira-kira berapa dana yang perlu ditabung per bulannya? Pertama-tama, hitung dulu perkiraan harga paket bulan madu di 2 tahun yang akan datang dengan memperhitungkan inflasi.

Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda 13 - Finansialku

[Baca Juga: Budget untuk Bulan Madu di Kepulauan Maldives]

 

Misal, kenaikan biaya sampai 10% per tahun, maka biaya perjalanan Bulan Madu di Kepulauan Maldives menjadi Rp60.000.000. Bagaimana cara memenuhi tujuan perjalanan bulan madu ke kepulauan Maldives dalam waktu 2 tahun lagi seharga Rp60.000.000?

Anda bisa mencari instrumen investasi yang sesuai tingkat pengembaliannya. Misalnya, sebuah produk investasi dengan imbal hasil 6% setahun, maka berapa jumlah yang harus kita tabungkan setiap bulannya?

 

Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Perencanaan Dana Liburan. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kemudian, masukkan seluruh informasi tadi ke dalam Widget Kalkulator Dana Membeli Barang sebagai berikut:

Selain Dana Pernikahan, Siapkan Juga Dana Perjalanan Bulan Madu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Dimana Tempat Bulan Madu Favorit Anda? Ketahui Anggaran Dana Bulan Madu Anda]

 

Setelah itu, klik “Kirim Jawaban ke Email Saya” dan akan muncul hasil perhitungan.

Sederhana bukan? Jangan ragu dan gunakan Widget Kalkulator Dana Membeli Barang Finansialku untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan.

 

Nikmati Momen Bulan Madu tanpa Utang

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan destinasi impian dan mempersiapkan anggaran dana perjalanan bulan madu Anda?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan bulan madu.

Jika Anda merasakan manfaatnya, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat yang juga sedang kebingungan merencanakan bulan madunya.

Dengan demikian, Anda dan kerabat bisa sama-sama menikmati bulan madu tanpa perlu berutang. Anda bisa share artikel ini via WhatsApp dan media sosial lain.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menggunakan utang pinjaman untuk membuat kaya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • FAHMI (CATPERKU.COM). 18 Agustus 2015. Tips Merencanakan Bulan Madu Atau Honeymoon Ala Traveler. Catperku.com – https://goo.gl/9vkpFU
  • Tatakan Travel. PAKET BULAN MADU EROPA. Liburaneropa.com – https://goo.gl/vcdcxJ

 

Sumber Gambar:

  • Dana Perjalanan Bulan Madu – https://goo.gl/5X12GD
  • Dana Perjalanan Bulan Madu Paris – https://goo.gl/XnAzJR

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang