Apakah Anda hendak menggunakan kredit bank? Sudahkah Anda tahu jenis-jenis bunga yang ada bank? Kali ini Finansialku akan memberikan informasi mengenai jenis bunga kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bunga Kredit Mana Yang Paling Menguntungkan

Hal yang harus diperhatikan ketika Anda hendak menggunakan kredit bank adalah melihat plafon yang tersedia beserta angsuran yang mesti Anda bayarkan hingga akhirnya melunasi pinjaman tersebut. Banyak orang yang menggunakan kredit tidak mempedulikan masalah bunga. Sebagian besar orang menganggap bunga akan terlihat dari total pembayaran dikurangi dengan jumlah pinjaman sebenarnya.

Anda tidak sadar bahwa jenis dan cara menghitung bunga dapat mempengaruhi nilai total pinjaman. Setiap kredit sebenarnya memiliki tipe bunganya sendiri atau antara yang satu dengan yang lain tidaklah serupa. Jadi, ada baiknya Anda mengetahui jenis bunga yang ada pada bank terlebih dahulu agar Anda bisa mengetahui jenis bunga apa yang dibebankan kepada kredit Anda.

apakah-melunasi-utang-kartu-kredit-dengan-kta-bisa-jadi-solusi-1-finansialku

[Baca Juga: Apakah Melunasi Utang Kartu Kredit dengan KTA Bisa Jadi Solusi?]

 

Dengan mengetahui jenis-jenis bunga, Anda dapat mengetahui seberapa banyak angsuran atau cicilan yang seharusnya Anda bayarkan serta seberapa lama pinjaman tersebut dapat terlunasi. Dengan demikian, Anda dapat mengatur keuangan Anda secara lebih baik. Pada dasarnya, tipe bunga yang diberlakukan oleh bank-bank pemberi pinjaman ada tiga jenis. Ketiga jenis tersebut adalah bunga flat, bunga efektif, dan bunga anuitas. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga jenis bunga, yaitu:

 

#1 Bunga Flat

Anda pasti pernah mendapatkan brosur penawaran kredit kendaraan, jika Anda perhatikan terdapat tabel berisi besaran pinjaman, tenor kredit dan besaran angsuran. Coba Anda lihat pada kolom angsuran disana, tertera jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan tiap bulannya dan dengan jumlah yang selalu sama hingga berakhirnya masa kredit.

bahaya-uang-muka-kredit-motor-0-persen-bisa-jadi-masalah-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Bahaya, Uang Muka Kredit Motor 0 Persen Bisa Jadi Masalah Keuangan]

 

Dengan terlihatnya konsisten pembayaran, itu bisa menjadi indikasi kredit yang ditawarkan menerapkan suku bunga flat atau rata. Setiap suku bunga pastinya memiliki hitungan yang berbeda, pada suku bunga flat perhitungannya paling mudah dibandingkan kedua jenis bunga lainnya. Dalam kredit dengan bunga flat nilai plafon pinjaman beserta bunganya akan dihitung secara proporsional sesuai dengan jangka waktu atau tenor pinjaman. Sebagai contoh Finansialku akan memberikan sebuah studi kasus:

Pak Ronald mengajukan KTA sebesar Rp150 juta dengan jangka waktu kredit 12 bulan, dengan bunga flat 10%, maka berapa angsuran yang harus pak Ronald bayar setiap bulan?

Rumus perhitungan:

Bunga perbulan = (P x i x t)/jb

  • P = pokok pinjaman
  • i = suku bunga per tahun
  • t = jumlah tahun jangka waktu kredit
  • jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

Anda tidak perlu repot untuk menghitung secara manual, Finansilaku memberikan fasilitas kalkulator untuk menghitung angsuran kredit yang harus Anda bayarkan, seperti dibawah ini:

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 1

 

Anda hanya perlu memasukan data yang sudah ada pada kalkulator, kemudian tekan hitung, lalu munculah hasil seperti dibawah ini:

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 2

 

Jadi seperti yang Anda lihat, dari hasil perhitungan kalkulator dana pelunasan hutang angsuran yang harus pak Ronald bayar setiap bulannya adalah Rp13.750.000. Lihat nilai angsuran yang harus dibayarkan tidak berubah dan tetap.

 

#2 Bunga Efektif

Nama lain dari jenis bunga efektif adalah sliding rate. Biasanya penggunaan jenis bunga ini diterapkan pada kredit dengan waktu atau tenor yang panjang, misalnya ketika Anda mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Biasanya suku bunga efektif lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga flat. Oleh karena itu, suku bunga efektif lebih cocok untuk digunakan dalam kredit jangka panjang. Pada bunga flat, kreditur hanya menghitung pada awal pinjaman untuk menentukan angsuran, pada pinjaman dengan bunga efektif penghitungan akan dilakukan setiap bulan. Ini dikarenakan sisa pinjaman akan semakin berkurang tiap bulannya sehingga perlu untuk melakukan perhitungan ulang. Agar lebih memahami cara hitung bunga efektif, berikut contoh kasus yang menerapkan pemakaian jenis bunga yang satu ini.

5 Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Kebutuhan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Kebutuhan Rumah Anda]

 

Pak Ronald mengajukan KPR sebesar Rp150 juta dengan jangka waktu kredit 12 bulan, dengan bunga efektif 10%, maka berapa angsuran yang harus pak Ronald bayar setiap bulan?

Rumus perhitungan:

Bunga = SP x i x (30/360)

  • SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya
  • i = suku bunga per tahun
  • 30 = jumlah hari sebulan
  • 360 = jumlah hari dalam setahun

Sama seperti bunga flat, Anda hanya perlu memasukan data yang sudah ada ganti jenis pinjaman dengan bunga variabel.

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 3

 

Setelah memasukan data kemudian tekan hitung, lalu munculah hasil seperti dibawah ini:

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 4

 

Jadi seperti yang Anda lihat, dari hasil perhitungan kalkulator dana pelunasan hutang angsuran yang harus pak Ronald bayar setiap bulannya berbeda-beda bulan pertama lebih besar dibandingkan dengan bulan kedua. Lihat nilai angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya berubah dan semakin kecil jumlahnya.

 

#3 Bunga Anuitas

Jenis bunga satu ini modifikasi dari bunga efektif dengan maksud mempermudah kreditur membayar angsuran tiap bulan karena besarannya sama. Atau dengan kata lain, bunga anuitas ini membuat angsuran bulanan yang dibayarkan selalu tetap tapi komposisi bunga dan pokok angsuran berubah secara periodik. Angsuran pokok per bulannya akan membesar tapi di saat bersamaan besaran bunganya per bulan mengecil.

6 Penyebab Appraisal Rumah KPR Rendah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 6 Penyebab Appraisal Rumah KPR Rendah]

 

Perhitungan bunga ini membuat porsi bunga di masa awal pinjaman menjadi sangat besar tapi perlahan-lahan porsinya akan mengecil di masa akhir kredit. Satu hal yang perlu diketahui, rumus perhitungannya sama dengan bunga efektif.

Rumus perhitungan:

Bunga = SP x i x (30/360)

  • SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya
  • i = suku bunga per tahun
  • 30 = jumlah hari sebulan
  • 360 = jumlah hari dalam setahun

Sama seperti kedua bunga sebelumnya, Anda hanya perlu memasukkan data yang sudah ada ganti jenis pinjaman dengan bunga anuitas – efektif.

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 5

 

Setelah memasukan data kemudian tekan hitung, lalu munculah hasil seperti dibawah ini:

Bunga Kredit Mana yang Paling Menguntungkan 6

 

Jadi seperti yang Anda lihat, dari hasil perhitungan kalkulator dana pelunasan hutang angsuran yang harus pak Ronald bayar setiap bulannya berbeda-beda bulan pertama lebih besar dibandingkan dengan bulan kedua sama seperti bunga efektif. Lihat nilai angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya berubah dan semakin kecil jumlahnya.

 

Tentukan dan Ajukan Bunga yang Sesuai

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis bunga yang ada di bank, Anda dapat memprediksi dan mengajukan bunga yang tepat untuk Anda, pilihlah kredit yang paling menguntungkan agar kredit yang dipilih bisa berjalan lancar sesuai dengan kapasitas anda sebagai debitur.

 

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda, sehingga Anda dapat memilih bunga kredit yang tepat. Bagikan pengalaman Anda dalam mengajukan kredit dan jangan sungkan untuk bertanya karena perencanaan keuangan kami akan membalasnya, kirimkan komentar dan masukan Anda di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • 14 September 2015. Bunga Kredit: Jenis dan Cara Perhitungannya. https://goo.gl/kiW4C1
  • 12 Juni 2015. Pahami Jenis-jenis Bunga Kredit Bank dan Cara Perhitungannya, Karena Tiap Pinjaman Berbeda-Beda. https://goo.gl/dUkCzK

 

Sumber Gambar:

  • Customer Service Bank – https://goo.gl/N9pCGA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang