Cara Investasi dengan Gaji Rp3 Juta, Ikuti Panduannya

Apakah ada cara investasi dengan gaji Rp3 juta?

Memiliki keuangan yang stabil di masa depan memang merupakan impian dan harapan hampir setiap orang. Salah satu untuk bisa mendapatkan kestabilan finansial tersebut adalah dengan mulai menjalankan investasi mulai dari saat ini.

Silakan membaca untuk informasi selanjutnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Berapa pun Gaji Anda, Sebelum Berinvestasi Ingat Pesan Ini

Bicara tentang investasi yang pertama kali muncul di benak banyak orang adalah modal yang tidak sedikit. Karena itu, sebelum Anda mulai bermain di investasi, banyak orang mengira bahwa mereka perlu memiliki gaji yang cukup stabil terlebih dahulu.

Tapi sebenarnya, Anda bisa mulai menginvestasikan sebagian gaji Anda mulai dari saat ini. Bahkan, meskipun gaji Anda masih berkisar di angka tiga jutaan.

Namun, sebagaimana bisnis pada umumnya, sebelum menceburkan diri dalam dunia investasi, Anda perlu mengetahui lebih dulu seluk beluk mengenai dunia investasi.

Hal ini agar Anda tidak terjebak dalam investasi abal-abal (investasi bodong) dan juga agar Anda bisa meminimalisasi risiko kerugian saat menanamkan sebagian dana yang Anda miliki untuk investasi.

Cara Investasi dengan Gaji Rp3 Juta, Ikuti Panduannya 02 Salaman - Finansialku

[Baca Juga: Ini Buktinya! Mulai Belajar Investasi Sedini Mungkin Akan Menguntungkan (Studi Kasus)]

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi. Panduan ini akan membantu Anda dalam melakukan investasi.

Berikut ini panduannya, yaitu:

 

#1 Investasi Tidak Sama dengan Judi, Jangan Perlakukan Investasi Seperti Judi

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan dana yang Anda miliki dan juga jenis investasi yang paling cocok bagi Anda.

Namun, ada banyak orang yang hingga saat ini masih salah kaprah dan menganggap bahwa menjalankan investasi sama artinya dengan berjudi. Khususnya dalam investasi saham. Padahal dua hal tersebut sangat berbeda.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan perlakukan investasi seperti judi.

 

#2 Investasi itu Harus Terukur dalam Risikonya

Saat Anda menanamkan sejumlah modal sebagai dana investasi, Anda tentu saja memiliki sebuah tujuan yang ingin Anda capai. Karena itu, Anda perlu memahami lebih dulu bagaimana jenis investasi yang Anda inginkan dan seperti apa sistemnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mampu mengukur risiko yang mungkin Anda hadapi.

Selain itu, jika Anda masih pemula dalam dunia investasi, yang terpenting adalah bagaimana dana yang Anda tanam bisa tumbuh tanpa ada risiko besar kehilangan nilai pokoknya.

 

#3 Prioritaskan Investasi di Awal Bulan (Ketika Anda Mendapat Gaji), Bukan di Akhir Bulan

Jika gaji bulanan Anda masih berada di kisaran Rp3 jutaan, mengalokasikan gaji untuk investasi memang bukan hal yang mudah. Tapi Anda bisa mensiasatinya dengan menjadikan investasi sebagai prioritas.

Begitu Anda mendapatkan gaji bulanan, maka sebaiknya Anda segera memisahkan budget yang Anda alokasikan untuk investasi agar tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya.

Cara ini akan membuat investasi Anda bisa berjalan lebih lancar dibandingkan jika Anda menggunakan sisa gaji Anda untuk berinvestasi.

 

#4 Pelajari Investasinya, Ketika Sudah Yakin Baru Lakukan Percepatan (Tambah Modal)

Jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia investasi, maka jangan terburu-buru untuk mengambil investasi yang terlihat memiliki untung besar.

Akan lebih baik bagi Anda jika Anda mempelajari bagaimana pola investasi terlebih dulu meskipun keuntungan yang Anda dapatkan belum terlalu besar.

Setelah Anda memahami bagaimana sistem investasi tersebut berjalan, baru setelah itu Anda mulai melakukan percepatan dengan menambah modal investasi Anda sesuai budget yang Anda miliki.

Ini Buktinya! Mulai Belajar Investasi Sedini Mungkin Akan Menguntungkan (Studi Kasus) 01 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Investasi yang Benar dan Menguntungkan untuk Pemula]

 

#5 Miliki Tujuan yang Jelas (Misal Beli Rumah, Menikah, dll) dan Susun Rencana Keuangan

Selanjutnya, saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi, Anda perlu mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tujuan Anda dalam investasi tersebut.

Tujuan ini bisa berbeda-beda tergantung hal apa yang Anda inginkan. Misalkan saja, Anda berinvestasi untuk bisa membeli rumah, menikah, atau untuk biaya pendidikan anak.

Dengan mengetahui tujuan investasi, Anda bisa lebih kuat untuk menahan godaan untuk menggunakan keuntungan atau dana investasi Anda untuk sesuatu yang tidak terlalu penting.

 

Produk Investasi yang Modal Awalnya di Bawah Rp1 juta

Pertanyaan selanjutnya yang biasa disampaikan ketika memutuskan untuk berinvestasi adalah apa produk investasi yang bisa Anda dapatkan dengan modal awal di bawah Rp1 juta.

Sebenarnya, saat ini ada banyak sekali produk investasi yang bisa Anda dapatkan dengan modal awal di bawah Rp1 juta.

5_Cara_Berinvestasi_yang_Benar_dan-00

[Baca Juga: Apakah Ada Investasi untuk Dana Darurat yang Paling Cocok?]

 

Berikut ini adalah beberapa produk investasi yang bisa Anda pilih sebagai permulaan Anda di dunia investasi, yaitu:

 

#1 Reksa Dana

Bagi Anda yang baru memulai investasi, reksa dana bisa menjadi pilihan investasi yang tepat.

Dengan modal awal minimal yang hanya sebesar Rp100 ribu, investasi reksa dana menjadi produk investasi yang tepat sebagai permulaan Anda dalam menyelami dunia investasi.

Untuk bisa menjalankan investasi reksa dana ini terhitung cukup mudah, Anda hanya perlu membuka akun reksa dana dan membeli produk reksa dana yang Anda inginkan.

Selanjutnya, manajer investasi akan membantu mengelola uang Anda sehingga Anda bisa berinvestasi tanpa perlu pusing-pusing lagi.

Investasi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot dengan berbagai hal-hal kecil.

Untuk menjelaskan investasi reksa dana secara lengkap pada rubrik ini, cenderung agak sulit. Finansialku memiliki ebook investasi reksa dana untuk pemula.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silakan download ebook ini!

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Saham

Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dengan cara menabung saham. Berinvestasi dengan cara nabung saham ini sangat memudahkan Anda yang tidak memiliki banyak dana dan tetap ingin menjalankan investasi.

Dengan cara nabung saham, Anda bisa membeli saham secara berkala. Tentu saja cara ini membuat biaya investasi yang harus Ada keluarkan setiap bulannya menjadi terasa lebih ringan.

Memulai investasi dengan cara nabung saham bisa Anda lakukan dengan terlebih dahulu membuka akun saham.

Kemudian, Anda tinggal mentransfer sejumlah dana ke rekening saham tersebut. Anda tinggal membeli saham sesuai dengan analisis Anda.

Investasi saham ini bisa Anda mulai dengan modal awal minimal mulai dari Rp500 ribu.

Selain ebook reksa dana, Finansialku juga telah menerbitkan ebook investasi saham untuk pemula. Jika Anda ingin mengetahui pengetahuan yang lebih mendalam, maka Anda bisa langsung men-download ebook ini secara gratis.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 P2P Lending

Anda juga bisa memulai investasi dengan berinvestasi di P2P Lending atau peer to peer lending. Pastikan juga bahwa Anda telah menginvestasikan uang Anda di perusahaan yang sudah diawasi oleh OJK.

Berinvestasi di P2P Lending ini cukup mudah. Anda tinggal membuka akun secara online dan gratis. Selanjutnya, Anda tinggal mengirimkan sejumlah dana untuk mendanai perusahaan yang Anda inginkan.

Untuk bisa berinvestasi di P2P Lending ini, Anda bisa memulainya dengan dana minimal mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta.

 

Investasi Mudah Dilakukan

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih sebagai investor pemula. Produk-produk investasi tersebut bisa mulai Anda beli, meskipun Anda masih fresh graduate atau bahkan masih berstatus mahasiswa.

 

Apakah Anda sudah berinvestasi di salah satu produk investasi tersebut?

Produk investasi mana yang Anda pilih, dan bagaimana pengalaman Anda saat berinvestasi di produk tersebut?

 

Anda bisa membagikan pengalaman Anda di kolom komentar agar lebih banyak orang yang mengetahui bagaimana pengalaman Anda dalam berinvestasi.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda agar mereka bisa memulai investasi sejak saat ini.

 

Sumber Gambar:

  • Cara Investasi – https://goo.gl/dohF99
  • Investor Mengetahui Cara Investasi Dengan Gaji Rp3 Juta – https://goo.gl/Qjx4pC

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Summary
Cara Investasi dengan Gaji Rp3 Juta, Ikuti Panduannya
Article Name
Cara Investasi dengan Gaji Rp3 Juta, Ikuti Panduannya
Description
Apakah ada cara investasi dengan gaji Rp3 juta? Memiliki keuangan yang stabil di masa depan memang merupakan impian setiap orang.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment