Bagaimana Cara Memberikan Kritik yang Membangun kepada Orang Lain?

Setiap orang membutuhkan kritik. Tapi bagaimana cara memberikan kritik yang membangun kepada orang lain?

Mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca dan berikan kritik yang membangun!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Memberikan Kritik

Mengkritik adalah hal yang sangat mudah dilakukan, tapi memberikan kritik yang membangun bisa sangat rumit, terutama bila Anda tidak ingin benar-benar membedakan orang yang Anda ajak bicara.

Anda mungkin tidak memiliki kendali penuh atas bagaimana orang lain bisa memahami kata-kata Anda, namun Anda dapat melakukan banyak hal untuk berkomunikasi secara konstruktif.

 

Kritik yang Membangun

Inilah cara memberikan kritik yang membangun tanpa menyinggung dan mendapatkan umpan balik yang positif.

 

#1 Jangan Membuat Kritik Menjadi Masalah Pribadi

Terkadang ini bisa saja muncul begitu saja. Itulah kenapa kita harus berhati-hati ketika ingin memberikan kritik, terutama kritik yang membangun.

Jangan membuat sebuah kritikan menjadi suatu masalah yang bersifat pribadi dan bahkan subjektif.

Sebagai contoh, Anda sedang mengajari seorang anak yang belajar untuk menulis karangan dan hasil tulisannya itu ada yang tidak sesuai.

Dalam memberikan kritik, tidak perlu memberikan kata-kata seperti, “kamu bodoh, kamu tidak bisa membuat karangan yang bagus.”

Bagaimana Cara Memberikan Kritik yang Membangun kepada Orang Lain 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menangani Kritik dengan Positif yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin]

 

Jika ingin memberikan kritik yang membangun, Anda bisa mengatakan langsung mengenai pokok permasalahannya seperti bagian yang keliru dan harus diperbaiki dengan kata-kata atau kalimat yang lebih sesuai.

Dengan demikian, kritikan yang diungkapkan akan lebih bisa diterima oleh sang anak dan ia pasti akan memperbaiki kesalahannya tanpa harus merasa tertekan oleh kalimat menyinggung dan bersifat pribadi yang Anda lontarkan.

Satu hal yang perlu diingat dari poin ini adalah, jangan bersifat subjektif dan personal ketika memberikan kritik.

Berikan penilaian Anda secara objektif terhadap kekeliruan atau kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

 

#2 Alasan di Balik Kritikan Anda

Ingat, inti kritik Anda adalah membantu seseorang memperbaiki diri atau memperbaiki masalah yang mempengaruhi Anda, dia, dan juga orang lain.

Ketika memberikan kritik, Anda tidak sedang melampiaskan kemarahan, Anda tidak mengatasi stres Anda, dan Anda tidak meningkatkan ego Anda sendiri.

Jika memang Anda sedang melakukannya, berhentilah sekarang dan evaluasi ulang apakah Anda benar-benar memiliki kritik yang benar untuk diberikan, atau Anda hanya perlu berbicara dengan seseorang alias curhat.

Cara Menangani Kritik dengan Positif yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda]

 

Jika Anda benar-benar ingin membantu seseorang melalui kritik membangun yang Anda berikan, pastikan kritikan tersebut memuat pesan positif untuk membangun.

Memberikan kritik adalah hal yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena harus mencapai target yang dituju dengan tepat, yaitu inti permasalahannya, tanpa menyinggung.  

 

#3 Gunakan Metode Sandwich

Ketika memberikan kritik, tentu Anda tidak ingin orang yang Anda kritik merasa tersinggung dan hubungan Anda dengannya menjadi renggang.

Jika hal ini tetap dibiarkan, tentu hubungan yang renggang akan menghasilkan kualitas hubungan yang tidak baik. Bayangkan jika ini terjadi dalam sebuah kerja sama teamwork.

Sudah pasti target yang ingin dicapai bersama tidak akan pernah bisa terwujud karena kerja sama yang dijalin tidak baik.

Ini salah satu teknik yang bisa dipakai saat ingin memberikan kritik yang membangun. Gunakan metode sandwich.

Bagaimana Cara Memberikan Kritik yang Membangun kepada Orang Lain 03 - Finansialku

[Baca Juga: Resep Dari John Maxwell: Rutinitas Pemimpin Sukses]

 

Jika Anda lihat gambar di atas, analogikan 2 roti sandwich di bagian atas dan bawah adalah pujian Anda kepada orang tersebut sebelum dan sesudah memberikan kritik (isi daging).

Buat orang tersebut merasakan keseluruhan dari sandwich tersebut secara menyeluruh.

Orang tidak akan pernah tahan jika ia hanya menerima kritikan, kritikan dan kritikan.

Sebuah pujian kecil pun tetap harus diberikan dan mereka layak menerimanya.

Hargai setiap potensi, kemampuan dan hasil pekerjaan yang orang lain lakukan, disamping kritik membangun yang diberikan agar orang tersebut tetap bersemangat dalam memperbaiki kesalahannya.

Namun demikian, jujurah untuk setiap pujian yang Anda berikan dan bukan sekadar dibuat-buat. Kejujuran Anda juga mendapat perhatian tersendiri oleh orang yang Anda kritik.

 

#4 Berikan Masukan, Bukan Instruksi

Berikan masukan, bukan instruksi, kecuali Anda tahu cara memberikan instruksi yang benar.

Misalnya, ada satu hal yang perlu Anda beritahukan pada anggota keluarga bahwa Anda khawatir dengan kebiasaan makan mereka, atau rekan kerja Anda yang seringkali terlambat ketika akan meeting untuk kemajuan proyek yang sedang dikerjakan bersama.

Sebelum memberikan kritik, mungkin Anda harus menempatkan diri terlebih dahulu di posisi mereka. Cari tahu informasi mengenai latar belakang yang membuat mereka melakukan hal itu.

Misalnya, salah satu anggota keluarga Anda yang ingin diet begitu ketatnya sehingga membuatnya sakit dan ternyata hal ini dilatarbelakangi oleh karena ia menjadi bahan tertawaan karena ia disebut gendut di komunitasnya.

Cara Menangani Kritik dengan Positif yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD, Selain Bonus Berikut Ini Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan yang Efektif]

 

Atau rekan kerja Anda yang sering datang terlambat untuk meeting dikarenakan ia adalah single parent dan agak sedikit kerepotan dalam mengasuh 2 orang anaknya yang masih kecil.

Jika Anda tidak tahu apa yang melatarbelakangi mereka melakukan suatu hal, mungkin Anda hanya akan memberikan berbagai kritikan yang bertujuan untuk memuaskan diri Anda sendiri, sesuai dengan yang Anda lihat.

Setelah Anda mengetahui latar belakang permasalahnnya, maka Anda bisa menawarkan bantuan yang mungkin bisa meringankan masalah yang terjadi pada orang lain.

Berikan solusi namun bukan instruksi yang malah membuat mereka tidak menghiraukan saran Anda, kecuali Anda tahu bagaimana memberikan instruksi dengan benar.

 

#5 Spesifik dengan Hasil yang Anda Inginkan

Misalnya, Anda sedang berada di apartemen teman dan melihat kondisi kamar yang berantakan.

Anda bisa memberikan kritik dan saran secara bersamaan seperti, “Sepertinya kamarmu bisa lebih indah jika kamu menaruh baju-baju kotormu di satu tempat tersendiri.”

Atau ketika teman Anda yang tidak suka menata rambutnya, Anda bisa mengatakan, “Kamu akan terlihat lebih tampan jika rambutmu sedikit diatur dan disisir.”

Orang yang Anda kritik tentu akan mengejar pujian yang Anda berikan walaupun sebetulnya pada kalimat tersebut tersimpan kritikan agar orang tersebut memperbaiki diri mereka terlebih dahulu.

Berikan kritikan membangun dengan solusi yang spesifik.

Mengenal Smart Leadership (Kepemimpinan Cerdas) Yang Dapat Anda Tiru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Kesalahan Kepemimpinan yang Dilakukan Juga Oleh Para Pimpinan]

 

Memberikan kritik kepada pasangan mungkin bisa jadi cukup menantang.         

Bagaimana Anda memberikan kritik terhadap pasangan Anda, misalnya mengenai cara pasangan Anda menghabiskan uang sehingga selalu gagal untuk menabung atau tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai?

Jika pasangan Anda memiliki kebiasaan agak boros dan lupa untuk menabung, ada solusi terbaik yang bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan tanpa harus menyinggung perasaannya.

 

Gunakan Aplikasi Finansialku dengan fitur pencatatan keuangan dan anggaran bulanan.

Dengan aplikasi ini, Anda dan pasangan bisa saling mengingatkan dan sekaligus melalui perangkat ini, Anda akan semakin teratur dan teratur dalam menggunakan uang Anda.

Selain itu, Aplikasi Finansialku juga memiliki fitur persiapan dana membeli barang. Dengan fitur ini, mempersiapkan dana menjadi lebih mudah, akurat dan terperinci.

Segera download Aplikasi Finansialku dan rasakan manfaatnya. Anda bisa menggunakan fasilitas free trial-nya terlebih dahulu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Berikan kritik dan solusi perencanaan keuangan yang membangun dengan Aplikasi Finansialku yang bisa membuat perjalanan kehidupan finansial keluarga Anda menjadi lebih menyenangkan.

 

Hati-hati dalam Memberikan Kritik

Kritik adalah bagian dalam komunikasi dimana proses ini setidaknya ada 2 orang yang terlibat di dalamnya.

Ketika memberikan kritik, Anda tidak sedang berbicara sendiri, Anda sedang berbicara dengan orang lain.

Memberikan kritik harus dengan hati-hati agar tidak menyinggung perasaan lawan bicara kita karena kita tidak sedang mempertahankan pendapat kita yang belum tentu sepenuhnya benar.

Kritik bisa menjadi suatu hal yang baik namun bisa juga menjadi sebuah bom yang menghancurkan, tergantung cara kita menggunakannya.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Issues I Face. 12 Ways to Criticize Effectively. Issuesiface.com – https://goo.gl/q3pfkr
  • Alan Henry. 6 Mei 2012. How to Give Criticism without Sounding Like a Jerk. Lifehacker.com – https://goo.gl/eJTuJ2

 

Sumber Gambar:

  • Memberikan Kritik – https://goo.gl/fdjUkh
  • Memberikan Kritik pada Diri Sendiri – https://goo.gl/8ESSwZ
  • Burger – https://goo.gl/kSXXGK

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By |2017-12-29T15:09:57+00:00December 15th, 2017|Categories: Kepemimpinan|Tags: , , , |2 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

2 Comments

  1. Astikanova 16 December 2017 at 17:47 - Reply

    Artikel yg bisa diaplikasikan di kantor. Terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 5 January 2018 at 10:45 - Reply

      Hi Bu
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment