Keadaan lalu lintas yang macet saat ini membuat kita lebih memilih untuk bepergian menggunakan motor. Apakah Anda sudah tahu cara membuat SIM C?

Bepergian dengan menggunakan motor akan jauh lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan jika Anda harus berjalan kaki atau menaiki angkutan umum. Yuk kenali dulu segala prosedur pembuatan SIM C!

 

Rubrik Finansialku


Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Motor yang Menjadi Pilihan Demi Efektivitas Waktu

Pada zaman sekarang ini orang-orang lebih mengutamakan waktu sehingga dibutuhkan pergerakan yang cepat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bepergian dengan menggunakan motor tentu dapat menjadi pilihan Anda jika dibandingkan harus berjalan kaki atau menaiki angkutan umum yang akan lebih memakan waktu dan merepotkan.

Ketika menggunakan angkutan umum, Anda akan diberhentikan di pemberhentian tertentu yang mungkin jauh dari tempat tujuan Anda.

Apalagi ditambah dengan suasana angkutan umum yang terkadang harus berdesak-desakan antara penumpang satu dengan penumpang lainnya.

Kenyamanan tentu menjadi faktor utama dalam pemenuhan kebutuhan transportasi Anda sebagai pekerja atau mahasiswa.

Terkadang perjalanan yang jauh dari rumah Anda ke tempat Anda bekerja, tidak memungkinkan Anda untuk berjalan kaki.

 

Meskipun berjalan kaki akan membuat kita lebih sehat, tetapi terkadang kita tetap saja memerlukan transportasi yang dapat memudahkan kita.

Hal inilah yang menyebabkan naik motor pribadi akan lebih efektif dan tentunya akan lebih memudahkan Anda.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pengemudi Motor dan Perizinannya

Selain berbagai faktor di atas, Anda juga pasti sudah tahu jika Anda memilih mobil sebagai transportasi Anda, maka Anda akan mendapat risiko terkena macet di jalan.

Sedangkan jika menggunakan motor, Anda bisa bergerak lebih cepat karena Anda dapat mencari jalan tikus yang dapat membantu Anda lebih cepat sampai tujuan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nah, untuk menjadi pengendara sepeda motor, tentu saja Anda harus memiliki surat izin yang tentu saja merupakan sebuah aturan wajib sebagai Warga Negara Indonesia.

SIM sendiri diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia, dan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 7 Ayat 1 yang mengatakan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki surat izin mengemudi sesuai jenis kendaraannya.

 

Pentingnya Surat Izin Mengemudi

Terdapat berbagai macam SIM yang ditentukan sesuai jenis kendaraannya.

Seperti SIM A untuk mobil penumpang dan perseorangan, SIM B1 dan SIM B2 untuk mobil dengan beragam aturan berat tertentu, dan SIM C untuk pengendara motor.

SIM dapat dimiliki oleh seseorang yang berusia minimal 17 tahun. Berikut prosedur pembuatan SIM yang perlu Anda ketahui.

 

#1 Siapkan Berkas yang Diperlukan

Untuk membuat SIM, Anda sebaiknya menyiapkan segala berkas yang diperlukan sebelum datang ke kantor polisi setempat.

Berkas yang diperlukan adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk Anda dan surat sehat dari dokter. Anda juga harus memastikan bahwa KTP Anda masih berlaku.

Untuk penyandang disabilitas, pemohon biasanya akan disiapkan prosedur khusus dengan SIM khusus pula.

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya pembuatan SIM C sebesar Rp100.000 dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 02 SIM Motor 2 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

#2 Mengisi Formulir Permohonan

Setelah semua berkas yang diperlukan telah Anda siapkan, Anda dapat pergi ke kantor kepolisian resort untuk mengambil surat permohonan pengurusan SIM C.

Jangan sampai Anda jadi bolak-balik pergi ke beberapa tempat dimana hal ini akan melelahkan dan menghabiskan banyak waktu.

Saat Anda di kantor kepolisian, mintalah formulir pendaftaran permohonan SIM C dan mulailah untuk mengisi data sesuai dengan kartu identitas Anda yang berlaku. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar.

Anda juga harus bersiap-siap karena biasanya Anda akan dihadapkan dengan antrean yang cukup panjang.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 03 SIM Motor 3 - Finansialku

[Baca Juga: PPh Pasal 28 (Pajak Penghasilan Pasal 28) Tarif, Cara Hitung dan Pelaporannya]

 

#3 Mengikuti Ujian Teori

Dalam proses pembuatan SIM C, Anda akan diarahkan untuk mengikuti 2 ujian, yakni ujian teori dan ujian praktik.

Ujian yang pertama kali ialah ujian teori yang akan menguji kemampuan Anda dalam berbagai hal mengenai aturan rambu-rambu lalu lintas.

Dalam ujian teori ini, biasanya Anda akan menggunakan komputer secara bergantian dengan pemohon yang lain, jadi Anda harus sabar menunggu giliran.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 04 SIM Motor 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perusahaan Asuransi Menyediakan Jaminan Kecelakaan Kerja?]

 

#4 Ujian Praktik

Jika Anda lulus di ujian pertama yakni ujian teori, maka Anda akan kembali menjalani ujian kedua yaitu ujian praktik.

Namun, jika nilai Anda masih berada di bawah ketetapan nilai minimal dalam ujian teori, maka bisa jadi Anda harus mengulang proses pendaftaran mulai dari awal.

Tapi jangan khawatir karena Anda tentu saja bisa lulus jika Anda mengerti mengenai aturan rambu lalu lintas yang tentunya sudah sering Anda lihat di sepanjang jalan.

 

Dalam ujian praktik ini Anda diminta untuk mempraktikkan cara serta kemampuan dalam berkendara sesuai dengan aturan yang berlaku. Ujian ini menjadi syarat terakhir dalam pengajuan permohonan SIM.

Apabila Anda dinyatakan gagal dalam ujian praktik, maka Anda dapat datang kembali seminggu setelahnya dan kembali mengambil ujian praktik tanpa mengikuti ujian teori lagi.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 05 SIM Motor 5 - Finansialku

[Baca Juga: Intip Sekarang Barang-barang Mewah Sebagai Aset First Travel]

 

#5 Proses Terakhir

Jika dalam tahap ujian kedua Anda dinyatakan lulus, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan pengambilan foto yang akan ditampilkan dalam SIM Anda.

Maka dari itu, jangan lupa untuk datang dengan pakaian rapi. Selain itu, Anda juga akan melakukan proses pengambilan sidik jari di kantor kepolisian. Barulah Anda berhak menerima SIM jika semua prosedur sudah terlewatkan.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 06 SIM Motor 6 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

 

SIM Tanpa Calo

Jika Anda tidak bisa datang dan antre di kantor kepolisian untuk membuat pengajuan permohonan membuat SIM, Anda bisa melakukannya secara online. Anda tidak perlu repot-repot antre dan caranya terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu mengakses situs resmi pembuatan SIM C Online, lalu mengisi formulir yang tersedia dengan data yang benar, kemudian Anda dapat melakukan pembayaran. Setelahnya, SIM Anda akan dicetak pada hari itu pula.

 

Jadi, dengan beragam kemudahan yang ditawarkan sebaiknya Anda mengurus SIM sendiri tanpa menggunakan jasa calo.

Karena Anda akan dikenakan biaya jauh lebih besar dan tentu saja hal itu ilegal. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ahmad Adi Sudrajat. 28 Agustus 2017. 12 Alur Bikin SIM C Tanpa Calo, Gak Susah Kok! Idntimes.co – https://goo.gl/XLdf3B
  • Admin. 18 Mei 2018. Ketahui Syarat Membuat SIM C Tahun 2018. Blog.olx.co.id – https://goo.gl/jQZ5Wd

 

Sumber Gambar:

  • SIM Motor – https://goo.gl/LMsdo5