Bagaimana cara mempromosikan diri yang tepat saat interview kerja? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para fresh graduates!

Dalam proses interview sering kali pelamar diminta untuk mempromosikan diri. Pada kenyataannya, interview memang ajang bagi pelamar mempromosikan dirinya dan membuat interviewer tertarik.

Yuk simak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Personal Branding

Personal branding adalah citra diri, yaitu bagaimana seseorang memperkenalkan dirinya terhadap publik. Personal branding dapat berupa cara seseorang dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi/keterampilan, perilaku dan memahami nilai unggul yang ingin dilakukan dan dicapai dalam dirinya.

Dengan memiliki personal branding seseorang membangun citra dan identitas diri untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki persepsi dan emosi yang positif terhadap karakter, kepribadian, kemampuan, kompetensi dan nilai yang ditampilkan.

Dalam membangun personal branding atau citra diri Anda harus memiliki strategi yang baik.

Anda harus mengenali kekuatan, kelebihan dan kelemahan diri sendiri, menjadi unik dan berbeda, membangun persepsi yang positif terhadap diri sendiri, dan menjadi diri sendiri.

Proses memiliki personal branding diawali dengan mengenali diri sendiri, dan bagaimana Anda ingin dikenal.

Mengenali diri sendiri dengan mengidentifikasi kekuatan dan keunikan yang dimiliki. Menentukan citra diri serta kemampuan yang ingin Anda miliki.

Kemudian membangun reputasi dengan mengoptimalkan kekuatan dan keunikan yang dimiliki, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, serta memperluas networking Anda.

Bagaimana Sih Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Cepat dan Mudah Mendapatkan Motivasi Melalui Pikiran]

 

Personal branding atau citra diri yang Anda miliki akan sangat berguna dalam hal Anda mempromosikan diri Anda. Pada saat Anda mempromosikan diri, personal branding inilah yang akan Anda tunjukkan pada publik.

 

Cara Mempromosikan Diri Dalam Interview Kerja

Promosi diri merupakan salah satu seni. Salah satu seni dalam mempromosikan diri adalah personal branding. Membangun citra diri adalah hal yang harus dilakukan setiap saat. Perubahan diri harus terus dilakukan untuk menjadi lebih baik.

Dalam budaya ketimuran seperti di Indonesia, terkadang promosi diri dianggap buruk, tidak disukai dan banyak orang malu untuk membicarakannya.

Promosi diri adalah hal yang cukup penting baik untuk pertumbuhan karier, mendapatkan pekerjaan, promosi atau kenaikan gaji.

Berikut cara mempromosikan diri saat interview kerja:

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Mengenakan Pakaian yang Rapi dan Sopan

Pakaian merupakan salah satu hal yang penting. Kesan pertama yang dapat terlihat adalah cara berpakaian Anda. Pakaian yang Anda kenakan juga akan mendukung serta meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Sangat penting untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

Contoh berpakaian rapi dan sopan antara lain:

  • Bagi pria: mengenakan kemeja lengan panjang warna cerah dan celana kain hitam panjang.
  • Bagi wanita: blazer (hitam) dilapisi pakaian lengan panjang berwarna cerah dan celana/rok kain berwarna hitam.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Tampil Ramah, Bersemangat, Hangat dan Menyenangkan

Tunjukkan Anda memiliki kepribadian yang baik. Bersikap ramah dan sopan saat bertemu dengan pewawancara, memperkenalkan diri Anda dengan hangat, bersikap percaya diri, serta bersemangat dalam menghadapi interview dan menjawab setiap pertanyaan pewawancara.

Tunjukkan bahwa Anda memiliki bahasa tubuh dan gaya bicara yang baik. Jangan melipat tangan ke dada, hal ini akan membuat Anda terkesan kaku dan defensif.

Anda akan memberikan kesan pertama yang positif dan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang layak untuk diterima bekerja di perusahaan.

Rileks sangat diperlukan dalam hal ini, biarkan tangan Anda berekspresi secukupnya saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan.

10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kata-kata Sakti Ini Selama Anda Melakukan Interview Kerja]

 

Gaya bicara yang baik juga merupakan cermin dari kepribadian yang baik. Gaya bahasa dan kemampuan bahasa akan mempengaruhi kesuksesan interview.

Pilihan kata dan rangkaian kalimat yang digunakan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Latihan diperlukan dalam hal ini.

 

#3 Ceritakan Riwayat Pekerjaan Anda

Ceritakan riwayat pekerjaan dan pengalaman Anda. Perlu diingat apa yang Anda ceritakan harus sesuai dengan apa yang tertulis pada CV atau resume.

Ceritakan pencapaian yang Anda dapat, ceritakan dengan detail mulai dari permasalahan yang didapat, solusi yang Anda berikan dan hasil dari solusi tersebut.

Bercerita tentang pencapaian Anda bukan berarti sombong lho.

 

#4 Tunjukan Bahwa Anda adalah Solusi

Saat Anda melamar suatu pekerjaan, tentunya posisi tersebut dibutuhkan untuk membantu tujuan perusahaan. Terkadang, permasalahan yang dihadapi perusahaan tersirat dalam Job Description.

Tunjukan bahwa Anda memiliki kemampuan, mengerti permasalahan yang sedang dipecahkan oleh perusahaan, dan dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

Ingin Melamar Kerja Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini 2 - Finansialku

[Baca Juga: Fresh Graduates, Ini Dia Trik Supaya Cepat Diterima Kerja di Perusahaan Impian]

 

#5 Memiliki Visi

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan pewawancara saat interview adalah rencana 2-3 tahun ke depan.

Promosikan rencana-rencana pribadi Anda ke depan.

Tawarkan tujuan Anda dan keterlibatan Anda dengan perusahaan.

 

#6 Percaya Diri dan Jadi Diri Sendiri

Apa yang Anda ceritakan akan menjadi tidak meyakinkan jika Anda gugup dan tidak dapat bercerita dengan baik. Hal yang tidak kalah penting adalah jadilah diri sendiri, hal ini akan menjadi nilai tambah di mata pewawancara.

Percaya diri bukan berarti menjadi sombong.

Kenali diri Anda dan banggalah akan diri Anda, tetapi tetap terbukalah untuk setiap kesempatan belajar hal yang baru.

Kerendahan hati dan percaya diri harus seimbang agar Anda dapat mempromosikan diri Anda dengan baik tanpa terkesan menyombongkan diri.  

Wasapada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!]

 

Are You Ready to Promote Yourself?

Tidak perlu ragu untuk mempromosikan diri Anda dan menunjukkan kemampuan, serta karakter yang Anda miliki. Percayalah pada diri sendiri dan jadilah diri sendiri, Anda unik dengan setiap kelebihan dan kelemahan Anda.

Personal branding akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan diri Anda. Bentuklah personal branding Anda secara terus menerus, dengan pembelajaran dan perubahan yang terus menerus.

Personal branding yang kuat akan sangat mendukung dan membantu Anda dalam banyak hal termasuk dalam hal interview.

Saat interview Anda tidak perlu sulit atau bingung, Anda tinggal mempromosikan personal branding yang Anda miliki. Mulai dari karakter, kemampuan, pengalaman, keinginan dan rencana Anda, serta diri Anda sendiri.

Mempromosikan diri Anda saat interview, bukan berarti Anda memiliki citra diri atau personal branding yang baik saat itu saja. Anda harus tetap mempromosikan diri Anda bahkan saat Anda sudah diterima bekerja. Tetaplah jaga citra diri Anda dan teruslah bertumbuh membangun citra diri yang lebih baik.

 

Apakah Artikel diatas bermanfaat bagi Anda? Anda dapat membagikan kepada rekan atau kolega Anda dengan mengklik bagikan pada kolom di bawah.

Apakah Anda memiliki cerita saat mempromosikan diri Anda? Ceritakan pengalaman dan tips Anda dalam mempromosikan diri pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Februari 2017. Cara Mempromosikan Diri Saat Interview. Urbanhire.com – https://goo.gl/sALsPw
  • Tohir. 11 Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Kerja Apapun Bidangnya. Jadikaryawan.com – https://goo.gl/pP5vrt
  • Mohamad Riyadoh. 9 April 2017. Apa sih Personal Branding (Citra Diri). Kompasiana.com – https://goo.gl/oFo66K
  • Admin. 15 Februari 2018. Seni Promosi Diri Tanpa Perlu Terlihat Menonjol Di Mata Orang Lain. Jobstreer.com – https://goo.gl/kYvR4U
  • Admin. Personal Branding, Seni Mempromosikan Diri. Id.Jobsdb.com – https://goo.gl/mdhMFy
  • Vera Wahyuni dan Made Sudaryani. Personal Branding. Carrer-grooming.com – https://goo.gl/vE4b54

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mempromosikan Diri – https://goo.gl/TAJMDQ
  • Cara Mempromosikan Diri Personal Branding – https://goo.gl/cFAwpu