Dapat diterima kerja di perusahaan impian tentu menjadi keinginan banyak orang.

Finansialku akan berbagi trik untuk kamu agar dapat diterima kerja di perusahaan yang kamu impikan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menemukan Perusahaan Impian

Apakah kamu sudah mempunyai perusahaan impian untuk bekerja nanti?

Jika sudah, pastikan perusahaan tersebut berada dalam radar kamu. Akan menjadi nilai plus apabila kamu sudah magang atau bahkan bekerja diperusahaan tersebut sebelum kamu lulus dan melamar pekerjaan.

Jika belum mempunyai daftar perusahaan impian, akan sangat berguna jika kamu membuat daftarnya. Semakin fokus dalam mencari pekerjaan, akan semakin mudah untuk kamu mendapatkannya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika kamu belum mempunyai gambaran pekerjaan seperti apa yang akan kamu geluti nanti, gunakan waktu untuk memikirkannya. Tentukan gambaran pekerjaan ideal yang ingin kamu geluti di perusahaan impian kamu.

Setelah kamu mempunyai pekerjaan impian, kamu bisa mulai membuat daftar pekerjaan dengan cara mencari tahu melalui research yang dilakukan terhadap perusahaan impianmu dan disesuaikan dengan ketertarikan, kemampuan, dan posisi yang akan kamu minati.

Setelah kamu membuat daftar perusahaan yang sesuai dengan lingkungan kerja, kemampuan, keuntungan, dan tunjangan, serta posisi yang kamu cari, sekarang saatnya untuk mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon karyawan mereka.

 

Trik Diterima di Perusahaan Impian

Fresh Graduates, berikut adalah trik untuk dapat diterima bekerja diperusahaan impian kamu:

 

#1 Pelajari Perusahaan

Mencari tahu tentang perusahaan impian merupakan jalan untuk belajar mengenai organisasi perusahaan, sehingga saat menghadapi wawancara, kamu tidak harus mendadak melakukan pencarian latar belakang perusahaan.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang ideal untuk kamu. Sehingga kamu bisa dengan leluasa serta tulus menceritakan minat dan antusias kamu.

Memiiki pengetahuan luas mengenai perusahaan impian kamu akan membantu memberikan kesan yang baik kepada interviewer saat diberi pertanyaan mengenai perspektif dan pendapat kamu tentang masa lalu perusahaan, misalnya proyek produk baru yang tertunda.

Diterima-Kerja-di-Perusahaan-Impian,-Kerja-di-Perusahaan-Impian-01-Finansialku

[Baca Juga: Mau Melamar Kerja? Hati-Hati dengan Budaya Kerja yang Buruk! Begini Cara Mengenalinya]

 

Tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kamu jika mengetahui lowongan sebelum dimulainya kompetisi. Dengan terus meng-update daftar pekerjaan perusahaan, kamu dapat memantau karyawan seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan tersebut dan tipe pekerjaan apa yang dapat kamu lamar.

Manfaat lain yang kamu dapatkan saat mengetahui adanya proses perekrutan perusahaan adalah kamu akan lebih mampu membuat keputusan yang bijaksana, seperti kapan Anda harus mendaftar atau tingkat posisi apa yang harus Anda lamar.

 

#2 Mengikuti Update Informasi Perusahaan Impian

Mengikuti update informasi terkait perusahaan akan sangat membantu kamu. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat melacak perusahaan impian kamu:

 

  • Follow Perusahaan Impian Kamu di Media Sosial.

Gunakan media sosial sebagai salah satu media untuk mencari pekerjaan. Tetap update mengenai perusahaan impian dan lowongan yang sedang dibuka.

 

  • Terhubung dengan Perusahaan di LinkedIn

Melalui LinkedIn, kamu dapat melihat siapa saja yang terhubung dengan perusahaan dan dengan siapa kamu dapat terhubung di perusahaan tersebut. Jangan lupa periksa halaman LinkedIn perusahaan untuk mengetahui lowongan pekerjaan terbaru.

 

  • Cari Akun yang Terkait dengan Perekrutan Tertentu

Beberapa perusahaan besar memiliki akun individual untuk tujuan perekrutan. Twitter dapat menjadi salah satu media yang dapat menghubungkan kamu dengan HRD perusahaan.

 

  • Jaga Tindakan di Media Sosial

Jika kamu ingin berinteraksi dengan perusahaan impianmu melalui media sosial, kamu harus memastikan tidak ada postingan yang tidak seharusnya pada akunmu.

Kamu juga harus memeriksa pengaturan privasi kamu untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat akun media sosial kamu. Jika perlu, hapus bagian yang tidak penting untuk menghindari kesalahpahaman.

 

  • Bookmark Halaman Lowongan Pekerjaan

Setiap perusahaan umumnya memiliki laman karir pada websitenya. Bookmark laman tersebut, dan biasakan untuk mengeceknya secara rutin.

 

  • Buat Jadwal, Deadline dan Pemberitahuan Kalender

Jika kamu ingin melamar untuk program tahunan seperti recruitment tahunan, buatlah daftar tanggal penting dan deadline pengiriman dokumen yang diperlukan sebagai pengingat pada kalender di handphone atau komputer kamu.

 

  • Carilah Kesempatan untuk Mengikuti Recruitment

Banyak perusahaan ikut berpartisipasi dalam job fair. Ambil kesempatan untuk memasukan CV kamu pada acara tersebut.

 

  • Jangan Takut untuk Menghubungi Perusahaan.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang perusahaan, lowongan yang tersedia, dan lain hal terkait perusahaan, jangan ragu untuk bertanya. Kamu dapat mengirimkan email dan bertanya pertanyaan kamu.

Bukan hanya HRD perusahaan yang akan familiar dengan nama kamu, tapi hal tersebut juga menunjukkan antusias dan ketertarikan kamu terhadap perusahaan.

 

#3 Perhatikan Hal Penting dalam Proses Melamar Pekerjaan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat proses melamar pekerjaan dan seleksi. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

 

  • Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen penting dalam melamar pekerjaan.

Diterima-Kerja-di-Perusahaan-Impian,-Kerja-di-Perusahaan-Impian-02-Finansialku

[Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Oke untuk Melamar Kerja!]

 

Pastikan CV yang kamu buat menarik, singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk melampirkan sertifikat, piagam, atau surat penghargaan.

 

  • Mempersiapkan dan Melewati Tahap Wawancara Dengan Baik

Persiapkan wawancara dengan baik, mulai dari memperhatikan pakaian yang dikenakan untuk wawancara. Gunakan pakaian yang rapi, sopan, dan sesuai dengan syarat yang diminta oleh perusahaan.

Wawancara kerja juga merupakan tahap sangat penting dalam proses recruitment karyawan. Menjawab dengan jujur pertanyaan yang diajukan oleh HRD adalah kunci utama agar dapat lolos tahap ini. Pada umumnya HRD dapat membaca ekspresi dan bahasa tubuh.

Diterima-Kerja-di-Perusahaan-Impian,-Kerja-di-Perusahaan-Impian-03-Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja!]

 

Pada saat wawancara, tunjukkan sikap percaya diri, serta ungkapkan kemampuan yang kamu miliki. Percaya diri merupakan sikap yang disukai oleh HRD. Sikap percaya diri, menunjukkan kamu mampu mengatasi berbagai jenis masalah.

 

  • Tunjukkan Sikap Disiplin

Bentuk kedisiplinan dalam melamar pekerjaan antara lain: melengkapi syarat dan mematuhi batas pengiriman, datang tepat waktu saat wawancara, dan mengenakan pakaian sesuai aturan yang tertera.

Sikap disiplin harus ditunjukkan pada saat melamar pekerjaan karena akan menjadi nilai plus tersendiri dan menunjukkan bahwa kamu seorang yang profesional.

 

#4 Tunjukan Kemampuan yang Dimiliki dan Keinginan Selalu Belajar

Perekrut ingin merasa yakin bahwa kamu memiliki keahlian pada tingkat tertentu sesuai bidang yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu memang memiliki keahlian yang mereka cari dan inginkan.

Perusahaan tidak membayar untuk kamu dapat berlatih, tetapi mereka menuntut kamu untuk dapat terjun langsung mengerjakan pekerjaan yang diminta. Memiliki potensi belajar dengan cepat merupakan suatu kelebihan, tetapi kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu dapat bekerja keras dan menyesuaikan diri dengan baik, serta tidak menutup diri untuk terus belajar.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sudah Siap untuk Meraih Mimpi ?

Mimpi dapat diraih jika kita mengusahakannya sejak awal. Apakah kamu sudah siap meraih mimpimu di perusahaan impianmu?

Yuk! Persiapkan diri mulai dari sekarang, rangkai, dan rencanakan untuk meraih mimpi tersebut. Disiplinkan diri, kerja keras, dan cari informasi sebanyak-banyaknya untuk mencapai mimpi kamu.

 

Apakah artikel di atas bermanfaat? Adakah pengalaman dan trik lain untuk dapat diterima di perusahaan impian? Jika ada, bagikan pengalaman dan trik tersebut pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Alison Doyle. 17 Januari 2018. Tips for Getting Hired By Your Dream Company. Thebalancecareers.com  – https://goo.gl/54tzpW
  • Arthur Gideon. 03 Desember 2017. 5 Cara Cerdas Biar Dapat Kerja di Perusahaan Besar. Liputan6.com – https://goo.gl/Xn8Mq6
  • Admin. 7 Tips Agar Diterima Bekerja di Perusahaan Impian. Blog.jobsindonesia.com – https://goo.gl/z2SJvZ

 

Sumber Gambar:

  • Diterima Kerja di Perusahaan Impian 1 – https://goo.gl/kaCMCd
  • Diterima Kerja di Perusahaan Impian 2 – https://goo.gl/vbMdGT
  • Diterima Kerja di Perusahaan Impian 3 – https://goo.gl/LxpdQd