Bagaimana cara membuat profil LinkedIn agar tampak profesional sehingga para pencari kerja dapat melirik Anda untuk bekerja terutama bagi para karyawan dan Fresh Graduate? Berikut ini Tim Finansialku akan menolong Anda untuk memberikan informasi yang Anda perlukan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansiaku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tahukah Anda Mengenai LinkedIn

Pernahkah Anda mendengar sebuah jejaring sosial bernama LinkedIn? Di Indonesia, jejaring sosial tersebut memang tidak sepopuler Facebook, Instagram ataupun Twitter. Ini karena hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Merupakan jejaring sosial khusus yang dirancang berbeda dari yang lainnya dan lebih atau cenderung digunakan oleh kalangan profesional atau pekerja. Jejaring sosial yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin tampil lebih profesional dan lebih ‘menjual diri’. Istilah menjual diri disini adalah menampilkan kemampuan, keterampilan dan keahlian agar perusahaan mau melirik dan merekrut diri kita. Sejak peluncurannya di tahun 2003, kini telah tumbuh menjadi salah satu situs media sosial yang paling populer bagi para profesional bisnis untuk menghubungkan dan membangun jejaring mereka.

Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Jejaring Sosial ini digunakan oleh para perekrut calon pekerja untuk meneliti calon pekerjanya. Apabila Anda sedang mencari pekerjaan, sebaiknya segera membuat profil LinkedIn pribadi setelah mengirimkan lamaran. Bila profil Anda terlihat kurang profesional, perekrut bisa saja tidak meloloskan Anda ke tahap berikutnya. Namun sebaliknya, apabila profil Anda terlihat profesional, maka besar kemungkinan Anda akan dilirik oleh perusahaan yang sedang Anda lamar atau bahkan perusahaan-perusahaan lain yang melihat profil Anda dan skill Anda sesuai dengan harapan mereka.

 

Kegunaan LinkedIn

Berikut ini beberapa kegunaan yang dapat Anda simak sebelum Anda memiliki profil LinkedIn pribadi Anda.

  1. Pamer keahlian. Dengan menunjukkan berbagai bidang keahlian, Anda tidak sekedar pamer dengan kata-kata tertentu tetapi dengan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh LinkedIn sendiri atau para pengguna lain. Nah, gaya bahasa serta cara menjawab inilah yang nantinya akan terhubung dengan sesama profesional. Anda dapat terhubung dengan kalangan profesional dan para eksekutif perusahaan. Banyak eksekutif perusahaan yang menggunakan jejaring sosial ini untuk merekrut para pegawainya. Dalam penggunaan gaya bahasa, gunakanlah bahasa yang baku dan lugas serta menarik saat menjawab pertanyaan dari pengguna lain.
  2. Jika Anda adalah seorang blogger, memiliki LinkedIn mungkin adalah hal wajib karena hal Ini berkaitan dengan optimasi web yang sedang Anda kelola. Search engine atau mesin pencari layaknya Google menyukai inbound link. Profil pribadi LinkedIn Anda serta perusahaan dapat memberikan tautan ke website Anda dan ini bisa meningkatkan rate atau peringkat website Anda lebih tinggi saat dilakukan pencarian oleh Google.
  3. Anda dapat meng-update informasi pekerjaan dan mendapatkan informasi terkini serta inspirasi untuk mengembangkan keahlian kerja Anda. Selain itu, tentu saja digunakan untuk tetap terhubung dengan teman lama dan relasi kita.

Masih Cari Lowongan Pekerjaan Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Cari Lowongan Pekerjaan? Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan]

 

Membuat LinkedIn Tampak Menarik

Setelah mengetahui apa itu LinkedIn dan berbagai kegunaannya yang dapat bermanfaat bagi pekerjaan Anda, berikut ini kami paparkan cara untuk membuat akun LinkedIn Anda tampak menarik agar dapat dilirik oleh perusahaan yang sedang Anda incar.

 

#1 Isi Bagian Profil

Tentu saja Anda pernah membuat curriculum vitae, bukan? Pada bagian ini, Anda diminta untuk mengisi informasi pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini, pengalaman bekerja, keterampilan dan riwayat pendidikan. Usahakan untuk mengisi seluruh bagian dari profil ini agar siapapun yang melihat profil Anda dapat memiliki informasi secara jelas dan utuh mengenai informasi tentang diri Anda.

Tahukah Anda bahwa ketika status pengisian profil Anda berstatus complete, maka profil Anda akan 40 kali lebih banyak muncul pada hasil pencarian. Buatlah profil Anda menjadi publik karena dengan demikian, artinya seluruh dunia dapat melihat profil Anda. Gunakan juga foto yang representatif karena dengan menggunakan foto, Anda berpeluang 11x lebih banyak untuk dilihat dan juga pembaruan dengan foto akan mendapatkan share 5x lebih banyak. Ingat, gunakan foto yang representatif seperti ketika Anda sedang menyampaikan presentasi atau sedang bekerja sebagai sukarelawan. Hindari foto-foto saat sedang liburan karena profil ini bersifat formal. Dengan demikian Anda mendapatkan perhatian lebih dari para eksekutif pencari pelamar kerja.

Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

#2 Gunakan Kata Kunci

Tidak hanya para Search Engine Optimization (SEO) yang pintar dalam menggunakan kata kunci. Andapun tentu saja harus memilikinya juga. Anda perlu menggunakan kata kunci yang disebarkan di seluruh profil Anda terutama Summary dan Experience. Para perekrut akan memakai LinkedIn dan memasukkan kata kunci spesifik untuk mencari calon pekerja.

 

#3 Buatlah Professional Headline dan Summary yang Menarik

Professional Headline terletak di bagian atas profil dan dapat diisi hingga 120 karakter untuk mendeskripsikan pekerjaan Anda. Biasanya para pengguna LinkedIn mencantumkan nama posisi atau jabatan mereka pada bagian tersebut. Pilihlah kata kunci yang deskriptif sekaligus menarik. Misalnya, “Recruiter, HR, Talent Management Expert” atau “Brand Marketing, PR, Communications Professional”.

Untuk menulis Summary yang baik, bayangkan bahwa Anda hanya diberi waktu satu menit untuk mendeskripsikan diri Anda. Lalu, tuangkan deskripsi tersebut ke dalam satu paragraf. Anda bisa menyebutkan tiga keterampilan atau pencapaian terbaik Anda dalam dunia profesional.

 

#4 Isi Kolom Experience

Dalam kolom ini, isilah posisi dan tempat pekerjaan Anda, lama Anda bekerja serta deskripsi dari pekerjaan Anda. Isilah kolom ini dengan cermat. Anda juga dapat mencantumkan posisi pekerjaan sebelum Anda bekerja di tempat yang saat ini.

8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk]

 

#5 Matikan Notification

Bila Anda sudah cukup lama bermain LinkedIn dan memiliki banyak koneksi di profil Anda, matikan notification ketika meng-update profil. Pasalnya, hal ini akan membuat feed milik orang lain penuh dengan update profil Anda dan mereka akan merasa terganggu. Untuk mematikan notification, kamu bisa mengganti pilihan “Notify your network?” di bagian kanan profil.

 

#6 Ubah URL profil Anda

Ketika Anda baru aktif di LinkedIn, Uniform Resource Locator (URL) profil Anda akan terbuat dengan sendirinya. URL ini terdiri dari sejumlah karakter alfanumerik yang tak beraturan.

Jadi, ubahlah URL ini untuk menunjukkan identitas Anda. Caranya, klik bagian “Privacy & Settings”, lalu temukan “Edit Public Profile” di bawah “Helpful Links”. Setelah itu, ubah URL pada bagian “Your public profile URL”.

mahasiswa-ketahui-6-cara-mendapatkan-pekerjaan-sebelum-lulus-kuliah-1-finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ketahui 6 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah]

 

#7 Bergabunglah dengan LinkedIn Groups

Jika ingin meningkatkan prospek pekerjaan Anda, maka Anda perlu mulai membuat jejaring. Ingat bahwa kuncinya adalah kualitas, bukan kuantitas. Anda bisa saja mempunyai 500 koneksi, tetapi jika mereka adalah 500 orang yang bekerja di industri yang sama sekali berbeda dengan Anda, maka hal ini tidak akan banyak membantu.

LinkedIn Groups adalah tempat untuk para pengguna berbagi dan berpartisipasi dalam sebuah lingkup profesional dengan industri atau minat tertentu. Grup ini beraneka ragam jenisnya untuk para pencari kerja.

 

Segera Miliki Akun LinkedIn

Tunggu apa lagi? Setelah mengetahui berbagai kegunaan dan manfaatnya yang dapat membantu Anda dalam proses perekrutan pekerjaan, kenapa tidak Anda segera membuat akun LinkedIn dan membuat profil yang menarik untuk mengesankan para calon bos Anda dan buatlah networking yang dapat menghubungkan Anda dengan berbagai profesional di seluruh dunia.

 

Apakah Anda sudah menggunakan LinkedIn dan merasakan berbagai keuntungan dalam menggunakannya? Bagikan pengalaman Anda dalam menggunakan akun LinkedIn dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hitsss. 10 Cara Membuat Profil LinkedIn-mu Terlihat Lebih Profesional. Hitsss.com – https://goo.gl/S8Vt8s
  • EF. 11 Maret 2016. Cara Membuat Profil Keren LinkedIn. EF.co.id – https://goo.gl/VeUg7r
  • LinkedIn. 2 Juni 2015. How To Create A Killer LinkedIn Profile That Will Get You Noticed. LinkedIn.com – https://goo.gl/lxwb0i
  • Brian Voo. 10 Tips To A More Professional LinkedIn Profile. Hongkiat.com – https://goo.gl/ikpmq5

 

Sumber Gambar:

  • Smile with LinkedIn – https://goo.gl/7wuL74
  • Karyawan – 123rf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang