Fresh graduate! Ada cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang mudah dan efektif, lho!

Penasaran? Cari tahu jawabannya lewat artikel Finansialku satu ini, ya!

 

Summary:

  • Walaupun masih fresh graduate, bukan tidak mungkin untuk mewujudkan tujuan keuangan, misal mendapatkan Rp20 juta dalam setahun.
  • Perlu strategi yang matang untuk mewujudkan tujuan keuangan, yang disesuaikan dengan kondisi keuangan.

 

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

Mayoritas para fresh graduate punya segudang mimpi dan angan-angan selepas mereka berada dalam fase kehidupan baru.

Pendapatan stabil dari pekerjaan gaji dua digit, tinggal di rumah kecil hasil nyicil KPR, hingga mengendarai mobil city car kesukaan banyak orang.

Semua hal itu tentu bisa saja jadi sebuah kenyataan. Tapi agaknya, akan sulit untuk kamu yang baru memulai karir, terlebih untuk pekerjaan dalam negeri dan pekerjaan non spesialis.

Rata-rata, gaji fresh graduate mentok di angka UMR, atau lebih sedikit jika digabungkan dengan tunjangan.

Angka itu mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jika kamu tidak punya tanggungan apa pun, dan masih tinggal bersama orang tua.

Namun akan menjadi sesuatu yang sangat kecil kalau kamu punya banyak tanggungan dan kewajiban, seperti yang biasa dirasakan para sandwich generation.

Biar begitu, bukan berarti kita harus mengubur dalam-dalam mimpi kita dan menutup kesempatan pada setiap hal baik yang terjadi pada kita di masa depan.

Para fresh graduate biasanya memulai langkah dengan mulai membuat tujuan keuangan jangka pendek, seperti memiliki Rp20 juta dalam 1 tahun.

Nah, pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan tips serta cara menabung 20 juta dalam 1 tahun untuk para fresh graduate.

Jangan lupa siapkan catatanmu dan baca artikelnya sampai akhir, ya!

 

#1 Buat Strategi

Sebelum benar-benar mulai menabung, mari terlebih dahulu buat strategi menabung yang tepat untuk kamu.

Pertama, kamu tentu harus terlebih dulu tahu berapa dana yang harus kamu kumpulkan setiap bulannya agar tujuan keuanganmu ini tercapai tepat waktu.

Finansialku akan membantumu untuk menghitung jumlah dana yang harus kamu sisihkan setiap bulannya menggunakan kalkulator keuangan Finansialku.

Mari kita gunakan fitur ‘Dana Membeli Barang’ untuk menghitung jumlah dana yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya. Hal ini agar bisa mendapatkan Rp 20 juta dalam kurun waktu satu tahun.

Gaji UMR? Begini Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun!

 

Berdasarkan perhitungan, maka kita dapatkan hasil:

  • Dalam kurun waktu 12 bulan ke depan, uang kita akan terkena dampak inflasi, dengan asumsi kenaikan per tahunnya sebesar 10%.
  • Mari kita asumsikan bahwa kita tidak menyiapkan modal sepeser pun untuk tujuan keuangan ini, artinya, modal awal kita adalah Rp 1.
  • Artinya, dengan keadaan seperti ini, maka dana yang harus kamu sisihkan setiap bulannya adalah Rp1.799.375 atau bisa kita bulatkan menjadi Rp1,8 juta.
  • Besaran ini didapatkan dengan asumsi target investasimu per tahun sebesar 5%.

 

#2 Buat Strategi Anggaran

Setelah mengetahui jumlah dana yang harus kamu siapkan setiap bulannya, maka saatnya kita membuat strategi untuk mewujudkan tujuan keuangan ini.

Hal yang kamu lakukan adalah mulai buat strategi anggaran keuangan bulananmu.

Pertama, buat daftar pengeluaran bulananmu, mulai dari yang rutin, hingga pengeluaran yang tidak rutin.

Dengan membuat anggaran keuangan, kamu akan terbiasa untuk mindful dalam mengeluarkan setiap uang yang kamu punya.

Bukan cuma itu, kamu juga akan lebih mampu untuk mengeliminasi segala pengeluaran yang kamu anggap tidak penting.

Jangan lupa untuk mengalokasikan anggaran ini setelah gajimu turun, ya

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat anggaran secara manual, kamu bisa memanfaatkan fitur ‘Anggaran Keuangan’ di aplikasi Finansialku.

Kamu tidak perlu melakukan dan menyesuaikan perhitungan anggaranmu, karena aplikasi Finansialku akan melakukannya secara otomatis.

Kamu bisa coba free trial selama 30 hari untuk memanfaatkan fitur otomatis yang tersedia, dengan menekan tombol di bawah ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

#3 Tambah Pemasukan

Bagaimana jika setelah membuat anggaran, kamu menyadari bahwa gajimu saat ini masih belum cukup untuk memenuhi segala tujuan keuanganmu?

Jika begitu adanya, maka mulailah pertimbangkan untuk menambah pemasukanmu lewat pekerjaan sampingan.

Misalnya, kamu bisa menambah penghasilan pada profesi yang masih bersinggungan dengan pekerjaan utamamu.

Jika pekerjaan utamamu adalah social media specialist, maka kamu bisa menawarkan diri untuk mengelola akun media sosial perusahaan lain sebagai sampingan.

Kamu juga bisa menambah penghasilan lewat profesi yang sama sekali tidak berhubungan.

Misalnya, jika kamu memiliki kelebihan di dunia seni, kamu bisa membuka komisi menggambar sebagai sampingan. Di samping itu, kamu perlu tahu kalau menambah pemasukan bukan hanya bisa kamu lakukan dengan pekerjaan sampingan saja.

Kamu bisa memaksimalkan pekerjaanmu saat ini, atau meningkatkan skill, agar nilaimu terus meningkat.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mencari tahu penjelasan selengkapnya lewat e-book dari Finansialku yang bisa kamu unduh secara gratis di bawah ini!

Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - PC
Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - HP

 

#4 Pisahkan Rekening

Agar prosesnya tidak terganggu dengan pengeluaran sehari-hari, kamu bisa mengakalinya dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening khusus tujuan keuanganmu.

Kamu bisa membuat rekening tanpa kartu ATM dan/atau yang tidak terkoneksi dengan internet atau mobile banking.

Lebih dari itu, proses ini akan lebih maksimal jika kamu langsung memasukkannya ke rekening investasi.

Selain untuk menghindarkan kamu dari biaya administrasi bulanan yang besarannya cukup memberatkan, investasi akan memberikan kamu bunga yang bakal membantu kamu mempersingkat proses ini.

Terdapat beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih, yang sesuai untuk tujuan keuangan jangka pendek, di antaranya:

  • Deposito
  • Reksa Dana Pasar Uang
  • P2P Lending

 

Kamu bisa mengetahui informasi yang lebih lengkap terkait masing-masing instrumen lewat artikel satu ini.

[Baca Juga: Investasi Jangka Pendek: Konsep & Pilihan Produk Investasinya]

 

Nah, itu dia beberapa informasi sekaligus cara menabung 20 juta dalam 1 tahun ala Finansialku yang bisa kamu tiru. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait ini, jangan ragu untuk tuliskan pertanyaanmu lewat kolom komentar, ya!

 

Editor: Ratna Sri H.