Yuk, ikuti tips dan trik cara menambah penghasilan di desa berikut ini. Walaupun hidup di desa, menambah penghasilan itu perlu, lho.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Hidup di Desa Bikin Sulit Dapat Tambahan Income?

Cara menambah penghasilan di desa bisa dibilang tidak terlalu sulit karena masih banyak potensi usaha atau bisnis yang bisa dilakukan di desa. Bahkan, masih banyak juga bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan di pedesaan.

Mungkin hanya membutuhkan beberapa trik tertentu untuk bisa sukses menjalaninya, maka trik tersebut harus dicoba.

 

Cara Menambah Penghasilan Tanpa Modal

Banyak sekali jenis dan cara menambah penghasilan tanpa modal melalui beberapa jenis bisnis, diantaranya adalah bisnis rumahan.

Ada beberapa cara agar bisa membuat usaha yang bisa menambah penghasilan Anda, yaitu di antaranya:

 

#1 Lakukan Riset Pasar

Seperti pada umumnya menjalani sebuah bisnis, dalam memilih atau menentukan usaha yang akan dilakukan maka Anda bisa melakukan riset pasar.

Bisnis atau usaha apa yang diperkirakan bisa sukses jika dijalani di desa, karena jika bisa sukses menjalani maka pastinya bisa menambah penghasilan.

Kalau memang usaha kuliner lebih besar potensinya dan minim modal, tidak ada salahnya Anda mencoba mulai dari yang mudah terlebih dulu.

Cara Menambah Penghasilan di Desa Tanpa Modal! WAJIB Dicoba! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 56 – Karyawan Memulai Bisnis Untuk Menambah Penghasilan]

 

#2 Belajar Dari Sumber Tepat

Cara menambah penghasilan yang tepat adalah dengan belajar atau berguru dengan sumber atau orang yang tepat, bisa dari pebisnis yang sudah lebih dulu sukses melakukan ataupun dari orang-orang yang mengerti kondisi pasaran di desa.

Sumber atau orang yang tepat bisa siapa saja, usahakan cari sumber yang bisa dipercaya dan sangat dekat dengan atau mirip dengan keadaan Anda sendiri.

 

 

#3 Perhatikan Kebutuhan di Desa

Anda juga bisa mencari usaha atau bisnis di desa dengan cara melihat apa saja kebutuhan yang diperlukan di desa tersebut. Dengan begitu, usaha atau bisnis yang Anda lakukan bisa cepat sukses dan berkembang pesat.

Apapun itu jika sebuah kebutuhan dan dicari warga desanya, pasti akan membuat usaha tersebut laris manis dan laku besar.

Biasanya kebutuhan pada sebuah desa adalah yang berhubungan dengan sesuatu yang belum pernah ada di tempat tersebut, atau yang masih sangat jarang tapi merupakan kebutuhan sehari-hari.

Cara Menambah Penghasilan di Desa Tanpa Modal! WAJIB Dicoba! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Usaha Sampingan untuk Introvert yang Bisa Menambah Penghasilan dan Mengasah Kemampuan Kamu]

 

#4 Cari Bahan Baku Mudah

Selain disesuaikan dengan kebutuhan di desa, Anda juga bisa melakukan dengan cara mencari bahan baku yang mudah dan murah untuk usaha tersebut, sehingga Anda bisa melakukan usaha tersebut juga dengan lebih mudah dan tanpa modal.

Bahan baku yang sudah ada di sekitaran desa Anda itulah yang bisa dikatakan mudah didapat, dan dengan harga yang seminimalis mungkin.

 

#5 Manfaatkan Kondisi Yang Ada

Bukan hanya bahan baku yang bisa kita jadikan alasan untuk bisa menambah penghasilan keluarga, yaitu dengan memanfaatkan kondisi yang ada.

Kondisi tersebut bisa bervariasi, mulai dari kondisi anak-anak mulai sekolah ataupun kondisi anak-anak liburan.

Bahkan, kondisi teknologi yang belum terlalu menyentuh suasana pedesaan bisa menjadi potensi besar bagi usaha Anda seperti warung internet atau warnet.

Apabila ada program daring di sekolah, Anda pun bisa menyediakan jasa pengaturan aplikasi meeting dengan rental smartphone atau PC yang mendukung pembelajaran daring tersebut.

 

Variasi Jenis Usaha di Desa

Beberapa jenis usaha di desa yang bisa dijadikan tambahan penghasilan ada banyak macamnya, bahkan usaha yang tanpa modal.

Di antaranya seperti usaha kuliner khas daerah tersebut, ini adalah salah satu potensi usaha paling besar dan favorit. Ada juga usaha berbentuk sebuah peternakan, dengan memanfaatkan hewan ternak yang Anda miliki.

Selain dapat menambah penghasilan dari rumah, juga dapat bisa membuat lapangan kerja baru kecil-kecilan jika usaha tersebut sedikit lebih besar dari usaha rumahan yang membutuhkan beberapa karyawan.

Cara Menambah Penghasilan di Desa Tanpa Modal! WAJIB Dicoba! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tinggal Jauh Dari Kota? Ini Jenis Usaha di Desa yang Bikin Untung]

 

Bahkan, karena sebuah desa masih jauh dari teknologi maka jika Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut menjadi sebuah usaha dengan membuka warnet atau warung internet.

Namun, untuk jenis usaha yang satu ini sedikit membutuhkan modal.

Nah, untuk itu Anda bisa mulai merencanakan keuangannya mulai dari sekarang. Untuk membantu Anda merencanakan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Rencana Keuangan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan bersertifikat untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan keuangan Anda.

Download aplikasinya dan dapatkan promo potongan harga Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Manakah cara yang akan Anda lakukan terlebih dahulu? Biar makin banyak orang di sekitar Anda yang dapat penghasilan lebih, yuk bagikan artikel bermanfaat ini, terima kasih.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 02 Agustus 2018. Peluang Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan. Berdesa.com – https://bit.ly/31Wednu
  • Admin. Usaha Sampingan Di Rumah. Romadecade.org – https://bit.ly/318tfHI
  • Admin. 21+ Contoh Peluang Usaha di Desa atau Kampung yang Sangat Menjanjikan. Kolomsatu.com – https://bit.ly/2E3v3Jo

 

Sumber Gambar:

  • Penghasilan 1 – https://bit.ly/3kUUkpz
  • Penghasilan 2 – https://bit.ly/348INx6
  • Penghasilan 3 – https://bit.ly/2E3v3Jo