Yuk, simak cara mencatat pemasukan untuk freelancer ini. Menjadi seorang freelancer yang pendapatannya tidak pasti membuat Anda harus hati-hati dalam melakukannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membuat Catatan Pemasukan

Menjadi seorang freelance, maka Anda perlu lebih hati-hati dalam mencatat pemasukan Anda.

Kalau orang yang memiliki gaji tetap akan lebih mudah membuat catatan keuangan, akan tetapi untuk freelance Anda perlu melakukan pencatatan yang sangat baik agar uang Anda jelas alurnya.

Dengan melakukan pencatatan pemasukan, Anda akan mengetahui berapa jumlah yang akan digunakan dan berapa jumlah uang yang akan Anda tabung atau investasikan.

Karena teknologi sudah berkembang gunakanlah gadget Anda untuk mencatat keuangan Anda. Di Aplikasi Finansialku Anda dapat melakukan pencatatan keuangan Anda.

Buat Anda yang suka boros dengan pendapatan besar namun tabungan sedikit dan belum paham cara membuat laporan keuangan, maka Anda perlu mengenal aplikasi Finansialku.

Cara Mencatat Pemasukan yang Baik Untuk Freelancer 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jadi Freelancer yang Kelihatan Pengangguran Tapi Gaji Miliaran]

 

Berikut adalah cara mencatat pemasukan untuk freelancer di aplikasi Finansialku.

  • Install aplikasi Finansialku
  • Buka menu aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu Transaksi
  • Masukkan data pemasukan dan pengeluaran Anda
  • Aplikasi Finansialku dilengkapi dengan widget untuk mempermudah mencatat keuangan harian.

 

Untuk Anda yang baru download aplikasi, Anda akan mendapatkan free menggunakan aplikasi selama 1 bulan, setelah itu Anda bisa lakukan upgrade dengan biaya Rp 35 ribu per bulan dan Rp 350 ribu per tahun. Luar biasa ekonomis sekali jika Anda menggunakan upgrade aplikasi untuk 1 tahun.

Ada kode promo khusus untuk Sobat Finansialku, kode promo ini dapat digunakan untuk potongan upgrade tahunan menjadi Rp 300 ribu. Kode voucher-nya adalah PLAN50.

Jadi, hanya dengan Rp 300 ribu Anda bisa konsultasi dan menggunakan banyak fitur dan sudah pasti harganya murah sekali. Hanya dengan Rp 300 ribu keuangan Anda akan terselamatkan untuk masa depan.

Download sekarang, yuk.

 

Mengelola Keuangan Dengan Baik

Setelah Anda memahami cara mencatat pemasukan untuk freelancer, selanjutnya Anda perlu mengelola keuangan Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola keuangan freelancer dengan baik.

 

#1 Menabung

Sebagai seorang freelancer, Anda perlu memiliki tabungan yaitu dana darurat. Dana yang dapat digunakan ketika Anda tidak mendapatkan proyek atau ada

hal tidak terduga yang menyebabkan Anda harus mengeluarkan dana darurat tersebut. Tabungan atau dana darurat yang disarankan bagi seorang freelancer adalah sebanyak 4 hingga 6 kali jumlah penghasilan rata-rata per bulan.

 

#2 Utamakan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Memenuhi kebutuhan sendiri sangatlah penting. Mengutamakan diri sendiri bukan berarti membiarkan tanggung jawab lainnya terbengkalai, namun Anda perlu memenuhi kebutuhan diri Anda terlebih dahulu barulah memikirkan kebutuhan lainnya.

 

#3 Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Memisahkan rekening pribadi dan bisnis sangat bermanfaat untuk menjaga arus kas pribadi dan bisnis tetap sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

 

#4 Menghasilkan Uang yang Lebih Banyak

Sebagai seorang freelancer, Anda berhak mendapatkan penghasilan yang banyak dan justru Anda harus bekerja sesuai target dari rencana keuangan Anda.

Misalkan, Anda berencana untuk membeli sebuah mobil, maka Anda perlu mencari proyek tambahan atau bisnis untuk memenuhi target Anda untuk membeli mobil yang Anda inginkan.

 

#5 Mengatur Keuangan Sejak Dini

Merencanakan dan mengatur keuangan kini semakin mudah dengan banyaknya aplikasi dan bantuan perencana keuangan seperti aplikasi Finansialku.

 

#6 Hindari Pembayaran yang Terlambat

Jangan sampai Anda telat membayar tagihan atau hal lainnya yang menyebabkan Anda akan mendapatkan bunga dari tagihan tersebut. Jika tagihan semakin bengkak, itulah masalah baru dalam keuangan Anda.

 

#7 Melakukan Evaluasi

Pendapatan yang tidak pasti membuat Anda perlu melakukan evaluasi, apakah pendapatan sudah sesuai dengan pengeluaran.

 

#8 Manfaatkan Teknologi Keuangan

Seiring berkembangnya teknologi, Anda akan dimudahkan dengan berbagai macam aplikasi atau fitur yang ada di website yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan keuangan.

Untuk merencanakan tujuan keuangan untuk freelancer Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Cara Mencatat Pemasukan yang Baik Untuk Freelancer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Merencanakan Tujuan Keuangan yang Baik Bagi Freelancer?]

 

Catat dan Kelola Keuangan Anda

Lakukanlah cara mencatat pemasukan untuk freelancer dengan baik dan berusahalah mengelola keuangan dengan konsisten dan disiplin.

Jadi seorang freelancer bisa kok mengatur keuangan dengan baik!

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mencatat pemasukan untuk freelancer dan bagaimana cara mengelola keuangan Anda, hubungilah Financial Planner Finansialku untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai keuangan melalui aplikasi Finansialku agar tidak tersesat dalam menentukan tujuan keuangan Anda.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Itulah cara mencatat pemasukan untuk freelancer beserta cara mengelola keuangannya dengan baik. Bagaimana setelah membaca artikel ini? Apakah bermanfaat bagi Anda?

Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku dan freelancer lainnya, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer 1 – http://bit.ly/2M5wvif
  • Freelancer 2 – http://bit.ly/3iQIUTd