Kamu punya masalah bruntusan pada wajah? Jangan khawatir, artikel Finansialku berikut ini akan membahas tentang penyebab dan cara menghilangkan bruntusan di wajah, serta cara mencegahnya.

Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

Summary:

  • Bruntusan timbul karena tersumbatnya pori-pori kulit wajah sehingga debu dan kotoran sulit keluar dan masih menempel pada permukaan kulit.
  • Bruntusan bisa hilang dengan perawatan yang benar secara konsisten.

 

Penyebab Bruntusan di Wajah

Bruntusan adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang membuat tekstur kulit menjadi kasar dan tidak rata. Biasanya, bruntusan terjadi pada beberapa area wajah seperti dahi dan dagu.

Bruntusan seringkali terjadi karena kita tidak membersihkan wajah dengan benar, sehingga debu dan sisa kotoran masih menempel pada permukaan kulit. Akibatnya, pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat dan menjadi bruntusan.

Melansir dari laman Medical News Today, berikut ini adalah beberapa penyebab bruntusan pada wajah.

 

#1 Jerawat

Sel kulit mati yang bercampur dengan minyak pada kulit akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat pada wajah.

Jerawat ini dapat muncul berupa bintik-bintik kecil, komedo, atau benjolan yang lebih besar.

Jika Sobat Finansialku tidak membersihkan wajah dengan benar, kotoran tersebut akan menjadi residu pada pori-pori kulit, sehingga dapat memicu bruntusan.

 

#2 Milia

Milia adalah bintik-bintik kecil yang biasanya muncul di area dahi. Milia juga dapat muncul di sekitar mata dan pipi akibat paparan sinar matahari berlebih.

Berkembangnya milia pada beberapa area wajah ini terjadi karena sel kulit mati yang terjebak pada pori-pori kulit.

Selain itu, milia tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada bayi baru lahir dan anak-anak.

[Baca Juga: Jangan Sampai Terbalik, Begini Urutan Skincare Biar Efektif!]

 

#3 Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi kulit yang terjadi ketika folikel rambut yang rusak hingga membuat bakteri mudah masuk ke dalam kulit.

Infeksi ini dapat meradang ke area kulit wajah, terutama pada dahi. Biasanya, folikulitis berupa bintik-bintik kecil akan terlihat seperti jerawat kemerahan dan terasa gatal.

 

#4 Dermatitis Kontak

Menurut Alodokter, dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Kondisi ini akan membuat kulit menjadi bengkak dan kemerahan, serta munculnya bintik-bintik kecil pada kulit.

Dermatitis kontak dapat terjadi karena pemakaian produk perawatan kulit atau obat-obatan, seperti krim antibiotik atau antihistamin oral.

 

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Bruntusan pada wajah berupa bintik-bintik kecil akan membuat kulit terasa kasar dan dapat memicu masalah kulit lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bruntusan pada wajah? 

Finansialku telah merangkum 10 cara menghilangkan bruntusan di wajah dari berbagai sumber berikut ini.

 

#1 Menggunakan Es Batu

Siapa sangka kalau es batu bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan?

Efek dingin dari es batu ini dapat meredakan peradangan pada kulit dan sebagai alternatif untuk mengatasi bruntusan.

Meski efeknya cepat hilang, rasa gatal akibat bruntusan dapat berkurang karena sensasi dingin es batu. Selain itu, es batu juga terbilang ampuh untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat dalam waktu semalam.

Caranya, Sobat Finansialku bisa menempelkan es batu yang telah dilapisi kain tipis pada area bruntusan selama satu menit. Supaya hasilnya lebih maksimal, lakukan kegiatan ini selama 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

 

#2 Tea Tree Oil

Tea tree oil yang mengandung minyak antiseptik dan anti inflamasi dipercaya dapat menghilangkan bruntusan.

Australian Journal of Dermatology (2017) dalam studinya menyatakan, penggunaan sabun cuci muka gel yang mengandung tea tree oil dapat membantu mengatasi jerawat.

Namun, kamu harus menguji bahan alami tersebut pada kulit tangan sebelum menggunakannya ke wajah untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi.

[Baca Juga: Cara Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak Secara Alami]

 

#3 Mengoleskan Masker Madu

Masker madu terkenal kaya akan manfaat, terutama dalam menghilangkan bruntusan pada wajah.

Salah satu madu yang ampuh untuk menyembuhkan bruntusan adalah madu mentah atau madu manuka.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mencampurkan madu dengan kayu manis kemudian oleskan pada kulit. Setelah itu, diamkan selama 8-10 menit dan bilas hingga bersih.

 

#4 Lidah Buaya

Selain madu, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat di dalamnya. Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan bruntusan dan mengatasi masalah jerawat.

Menurut riset dari Journal of Dermatological Treatment, penggunaan tretinoin (obat oles) dapat menjadi obat jerawat secara tradisional. Cara ini juga sangat aman dan lembut sehingga tidak berisiko bagi pemilik kulit sensitif.

 

#5 Essential Oil

Essential oil yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang ternyata dapat membantu menghilangkan bruntusan dalam semalam.

Penelitian dari Evidence-based complementary and alternative medicine (2016) menemukan manfaat dari campuran minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh.

Campuran keempat essential oil tersebut berpotensi melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Staphylococcus epidermidis dan Cutibacterium acnes.

 

#6 Baking Soda

Baking soda atau soda kue juga mengandung sifat antiradang dan antiseptik yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

Cara penggunaannya, kamu bisa membuat pasta soda kue dengan mencampurkan dua sendok teh (10 gram) soda kue dengan sedikit air.

Selanjutnya, oleskan pada bagian wajah yang mengalami bruntusan dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih dan segera oleskan krim pelembap wajah agar kulit tidak terlalu kering.

Perlu kamu ingat untuk melakukan perawatan kulit ini tidak lebih dari 2 kali seminggu.

 

#7 Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam laktat, galat, protocatechuic, dan klorogenat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Gunakan cuka sari apel sebagai toner untuk membersihkan, mengencangkan, sekaligus melindungi wajah dari bakteri serta kotoran lainnya.

Sobat Finansialku bisa mengoleskan campuran cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2 ke wajah menggunakan kapas.

 

#8 Menggunakan Adapalene

Adapalene adalah retinoid atau senyawa turunan vitamin A yang dapat membuka pori-pori dan mencegah kambuhnya bruntusan.

Adapalene dapat menjadi bahan eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dan minyak yang tersumbat pada pori-pori.

Melansir dari Threebs, penggunaan adapalene selama sekali atau dua kali sehari akan membantu mengurangi peradangan dan mengobati bruntusan di wajah.

Kamu bisa mendapatkan gel adapalene di apotek dengan konsentrasi 0,1%. Namun, jangan gunakan produk ini pada kulit yang terbakar sinar matahari, atau memiliki luka dan eksim.

[Baca Juga: Gatal? Ikuti Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala Berikut Ini!]

 

#9 Obat Benzoil Peroksida

Selain adapalene, kamu juga menggunakan obat benzoil peroksida untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Sobat Finansialku bisa mendapatkan kandungan benzoil peroksida dalam sabun cuci muka dengan konsentrasi 2,5 – 10%.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan produk ini dengan konsentrasi lebih rendah (2,5%) untuk menurunkan risiko efek samping, seperti kulit kering dan iritasi.

 

#10 Salicylic Acid

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kandungan salicylic acid atau asam salisilat yang terdapat pada krim wajah atau produk pembersih wajah.

Asam salisilat ini akan mengangkat sel kulit mati untuk mencegah folikel rambut dan pori-pori tersumbat.

 

Cara Mencegah Bruntusan di Wajah

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mencegah bruntusan pada wajah. Kuncinya ada pada perawatan dasar kulit wajah. Namun, kamu perlu konsisten dalam melakukan perawatannya dengan benar.

Berikut adalah 10 cara yang bisa Sobat Finansialku lakukan untuk mencegah bruntusan di wajah.

 

#1 Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah hal paling utama yang perlu kamu lakukan minimal 2 kali sehari, yaitu sebelum dan setelah bangun tidur.

Supaya efektif, kamu bisa menerapkan double cleansing dengan menggunakan make up remover sebelum mencuci wajah dengan facial wash.

 

#2 Menggunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Selain mencuci wajah dengan benar, kamu juga perlu menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan berlabel hypoallergenic. Produk wajah ini akan membersihkan wajah tanpa membuatnya terasa kering.

Jika kamu mengalami bruntusan yang disertai jerawat, coba gunakan pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida.

[Baca Juga: Urutan Skincare Daily dan Weekly untuk Berbagai Jenis Kulit]

 

#3 Melakukan Eksfoliasi

Setidaknya, lakukan eksfoliasi wajah maksimal 1 atau 2 kali dalam seminggu. Eksfoliasi terbukti ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan jerawat dan bruntusan.

Apabila Sobat Finansialku jarang melakukan eksfoliasi wajah, maka sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk dan tercampur oleh bakteri, sehingga menimbulkan bruntusan.

 

#4 Menggunakan Pelembap Wajah

Bukan cuma untuk kulit kering, pelembap wajah juga penting untuk kulit berminyak untuk mencukupi kebutuhan kadar air pada kulit.

Oleh karena itu, apa pun jenis kulit kamu, selalu gunakan pelembap wajah atau moisturizer setidaknya 2 kali sehari.

 

#5 Memakai Sunscreen 

Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi bruntusan. Penggunaan sunscreen atau tabir surya sama pentingnya dengan penggunaan pelembap wajah.

Penggunaannya pun harus dilakukan setiap 2-4 jam sekali. Pasalnya, paparan sinar matahari ini sangat berbahaya sehingga perlu melindungi kulit secara maksimal.

 

#6 Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah akan membuat kulit menjadi iritasi dan mengundang lebih banyak minyak dan kotoran.

Minyak, kotoran, dan debu ini dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu timbulnya bruntusan.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari kebiasaan memencet dan mengeluarkan komedo karena bisa memperburuk kondisi wajah.

 

#7 Hindari Produk yang Mengandung Parfum atau Alkohol

Produk yang mengandung parfum atau alkohol diketahui dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada wajah.

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat dan bruntusan, terlebih pada pemilik kulit sensitif.

Oleh karena itu, gunakan produk perawatan wajah yang berlabel hypoallergenic untuk mencegah iritasi wajah.

 

#8 Rajin Membersihkan Peralatan Makeup

Sebagian orang kerap tidak menyadari bahwa peralatan makeup yang kotor dapat menjadi penyebab timbulnya masalah kulit wajah.

Oleh karena itu, rutin membersihkan peralatan makeup seperti kuas dan spons agar tidak menyebabkan penumpukan bakteri pada kulit wajah.

 

#9 Rajin Mengganti Sarung Bantal dan Handuk

Bakteri atau debu yang menumpuk di wajah ternyata bisa berasal dari sarung bantal dan handuk kotor yang kita gunakan.

Oleh karena itu, ganti sprei dan sarung bantal secara rutin, serta gunakan handuk yang berbeda untuk wajah dan tubuh.

 

#10 Jaga Kualitas Tidur dan Hindari Stres

Stres dan kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab bruntusan pada kulit wajah.

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol sehingga kelenjar minyak di wajah akan menjadi berlebih.

Kurang tidur yang berujung stres ini tentunya akan memicu bruntusan. Oleh karena itu, jaga kualitas tidur dengan baik agar kondisi tubuh dapat pulih selama istirahat.

 

Hindari Stres Bersama Aplikasi Finansialku

Itu dia penyebab dan cara menghilangkan bruntusan di wajah. Jangan lupa untuk terapkan pola hidup sehat dan hindari stres berlebih.

Pemicu stres berlebih ini juga bisa terjadi karena kondisi keuangan yang tidak sehat, lho. Untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan, kamu bisa cek dengan aplikasi Finansialku di fitur Financial Checkup. Yuk, cek sekarang!

Banner Iklan FCU - PC

 

Jika masalah bruntusan tak kunjung hilang, segera konsultasikan kepada dokter kulit. Jangan lupa juga untuk bagikan informasi ini dan mendapatkan informasi menarik lainnya di Finansialku. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

Jurnal:

  • Australasian Journal of Dermatology. (2017). Tea Tree Oil Gel for Mild to Moderate Acne; a 12 Week Uncontrolled, Open-label Phase II Pilot Study.
  • Journal of Dermatological Treatment. Effect of Aloe Vera Topical Gel Combined with Tretinoin in Treatment of Mild and Moderate Acne Vulgaris.
  • Evidence-based complementary and alternative medicine (2016)

 

Internet:

  • Amanda Barrell. 29 Januari 2021. How to Get Rid of Small Bumps on the Forehead. Medicalnewstoday.com – https://bit.ly/3r8U22G
  • Kirsten Nunez. 11 Oktober 2019. What’s Causing the Tiny Bumps on My Forehead and How Do I Get Rid of Them? Healthline.com – https://bit.ly/3LNNdgB
  • Dr Ingky. 11 Mei 2021. Those Tiny Bumps on Your Forehead Aren’t Acne. Threebs.co – https://bit.ly/3BR25WW
  • Ilham Fariq Maulana. 10 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat. Hellosehat.com – https://bit.ly/3dLgk7H
  • Admin. 01 September 2022. 4 Cara Menangani Kulit Bruntusan pada Wajah. Alodokter.com – https://bit.ly/3dLws9j
  • Dimas Laksono. 02 September 2022. Penyebab Wajah Bruntusan, Wajib Tahu! Klikdokter.com – https://bit.ly/3RhRqdI
  • Siti Nurmayani Putri. 02 September 2022. Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah. Klikdokter.com – https://bit.ly/3SkAEfe