Bagaimana cara mengubah kebiasaan buruk yang sering dilakukan? Apa yang perlu diubah? Berikut ini artikel yang disediakan Finansialku.com agar kita dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sebagai manusia, tidak mudah mengubah kebiasaan buruk dan sudah merupakan sifat manusia untuk menciptakan kebiasaan yang kurang baik. 98% manusia memiliki kebiasaan pagi yang sama setiap tahunnya, dan hanya 2% manusia di dunia yang mempunyai pemikiran yang sangat sukses yang secara konstan mengubah kebiasaan mereka untuk memaksimalkan keberhasilan pada hidup mereka.

Banyak alasan yang membuat seseorang terlalu terikat dengan kebiasaan buruk mereka, mulai dari rasa nyaman yang timbul karena mereka sering melakukan hal tersebut berulang kali, ketakutan akan kesalahan dan kuatnya kebiasaan buruk tersebut atas hidup mereka. Semakin lama kebiasaan buruk itu hidup, semakin sulit juga Anda untuk mengubahnya. Tetapi sebenarnya, manusia mempunyai kemampuan untuk berubah dengan banyak cara, tetapi sebelumnya Anda mengetahui penyebab kebiasaan buruk.

 

Penyebab Kebiasaan Buruk

Pada kebanyakan manusia, kebiasaan buruk timbul akibat stres dan bosan, dan kebiasaan timbul sebagai cara seseorang untuk menangani dua hal tersebut. Beberapa contoh kebiasaan buruk yang dapat Anda perhatikan adalah menggigit kuku, mencabut rambut, perilaku belanja yang boros atau terlalu hemat, atau pergi berpesta setiap akhir minggu dan kebiasaan lainnya.

Awas, 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang dapat Merusak Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Awas, 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang dapat Merusak Keuangan]

 

Sebenarnya, Anda dapat mulai dari faktor yang menyebabkan stres atau bosan tersebut karena terkadang dua hal ini timbul akibat sesuatu yang lebih dalam dan Anda membutuhkan waktu untuk memikirkan sebab Anda stres atau bosan. Anda tidak perlu berlarut pada situasi buruk tersebut, Anda dapat mengajari diri Anda cara yang lebih sehat dan cara baru yang dapat Anda terapkan untuk menggantikan kebiasaan buruk Anda.

 

Cara 1: Mengerti sebab dan mengetahui kebiasaan buruk Anda

Tentunya sebelum Anda mencari solusi akan suatu masalah, Anda harus mengetahui apa sebenarnya masalah tersebut. Begitu pula dengan kebiasaan buruk, sebelum Anda mampu mengubah kebiasaan buruk tersebut, Anda harus mengetahui apa dan bagaimana kebiasaan tersebut terbentuk.

90+ Cara Miliarder Bangkit dari Kegagalan, yang Anda Harus Tiru - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Mengelola Kebiasaan, yang Anda harus Tiru!]

 

Aktivitas yang Anda lakukan berulang kali Anda menjadi kebiasaan Anda, dan tidak semua dari kebiasaan tersebut adalah baik. Tantangannya adalah mengubah kebiasaan tersebut. Yang sulit adalah mengubah mindset Anda karena sebelum Anda mampu melakukan realisasi apa yang Anda pikirkan, Anda akan berperang di dalam pikiran Anda. Dengan tekad yang kuat dan pemikiran yang benar, Anda akan lebih mudah mengerti dan mengubah kebiasaan tersebut.

 

Cara 2: Kebiasaan dimulai dengan sadar dan diakhiri tanpa Anda sadari

Konflik yang sering timbul ketika Anda ingin menciptakan kebiasaan yang lebih baik adalah ketidakmampuan Anda untuk mengetahui kebiasaan tersebut dengan sadar. Pada orang kebanyakan, kepercayaan dan ideologi mereka telah dibentuk pada usia dini, bahkan sebelum mereka mampu membedakan dan memilih, secara subjektif, apa yang ingin mereka percayai atau mengerti suatu kejadian yang terjadi.

Ini adalah saat ketika memori menjadi menarik, karena memori Anda terdistorsi dengan pemikiran Anda pada masa sekarang. Dengan kata lain, suatu kejadian yang dahulu tidak memberikan makna, dengan pemikiran yang berbeda akan memberikan tujuan yang berbeda. Walaupun kebiasaan terbentuk pada masa dewasa, jika tidak digantikan dengan kebiasaan yang baik, akan tetap mempunyai dampak secara tidak sadar.

Selamat Tinggal Kebiasaan Suka Menunda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Selamat Tinggal Kebiasaan Suka Menunda]

 

Seseorang dapat mengubah cara berpikir mereka dengan secara otomatis memberikan saran pada pikiran mereka untuk menginginkan atau melatih sesuatu seperti kebiasaan mereka (auto suggestion). Auto suggestion adalah suatu pikiran secara sadar yang dikirimkan pada alam bawah sadar dan jika dilakukan secara terus menerus akan mampu membangun suatu kebiasaan yang baru.

 

Cara 3: Kebiasaan tidak dapat diubah, melainkan tergantikan

Agar tidak ada konflik di dalam diri Anda, Anda harus mengetahui bahwa jika Anda ingin beradaptasi untuk berubah, Anda harus menyadari bahwa suatu kebiasaan tidak mungkin hilang, tetapi tergantikan dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Tentunya tidak mudah mengganti suatu kebiasaan, bahkan pikiran dan tubuh Anda pun akan menyadari hal tersebut.

Banyak yang percaya bahwa kebiasaan buruk timbul dari stres yang berlebihan atau kebosanan. Dua faktor ini berhubungan langsung dengan tubuh dan pikiran Anda dan dapat menjadi hambatan Anda untuk berubah. Dikarenakan hambatan alami yang datang dari diri Anda sendiri, 98% orang akan berusaha untuk menolak perubahan tersebut.

5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Segera Ditinggalkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Ditinggalkan]

 

Cara 4: Cari substitusi untuk kebiasaan buruk Anda

Karena Anda telah mengetahui alasan kebiasaan buruk Anda muncul, Anda harus mencari cara untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menangani kedua hal tersebut. Carilah substitusi pengatasan masalah tersebut, misalnya dengan olahraga, latihan pernapasan atau bersih-bersih rumah. Apapun itu sebaiknya Anda mempunyai rencana atas apa yang akan Anda lakukan selain kebiasaan buruk tersebut.

Mencari substitusi akan lebih mudah jika Anda mengeliminasi hal yang memicu Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut. Misalnya Anda mempunyai kebiasaan buruk untuk terus makan camilan pada saat Anda di rumah, maka cara untuk menghilangkan pemicu adalah dengan membuang seluruh camilan yang Anda miliki. Bantu diri Anda untuk mengganti kebiasaan buruk dengan mudah dengan menghindari segala sesuatu yang menyebabkannya.

7 Kebiasaan Manusia yang Efektif - Membuat Prioritas  - Finansialku

[Baca Juga: 7 Kebiasaan Manusia yang Efektif]

 

Waktu adalah Kuncinya

Setelah mengerti 4 poin di atas, mungkin sedikit demi sedikit Anda sadar, bahwa tidak mudah mengubah kebiasaan buruk seseorang. Tantangannya juga terdapat pada mengubah kebiasaan buruk Anda yang sudah ada sejak lama dan keengganan seseorang untuk berubah yang timbul dari dalam dirinya sendiri. Oleh karena itu, melatih kebiasaan yang baru membutuhkan waktu untuk adaptasi dan menciptakan kebiasaan baru tersebut. Tidak benar bahwa seorang manusia tidak mampu berubah, dan jika Anda sadar akan hal ini, Anda akan tahu bahwa mengubah kebiasaan buruk adalah hal yang cukup mudah dilakukan.

 

Menurut Anda, apakah kebiasaan buruk dapat diubah? Hal apa yang sulit untuk dilakukan dalam mengubah kebiasaan? Silakan bagikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan untuk Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • James Clear. How to Break a Bad Habit and Replace It With a Good One. https://goo.gl/XFkUwM
  • Kyle Colley. The Psychology of A Habit And How You Change Them. https://goo.gl/5XOGE2

 

Sumber Gambar:

  • Asian Men Worry – https://goo.gl/k7QpXt

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang