Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam menentukan rencana keuangan dan berakhir gagal? Yuk ketahui cara merencanakan keuangan ala orang sukses!

Jika Anda merasa kesulitan untuk fokus merencanakan keuangan Anda atau bahkan merasa bahwa rencana yang Anda buat tidak sesuai dengan harapan Anda, maka Anda dapat mengikuti tips sukses merencanakan keuangan dari beberapa investor sukses berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Cerita Anda Sama Dengan Komik Ini?

Komik ini menceritakan seorang pasangan suami istri (pasutri) muda yang mulai menetapkan tujuan dan rencana kehidupan yang baru, di mana sekarang mereka memiliki tanggung jawab bersama, bukan lagi tanggung jawab masing-masing.

Sang suami sebagai kepala keluarga mulai melek akan pentingnya merencanakan keuangan dan berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan keluarga kecilnya.

Tapi, ketika sang istri menjelaskan bahwa investasi itu penting dan harus difokuskan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan rencana, sang suami malah kehilangan fokusnya.

Saya yakin, kejadian seperti ini bukan hanya di dalam komik saja. Pasti banyak pasutri baik yang baru menikah atau bahkan yang sudah lama menikah mengalami hal yang sama, yaitu tidak fokus dalam merencanakan keuangan.

Setelah menikah, para pasutri tentu mulai menyusun rencana kehidupan yang lebih besar daripada sebelum menikah. Tetapi banyak yang masih bingung bagaimana caranya mencapai tujuan tersebut.

Terkadang, mereka hanya mengandalkan gaji atau mungkin dengan pinjaman atau bahkan hanya menabungnya di bank. Memang tidak salah, tetapi jika caranya tidak tepat, bisa-bisa Anda tidak mencapai tujuan kehidupan tepat pada waktunya.

Biasanya, apa saja sih tujuan hidup pasangan yang baru menikah? Tak sedikit yang mempersiapkan dana untuk membeli rumah bagi keluarga kecil mereka.

Lalu selain rumah, ada beberapa pasangan yang sudah merencanakan dana pendidikan untuk buah hati mereka kelak.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Memang, dana pendidikan perlu disiapkan sejak dini. Dengan merencanakan sedini mungkin, Anda tidak akan keteteran dalam mencapainya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda dan pasangan memiliki tujuan yang serupa? Atau Anda bahkan sudah mulai mempersiapkan dana pensiun?

Jika Anda sudah menyiapkan dana pensiun anda bersama pasangan, berarti Anda sudah mengerti seni dari merencanakan keuangan.

Lalu, bagaimana dengan rencana yang telah Anda buat? Apakah sudah jalan seperti yang Anda harapkan? Atau Anda masih merasa kesulitan dalam merencanakannya?

Jika Anda masih kesulitan dalam mencapainya, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Finansialku.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengelola keuangan Anda dengan membuat anggaran bulanan, mencatat keuangan, dan membuat rencana keuangan.

Anda bisa mengetahui berapa uang yang harus Anda alokasikan tiap bulan untuk beli rumah, merencanakan dana pendidikan, bahkan merencanakan dana pensiun Anda.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bagaimana cara menggunakannya? Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan ini.

Jika Anda sudah memiliki rencana keuangan dan Anda ingin mengetahui seperti apa kondisi keuangan Anda saat ini, Anda bisa cek kesehatan keuangan Anda dengan mengklik tautan berikut ini.

Nah, apakah Anda ingin mengetahui saran dari para investor dan pengusaha terkenal dalam mencapai tujuan keuangannya dan juga tujuan hidupnya?

Mari kita simak apa yang dituturkan para investor dan pengusaha di bawah ini:

 

Tips Merencanakan Keuangan dari Orang Sukses

Kali ini kita akan meneladani tips perencanaan keuangan dari tiga tokoh, yakni Warren Buffett, Jack Ma, dan Carlos Slim.

Jika Anda sering membaca mengenai tips tentang saham, Anda pasti sering mendengar Warren Buffet.

Jika Anda suka mencari barang online dari Tiongkok, Anda pasti sudah mengetahui siapa pemilik dari Alibaba, e-commerce terbesar di Tiongkok bahkan dunia.

Anda pasti masih asing mendengar nama Carlos Slim, ya? Sebenarnya siapa sih Carlos Slim itu? Jika Anda penasaran, mari kita simak apa saja wejangan atau tips merencanakan keuangan dari 3 investor dan pengusaha tersebut!

 

Warren Buffett

Warren Buffett adalah seorang tokoh bisnis, motivator, dan juga seorang filantropis yang menjabat sebagai ketua dan CEO Berkshire Hathaway.

Saat ini, Buffett juga dianggap sebagai salah satu investor paling sukses di dunia.

Pelajaran Cara Hidup Sederhana dari Warren Buffet - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Warren Buffett, Investor Terkaya di Dunia]

 

Salah satu tips untuk merencanakan keuangan yang dikatakan oleh Buffett adalah:

Only buy something that you’d be perfectly happy to hold if the market shut down for 10 years.”

“Belilah sesuatu yang akan membuat kamu sangat senang untuk menyimpannya jika pasarnya tutup untuk 10 tahun.”

 

Dari wejangan yang diberikan oleh Warren Buffett dapat disimpulkan bahwa kita harus membeli barang yang akan memberikan keuntungan di masa depan, bukan barang berdasarkan keinginan saja.

Faktor yang sangat penting dalam merencanakan keuangan adalah kemampuan untuk menahan diri agar bisa menggunakan uang untuk kebutuhan bukannya untuk keinginan semata.

Memang benar sifat dari keinginan tidak ada habisnya, sedangkan sifat dari kebutuhan adalah yang wajib untuk dipenuhi. Tetapi kebanyakan orang tergiur dengan keinginan yang besar.

Dengan keinginan kita yang besar, tidak jarang kita merasa pendapatan kita selalu kurang.

Untuk itu, Warren Buffet pun membocorkan rahasia bagaimana caranya ia mengontrol keinginannya.

Ia mengatakan bahwa jangan menabung sisa uang setelah Anda memakainya untuk keperluan sehari-hari, tapi gunakanlah uang yang tersisa setelah Anda menabung.

Artinya, setelah mendapatkan gaji, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengalokasikan uang tersebut untuk ditabung.

Kemudian, gunakan sisa uangnya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Bukan kebalikannya.

Sepak Terjang Mata Uang Digital di Mata Warren Buffett 02 Finansialku

[Baca Juga: Mulai Main Saham Untuk Pelajar dan Mahasiswa? Dengerin Nasihat Warren Buffett, Investor Saham Tersukses Di Dunia]

 

Buffett pun mengatakan bahwa siapa saja bisa mengatur keuangan seperti yang ia lakukan. Menabung sudah menjadi kebiasaan yang selalu dimiliki.

Menurut Buffet, kesalahan terbesar pada kebanyakan orang adalah tidak belajar menabung dengan baik sejak dini.

Untuk itu, mulai saat ini, alokasikan uang yang Anda miliki untuk ditabung atau diinvestasikan, lalu gunakan sisa uang setelah ditabung untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Sudah siap mempraktikannya? Jika sudah, Anda sudah siap untuk mendengar tips sukses merencanakan keuangan berikutnya!

 

Jack Ma

Jika Anda sudah menonton closing Asian Games 2018 kemarin, Anda pasti sudah tahu siapa tokoh ini. Jack Ma merupakan seorang pebisnis, investor dan juga filantropis.

Jack Ma adalah co-founder dan executive chairman dari Grup Alibaba, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang teknologi.

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Jack Ma Untuk Meraih Keberhasilan]

 

Berikut adalah kata-kata bijak Jack Ma yang dapat Anda teladani:

Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine.”

“Jangan pernah menyerah. Hari ini sulit, besok akan lebih sulit, tetapi lusa akan menjadi lebih baik.”

 

Apa yang dikatakan Jack Ma ini memberikan semangat untuk Anda yang sedang kesulitan merencanakan keuangan.

Prinsip dari merencanakan keuangan oleh Jack Ma adalah kemampuan untuk berpikir panjang ke depan.

Anda dituntut agar membuat rencana untuk masa depan, meskipun sulit, Anda akan menikmati hasilnya dengan senyuman.

Anda pasti sudah tahu bagaimana Alibaba bisa menjadi begitu terkenal, terlebih lagi sekarang banyak orang yang memilih Alibaba sebagai online marketplace.

Kesuksesan yang diraih oleh Jack Ma dalam membangun dan mengembangkan Alibaba ini tidak lepas dari pemikiran Jack Ma terhadap masa depan. Ia telah memimpikannya sejak 15 tahun yang lalu.

Dengan berpikir jauh ke depan, Jack Ma bisa merencanakan hidupnya. Ia tidak memakai uangnya untuk keperluan hari ini tetapi Jack Ma memanfaatkannya untuk keperluannya di masa depan.

Kata-kata Mutiara Jack Ma Untuk Meraih Keberhasilan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliar]

 

Apakah Anda sudah memiliki tujuan untuk masa depan Anda? Buatlah tujuan yang spesifik, apakah Anda memiliki rumah, jenisnya seperti apa? Apa warna cat dindingnya? Ada berapa lantai? Di mana lokasinya? Jika sudah tahu tujuan Anda, maka Anda sudah siap untuk merencanakannya.

Setelah mendapat inspirasi dari Jack Ma, sekarang Anda sudah siap untuk mengetahui tips sukses merencanakan keuangan dari pengusaha selanjutnya!

 

Carlos Slim

Mungkin Anda masih asing dengan nama Carlos Slim dibandingkan dengan 2 tokoh yang telah dijelaskan sebelumnya.

Carlos Slim Helu adalah seorang pebisnis asal Meksiko, engineer, investor, dan juga filantropis.

Carlos Slim adalah seorang CEO dari Telmex, Marica Movil, dan Grupo Carso yang menjadikannya orang terkaya pada tahun 2010-2013. Ia sekarang menjadi orang terkaya ketujuh di dunia.

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim]

 

Berikut adalah kata-kata bijak Carlos Slim yang dapat Anda teladani:

Profitability is coming from productivity, efficiency, management, austerity and the way to manage the business.

“Keuntungan didapatkan dari produktivitas, efisiensi, manajemen, penghematan dan cara untuk mengelola sebuah bisnis.”

 

Dari apa yang dikatakan Carlos Slim, Anda bisa mendapat keuntungan dengan menaikkan tingkat produktivitas Anda dalam bekerja.

Dan tak lupa, Anda pun bisa meningkatkan produktivitas keuangan Anda dengan menaruhnya ke beberapa instrumen investasi.

Cobalah berinvestasi reksa dana jika Anda menginginkan imbal hasil yang lebih besar daripada menabung di bank dan bisa dimulai dengan nominal yang kecil yaitu Rp100.000.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi reksa dana dan ingin belajar lebih banyak mengenai investasi ini, silakan download ebook gratis investasi reksa dana untuk pemula di bawah ini:

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Anda juga harus mengetahui cara mana yang paling efisien untuk rencana Anda, jangan memilih sebuah cara yang tidak dapat menguntungkan Anda.

Selain itu, dengan manajemen keuangan yang baik, Anda juga dapat mencapai tujuan keuangan Anda.

Jika Anda memerlukan penghematan, maka lakukanlah! Tidak usah malu menurunkan gaya hidup Anda, fokuslah untuk mencapai tujuan Anda.

Jika Anda memiliki bisnis, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara mengelola bisnis Anda agar Anda mendapatkan keuntungan.

 

Fokuslah Dalam Merencanakan Keuangan Anda

Anda sudah mengetahui bagaimana tips orang sukses dalam merencanakan keuangannya. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus dalam merencanakan keuangan Anda.

Jika tips tersebut cocok untuk Anda, maka lakukanlah! Jika Anda masih ingin belajar lebih banyak tentang perencanaan keuangan. Silakan download ebook perencanaan keuangan untuk usia 30 an di bawah ini:

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana merencanakan keuangan seperti orang orang yang sukses.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana merencanakan keuangan seperti orang sukses. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi. Dbs.com https://goo.gl/eAZ2XB