Bagaimana tips cari kost idaman untuk para mahasiswa baru? Yuk simak ulasannya pada artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lakukan 5 Tips Cari Kost Ini untuk Para Maba

Cari kost bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan sebab tak semua kost yang ditawarkan sesuai dengan kepribadian dan karakter masing-masing sehingga tidak semua nyaman.

Umumnya masyarakat Indonesia menyewa kost saat berada di perantauan, saat jauh dari orangtua, saat bekerja di luar kota termasuk juga saat kuliah di universitas yang jauh dari tempat tinggalnya.

Agar bisa dengan mudah datang ke kampus, menghemat biaya diperlukan, berikut ada 5 tips yang bisa diikuti saat memilih kost.

 

#1 Lakukan Survei

Umumnya, mahasiswa baru belum sepenuhnya tahu mengenai kisaran harga kost yang berada di dekat kampus atau di daerah yang dituju sehingga perlu lakukan survei sebab harga kost bervariasi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumah Kost Minim Dana yang Mudah Dipraktikkan 01 Sewa Kamar - Finansialku

[Baca Juga: Bagi Para Juragan Indekos, Simak Tips Dapatkan Uang Lebih Dari Kost-Kostan]

 

Tentunya, kost dengan harga terjangkau cepat penuh karena kost ini menjadi pilihan banyak orang.

Agar tidak kehabisan dan tidak mendapat kost harga terjangkau, maka siapkan jauh-jauh hari untuk mencari dan menemukan kost harga terjangkau yang sesuai keinginan.

 

#2 Utamakan yang Bisa Disewa Bulanan

Kost yang disewakan terbagi dua, yaitu ada yang disewa per bulan dan ada juga yang disewa per tahun. Lebih baik pilih yang sewa per bulan sebab jika nanti sudah tidak betah lagi, kamu bisa mencari kost yang lain.

Susah sekali mendapatkan kost dengan harga terjangkau yang benar-benar nyaman sesuai ekspektasi.

Jika kamu memilih pembayaran sewa per tahun, maka jika tidak betah, sabar-sabar aja dulu sampai jangka waktu setahun untuk bisa pindah ke kost yang baru.

Apabila sistem pembayaran bulanan sudah tidak ada, setidaknya jangan ambil yang bayar per tahun. Untuk cari kost, sebaiknya pilihlah pembayaran per semester agar lebih hemat.

Mau Berinvestasi Coba Tengok Dulu Cara Menilai Rumah Kost yang Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Pencari Kost Murah yang COCOK Untuk Mahasiswa]

 

#3 Lokasi yang Strategis

Utamakan pilih kost di lokasi yang strategis, maksudnya yang jaraknya bisa berjalan kaki ke kampus, dekat dengan fasilitas kendaraan umum seperti halte serta dekat dengan tempat jual makanan baik itu swalayan, café ataupun toko yang lainnya.

Khususnya bagi mahasiswa yang belum memiliki kendaraan, maka memilih lokasi kost strategis sangat penting dilakukan.

Selain itu, jika bisa berjalan kaki ke kampus dan tempat terdekat maka lebih menghemat biaya transportasi.

Sangat banyak kost yang jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Bagi mahasiswa yang tidak membawa kendaraan, sangat direkomendasikan untuk memilih jenis kost ini. Apalagi, dengan tidak membawa kendaraan juga akan lebih mudah bagi penghuni untuk menghemat biaya tempat parkir kost.

 

#4 Tanyakan Fasilitas Kost

Saat cari kost dan bertemu langsung dengan pemilik kost, tanyakan saja semua hal yang ingin kamu ketahui. Misalnya, perabotan apa saja atau furniture apa saja yang sudah tersedia di kos tersebut.

Jangan lupa juga mengecek bagaimana kondisi kamar mandinya, lihat olehmu secara langsung. Tanya ukuran kamarnya, bagaimana airnya, apakah jernih atau tidak.

Kemudian, bagaimana sistem pembayaran tagihan listrik, apakah dibayar sendiri oleh anak kost atau pemilik kost menagih sendiri. Jangan lupa tanyakan juga biaya listriknya.

Sebelum Membangun, Pelajari Dulu Tips Membuat Rumah Kos Nyaman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

Jangan malu untuk bertanya tentang berbagai hal lain yang ingin kamu ketahui kepada pemilik kost sehingga semuanya jelas.

Fasilitas yang sebaiknya ada adalah wifi. Karena sebagai mahasiswa pasti membutuhkan internet untuk mencari data tugas kuliah.

 

#5 Aplikasi Mencari Kost

Jika tidak sempat berkeliling mencari kost langsung atau jika semua kost yang ada disekitar lokasi sudah penuh, maka gunakan saja aplikasi pencari kost.

Kemajuan teknologi saat ini cukup memudahkan kegiatan manusia. Mahasiswa harus bisa menggunakan teknologi dengan baik.

Sudah banyak aplikasi untuk mencari kost. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat ios dan android, jadi sangat memudahkan bagi siapa saja yang malas melakukan survei.

Biaya untuk kost tidak murah, apalagi kamu tinggal di kost dalam waktu yang lama. Untuk mempersiapkan dananya, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku (gunakan fitur: Rencana Keuangan). Coba cek video berikut ini:

 

Kamu juga bisa membaca ebook GRATIS dari Finansialku yang tentunya akan bermanfaat untuk mengatur dan merencanakan keuangan kamu.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Pastikan Selektif Memilih Tempat Kost

Nah, inilah 5 tips yang bisa diterapkan oleh mahasiswa baru untuk pertama kalinya cari kost. Jangan lupa pilih kost dengan teliti dan jangan sembarangan, Selamat mencoba!

 

Apakah tips di atas dapat membantu? Jika ya, jangan lupa bagikan informasi tersebut kepada para mahasiswa baru, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 19 Juli 2017. Pertama Kali Ngekost? Baca 5 Tips Cari Kos-Kosan Ini Biar Gak Salah Pilih Kost! Mamikos.com – https://bit.ly/356WE4z

 

Sumber Gambar:

  • Cari Kost Idaman – https://bit.ly/2t3V3hZ