Kini, Anda dapat melakukan cek keberangkatan Haji melalui smartphone Anda dengan cara yang sederhana dan mudah.

Apakah Anda sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti Ibadah Haji? Jika sudah, apakah Anda masih belum mengetahui tanggal keberangkatan haji Anda? Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek keberangkatan haji dengan mudah.

Pada artikel ini, Finansialku akan berbagi tentang cara cek keberangkatan haji Anda hanya dengan menggunakan smartphone. Kalau sudah penasaran, yuk lanjut baca sampai habis ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Harus Cek Keberangkatan Haji?

Sebagai rukun Islam kelima, Ibadah Haji atau Umrah merupakan impian setiap Muslim di dunia, termasuk Indonesia.

Dari tahun ke tahun, banyak orang Indonesia yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Ibadah Haji. Setidaknya, sekali dalam seumur hidup, mereka bisa menginjakkan kakinya di Tanah Suci.

Namun, mereka yang sudah mendaftar tentu tidak bisa berangkat dalam waktu dekat. Hal ini karena kuota haji dibatasi oleh Pemerintah Arab Saudi setiap tahun.

Cara Mudah Cek Keberangkatan Haji Dari Smartphone Anda 02

[Baca Juga: Investasi Dana Haji Halal Asalkan Memenuhi 6 Prinsip Ini]

 

Mereka kadang perlu menunggu bertahun-tahun setelah mendapatkan nomor porsi haji untuk berangkat ke Mekkah, bahkan ada yang lebih dari 20 tahun. 

Pada tahun 2019 ini, Pemerintah Arab Saudi menetapkan kuota haji untuk Indonesia sebesar 231 ribu. Dari angka tersebut, 214 ribu di antaranya adalah haji regular dan sisanya 17 ribu adalah haji khusus.

Meskipun begitu, dari kuota 231 ribu tersebut, ternyata ada 524 kuota haji yang tidak terserap. Hal ini tentu sangat disayangkan, melihat banyaknya orang yang mengantre bertahun-tahun untuk pergi ke tanah suci.

Oleh karena itu, Anda harus cek keberangkatan haji Anda secara rutin. Mengapa? Karena tahun keberangkatan pendaftar haji bisa saja berubah-ubah akibat berbagai hal.

Misalnya, ada pendaftar haji yang meninggal sebelum berangkat, ada yang sakit atau hamil pada saat keberangkatan, dan kuota haji yang dikurangi karena adanya renovasi Masjidil Haram.

Pengecekan perkiraan tanggal keberangkatan haji juga diperlukan untuk mempersiapkan berbagai hal.

Hal-hal tersebut meliputi biaya pelunasan BPIH, persiapan kondisi fisik dan kesehatan, persiapan perlengkapan, dan pemantapan ilmu manasik haji.

 

Cara Mudah Cek Keberangkatan Haji dengan Menggunakan Smartphone

Mengingat zaman ini merupakan era yang serba digital, mengecek tanggal keberangkatan haji pun tidak ribet lagi.

Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa mengetahui perkiraan kapan Anda akan berangkat ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Nah, bagaimana cara mudah cek keberangkatan haji dengan menggunakan smartphone? Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Menggunakan Aplikasi Cek Porsi Haji

Cara pertama untuk cek keberangkatan haji Anda adalah dengan menggunakan aplikasi Cek Porsi Haji. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui informasi porsi haji yang berasal dari Kementerian Agama RI dengan mudah.

Cek Keberangkatan Haji Melalui Situs Kementerian Agama RI

[Baca Juga: Ingin Haji dan Umroh? Begini 5 Cara Menabung yang Bisa Kamu Lakukan]

 

Untuk mulai menggunakan aplikasi Cek Porsi Haji, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan smartphone Anda terkoneksi dengan internet karena aplikasi ini memerlukan koneksi internet untuk bisa diakses.
  2. Download aplikasi Cek Porsi Haji di Google Play Store atau dengan klik link/tautan berikut ini: https://intip.in/cekporsihaji
  3. Setelah men-download aplikasinya, silakan buka aplikasi tersebut dan pilih menu Cek Porsi Haji.
  4. Masukkan Nomor Porsi Haji ke kolom yang sudah disediakan. Nomor Porsi Haji adalah nomor urut pendaftaran haji calon jemaah yang berjumlah 10 digit. Nomor ini didapatkan setelah Anda sudah menyetor dana awal sebesar 25 juta ke bank penerima setoran haji dan mendaftar di kantor Kementerian Agama setempat.
  5. Setelah memasukkan Nomor Porsi Haji, tinggal klik Submit.
  6. Informasi haji akan ditampilkan kepada Anda secara lengkap. Ada sejumlah informasi yang ditampilkan yaitu nama, tanggal estimasi keberangkatan, asal kota/kabupaten, jumlah kuota provinsi tempat Anda tinggal, dan posisi kuota pada provinsi.

Sangat mudah kan untuk mengetahui tanggal keberangkatan haji?

Oh iya, bagi Anda yang mendaftarkan diri melalui haji plus, Anda perlu meminta nomor porsi haji dulu dari jasa travel haji plus tempat Anda mendaftar. Nomor tersebut sangat penting karena merupakan bukti legal Anda sebagai calon jamaah yang terdaftar di Kementerian Agama RI.

 

#2 Melalui Situs Kementerian Agama RI

Selain melalui aplikasi Cek Porsi Haji yang bisa di-download di Google Play Store, Anda juga dapat cek keberangkatan haji Anda melalui situs Kementerian Agama RI.

Untuk memulainya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka situs pengecekan keberangkatan haji Kementerian Agama RI di link berikut ini: https://intip.in/kemenaghaji.
  2. Masukkan Nomor Porsi Haji ke dalam kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik tombol Cari.
  4. Semua informasi seputar keberangkatan haji Anda akan ditampilkan secara lengkap.

 

Itulah 2 cara mudah untuk cek keberangkatan haji Anda. Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa melihat informasi haji Anda dalam sekejap. Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan kejelasan tanggal keberangkatan ibadah haji Anda.

 

Tidak Bisa Mengecek Tanggal Keberangkatan Haji?

Ada saatnya ketika Anda ingin mengecek tanggal keberangkatan haji, sistem memunculkan error setelah Anda memasukkan Nomor Porsi Haji.

Hal ini bisa terjadi pada saat musim haji dan beberapa waktu setelahnya.

Karena setelah musim haji, Kementerian Agama akan melakukan perubahan nomor porsi haji terhadap calon jamaah selanjutnya yang akan berangkat ke tanah suci.

Jadi, jika Anda tidak bisa mengecek tanggal keberangkatan haji, cobalah untuk mengeceknya di lain hari.

 

Semua Umat Islam Bisa Berangkat ke Tanah Suci

Tidak ada kata “tidak” untuk tidak mampu berangkat ke Tanah Suci. Semua umat Islam bisa berangkat ke tanah suci. Tanah Suci adalah destinasi impian setiap Muslim di seluruh dunia, untuk menjalankan kewajiban rukun Islam kelima ini.

Meskipun harus sabar menunggu selama bertahun-tahun, tetap yakinlah bahwa suatu saat, Anda pasti bisa menginjakkan kaki Anda di Tanah Suci. Rutin mengecek tanggal keberangkatan haji bisa menghilangkan kerisauan Anda.

Cara Mudah Cek Keberangkatan Haji Dari Smartphone Anda 03

[Baca Juga: 5+ Tips Menabung untuk Ibadah Haji Bagi Para Milenial]

 

Anda juga bisa merencanakan perjalanan Anda ke Tanah Suci dengan Finansialku. Memang biaya yang dibutuhkan untuk pergi cukup tinggi, namun, jika Anda melakukan perencanaan dengan baik, semua bisa terwujud.

Anda dapat menggunakan fitur Rencana Keuangan Dana Perjalanan Umrah di aplikasi Finansialku yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store atau bergabung dengan klik banner di bawah ini.

Jika Anda memiliki masalah keuangan, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Bersertifikat di Finansialku dengan berlangganan mode PREMIUM.

Gunakan kode promo POTONG50RIBU untuk investasi akun PREMIUM lebih hemat.

 

Nah, setelah Anda membaca artikel ini, Anda menjadi tidak khawatir lagi karena sudah bisa cek keberangkatan haji dengan mudah.

Apakah Anda memiliki teman-teman yang sudah mendaftar ibadah haji? Mereka tentunya juga ingin mengetahui perkiraan tanggal keberangkatan haji mereka.

Jadi, untuk menghilangkan kerisauan mereka akan kejelasan tanggal keberangkatan haji ini, pastikan Anda membagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman Anda ya!

 

Sumber Referensi:

  • Ditya Pandu Akhmadi. 15 April 2019. Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android. Tirto.id – https://intip.in/mAHX
  • Admin. 19 Februari 2013. Cara Mengecek Nomor Porsi Haji Estimasi Tahun Keberangkatan. Daftarhajiumroh.com – https://intip.in/sLcE
  • Ardhi Suryadhi. 07 Agustus 2019. 524 Kuota Haji Indonesia Tak Terserap di 2019. Detik.com – https://intip.in/DwAJ

 

Sumber Gambar:

  • Cek Keberangkatan Haji 01 – http://bit.ly/2pxW7sE
  • Cek Keberangkatan Haji 02 – http://bit.ly/2oFhaZX
  • Cek Keberangkatan Haji 03 – http://bit.ly/2o4mOEX