Sudah lama jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tapi tahukah Anda cara cek saldo BPJSTK? Yuk cek saldonya melalui akses berikut ini.

Simak artikel Finansialku mengenai BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Punya BPJSTK

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan fasilitas dan manfaat yang akan diterima oleh para pekerja Indonesia.

Setiap bulannya, para tenaga kerja akan menyetor sebagian kecil dari dananya yang diperuntukkan untuk fasilitas BPJS Ketenagakerjaan.

Karena setiap fasilitas BPJS Ketenagakerjaan tersebut sangat bermanfaat bagi para pekerja, diimbau bagi setiap pesertanya untuk tidak melewatkan iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Waspada!!! Ketahui Ciri Aplikasi BPJSTK Asli Supaya Aman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Program, Cara, dan Syarat Daftar BPJS Ketenagakerjaan]

 

Pemerintah telah mewajibkan seluruh pekerja di Indonesia, baik yang di bawah institusi atau lembaga dan juga yang bergerak sendiri seperti wirausaha – semuanya diwajibkan untuk dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

Kewajiban ini sudah diatur dalam Undang-undang Proteksi Jaminan Ketenagakerjaan.

Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan perlu diwajibkan membayar iuran sebesar 5,7% dari total penghasilannya per bulan, dan besarnya iuran ini ditanggung oleh pihak pemberi kerja dan juga pekerja yang bersangkutan.

Dalam pembagiannya, pekerja akan menanggung sebesar 3,7% sedangkan perusahaan pemberi kerja akan menanggung sisanya, yaitu 2%.

Iuran yang dibayarkan setiap bulannya itu akan dikelola dan dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kelak, para peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan manfaat dari iuran yang mereka bayarkan setiap bulannya, yaitu berupa akumulasi saldo Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat dicairkan pada periode tertentu sesuai aturan yang telah dibuat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain dana pensiun di hari tua, peserta juga akan menerima manfaat lain seperti dana jaminan pengobatan penuh apabila terjadi kecelakaan saat melakukan pekerjaan.

 

Cek Saldo BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan)

Berbicara mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan, tentu Anda sebagai peserta bertanya-tanya, berapa jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda setelah sekian lama membayarkan iuran.

Berikut ini berbagai cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

 

#1 Cek Saldo BPJSTK via SMS

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah via SMS, tapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah teregistrasi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki nomor ID yang berlaku.

Sekadar informasi, layanan ini baru bisa digunakan oleh pelanggan pelanggan Telkomsel, Indosat, dan XL. Begini caranya:

  • Masuk ke menu SMS, buat pesan baru.
  • Ketik SALDO[spasi]Nomor Peserta. Kirim ke 2757. Nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah 12 digit nomor yang tertera pada kartu BPJS Anda atau yang diberikan saat pendaftaran.
  • Contoh: SALDO 1602770808080. Kirim SMS ke 2757.
  • Anda akan dikenakan tarif SMS sebesar Rp165 untuk setiap SMS yang dikirim. Balas dengan “OK” apabila setuju.
  • Tunggu beberapa detik, kemudian Anda akan menerima balasan otomatis dari operator yang berisi informasi total saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

 

Tidak hanya mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga dapat mengganti nomor hape dan PIN akun BPJS Ketenagakerjaan melalui fitur ini layanan SMS ini.

 

#2 Cek Saldo BPJSTK via Aplikasi BPJSTKU

Gunakan smartphone Anda untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTKU melalui Google Play Store dan Appstore ikuti petunjuk cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini:

  • Buka Google Play Store atau Appstore, lalu ketik “BPJSTKU“.
  • Kemudian, download
  • Buka aplikasi lalu login dengan menggunakan alamat email atau PIN yang Anda gunakan saat registrasi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Selesai login, Anda dapat melihat berbagai informasi seputar akun BPJS Ketenagakerjaan milik Anda termasuk rincian jumlah saldo.
  • Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki nomor ID.
  • Apabila belum memiliki username dan PIN untuk login, maka Anda bisa langsung pilih opsi “Buat Akun”.

 

 

#3 Cek Saldo BPJSTK via Situs Resmi BPJSTK

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa mengaksesnya melalui browser mobile. Dengan mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Pada tab browser Anda, ketik URL: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Kalau sudah punya akun, silakan login menggunakan user ID atau email yang didaftarkan beserta PIN. Kemudian, masukkan kode pengaman atau captcha untuk verifikasi login.
  • Kalau belum punya akun, pilih opsi “Buat Akun“.
  • Kemudian, isi formulir yang tersedia mulai dari nomor peserta, nama lengkap, tanggal lahir, nomor E-KTP, nama ibu kandung, nomor hp, alamat email, dan kode keamanan.
  • Centang/klik kotak tanda setuju dengan persyaratan yang berlaku, lalu klik “SUBMIT DATA“.
  • Tunggu email atau SMS konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk aktivasi akun.
  • Apabila sudah menerima email atau SMS, masukkan kode aktivasi pada menu yang tersedia agar akun Anda langsung dapat digunakan.
  • Setelah berhasil login, Anda bisa langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau JHT pada menu yang tersedia.

 

#4 Cek Saldo BPJSTK via ATM BNI

Bagi Anda nasabah Bank BNI, Anda diberikan kemudahan untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM.

Anda dapat pergi ke ATM BNI dan seperti biasa masukkan kartu dan PIN Anda, kemudian Anda dapat memilih opsi untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

 

#5 Cek Saldo BPJSTK via Kantor BPJS

Ini adalah cara konvensional namun tetap bisa dilakukan jika beberapa cara di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan ketika kondisi tertentu.

Anda dapat dengan mudah datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah Anda dan mengantre pada loket yang telah tersedia dengan membawa Kartu Anggota BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

 

Gampang bukan? Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tak perlu ambil pusing. Ikuti saja cara-cara dan langkah di atas. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan pada nomor 1500910 untuk informasi dan keluhan.

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Dimas Bimawan. 13 Mei 2019. Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Mudah. Sepulsa.com – https://bit.ly/2LGGhEj
  • Boby. 9 Desember 2018. Gini Lho Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Mudah dan Gak Ribet. Moneysmart.id – https://bit.ly/36t4Cp3