Apakah kamu adalah pelaku usaha yang ingin menggunakan Cash Management System (CMS) BRI untuk mengelola keuangan usaha?

Pada artikel kali ini, Finansialku akan mengulas panduan lengkap untuk kamu tentang cara menggunakan CMS BRI.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kenapa Harus Menggunakan CMS BRI?

Agar aktivitas kerja sebuah usaha bisa berjalan dengan lancar, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan keuangan usaha yang terorganisasi dan aman.

Tujuannya tentu saja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kebocoran keuangan dan telat membayar pajak atau gaji karyawan

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, pelaku usaha dapat menggunakan salah satu sistem yang bernama CMS (Cash Management System) dari BRI.

CMS BRI merupakan sistem pengelolaan dan transaksi keuangan yang mudah digunakan, terorganisasi, dan aman melalui internet. BRI pertama kali meluncurkan produk ini pada Oktober 2009.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh sistem yang diluncurkan oleh salah satu bank terbesar di Indonesia ini.

Sebut saja, transaksi otomatis dan real time, akses e-banking, gratis asuransi, sistem keamanan yang terjamin, dan fitur unggulan lainnya.

 

Panduan Lengkap Menggunakan CMS BRI

Registrasi penggunaan CMS BRI tidaklah ribet dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Untuk melakukan registrasi, kamu perlu download formulir-formulir yang dibutuhkan terlebih dahulu di link ini, kemudian lengkapi dan menyerahkannya ke kantor cabang BRI terdekat.

Setelah melakukan registrasi, kamu sudah bisa menggunakan CMS BRI dengan Corporate ID, User ID, dan Password yang sudah ditetapkan untuk login ke sistem.

Sebagai sistem yang menjamin keamanannya, CMS BRI dilengkapi dengan fitur User Access Matrix (UAM) dan Approval Verification Matrix (AVM).

Panduan Lengkap Cara Menggunakan CMS BRI Jika Kamu Belum Tahu 02

[Baca Juga: BRI Internet Banking: Cara Daftar, Aktivasi, dan Penggunaan IB BRI]

 

UAM berfungsi untuk mengatur pembatasan akses terhadap individu-individu yang menggunakan CMS BRI usaha kamu.

Di sisi lain, AVM mengatur proses persetujuan transaksi yang meliputi pembuat transaksi (maker), pelaku verifikasi transaksi (verifier), dan orang yang menyetujui transaksi (approver).

Selain fitur UAM dan AVM, CMS BRI juga memiliki fitur SMS Security System untuk meningkatkan lapis keamanannya.

Fitur ini dilengkapi dengan pengamanan standar yang meliputi User ID, Password, Secure Token, dan Pengamanan Definitif melalui UAM dan AVM.

Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan di CMS BRI ini, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Internal Fund Transfer

Dengan menggunakan CMS BRI, kamu bisa transfer uang ke sesama rekening BRI maupun BRI Virtual Account (BRIVA). Menariknya, pengiriman uang bisa dilakukan secara massal sehingga kamu akan menghemat banyak waktu.

 

#2 Eksternal Fund Transfer

Kamu juga bisa transfer uang ke rekening selain BRI, baik secara individu atau pun massal. Proses transaksinya juga bisa dilakukan melalui Kliring dan RTGS.

Transaksi dengan mata uang asing juga dapat dilakukan dengan counter rate maupun negotiated rate. Jika kamu ingin mengirim uang ke luar negeri, transaksinya dilakukan melalui jaringan SWIFT/Remittance.

 

#3 Pembayaran Gaji Massal (Payroll)

Jika usaha kamu memiliki banyak karyawan, pengiriman gaji yang dilakukan secara satuan tentu akan memakan waktu yang banyak.

Kabar baiknya, CMS BRI akan membantu kamu menghemat banyak waktu, dengan menghadirkan fitur Payroll.

Payroll membuat kamu bisa mengirim gaji ke rekening karyawan secara massal, hanya dalam sekali proses dan dengan keamanan yang terjamin.

Jadi, kamu bisa menggunakan fitur Payroll ini untuk menghindari keterlambatan dalam membayar gaji karyawan.

 

#4 Account Polling

Jika usaha kamu sudah lumayan besar, ada kalanya kamu membutuhkan beberapa rekening bank untuk usaha kamu. Misalnya saja, rekening bank untuk masing-masing divisi usaha kamu.

CMS BRI memiliki fitur Account Polling yang memungkinkan kamu untuk melakukan pemindahan dana secara terjadwal dan otomatis.

Dengan fitur ini juga, kamu bisa mengalokasikan dana dari satu rekening ke rekening lainnya yang memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan CMS BRI Jika Kamu Belum Tahu 03

[Baca Juga: Apakah Aman Menggunakan Virtual Account untuk Transaksi Reksa Dana?]

 

Dengan begitu, keuangan usaha kamu akan lebih terorganisasi dan mudah dievaluasi karena mutasi transaksi seluruh kebutuhan usaha kamu tidak tercampur di satu tempat.

Account polling juga berhubungan dengan pemisahan uang pribadi dan uang bisnis. Bagi kamu pelaku usaha yang masih pemula, alangkah baiknya kamu mulai memisahkan uang pribadi dan uang bisnis kamu ke dalam rekening yang berbeda.

Jadi, seandainya usaha kamu mengalami kerugian atau bahkan gulung tikar, uang pribadi kamu masih tetap aman alias tidak ikut habis akibat kerugian usaha.

Hanya uang bisnis yang habis sehingga kebutuhan pribadi kamu tetap bisa terpenuhi.

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Hal itu bisa dipelajari dengan cara download e-book Finansialku di bawah ini. Gratis lho!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Manajemen BRIVA (BRI Virtual Account)

BRI Virtual Account membuat usaha kamu dapat menjalankan transaksi jual-beli dengan mudah. Untuk memproses pembelian, customer kamu tinggal transfer dananya ke virtual account usaha kamu.

Setelah itu, verifikasi pembelian customer dapat dilakukan secara otomatis, tanpa harus kamu approve secara manual.

Nah, dengan CMS BRI ini, kamu dapat mengatur virtual account usaha kamu dengan mudah dan real time. Hal itu meliputi pembuatan, update, dan penghapusan rekening BRIVA.

 

#6 Pembayaran Tagihan & Pembelian

Kamu bisa menggunakan CMS BRI untuk melakukan berbagai macam pembayaran secara online. Ada pembayaran pajak, tagihan listrik, tagihan selular pasca-bayar, tagihan telepon, tagihan kartu kredit, tagihan BPJS, dan lain-lain.

Misalnya, kamu bisa membayar pajak secara online ke Kementerian Keuangan dan langsung mendapatkan bukti pembayarannya. Sangat praktis kan?

Daftar dan Aktivasi BRI Internet banking Anda! Begini Cara Sederhananya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membaca Laporan Keuangan Perusahaan]

 

Selain pembayaran tagihan, kamu sebagai pelaku usaha juga dapat membeli tiket pesawat maupun membeli produk-produk (delivery orders) dari perusahaan seperti Pupuk Indonesia Group, Pertamina, dan Semen Indonesia Group.

 

#7 Laporan Keuangan

Laporan keuangan usaha adalah hal yang sangat kamu perlukan untuk mengevaluasi kondisi keuangan usaha kamu.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan mendapatkan laporan keuangan usaha dalam bentuk elektronik, yaitu Microsoft Excel, Adobe Acrobat PDF, dan Microsoft Word.

Tentunya, laporan keuangan yang ditampilkan lebih mudah dipahami.

 

#8 Informasi Akun

Sama seperti rekening pada umumnya, CMS BRI dapat menampilkan ringkasan rekening seperti informasi saldo, mutasi rekening atau daftar transaksi yang dilakukan, serta informasi rekening deposito.

Nah, itulah panduan lengkap tentang cara menggunakan CMS BRI. Fitur-fiturnya yang banyak tentu akan mempermudah setiap aktivitas keuangan dari usaha kamu.

 

Pengelolaan Keuangan Usaha Sangat Penting

Baik untuk usaha besar maupun usaha yang masih kecil, pengelolaan keuangan usaha sangatlah penting. Mengingat keuangan adalah salah satu elemen terpenting dari sebuah usaha atau bisnis.

Dengan memiliki pengelolaan keuangan yang baik, arus kas (cash flow) usaha kamu akan lebih terjaga sehingga tidak akan terjadi kebocoran keuangan.

Manajemen SDM pun lebih terkendali seperti pengiriman gaji karyawan secara massal yang tepat waktu.

 

Nah, dengan membaca artikel ini, kamu sudah paham tentang cara menggunakan CMS BRI untuk mengelola keuangan usaha kamu dengan mudah dan efisien.

Mungkin di luar sana, masih banyak pelaku usaha yang masih awam tentang pengelolaan keuangan usaha mereka. Apalagi menggunakan sistem seperti CMS BRI.

Jadi, yuk bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu, baik yang sudah memiliki usaha maupun yang berencana untuk membuka usaha.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cash Management System. Bri.co.id – https://intip.in/N4On
  • Admin. Kendalikan Keuangan Perusahaan Anda dengan “Cash Management System BRI”. Nontunai.com – https://intip.in/81QG
  • Okebisnis. 14 Juni 2018. Panduan Lengkap Cara Cek Saldo CMS BRI Bagi Pemula. Okebisnis.net – https://intip.in/JZ4E

 

Sumber Gambar:

  • CMS BRI 01 – http://bit.ly/2mxmvli
  • CMS BRI 01 – http://bit.ly/2mxCEHs
  • CMS BRI 01 – http://bit.ly/2nYCQjf