Content writer adalah pekerjaan di mana seseorang membuat tulisan dengan memenuhi kaidah penulisan tertentu. Pekerjaan ini berdampak untuk banyak orang, terutama mereka yang berminat dengan dunia tulis-menulis.

Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Content Writer adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk memiliki kemampuan menulis.
  • Selain memiliki kemampuan menulis, terdapat beberapa kemampuan lainnya yang harus penulis konten miliki, salah satunya memahami SEO.

 

Menekuni Dunia Tulisan untuk Dapatkan Keuntungan

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus seseorang kuasai. Hal tersebut berguna untuk menyampaikan gagasan kepada orang lain. Bahkan, jika kita kembangkan dengan baik, kemampuan menulis bisa mendatangkan keuntungan.

Beberapa profesi yang bisa kita dapatkan dengan kemampuan menulis yang baik adalah novelis, cerpenis, penulis skenario film, dan penulis konten.

Seiring dengan erkembangan dunia digital, menjadi peluang tersendiri untuk pegiat literasi, termasuk kesempatan menjadi penulis konten.

Saat ini, pekerjaan yang juga bisa kita kenal sebagai penulis konten ini adalah salah satu profesi yang juga banyak perusahaan cari. 

Hal ini berangkat dari kesadaran perusahaan akan pentingnya konten berkualitas. Sebagai tindak lanjut, perusahaan merekrut praktisi untuk kebutuhan tersebut.

Nah, jika ingin menjadi penulis konten, ada baiknya kamu memahami seluk-beluk profesi satu ini. Silakan simak penjelasan berikut dengan saksama, ya!

 

Apa Itu Content Writer?

Hal pertama yang harus kamu ketahui dari profesi ini adalah pengertiannya. Secara sederhana, penulis konten atau content writer adalah penulis yang membuat konten tulisan dengan beragam topik untuk media online

Konten yang mereka produksi bisa berbentuk artikel blog, caption media sosial, atau jasa rangkai kata.

Penulis konten membuat tulisan dengan topik tertentu sesuai permintaan perusahaan. Di beberapa perusahaan, mereka juga bertanggung jawab atas jumlah pengunjung situs perusahaan.

Sebelum menulis, hal pertama yang penulis konten lakukan adalah melakukan riset kecil untuk memahami topik yang akan dia tulis. Cara ini bisa membantu mengarahkan tulisan agar lebih dalam.

[Baca Juga: Penulis Indonesia dengan Karya-karya Best Seller-nya]

 

Jenis-jenis Penulis Konten

Ranah kerja content writer adalah media online. Mereka bisa membuat banyak konten dalam sehari. 

Dengan banyaknya topik, maka biasanya mereka mau ke dalam kategori sesuai dengan keahliannya, di antaranya:

 

#1 SEO Content Writer

SEO Content writer adalah penulis konten yang membuat tulisan berdasarkan kaidah SEO (Search Engine Optimization). 

Dalam tulisan, mereka menyelipkan kata kunci yang SEO atur untuk meningkatkan tampilan artikel di pencarian. 

Penulis SEO adalah elemen penting dalam meningkatkan eksistensi perusahaan di dunia digital. Artikel yang ramah SEO sangat mungkin tampil di laman teratas pencarian Google. 

Harapannya, tampilan teratas ini meningkatkan kunjungan web. Selain itu, tampilan artikel di hasil teratas juga sering dianggap sebagai profesionalitas perusahaan.

Untuk mencari tahu informasi yang lebih dalam tentang bagaimana SEO bekerja pada sebuah website, kamu bisa mencari tahu informasi selengkapnya lewat artikel Finansialku ini Ingin Blog Anda Sukses? Ini Rahasianya!

 

#2 Jurnalistik

Jurnalistik juga masuk dalam kategori content writer, lho. Jurnalis saat ini juga tidak melulu menulis berita terkini, melainkan artikel feature atau hiburan. 

Penulis jenis ini bekerja di media, web online, atau portal berita. Perkembangan media dan cara baca masyarakat membuat profesi jurnalis ikut berkembang. 

Saat ini, mereka bahkan juga menulis untuk product placement di artikel.

 

#3 Generalist

Generalist content writer adalah mereka yang bertugas membuat konten tanpa permintaan tema, melainkan mengutamakan kuantitas. 

Biasanya, generalist membuat tulisan untuk menciptakan kesadaran sebuah merek. Generalist writer tetap bertanggung jawab dengan isi konten meskipun mereka bekerja tanpa brief topik.

 

#4 Technical Writer

Technical writer atau penulis teknis membutuhkan kemampuan menuliskan informasi kompleks ke dalam kalimat yang mudah masyarakat awam pahami. 

Untuk menjadi penulis teknis, seseorang perlu menguasai banyak kosakata, termasuk padanan kata. 

Salah satu pekerjaan utama technical writer sebagai content writer adalah menulis manual guide produk.

 

#5 Media Sosial

Kebanyakan brand sekarang menggunakan jasa penulis konten untuk memproduksi konten di media sosial. Mereka direkrut untuk meningkatkan keterlibatan audiens di tiap postingan.

Ciri khas content writer ini adalah up to date dan interaktif. Interaksi audiens yang tinggi juga membantu meningkatkan personal branding perusahaan.

[Baca Juga: Bagaimana Membuat Konten Tulisan yang Baik Meski Anda Bukan Penulis Andal]

 

Tugas Utama Content Writer

Jika ingin menjadi penulis konten, kamu harus memahami tugasnya. Ada beberapa tugas content writer yang harus mereka lakukan saat bekerja.

Beberapa tugas content writer adalah sebagai berikut:

 

#1 Membuat Konten

Tugas content writer adalah memproduksi tulisan sesuai dengan kemauan perusahaan. 

Di beberapa perusahaan, mereka juga bertanggung jawab untuk mengatur jadwal tayang.

 

#2 Melakukan Riset Mengenai Topik yang Dibahas

Sebelum menulis, content writer memerlukan riset agar tulisan lebih akurat. Riset yang kurang akan menimbulkan mispersepsi saat seseorang membacanya. 

Selain itu, riset juga membantu mereka melihat sisi lain topik yang penulis bahas.

 

#3 Memahami SEO

Jika kamu penulis konten SEO, memahami SEO adalah kewajiban. Tulisan yang ramah SEO memungkinkan artikel tampil di hasil teratas pencarian.

 

#4 Mengedukasi Pembaca

Sebagai produsen tulisan, salah satu tuntutan kerja penulis konten adalah mengedukasi pembacaTentu kita semua tahu, tingkat pemahaman tiap orang berbeda. 

Dari sana, keharusan membuat konten edukatif dengan bahasa sederhana harus penulis aplikasikan.

 

#5 Membuat Konten Mudah Ditemukan

Salah satu jobdesk penulis konten adalah membuat konten mudah pembaca temukan

Tujuannya, agar pengunjung website atau interaksi audiens di media sosial tinggi. Tugas ini dijalankan oleh content writer divisi marketing.

 

#6 Memahami Format Penulisan

Penulis konten perlu memahami format penulisan yang benar sesuai kaidah kebahasaan. Konten berbahasa Indonesia harus memenuhi PUEBI (Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia). 

Sebelum artikel terbit, mereka melakukan self-editing untuk memastikan kebenaran tanda baca dan ejaan.

 

#7 Menyelesaikan Tugas tepat Waktu

Penulis konten harus menyelesaikan tugas tepat waktu (sesuai deadline). Mereka akan bekerja sesuai jadwal yang perusahaan tentukan. 

Penulis konten mesti memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, pekerjaan mereka cukup hectic, mulai dari kegiatan riset, menulis, sampai mengedit tulisan.

[Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia, Minat?]

 

Skill yang Harus Seorang Content Writer Miliki

Skill yang harus seorang penulis konten miliki adalah sebagai berikut:

 

#1 Keahlian Menulis

Keahlian utama yang harus penulis konten miliki adalah menulis. Mereka harus memahami cara menulis dan memiliki pembendaharaan kata yang banyak. 

Selain itu, kemampuan storytelling juga perlu mereka miliki.

 

#2 Melek Teknologi

Penulis konten adalah pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat teknologi. Dengan begitu, penulis konten perlu menguasai perangkat teknologi. 

Mereka harus bisa memanfaatkan teknologi tertentu untuk mempermudah pekerjaan.

 

#3 Peka dengan Tren

Arus informasi di dunia maya sangat cepat. Dengan begitu, kepekaan terhadap tren sangat dibutuhkan. Sebagai penulis konten, seseorang harus rajin mengikuti tren terkini.

 

Bagaimana Jenjang Kariernya?

Saat ini belum ada jenjang karir pasti untuk content writer. Tetapi, ada beberapa kategori dalam profesi ini, yakni junior content writer, content writer, senior content writer, content strategist, sampai content director

Setiap proses akan berbeda untuk tiap perusahaan.

[Baca Juga: Strategi Professional Blogger Agar Kontennya Disukai Pembaca]

 

Yuk, Produktif Menulis!

Content writer adalah profesi yang populer belakangan ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writer untuk membangun branding

Jika kamu punya kemampuan menulis, ada baiknya mengembangkan kemampuan dan mencoba peruntungan di bidang ini. Baik yang sifatnya full time maupun freelance content writer.

Selain mulai produktif  menggeluti bidang ini, sebaiknya kamu juga sembari meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan sebagai seorang yang berpenghasilan.

Telebih jika statusnya freelance yang notabene penghasilannya pun tidak pasti. So, kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan baik dalam mengelola keuangan dengan membuat anggaran bulanan.

Supaya kamu lebih mudah mengontrol pengeluaran dan memastikan cash flow keuanganmu tetap aman. 

Kabar baiknya, saat ini kamu bisa menyusun anggaran secara lebih praktis di Aplikasi Finansialku.

Selain itu, kamu bisa manfaatkan fitur lainnya seperti pencatatan keuangan, membuat rencana keuangan, konsultasi bersama Perencana Keuangan Finansialku, sampai mengecek kondisi kesehatan keuanganmu, lho. Selamat mencoba, ya

 

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Nah, itulah pembahasan mengenai content writer. Bagaimana, apakah kamu tertarik terjun ke bidang ini? Share pendapatmu di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Hesti Retno Wahyuni

Sumber Referensi: 

  • Admin. 23 Juni 2021. 7 Tugas Utama Content Writer dan Sederet Skill yang Harus Dimiliki. Topkarir.com – https://bit.ly/3zYwum4
  • Chrissila Jessica. 11 Februari 2022. Gemar Menulis? Coba Kenali Karier Sebagai Content Writer. Glints.com – https://bit.ly/3tfd1tA
  • Putri Prima. 26 September 2022. Jadi Pekerjaan Idaman, Yuk Tahu Lebih Dalam Apa Itu Content Writer! Kitalulus.com – https://bit.ly/3ElQ4vm
  • Timotius. 09 April 2020. SEO Content Writer, Profesi Potensial Saat Ini. toffeedev.com – https://bit.ly/3UnkBy9