Salah satu bentuk inovasi di era industri 4.0 ini adalah ekonomi kreatif. Lantas, apa saja sih kegiatannya yang menghasilkan banyak cuan?

Jangan salah pilih, inilah ulasan lengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ekonomi Kreatif, Solusi Pengentasan Pengangguran Produktif

Ekonomi kreatif telah banyak dikenal di dunia industri saat ini. Ekonomi kreatif sendiri adalah pergerakan aktivitas perekonomian yang telah diinovasi dan dikreasikan sehingga lebih segar dan baru.

Mengutamakan intelektual dan kemampuan skill yang memadai, ekonomi kreatif telah banyak digarap oleh pegiat muda yang cinta akan kesuksesan dan memimpikan kekayaan.

 

Contoh Ekonomi Kreatif Bisa Menghasilkan Cuan Besar

Tak hanya khayalan, menciptakan kesuksesan melalui jalur ekonomi kreatif sudah menjadi hal yang terbukti berhasil di era modern ini. Berciri khas tak monoton pada aturan lama tentang berbisnis dan menggerakkan pemasukan.

Ekonomi kreatif terbuka pada kreator dan inovator yang berani mendobrak gagasan baru untuk menuju perekonomian yang lebih stabil bahkan menanjak naik. Berikut adalah contoh kegiatan ekonomi kreatif yang dijamin cuan besar.

 

#1 Kuliner

Lebih dari sekadar menyajikan makanan di meja dan menyantapnya, saat ini bisnis kuliner mampu mencakup hampir seluruh aspek kenyamanan yang dibutuhkan.

Selain kenyamanan perut yang aman dari rasa lapar, tempat kuliner banyak yang menyediakan suguhan view yang nyaman dipandang. Bahkan mampu membuat pengunjung berlama-lama dan kembali lagi ke restoran tersebut.

Contoh Ekonomi Kreatif yang Dijamin Cuan Besar! 01 - Finasialku

[Baca Juga: VPN Tarumanagara: Pengertian dan Cara Aman Menggunakan KlikBCA Bisnis]

 

#2 Fashion

Menjadi kebutuhan setiap insan, fashion selalu dikaitkan dalam banyak kepentingan. Baik kaum adam maupun kaum hawa, fashion selalu mendapat perhatian luar biasa. Mengoleksi lebih dari selemari pakaian adalah hal yang umum bagi para wanita.

Tak heran jika para artis juga telah banyak yang terjun ke dunia bisnis fashion karena memang menjanjikan dari segi ekonomi jangka panjang. Ditambah lagi dengan berbagai model yang seiring mengikuti zaman membuat penggila fashion senantiasa mengejarnya.

 

#3 Film dan Konten Kreator

Film memang telah populer bahkan di era 90-an, namun dengan ide kreatif dan pemikiran diluar batas oleh para inovator, film kini dibuat jauh lebih menarik dan lebih menjual.

Para konten kreator pun bermunculan karena memang industri ini menjanjikan perekonomian yang mampu melesat.

Banyak konten kreator yang sudah melejit dan mampu dijadikan contoh oleh para calon penggerak ekonomi kreatif. Dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan untuk mencapai sukses yang diharapkan.

Contoh Ekonomi Kreatif yang Dijamin Cuan Besar! 02 - Finasialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Sukses Memulai Usaha Agribisnis yang Patut Anda Coba]

 

#4 Advertisment

Menjangkau sebanyak mungkin pemirsa adalah tujuan dari dikeluarkannya iklan atau yang biasa disebut advertising.

Mampu mengolah iklan menjadi sesuatu yang menarik adalah keahlian yang sangat dibutuhkan saat ini. Baik iklan secara online melalui internet dan jaringan selular maupun secara cetak di media massa, poster dan baliho.

 

#5 Kosmetik dan Skin Care

Kosmetik dan skin care memang sudah sangat melekat dengan kaum wanita bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan cara tradisional dan tergolong ribet, wanita zaman sekarang akan condong mencari alternatif yang simpel dan mampu memberi hasil nyata.

Demi memenuhi banyaknya permintaan, berbisnis skin care menjadi solusi untuk memenuhinya. Semakin banyak wanita dan bahkan juga pria yang mulai sadar dan peduli untuk merawat diri.

 

#6 Fotografi

Keahlian fotografi kian maju seiring zaman, berbagai tips dan trik mampu memikat mata siapa saja.

Fotografi juga menjadi kemampuan yang banyak dibutuhkan untuk mengabadikan momen spesial atau istimewa. Ide-ide kreatif dalam mengambil gambar mampu menjadi penggerak usaha Anda maju.

Contoh Ekonomi Kreatif yang Dijamin Cuan Besar! 03 - Finasialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#7 Barang-Barang Bernilai Seni

Intensitas perhatian khalayak terhadap barang bernilai seni tak ubahnya sejak dulu. Kecintaan pada nilai-nilai unik nan estetik terus melambung.

Kreativitas para kolektor kerajinan bernilai artistik pun makin marak. Tak sebatas lingkup kecil, banyak juga seniman yang sudah menembus pasar luar negeri.

 

Yuk Coba Ide Ekonomi Kreatif Sesuai Passion Anda

Jika Anda merencanakan bisnis ekonomi kreatif, coba pertimbangan jenis ekonomi manakah yang paling sesuai dengan budget dan kemampuan Anda.

Meski tidak seluruhnya mengacu pada teori-teori lama. Namun ada baiknya Anda mempelajari dasar-dasar dalam memulai bisnis. Dan menggali pengalaman para penggagas ekonomi kreatif lainnya.

Cobalah meneliti apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar dan apa yang paling diminati. Ada baiknya juga Anda mencoba survei untuk mengetahui hal ini.

Asahlah kemampuan intelektual Anda dan mulailah dengan penuh keyakinan. Satu kesuksesan tidak bisa ditiru oleh semua orang, namun setiap orang pasti memiliki jalannya untuk mencapai sukses tersebut.

Tapi, jangan lupa untuk mengatur keuangan jika Anda ingin mengembangkan usaha bisnis di atas. Anda bisa konsultasi Bersama Perencana Keuangan lewat aplikasi Finansialku yang bisa Anda download di Playstore atau Appstore.

Selain beberapa ide bisnis di atas, ada juga ide bisnis yang lain. Simak video ini!

 

Apakah Anda sudah menemukan ide yang sesuai dengan karakter dan passion? Bagikan artikel ini pada sesama pemuda milenial juga ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arifin Saddoen. Ekonomi Kreatif: Pengertian, Jenis, Sektor, dan Perkembangannya. Moondoggiesmusic.com – https://bit.ly/3bEf2oh

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi Kreatif 1 – https://bit.ly/2xFVuRD
  • Ekonomi Kreatif 2 – https://bit.ly/341hFOh
  • Ekonomi Kreatif 3 – https://bit.ly/3dFdb4F