Menyusul status waspada penyebaran wabah virus corona di Singapura menjadi oranye, Kemenlu juga turut menaikkan travel warning jadi kuning!

Simak berita selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kemenlu Ubah Travel Warning Jadi Kuning

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengubah tingkat status kewaspadaan perjalanan (travel warning) ke Singapura menjadi warna kuning.

Hal ini menyusul perubahan status waspada yang juga sempat dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Singapura (MoH) menjadi warna oranye pada Jumat (07/02) lalu.

“Merespons perkembangan penyebaran virus corona baru (2019-nCOV) di Singapura, status tingkat kewaspadaan perjalanan ditingkatkan menjadi kuning.” Keterangan tersebut dihimpun dari laman news.detik.com yang juga mengutip langsung dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (10/02).

Sehubungan dengan perubahan tersebut, pihak Kemenlu mengimbau WNI yang sedang dan/atau akan bepergian ke Singapura untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai langkah pencegahan transmisi wabah virus corona.

Beberapa langkah pencegahan yang disarankan antara lain, menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari interaksi dengan keramaian.

Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona_ 01

[Baca Juga: Gawat! Virus Corona Status Oranye di Singapura! Apa Artinya?]

 

Melansir laman suara.com, Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengatakan kalau peningkatan status tersebut berkaitan dengan wabah virus corona di Singapura.

“Memang sampai saat sekarang status Singapura, kalau kami ikuti ada perubahan status di internal Singapura sendiri, statusnya jadi oranye. Karena di situ disebutkan ada peningkatan penularan dari virus itu sendiri.” Kata Teuku sebagaimana dikutip laman suara.com, Senin (10/02).

Mengenai hal ini, Teuku juga mengatakan kalau pihak KBRI di Singapura terus memberikan pendampingan terhadap WNI berkenaan dengan peningkatan status menjadi oranye tersebut.

“Pada intinya, KBRI kami di Singapura terus melakukan pendampingan memberikan komunikasi dan dengan memperhatikan status yang dikeluarkan oleh pemerintah Singapura. Harapannya kami selalu berada di depan dan komunikasi dengan masyarakat kita perkembangan kondisi di Singapura.” Tutur Teuku, dilansir dari laman yang sama.

Sampai saat ini, di Singapura sendiri, per Minggu (09/02) lalu sudah terdeteksi sebanyak empat puluh kasus.

Sementara di China, diketahui kasus kematian per hari ini, Selasa (11/02), sudah mencapai angka 1.000.

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Virus corona ternyata belum mau segera beranjak dari negara-negara yang sudah terjangkit. Finansialku berharap segera ditemukan penangkal virus mematikan ini agar tidak terdengar lagi kasus kematian yang disebabkan virus satu ini.

Tugas fiinansialku.com, akan selalu memberikan informasi terkini soal perkembangan virus corona. Sedangkan tugas Anda, memastikan kalau informasi penting ini tersebar secara merata pada rekan-rekan Anda dan sahabat Finansialku lainnya. Siap? 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Februari 2020. Virus Corona, Kemenlu Imbau Waspada Bepergian ke Singapura. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2uACLWG
  • Agung Sandy Lesmana. 10 Februari 2020. WNI Diminta Waspada Soal Status Oranye Virus Corona di Singapura. Suara.com – http://bit.ly/2OKxNgW
  • Rehia Sebayang. 10 Februari 2020. Waspada Corona, Kemlu Naikkan Travel Warning ke Singapura. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2OHZgzV
  • Zulfi Suhendra. 10 Februari 2020. Waspada! Kemlu Naikkan Travel Warning ke Singapura Jadi Kuning. News.detik.com – http://bit.ly/2UCJcDj
  • Admin. 10 Februari 2020. ­­Singapura Naikkan Status Darurat Virus Corona, Kemenlu Imbau WNI Waspada. Nasional.kompas.com – http://bit.ly/2OIc21i

 

Sumber Gambar:

  • Corona Singapura – http://bit.ly/31H24lU