Delapan hari setelah pelesiran dari Bali, seorang turis dikatakan positif terjangkit virus corona baru, Covid-19! Serius?

Simak berita selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pulang dari Bali, Seorang Turis Positif Covid-19

Pemerintah Provinsi Anhui, China, melaporkan seorang warganya positif terjangkit virus corona baru, Covid-19 setelah liburan dari Bali, sebagaimana dilansir dari laman The Jakarta Post.

Pihak otoritas China mengumumkan laporan ini melalui media sosial asal China, Weibo, Kamis (06/02) lalu.

Diumumkan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Huainan melaporkan pada Rabu (05/02) lalu, seorang pasien dengan inisial Jin, terbang menggunakan maskapai Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari lalu.

Diketahui, pasien sempat tinggal di Bali selama kurang lebih satu minggu sebelum kembali ke Wuhan menggunakan Garuda Indonesia GA858 tujuan Shanghai dari Denpasar pada 28 Januari lalu.

Pasien diketahui positif tertular wabah virus corona baru Covid-19 pada Rabu (05/02) lalu setelah melalui beberapa tes oleh Huainan CDC.

Untuk penumpang pada penerbangan yang disebutkan di atas, mohon segera memberlakukan tindakan pencegahan.” Tulis otoritas Anhui di akun resmi Weibo mereka sebagaimana dilansir dari laman internasional.kontan.id, Kamis (13/02).

WHO Ragukan Kemampuan Indonesia Deteksi Virus Corona 01

[Baca Juga: WHO Ragukan Kemampuan Indonesia Deteksi Virus Corona]

 

Selain itu, pihak otoritas Provinsi Anhui juga menghimbau para warga untuk jangan keluar dari rumah.

Apabila menderita demam, masyarakat dianjurkan untuk pergi ke rumah sakit terdekat, dan diimbau untuk menggunakan masker ketika bepergian ke pusat medis dan tidak menggunakan transportasi umum untuk sementara waktu, sebagaimana informasi yang Finansialku dari beberapa sumber.

Menanggapi informasi tersebut, pihak Lion Air membuat rilisan pers berisi klaim bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan prosedur yang berlaku kepada seluruh kru dan tamu.

Sehubungan dengan informasi yang berkembang terkait satu penumpang dari Wuhan yang dikabarkan terindikasi virus corona, bahwa Lion Air menerima keterangan setelah seluruh awak pesawat dan penumpang dilakukan pemeriksaan, pengecekan oleh tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan/KPP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dinyatakan tidak terindikasi terkena virus dimaksud.” Tulis pihak maskapai itu pada Rabu (12/02) kemarin seperti yang dikutip dari laman rmco.id, Rabu (12/02).

Hebat! 60 Pasien Dinyatakan Sembuh Dari Virus Corona 01

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

Sementara itu, melansir laman kumparan.com, Dinas Kesehatan Bali sendiri sudah mendengar kabar ini, pihaknya diketahui tengah melacak keberadaannya selama di Bali.

I Ketut Suarjaya selaku Kepala Dinas Kesehatan Bali mengatakan kalau pihaknya telah menerima data Warga Negara China yang dimaksud dari Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Itu kan saya baru baca infonya. Tapi kalau begitu kita tetap lakukan contact tracking, kita akan lakukan bersama jajaran kami, di mana dia menginapnya, hari ini saya cari data.” Kata Suarjaya, dikutip dari laman yang sama.

Dia mengatakan kalau terdapat kemungkinan bahwa Warga Negara China itu baru terinfeksi saat dia tiba di China, karena jarak perjalanan dengan diagnosisnya terpaut delapan hingga sembilan hari sejak dia pulang dari Bali.

Kalau kita lihat runut itu kan, sekitar 9 hari sebelum terpapar corona, sudah meninggalkan Bali. Beberapa kemungkinan saja, setelah sampai di China baru terpapar karena waktu itu memang kondisi China sedang outbreak.” Katanya.

Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona_ 01

[Baca Juga: Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP Xiaomi! Fakta atau Hoax?]

 

Adapun berdasarkan laporan dari beberapa sumber, hingga saat ini sudah tercatat 32 pasien suspect Corona sempat dirawat di RS Sanglah Bali dengan 30 pasien di antaranya dinyatakan negatif, sementara dua pasien lainnya masih menjalani observasi.

 

Tahukah Anda, dengan menyebarkan informasi ini, maka Anda turut serta memberantas informasi hoax?

Agar kita bisa mengalahkan informasi hoax, maka jangan berhenti untuk sebarkan informasi yang dari Finansialku ke rekan-rekan Anda, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Gemma Holliani Cahya dan Norman Harsono. 12 Februari 2020. Tourist tests positive for coronavirus eight days after return from Bali: Chinese authorities. Thejakartapost.com – http://bit.ly/2SH0QmD
  • Angga Riza. 13 Februari 2020. Ramai Dibahas, Dinkes Bali Tegaskan Tak Ada Turis Positif Corona. News.detik.com – http://bit.ly/2SKC6tE
  • Admin. 13 Februari 2020. Delapan hari setelah pulang dari Bali, turis China positif virus corona. Internasional.kontan.co.id – http://bit.ly/2OR0WXH
  • Admin. 12 Februari 2020. Turis China Yang Pulang Dari Bali Positif Terjangkit Virus Corona. Rmco.id – http://bit.ly/2ONhfoE