Saat ini bitcoin sedang marak diperbincangkan orang-orang. Tapi selain bitcoin, ternyata ada banyak jenis mata uang virtual (cryptocurrency) lainnya, lho.

Ingin tahu jenis-jenis cryptocurrency yang paling top? Mari simak artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest 

 

Fenomena Cryptocurrency di Dunia

Siapa yang tidak tahu Bitcoin? Mata uang virtual yang begitu fenomenal sepanjang tahun 2017.

Di akhir tahun 2017, harga Bitcoin mencapai angka yang fantastis yakni Rp300 juta per koinnya.

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang virtual atau cryptocurrency.

Cryptocurrency sendiri merupakan sebuah teknologi membuat mata uang digital yang menggunakan kriptografi agar pembuatannya tidak dapat dipalsukan.

Percaya atau tidak, kini cryptocurrency tumbuh sangar pesat.

Saat ini saja terdapat sekitar 1300 mata cryptocurrency yang ada di dunia.

Selain Bitcoin, jenis cryptocurrency lain seperti Litecoin dan Ethereal juga turut mengepakkan sayap dan terus mengalami lonjakan harga.

Cryptocurrency Paling Top 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Harga Bitcoin Naik Turun?]

 

5 Jenis Cryptocurrency yang Banyak Diminati

Dilansir dari Kontan.co.id, Jumat (15/12/17), CNBC telah menghimpun panduan singkat tentang lima cryptocurrency ternama dunia.

Lima cryptocurrency paling top ini dibuat berdasarkan kapitalisasi pasar (besaran nilainya) di dunia dan performanya pada tahun ini.

Kenaikan kapitalisasi pasar dan data sejak awal tahun hingga saat ini (year to date/ytd) sangat akurat, terhitung sejak 14 Desember 2014.

Mari kita bahas satu persatu mengenai 5 cryptocurrency paling top di dunia:

 

#1 Bitcoin

Kapitalisasi pasar: US$275,1 miliar

Kenaikan ytd: 1.590,5%

 

Bitcoin yang ditemukan pada tahun 2009 adalah jenis cryptocurrency yang nilainya paling besar.

Banyak orang berpikir bahwa Bitcoin adalah hal yang sangat membingungkan, padahal Bitcoin adalah sesuatu yang dapat dimengerti secara sederhana.

Jika ditanya apa itu Bitcoin, maka penjelasan yang paling sederhana adalah: Bitcoin merupakan sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi.

Satoshi Nakamoto, pendiri misterius Bitcoin, menguraikan tujuan proyek tersebut dalam laporannya.

Ia menyatakan bahwa Bitcoin adalah “versi peer-to-peer dari uang elektronik yang memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lainnya tanpa melalui lembaga keuangan.”

Transaksi ini berjalan pada teknologi yang dikenal sebagai blockchain, yang merupakan buku besar aktivitas digital yang tidak dapat dirusak.

Definisi Bitcoin Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Bitcoin Diprediksi Kalahkan Walmart]

 

Transaksi menggunakan cryptocurrency memiliki sistem desentralisasi karena tidak ada otoritas pusat yang mengatur peredaran Bitcoin.

Sebagai gantinya, jaringan yang disebut “penambang” dengan komputer bertenaga tinggi bekerja sama untuk memverifikasi transaksi melalui kriptografi yang kompleks.

Sementara Nakamoto menyebut Bitcoin sebagai uang elektronik, banyak ahli menyebutnya “emas digital” karena Bitcoin memiliki karakteristik yang sama seperti emas, juga bisa menjadi simpanan jangka panjang.

Investasi emas bisa sangat menguntungkan karena harganya yang terus naik. Ingin mengetahui cara berinvestasi emas? Segera download Ebook Panduan Investasi Emas bagi Pemula

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Saat ini, beberapa perusahaan ritel di Jepang telah mulai menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Bahkan, ada beberapa perusahaan real estate yang juga menerima Bitcoin.

 

#2 Ethereum

Kapitalisasi pasar: US$71,1 miliar

Kenaikan ytd: 8.812,6%

 

Ethereum adalah platform terdesentralisasi yang bisa menjalankan smart contract, yaitu aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain.

Ethereum didukung oleh blockchain, hampir sama seperti Bitcoin, namun teknologinya sedikit berbeda dan ditujukan untuk melakukan smart contract.

Apabila dibandingkan dengan kontrak manual yang masih membuat kesepakatan kontrak berupa kertas atau file digital, smart contract menawarkan kemudahan karena Anda tidak perlu lagi memperbarui kontrak tersebut secara berkala.

Smart contract menggunakan teknologi untuk mengatur kontrak yang ditulis dalam kode menjadi blockchain. Begitu syarat kontrak dipenuhi oleh masing-masing pihak, kesepakatan akan dilakukan.

Cryptocurrency Paling Top 03 Ethereum - Finansialku

[Baca Juga: Public Key dan Private Key, Kunci Mengamankan Bitcoin Anda]

 

Perbedaan Ethereum dengan Bitcoin yang utama terletak pada fungsinya. Bitcoin umumnya digunakan untuk mentransfer uang elektronik secara peer-to-peer.

Sedangkan Ethereum adalah jaringan blockchain publik yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi apapun, termasuk salah satunya transfer uang elektronik, baik dalam bentuk Ether maupun token Ethereum lain.

Banyak organisasi besar yang bereksperimen dengan blockchain Ethereum.

Ethereum diperlukan oleh developer yang ingin membuat aplikasi di blockchain Ethereum.

Selain itu, Ethereum juga bisa digunakan oleh pengguna yang menginginkan akses untuk berinteraksi dengan smart contract.

 

#3 Bitcoin Cash

Kapitalisasi pasar: US$33 miliar

Kenaikan sejak diciptakan pada Juli 2017: 229,6%

 

Bitcoin Cash diciptakan pada pertengahan tahun ini setelah terjadi perpecahan Bitcoin.

Mereka yang memiliki Bitcoin pada saat itu menerima token Bitcoin Cash secara cuma-cuma, sama halnya token pada kartu ATM.

Banyak developer prihatin dengan tingginya waktu transaksi di jaringan Bitcoin.

Akibatnya, mereka mengajukan solusi yang bisa meningkatkan ukuran setiap transaksi karena itu bisa meningkatkan kecepatan.

Tapi tidak semua anggota komunitas setuju dengan usulan tersebut, akibatnya terjadi perpecahan antara kelompok yang mendukung dan yang tidak mendukung Bitcoin Cash.

Kelompok yang mendukung Bitcoin Cash mengatakan bahwa waktu transaksi lebih cepat daripada Bitcoin yang asli.

Cryptocurrency Paling Top 04 Bitcoin Cash - Finansialku

[Baca Juga: Harganya Semakin Meningkat, Bank Indonesia Larang Penggunaan Bitcoin]

 

#4 Ripple

Kapitalisasi pasar: US$21,8 miliar

Kenaikan ytd: 8.479,8%

 

Cryptocurrency Ripple, atau yang dikenal dengan XRP, memasarkan dirinya sebagai solusi pembayaran lintas batas untuk institusi keuangan besar berdasarkan teknologi blockchain.

Tantangan besar bagi bank adalah transaksi dengan volume tinggi, namun bernilai rendah.

XRP bertujuan untuk menjadi solusi bagi pembayaran internasional yang memerlukan waktu lama dengan biaya yang sangat tinggi.

Misalnya saja, jenis pembayaran yang dibayarkan Facebook ke pembuat aplikasi.

Biaya transaksi ini seringkali mahal dan tidak menguntungkan bagi bank karena membutuhkan banyak usaha untuk memindahkan uang dan persentase potongannya tidak akan setinggi transaksi yang lebih besar.

Melalui teknologinya, XRP mencoba memecahkan masalah ini.

Cryptocurrency Paling Top 05 Ripple - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Bitcoin yang Bisa Dicoba]

 

Perusahaan Ripple telah melakukan uji coba dengan sejumlah lembaga keuangan, termasuk American Express dan Bank Santander.

XRP dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan likuiditas instan yang dibutuhkan dalam transaksi bernilai tinggi, tanpa harus membayar biaya apapun.

Perusahaan Ripple mengatakan, transaksi dengan XRP dapat diselesaikan dalam empat detik, lebih cepat daripada cryptocurrency lain yang ada saat ini.

 

#5 Litecoin

Kapitalisasi pasar: US$16,5 miliar

Kenaikan ytd: 6.859,6%

 

Litecoin mungkin saingan terberat dari Bitcoin dalam hal penggunaannya.

Menurut Charlie Lee, penemu Litecoin, jenis cryptocurrency ini dapat digunakan untuk pembayaran yang lebih cepat daripada Bitcoin.

Dikutip dari Kontan.co.id, Lee memaparkan beberapa perbedaan antara Litecoin dan Bitcoin, “Litecoin sangat mirip dengan Bitcoin. Tapi Koin Litecoin empat kali lebih banyak. Litecoin juga empat kali lebih cepat,”

Lee juga menambahkan, “Saya pikir Litecoin lebih ditargetkan terhadap pembayaran, transaksi lebih cepat dan biaya yang lebih rendah.”

Cryptocurrency Paling Top 06 Litecoin - Finansialku

[Baca Juga: SPSCoin (Uang Digital) Salah Satu Investasi Dengan Risiko Tinggi]

 

Transaksi Litecoin nyatanya hanya memakan waktu sekitar 2,5 menit.

Tentu durasi tersebut jauh lebih cepat dibandingkan durasi konfirmasi transaksi Bitcoin yang rata-rata mencapai 10 menit.

Sementara itu, jumlah sirkulasi Litecoin di market saat ini sudah mencapai 54.293.533, sedangkan untuk Bitcoin sudah mencapai 16.740.175.

Sirkulasi Litecoin akan terus beredar dengan target mencapai 84 juta Litecoin. Sementara itu, sirkulasi Bitcoin tidak akan melebihi 21 juta.

 

Cryptocurrency untuk Investasi

Kelima cryptocurrency di atas memang memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Tapi persamaannya, seluruh mata uang virtual ini bertujuan untuk membantu transaksi Anda agar lebih mudah dan cepat.

Cryptocurrency juga bisa disimpan untuk kita jadikan investasi, asalkan kita mengerti cara mengelola dan menggunakannya.

 

Bagaimana? Anda tertarik untuk berinvestasi cryptocurrency?

 

Sumber Referensi:

  • Barratut Taqiyyah Rafie. 15 Desember 2017. Mengenal 5 cryptocurrency paling top dunia. Kontan.co.id – https://goo.gl/xW3fja
  • Admin. Apa itu Ethereum? Andryo.com – https://goo.gl/SXfWS3
  • Admin. 15 Mei 2017. Bitcoin Vs. Litecoin: Manakah Yang Lebih Baik? ForexIndonesia.org – https://goo.gl/fnbMZf

 

Sumber Gambar:

  • Cryptocurrency – https://goo.gl/rosC6J
  • Cryptocurrency Paling Top – https://goo.gl/tixF1T
  • Ethereum – https://goo.gl/rU5rXp
  • Bitcoin Cash – https://goo.gl/iCsbPo
  • Ripple – https://goo.gl/5cZDqQ
  • Litecoin – https://goo.gl/pZ96PD

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang