Siapa saja 11 orang terkaya di bawah usia 30 tahun? Seringkali kita mendengar pendapat bahwa kaum muda memiliki waktu dan energi namun tidak memiliki uang, yang lebih tua memiliki uang dan energi tetapi tidak punya waktu, sedangkan saat berusia lanjut punya waktu dan uang tetapi tidak punya energi. Namun orang-orang muda ini mengubah pendapat tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun

Majalah Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia untuk tahun ini. Ada 11 orang yang menjadi miliarder pada saat usianya belum mencapai usia 30 tahun. Mereka memperoleh kekayaan baik dari warisan maupun merintis bisnisnya sendiri hingga bisa mencapai kesuksesan. Berikut adalah daftar 11 orang terkaya di bawah usia 30 tahun:

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 dan Nasihat-Nasihatnya dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Orang Terkaya Didunia Tahun 2017 dan Nasihatnya Dalam Berbisnis]

 

#1 Lukas Walton, 30 – Kekayaan bersih: US$11,3 miliar (Rp150 triliun)

Lukas Walton adalah cucu pendiri Wal-Mart, Sam Walton. Dia mewarisi kekayaan saat ayahnya, John Walton, meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 2005.

Dia menerima sekitar sepertiga dari harta ayahnya. Sedangkan ibunya, Christy Walton, mendapatkan seperenam kekayaan John Walton.

Lukas memiliki saham di Wal-Mart, First Solar dan Arvest Bank, meskipun ia tidak bekerja untuk perusahaan tersebut. Perlu diketahui Sam Walton dikenal sebagai investor yang aktif dan dermawan.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 02 - Finansialku

 

#2 Evan Spiegel, 26 – Kekayaan bersih: US$4 miliar (Rp53, 3 triliun)

Pencipta Snapchat ini menjadi CEO perusahaan publik termuda, saat Snap mulai melakukan trading pada bulan Maret 2017. Spiegel dan Murphy memiliki mayoritas voting stock (saham berhak suara), sehingga memiliki kontrol penuh atas masa depan perusahaan.

Pada tahun 2012, Evan memutuskan keluar dari Stanford untuk fokus mengerjakan Snapchat. Ide Snapchat lahir ketika Evan mengambil mata kuliah desain produk di Stanford.

Evan kemudian mengajak temannya Robert Murphy dan Reggie Brown untuk mendirikan dan membesarkan Snapchat. Brown kemudian didepak dari startup tersebut dengan mendapatkan bayaran sebesar US$157,5 juta.

Snapchat adalah aplikasi video messaging. Aplikasi Snapchat memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, merekam video, menambah tulisan dan gambar lalu dikirimkan kepada teman-teman yang lain. Foto, video, tulisan dan gambar tersebut dinamakan snap.

Pengguna dapat memberikan berapa lama temannya dapat melihat snap tersebut, kemudian data akan dihapus oleh server Snapchat.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 03 - Finansialku

 

#3 Bobby Murphy, 28 – Kekayaan bersih: US$4 billion (Rp53,3 triliun)

Bobby Murphy memiliki peran tak kalah penting dari Chief Executive Officer (CEO) Snap Inc, Evan Spiegel, dalam kesuksesan perusahaan sejauh ini. Pria yang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) Snap ini, turut menciptakan Snapchat.

Sebelum memulai Snapchat, Murphy dan Siegel pernah bekerja pada startup gagal bernama Future Freshman, sebuah situs website, yang memberikan masukan kepada anak sekolah tentang cara masuk ke perguruan tinggi.

Sebagai CTO, Murphy bertanggung jawab atas tim engineering Snap. Sejumlah sumber mengatakan, ia memiliki peran besar di Snap Labs, yaitu sebuah tim yang mengerjakan produk “top secret” Snap.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 04 - Finansialku

 

#4 Gustav Magnar Witzoe, 24 – Kekayaan bersih: US$1,6 billion (Rp21,3 triliun)

Gustav berasal dari Norwegia. Sejak tahun 2013, Gustav Magnar Witzoe memegang 47% saham atas perusahaan keluarga Salmar ASA, yang merupakan pemberian dari ayahnya Gustav Witzoe.

Salah satu peternakan dan penyuplai salmon terbesar di dunia ini didirikan oleh Witzoe pada tahun 1991. Perusahaan Salmar telah memimpin industrialisasi budidaya ikan salmon di Norwegia.

Perusahaan Salmar berusaha untuk mengubah produk yang sebelumnya diekspor dalam bentuk beku dan sudah dihancurkan, menjadi bentuk potongan yang lebih canggih dengan margin yang lebih tinggi. Ayahnya masih menjalankan perusahaan tersebut hingga kini.

Sementara Gustav sedang mencoba investasi sendiri di bidang real estate dan teknologi atau startup.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 05 - Finansialku

 

#5 Wang Han, 29 – Kekayaan bersih: US$1,3 billion (Rp17,34 triliun)

Pria asal China ini menjadi anak muda terkaya di dunia setelah ia mewarisi saham dari maskapai Juneyao yang berbasis di Shanghai. Ayahnya, Wang Junyao,  merupakan pendiri Juneyao Group. Wang Han memiliki saham 27% maskapai tersebut.

Selain itu, Wang Han juga memiliki saham 14% di Wuxi Commercial Mansion Grand Orient, sebuah department store yang tergabung dalam Juneyao Group. Juneyao Group menjalankan bisnis di bidang retail, pendidikan, hingga kesehatan.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 06 - Finansialku

 

#6 Eva Maria Braun-Luedicke, 30 – Kekayaan bersih: US$1,3 billion (Rp17,34 triliun)

Eva Maria Braun adalah putri dari Barbara Braun, anggota pengawas B Braun Melsungen AG. Sepupu Barbara, Ludwig Braun mengambil alih B Braun pada tahun 1977, ketika perusahaan tersebut hanya menghasilkan US$24 juta dalam penjualan tahunan dan mengubahnya menjadi salah satu produsen produk kesehatan terbesar di dunia.

Perusahaan memiliki empat divisi: Hospital Care, yang produknya meliputi infus dan injeksi; Aesculap produsen alat bedah dan perangkat; OPM (rawat jalan), yang menjual produk kesehatan ke praktisi di luar pasar rumah sakit.

Dan Avitum, penyedia dialisis dan teknologi lainnya yang berkaitan dengan perawatan darah. Eva Maria memiliki 11,7 % saham perusahaan.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 06 - Finansialku

 

#7 Alexandra Andresen, 20 – Kekayaan bersih: US$1,2 billion (Rp13,3 trilun)

Remaja asal Norwegia ini berhasil menjadi remaja terkaya di dunia. Alexandra adalah pewaris 42% saham dari Ferd Holdings, yang mengoperasikan sejumlah bisnis real estate, minyak dan gas, alat-alat industri, tekstil, perlengkapan olahraga, dan sebagainya.

Keluarga ini meraup kekayaan dimulai saat kakek buyut Alexandra mendirikan industri tembakau dan berhasil menjadi perusahaan penghasil rokok terbesar di Norwegia.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Perusahaan ini kemudian dijual senilai US$500 juta pada tahun 2005 dan uang perolehannya ditanamkan dalam bisnis properti dan dana lindung nilai.

Walaupun bergelimang kekayaan, Alexandra lebih memilih untuk berada dekat dengan kuda. Ia kini hidup sebagai penunggang kuda profesional. Ia pernah memenangkan sejumlah penghargaan bersama kudanya, Belamour, pada kejuaraan European Junior Riders Championships.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 08 - Finansialku

 

#8 Katharina Andresen, 21 – Kekayaan bersih: US$1,2 billion (Rp13,3 triliun)

Seperti adiknya, Katharina juga mendapatkan warisan 42% saham di Ferd Holdings. Katharina kini sedang menempuh pendidikan di Amsterdam University College, Belanda dan mengambil ilmu sosial sebagai jurusan pendidikannya.

Saat ini Ferd menjalankan Hegde Fung, dan merupakan investor yang aktif di bursa saham. Baik Alexandra maupun Katharina tidak bekerja untuk perusahaan, yang masih dijalankan oleh ayah mereka Jonan yang menguasai 70% suara melalui struktur pembagian kelas ganda.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 09 - Finansialku

 

#9 John Collison, 26 – Kekayaan bersih: US$1,1 billion (Rp14,67 triliun)

John Collison merupakan pria asal Irlandia yang menjadi Co-Founder dan President Stripe. Stripe adalah perusahaan yang memudahkan individu dalam hal pembayaran di internet. Startup tersebut memproses miliaran dolar transaksi per tahun di 25 negara berbeda.

Pada bulan November 2016, Stripe menutup bundling dana US$150 juta yang bernilai bisnis US$9,2 miliar. Transaksi tersebut mengubah Collison menjadi miliarder termuda di dunia.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 10 - Finansialku

 

#10 Patrick Collison, 26 – Kekayaan bersih: US$1,1 billion (Rp14,67 triliun)

Ada lagi pria dibalik kesuksesan Stripe. CEO dan co-founder Stripe yaitu Patrick Collinson yang juga masuk daftar orang terkaya. John dan Patrick mendapatkan ide untuk membuat Stripe saat berlibur ke Afrika Selatan, dimana John masih seorang mahasiswa di Harvard, pasangan ini meluncurkan di tahun 2010.

Meski usianya masih muda, ini bukan kesuksesan pertama mereka. Mereka sebelumnya mendirikan Auctomatic, yang membantu mengelola transaksi bagi penjual di situs seperti Amazon dan eBay. Mereka menjual bisnis tersebut ke Live Current Media seharga US$5 juta di tahun 2008, dan menjadikan mereka jutawan remaja.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 11 - Finansialku

 

#11 Ludwig Theodor Braun, 27 – Kekayaan bersih: US$1,1 billion (Rp14,67 triliun)

Pria asal Jerman ini memiliki 9,7% saham dari B. Braun Melsungen AG, sebuah perusahaan alat-alat dan perlengkapan medis terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh keluarganya sejak tahun 1839. Perusahaan tersebut mempekerjakan sekitar 54.000 orang di seluruh dunia dan menghasilkan pendapatan tahunan sekitar US$6,5 miliar.

Daftar 11 Orang Terkaya di Bawah Usia 30 Tahun 12 - Finansialku

 

Masih Muda Sudah Kaya

Itulah 11 orang terkaya di dunia dibawah usia 30 tahun. Mereka memiliki cerita kesuksesan masing-masing. Setiap orang pasti memiliki cerita dan pengalaman yang berbeda. Apakah rahasia sukses mereka? Mengapa mereka dapat menjadi orang terkaya diusianya yang masih muda?

 

Menurut Anda, Apa rahasia sukses mereka? Berikan komentar dan jawaban pada pertanyaan tersebut di kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Forbes. The World’s Billionaires. Forbes.com – https://goo.gl/yYnzmc
  • Kontan. 21 Maret 2017. Mereka sudah super kaya sebelum 30 tahun. Kontan.co.id – https://goo.gl/NsedJS

 

Sumber Gambar:

  • Businessman – https://goo.gl/Vi9zSZ
  • Lukas Walton – https://goo.gl/t4lxb6
  • Evan Spiegel – https://goo.gl/zz9c12
  • Bobby Murphy – https://goo.gl/YvC9It
  • Gustav Magnar Witzoe – https://goo.gl/xbD34P
  • Wang Han – https://goo.gl/mKT333
  • Eva Maria Braun – https://goo.gl/gZLDqm
  • Alexandra Andresen – https://goo.gl/R0JA2i
  • Katharina Andresen – https://goo.gl/UpGU5S
  • John Collison – https://goo.gl/exFBhT
  • Patrick Collison – https://goo.gl/7Yntm3
  • Ludwig Theodor Braun – https://goo.gl/uGwfBb

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana