Para HRD: 7 Alasan Pentingnya Dana Darurat untuk Karyawan di Perusahaan Anda

Apa alasan pentingnya dana darurat untuk karyawan di perusahaan? Para HR, apakah yang ada di benak Anda ketika membantu merencanakan keuangan karyawan Anda? Apakah Anda terpikirkan untuk menabungkan dana darurat terlebih dahulu? Di bawah ini ada 7 alasan pentingnya dana darurat untuk para karyawan Anda, sehingga dana darurat ini harus menjadi perhatian dan prioritas Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Darurat (Emergency Fund)

Dana darurat adalah dana yang secara sengaja ditabung dan disediakan untuk keperluan mendadak. Dana darurat sangat bermanfaat di dalam perencanaan keuangan setiap orang, terutama dalam merencanakan keuangan pribadi.

Salah satu manfaat utama dana darurat adalah untuk membiayai hal-hal yang terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga, terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Sebagai seorang karyawan, tentu sangatlah penting untuk dapat memiliki ketenangan pikiran dalam melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, sekarang ini banyak sekali HRD perusahaan yang para HR-nya ikut membantu dalam merencanakan keuangan karyawannya.

Hal ini akan membuat karyawan dapat lebih fokus dengan pekerjaannya dan mendapatkan kepastian keuangan di masa depan atau pada saat terjadi hal yang tidak diduga.

Para HRD 7 Alasan Pentingnya Dana Darurat untuk Karyawan di Perusahaan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Iya Dana Darurat Bisa Disimpan Pada Produk Reksa Dana?]

 

Dana darurat adalah salah satu hal yang penting agar para karyawan dapat mendapatkan keamanan di dalam perencanaan keuangan untuk masa depan para karyawan. Mengapa demikian?

 

7 Alasan Pentingnya Dana Darurat Untuk Karyawan

Di bawah ini ada 7 alasan mengapa karyawan membutuhkan dana darurat di dalam perencanaan keuangan mereka.

 

#1 Sebagai Fondasi Perencanaan Keuangan

Dana darurat adalah sebagai salah satu fondasi keuangan yang paling utama setelah cashflow.

Tentu saja, cashflow atau arus kas adalah hal yang utama dan terpenting dalam merencanakan keuangan. Dengan cashflow yang tidak baik maka pasti karyawan tidak akan dapat memprioritaskan sebagian penghasilan mereka untuk ditabung.

Setelah cashflow, dana darurat adalah fondasi yang harus ada untuk menjaga keamanan keuangan karyawan. Di dalam kehidupan, pasti ada hal-hal yang tidak terduga yang membuat kita harus mengeluarkan biaya tambahan, seperti genting yang bocor, motor yang rusak, ban yang bocor dan lain sebagainya.

Para Karyawan Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat! - Finansialku 01

[Baca Juga: Para Karyawan: Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat!]

 

Apalagi jika nantinya karyawan akan berinvestasi. Investasi tidak bisa serta merta dicairkan jika terdapat kebutuhan mendadak, karena belum tentu pada saat itu investasi yang ada sedang dalam keadaan untung.

Oleh karena itu, dana darurat dapat juga digunakan sebagai dana cadangan agar investasi yang ada tidak merugi, itulah mengapa dana darurat sangatlah penting sebagai fondasi perencanaan keuangan seseorang.

 

#2 Karyawan Hanya Memiliki Satu Sumber Penghasilan

Alasan lainnya mengapa karyawan harus memiliki dana darurat adalah karena banyak dari mereka yang hanya memiliki satu sumber penghasilan.

Biasanya seseorang harus memiliki dana darurat 6-12 kali biaya hidup setiap bulannya. Dana darurat juga dapat digunakan apabila seorang karyawan terkena PHK atau harus mengundurkan diri dari perusahaan tempat dia bekerja.

Apabila karyawan yang hanya memiliki satu sumber penghasilan dan tidak memiliki dana darurat, maka dia harus berutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena sumber penghasilannya berhenti saat itu juga.

Oleh karena itu, dana darurat harus dimiliki terutama oleh karyawan yang hanya memiliki satu sumber penghasilan.

 

#3 Mengurangi Berutang Saat Kondisi Darurat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, saat karyawan tidak memiliki dana darurat, maka pada saat penghasilannya terhenti maka biasanya seseorang akan berutang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tidak hanya dalam hal berhenti dari pekerjaan, tetapi bahkan hal kecil lainnya seperti anak yang sakit, genting yang bocor, kendaraan yang rusak, peralatan rumah tangga yang rusak dan hal lain yang datangnya tidak terduga membutuhkan biaya tambahan.

Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda? Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat]

 

Dana darurat dapat digunakan untuk meng-cover atau menutupi semua biaya tambahan yang datangnya secara tak terduga tersebut. Jika tidak ada, maka kebanyakan orang akan berutang, yang biasanya menggunakan cicilan kartu kredit atau hal lainnya untuk mendapatkan dana tambahan.

Oleh karena itu, dengan adanya dana darurat, kita dapat mengurangi berutang saat keadaan tak terduga tersebut datang.

 

#4 Sebagai Dana Cadangan Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kebutuhan rumah tangga adalah hal yang paling sering datang secara tidak terduga dan harus diutamakan. Jika ada hal-hal yang berhubungan dengan rumah tangga, seperti perabot masak yang rusak, keran air yang tidak bekerja, kebutuhan pokok yang stoknya habis, tentu saja harus diprioritaskan segera agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Sebagian besar dana darurat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang datang tidak terduga.

 

#5 Meng-cover Biaya Diluar Anggaran

Membuat anggaran adalah suatu hal yang penting yang harus dilakukan karyawan Anda agar dapat merencanakan keuangannya. Tetapi pada saat seseorang membuat anggaran, biasanya ada beberapa pengeluaran yang lupa dianggarkan atau pengeluaran yang terjadi diluar anggaran yang sudah ditetapkan.

Dana Darurat, Berapa yang Saya Butuhkan Apakah Boleh Dicicil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dana Darurat, Berapa yang Saya Butuhkan? Apakah Boleh Dicicil?]

 

Dana darurat dapat digunakan terlebih dahulu untuk membiayai pengeluaran tersebut sampai bulan berikutnya, dimana pengeluaran tersebut masuk ke dalam anggaran.

 

#6 Sebagai Dana Kesehatan, Terutama Bagi Yang Memiliki Riwayat Penyakit

Jika karyawan Anda memiliki riwayat sakit penyakit atau sering berobat ke dokter, mempunyai dana darurat menjadi salah satu hal yang cukup penting, karena asuransi belum tentu dapat memenuhi semua biaya pengobatan yang ada di dalam satu tahun.

Dana darurat dapat digunakan untuk membantu untuk membiayai kekurangan yang tidak ter-cover oleh asuransi.

Dana darurat juga dapat digunakan untuk biaya medical check-up apabila perusahaan tidak menyediakan biaya medical check-up tahunan sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit yang mungkin timbul.

 

#7 Sebagai Dana Cadangan Untuk Pihak Keluarga

Alasan yang terakhir yang juga penting adalah dana darurat dapat karyawan Anda gunakan apabila ada pihak keluarganya yang membutuhkan bantuan karena hal yang darurat.

Mungkin saja orang tuanya, adiknya atau kakaknya membutuhkan dana karena sedang sakit. Daripada berutang, dana darurat dapat digunakan terlebih dahulu untuk membantu anggota keluarga yang memang sedang sangat membutuhkan dana.

Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat?]

 

Pentingnya Dana Darurat Sebagai Keamanan Keuangan

Sebagai HR, sungguh tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah untuk membantu karyawan-karyawannya dalam merencanakan keuangannya.

Langkah awal dalam membantu karyawan Anda untuk memiliki keuangan yang sehat adalah dengan memiliki dana darurat, karena dana darurat dapat digunakan untuk banyak hal, terutama untuk hal-hal yang bersifat mendadak dan mendesak.

Dana darurat adalah hal yang sangat penting untuk mengamankan keuangan karyawan Anda sebelum ke perencanaan berikutnya.

 

Seberapa pentingkah dana darurat menurut Anda? Apakah informasi ini membantu Anda melihat pentingnya dana darurat dalam melakukan perencanaan keuangan?

Bagikan informasi ini kepada teman-teman atau orang lain yang belum melihat pentingnya dana darurat di dalam perencanaan keuangan.

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan – https://goo.gl/jiES3V dan https://goo.gl/4SDkmL

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

2 Comments

  1. pankaj karnwal 10 August 2017 at 10:11 - Reply

    Nice article thanks for sharing with us.

    • Finansialku
      Finansialku 20 August 2017 at 00:59 - Reply

      Hi Pankaj, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download